Wednesday, December 7

Resep Brownies Panggang Hanya dengan Putih Telur

Salah satu upaya menghabiskan stok putih telur yang menggunung karena percobaan membuat kue Lapis Legit adalah membuat Panggang ini. Rasa Browniesnya enak, tetap nyoklat dan lebih ringan, mungkin karena hanya pakai putih telur.

Untuk tambah nyoklat, di resep ini aku memasukkan potongan Dark Cooking Chocolate yang aku potong dadu ke dalam adonan. Hasilnya brownies jadi tambah enak karena ada coklat lelehnya di dalam. Selain Dark Cooking Chocolate, juga bisa menggunakan Chips.

Seperti terlihat di foto, brownies ini saat dipanggang mengembang seperti muffin. Supaya lebih enak, untuk toppingnya bisa juga ditaburi kacang.

Panggang :

Brownies Putih Telur

Bahan Kue

250 gram Dark Cooking Chocolate, cincang kasar
100 gram mentega (butter)
100 gram tepung terigu, ayak

5 putih telur (kira-kira 150 gram putih telur)
150 gram gula pasir

100 gram kacang mede disangrai, dicincang kasar atau bisa diblender halus bila ingin tekstur brownies lebih halus namun tetap memiliki rasa gurih dari kacang mede.

Baca Juga:  Cara Membuat Kue Pastel Isi Ayam dan Sayuran yang Lezat

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan loyang 28x10x4cm yang dialas kertas roti dan dioles margarin. Saat mencoba resep ini, aku menggunakan loyang cetakan muffin kecil yang hanya aku oles dan ditaburi terigu.
  2. Panaskan oven suhu 180 C.
  3. Masukkan Dark Cooking yang sudah dipotong-potong kecil ke dalam panci berisikan mentega, panaskan hingga coklat dan mentega meleleh, aduk rata.
  4. Campurkan lelehan coklat ke dalam tepung terigu, aduk rata, sisihkan.
  5. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan gula sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang.
  6. Tuang putih telur sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata.
  7. Masukkan kacang mede, aduk rata. Panggang 35 menit sampai matang.

Resep diadaptasi dari: “Kudapan Ringan Istimewa”, Sedap Sekejap

Sudah Baca Yang Ini?

47 Comments

  • dian olyas

    tengkyuuu mba resepnya….berhasil di buat..mantabb…anak2 pada suka apalg anak tetangga…di ovenku hanya 20menit dah matang…btw makasih ya mba

  • asana teonata

    Mbak..apa pny resep brownies yg pake chocoa bubuk tp ga pake DCC?
    Sy lg perlu utk project sekolah 😉
    Klo ada bisa tlg info y
    Tx

  • Ani

    Mbak, brownies ini jdnya kering apa basah ya? Aku barusan bikin, bagian tengah k atas basah. Dr tengah k bawah kering

    • cakefever

      Tepatnya dia ini rada mirip bolu gitu siy, Ni … kalau ada tekstur yang tidak rata, ada beberapa kondisi, salah satunya mungkin karena panas oven yang tidak rata ..

  • Fitria

    Assalamualaikum salam kenal mba….udah coba resepnya nih…enak banget mba. Tapi akhir-akhir ini bikin sering turun adonannya mba, padahal waktu awal2 bikin bagus2 aja gak ambles kaya sekarang 🙁 kenapa yah mba kira2?
    Apa ngaduk putih telur ke adonan coklatnya kurang lama?

    • cakefever

      Walaikumsalam Fitri… Kalau kelamaan malah jadinya kurang bagus hasilnya. Kocokan putih telurnya mungkin yang mengalami perubahan, Fit?

      • Fitria

        Hmmm….ta coba lg nanti, kmrn itu kocokan putih telurnya lebih dari mengembang sepertinya.. 😀
        Makasih ya mba… ^_^

  • lia

    mba…kuenya enaaaaak… wlo buat aku terlalu maniiiiiis…tp cocok buat para kponakanku… cuma masalahnya aku pake oven tangkring… jd lama waktu memasak 45 menit.. .. tenkiiiuuu mba

  • saree

    mba a kl bt brownies pk susu kental maniz, a mo nyobain resep mba tp bs g ditambahin susu? kl bs brp takaranx? mkc y mba 🙂

    • Saree, klo aku biasanya saat mencoba resep, aku akan mengikuti plek plek si resep. Setelah mencicipi hasilnya dan kurang puas, baru deh dikutak-kutik. Nah di resep ini memang gak pakai susu … klo Saree mau tambahin susu, pasti bisa aja, cuma aku gak ngerti juga nanti rasanya gimana sebab aku gak pernah coba 😀

      Kalau Saree jadi eksperimen nambahin susu, please share hasilnya yaa…

  • laksvina

    mbakk,, salam kenal,,,
    mbak boleh dishare/email g mbak,, pake butternya merk apa?
    makasih sebelumnya,,
    berdasarkan pengalaman mbak, lebih enak n ekonomis merk yg mn..
    saya binggung soalnya,,

    • Merek bahan kue itu tergantung selera kok Vin .. klo ekonomis, tergantung harga 😀

      Ada yg sukaa sekali pakai wysman, misalnya … tapi aku gak nge-fans dengan butter itu .. ini termasuk jajaran mentega mahal. Untuk yang lebih murah, coba deh Vina perhatiin satu persatu harga masing2 butter di rak supermarket atau tbk ya …

  • helfial

    mbak, tadi aku cobain resep, berhubung oven tiba2 rusak, jadi aku kukus deh. lembut n enak ya.. makasiy ya mbak =) aku pgn cobain resep yg lain juga yaa… kayaknya enak-enak =)

  • santi

    mb, kemaren dah aq coba resep ini, mantaap sekali rasanya, gak nyangka ini dari putih tepur. sy buatnya setengah dikukus setengah lagi dipanggang. tapi rasanya mantap yang dipanggang mb. Tq ya resepnya

  • lia

    Mbak, aku udah buat brownied putih telurnya, ga jelek2 banget sih hasilnya… ini pertama kalinya aku buat brownies. Aku mau tanya memang atas nya akan crispy gt yaaa… masalahnya brownies ku atas nya crispy.. bingung kenapa bisa begitu…

  • mbaa mo tanya donk, itu 5 putih telur setara brp gram ya? karena kalau lagi misahin telur suka ga kehitung brp telur yg sudah dipisahin putih dan kuningnya. makasih.

    • telur ukuran sedang itu beratnya kira2 70 gram dengan kulit. Kuningnya sekitar 30 gram, putihnya 20 gram. Tergantung ukuran telurnya yaa, ada telur gede dan ada telur yang kecil. Untuk resep kue yang detail, biasanya mereka menyebut ukuran telur dengan gram, bukan jumlah telur…

  • ika

    semalam aku coba bikin yg ini…hasilnya enakkk (sebenernya kalo yg namanya coklat bagi aku pasti enakkk), malah temenku kira ini dikukus krn lembut, pdhl itu krn putih telurnya kali ya?

  • fia

    yah, salah naro komen nih, mba. harusnya yg di brownies kukus putih telur. hehehe.
    maaf ya, Mba.

  • fia

    Mba, aku mau nanyaa. hehehe.

    aku lg pengen nyoba yg kukus2an lg nih, abis nyoba yg brownies kukus keju. hehe.
    klo yg ini, apa bedanya sm yg bronis coklat biasa ya, Mba?

    trus, enakan yg mana? hehehe.

    makasih ya, jawabannya 🙂

    • Brownies kukus itu menurutku rasanya semriwing. Rasa dan teksturnya lebih moist (pastinya karena dikukus pakai uap air) dan lebih … emmhh apa ya istilahnya? lebih empuk gitu.

      Kalau brownies panggang, rasanya lebih pekat dan agak kering kecuali yang resepnya lebih banyak coklat dan mentega/minyaknya.

      Kalau enakan yang mana, kembali ke selera ya 😀 kalo aku sih lebih suka yang panggang, karena rasanya lebih mantap!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

%d bloggers like this: