Salah satu upaya menghabiskan stok putih yang menggunung karena percobaan membuat kueΒ Lapis Legit adalah membuat Brownies Panggang ini. Rasa Browniesnya enak, tetap nyoklat dan lebih ringan, mungkin karena hanya pakai putih .

Untuk tambah nyoklat, di resep ini aku memasukkan potongan Dark Cooking Chocolate yang aku potong dadu ke dalam adonan. Hasilnya jadi tambah enak karena ada lelehnya di dalam. Selain Dark Cooking Chocolate, juga bisa menggunakan Chocolate Chips.

Seperti terlihat di foto, ini saat dipanggang mengembang seperti . Supaya lebih enak, untuk toppingnya bisa juga ditaburi kacang.

Panggang :

Brownies Putih Telur

Bahan Kue Brownies

250 gram Dark Cooking Chocolate, cincang kasar
100 gram mentega (butter)
100 gram , ayak

5 putih telur (kira-kira 150 gram putih telur)
150 gram gula pasir

100 gram kacang mede disangrai, dicincang kasar atau bisa diblender halus bila ingin tekstur brownies lebih halus namun tetap memiliki rasa gurih dari kacang mede.

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan loyang 28x10x4cm yang dialas kertas roti dan dioles margarin. Saat mencoba resep ini,Β aku menggunakanΒ loyang cetakan muffin kecil yang hanya aku oles margarin dan ditaburi terigu.
  2. Panaskan suhu 180 C.

  3. Masukkan Dark Cooking Chocolate yang sudah dipotong-potong kecil ke dalam panci berisikan mentega, panaskan hingga dan mentega meleleh, aduk rata.

  4. Campurkan lelehan coklat ke dalam , aduk rata, sisihkan.

  5. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan gula sedikit-sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang.

  6. Tuang putih telur sedikit-sedikit ke campuran tepung terigu sambil diaduk rata.

  7. Masukkan kacang mede, aduk rata. Panggang 35 menit sampai matang.

Resep diadaptasi dari: “Kudapan Ringan Istimewa”, Sedap Sekejap

Artikel Lainnya:

47 Comments
  • dian olyas
    says:

    tengkyuuu mba resepnya….berhasil di buat..mantabb…anak2 pada suka apalg anak tetangga…di ovenku hanya 20menit dah matang…btw makasih ya mba

  • asana teonata
    says:

    Mbak..apa pny resep brownies yg pake chocoa bubuk tp ga pake DCC?
    Sy lg perlu utk project sekolah πŸ˜‰
    Klo ada bisa tlg info y
    Tx

  • Ani
    says:

    Mbak, brownies ini jdnya kering apa basah ya? Aku barusan bikin, bagian tengah k atas basah. Dr tengah k bawah kering

    • cakefever
      says:

      Tepatnya dia ini rada mirip bolu gitu siy, Ni … kalau ada tekstur yang tidak rata, ada beberapa kondisi, salah satunya mungkin karena panas oven yang tidak rata ..

  • Fitria
    says:

    Assalamualaikum salam kenal mba….udah coba resepnya nih…enak banget mba. Tapi akhir-akhir ini bikin sering turun adonannya mba, padahal waktu awal2 bikin bagus2 aja gak ambles kaya sekarang πŸ™ kenapa yah mba kira2?
    Apa ngaduk putih telur ke adonan coklatnya kurang lama?

    • cakefever
      says:

      Walaikumsalam Fitri… Kalau kelamaan malah jadinya kurang bagus hasilnya. Kocokan putih telurnya mungkin yang mengalami perubahan, Fit?

      • Fitria
        says:

        Hmmm….ta coba lg nanti, kmrn itu kocokan putih telurnya lebih dari mengembang sepertinya.. πŸ˜€
        Makasih ya mba… ^_^

  • lia
    says:

    mba…kuenya enaaaaak… wlo buat aku terlalu maniiiiiis…tp cocok buat para kponakanku… cuma masalahnya aku pake oven tangkring… jd lama waktu memasak 45 menit.. .. tenkiiiuuu mba

  • saree
    says:

    mba a kl bt brownies pk susu kental maniz, a mo nyobain resep mba tp bs g ditambahin susu? kl bs brp takaranx? mkc y mba πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      Saree, klo aku biasanya saat mencoba resep, aku akan mengikuti plek plek si resep. Setelah mencicipi hasilnya dan kurang puas, baru deh dikutak-kutik. Nah di resep ini memang gak pakai susu … klo Saree mau tambahin susu, pasti bisa aja, cuma aku gak ngerti juga nanti rasanya gimana sebab aku gak pernah coba πŸ˜€

      Kalau Saree jadi eksperimen nambahin susu, please share hasilnya yaa…

  • laksvina
    says:

    mbakk,, salam kenal,,,
    mbak boleh dishare/email g mbak,, pake butternya merk apa?
    makasih sebelumnya,,
    berdasarkan pengalaman mbak, lebih enak n ekonomis merk yg mn..
    saya binggung soalnya,,

    • cakefever
      says:

      Merek bahan kue itu tergantung selera kok Vin .. klo ekonomis, tergantung harga πŸ˜€

      Ada yg sukaa sekali pakai wysman, misalnya … tapi aku gak nge-fans dengan butter itu .. ini termasuk jajaran mentega mahal. Untuk yang lebih murah, coba deh Vina perhatiin satu persatu harga masing2 butter di rak supermarket atau tbk ya …

  • helfial
    says:

    mbak, tadi aku cobain resep, berhubung oven tiba2 rusak, jadi aku kukus deh. lembut n enak ya.. makasiy ya mbak =) aku pgn cobain resep yg lain juga yaa… kayaknya enak-enak =)

  • santi
    says:

    mb, kemaren dah aq coba resep ini, mantaap sekali rasanya, gak nyangka ini dari putih tepur. sy buatnya setengah dikukus setengah lagi dipanggang. tapi rasanya mantap yang dipanggang mb. Tq ya resepnya

  • rina
    says:

    mba mau tanya, putih telurnya dikocoknya sampai kaku atau cukup dikocok sebentar aja? tks

  • lia
    says:

    Mbak, aku udah buat brownied putih telurnya, ga jelek2 banget sih hasilnya… ini pertama kalinya aku buat brownies. Aku mau tanya memang atas nya akan crispy gt yaaa… masalahnya brownies ku atas nya crispy.. bingung kenapa bisa begitu…

  • wulan
    says:

    mbaa mo tanya donk, itu 5 putih telur setara brp gram ya? karena kalau lagi misahin telur suka ga kehitung brp telur yg sudah dipisahin putih dan kuningnya. makasih.

    • cakefever
      says:

      telur ukuran sedang itu beratnya kira2 70 gram dengan kulit. Kuningnya sekitar 30 gram, putihnya 20 gram. Tergantung ukuran telurnya yaa, ada telur gede dan ada telur yang kecil. Untuk resep kue yang detail, biasanya mereka menyebut ukuran telur dengan gram, bukan jumlah telur…

  • ika
    says:

    semalam aku coba bikin yg ini…hasilnya enakkk (sebenernya kalo yg namanya coklat bagi aku pasti enakkk), malah temenku kira ini dikukus krn lembut, pdhl itu krn putih telurnya kali ya?

  • fia
    says:

    yah, salah naro komen nih, mba. harusnya yg di brownies kukus putih telur. hehehe.
    maaf ya, Mba.

  • fia
    says:

    Mba, aku mau nanyaa. hehehe.

    aku lg pengen nyoba yg kukus2an lg nih, abis nyoba yg brownies kukus keju. hehe.
    klo yg ini, apa bedanya sm yg bronis coklat biasa ya, Mba?

    trus, enakan yg mana? hehehe.

    makasih ya, jawabannya πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      Brownies kukus itu menurutku rasanya semriwing. Rasa dan teksturnya lebih moist (pastinya karena dikukus pakai uap air) dan lebih … emmhh apa ya istilahnya? lebih empuk gitu.

      Kalau brownies panggang, rasanya lebih pekat dan agak kering kecuali yang resepnya lebih banyak coklat dan mentega/minyaknya.

      Kalau enakan yang mana, kembali ke selera ya πŸ˜€ kalo aku sih lebih suka yang panggang, karena rasanya lebih mantap!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^