Resep Cake Pisang Coklat Legit & Melekat Di Hati

Nah waktu aku mesti nyiapin cake potong untuk saudara yang mau menikah, sempat kepikiran pengen bikin cake hias yang mungil-mungil itu. Tapi duuh kok males ya mendekor satu-satu. Ah ya sudahlah, bikin cake yang enak saja, gak perlu pakai dekor-dekoran segala (Males Mode ON).

Salah satu pilihanku adalah Cake Pisang Coklat ini. Warnanya kurang nyoklat, sebab aku kehabisan gula palem. Akhirnya sisa gula palem yang dibutuhkan aku ganti dengan gula pasir biasa. Coklatnya juga tidak aku cincang halus, tapi hanya dipotong dadu biasa supaya lebih terasa coklatnya.

Bahan Banana Chocolate Cake:

200 gram Margarin + 1 sdm Butter
200 gram gula palem

6 butir kuning
2 butir putih telur, kocok kaku

200 gram tepung terigu
2 sdm Full Cream
1/4 sdm baking powder double acting (BPDA)

100 gram dark cooking chocolate, cincang halus
3 buah ambon ukuran sedang, haluskan

3-4 tetes essence secukupnya (aku tidak pakai)
, almond, ceri atau keju untuk taburan kue

Cara Membuat:

  • Kocok margarin dan gula sampai pucat warnanya
  • Masukkan kuning kocok sampai mengembang dan pucat
  • Matikan mikser, masukkan tepung terigu, bubuk, , semua diaduk rata kemudian tambahkan kocokan putih telur dan aduk rata
  • masukkan pisang ambon yang sudah dilumatkan, kemudian masukkan pula cincang aduk rata pakai spatula
  • terakhir masukkan esens pisang , aduk rata.
  • tuang ke loyang dan taburi dengan atau ceri atau almond atau keju sesuai selera saja
  • panggang dalam suhu 185C kira-kira 35 menit atau sampai matang (tesnya dengan ditusuk lidi, kalau sudah tidak ada lagi adonan basah lengket di lidi, maka kue sudah matang)

Update: Satu resep ini bisa jadi 2 loyang ukuran 30×10 (loyang ) atau loyang 24×24 yang tingginya 4 atau 6 cm …
Resep: Widya Andra Brown

Artikel Lainnya:

26 Comments

  • Edwina N Sofyan 12/12/2013 at 15:1800 Reply

    Aku bikin tanpa baking powder hasilnya lumayan ngembang kalo menurut aku tapi jadinya padet ga berpori. Aku bikin setengah resep (karena takut gagal setengah resep dulu :D) daaan alhamdulillah 3 dari 4 orang yg nyoba cake ini bilang rasanya enaak maknyuuss..:) Thanks for the recipe..
    Oiya mba aku pake otang kalo 185c tuh apinya kecil atau sedang ya? aku kemaren apinya kecil tp lama matengnya trs pas pinggirnya udh kering tengahnya msh agak basah, tp kalo ditusuk, tusuk satenya kering..

    • cakefever 14/01/2014 at 16:3600 Reply

      185 C itu sudah masuk kriteria oven panas. Jadi seharusnya api kompornya sedang ke besar. Kalau pinggirnya kering, dan tengahnya masih basah, salah satu kemungkinannya apinya kebesaran shg oven terlalu panas. Mungkin bisa dicoba dengan mengecilkan api, sehingga kue bisa matang perlahan sampai ke dalam.

      Tapi jangan lupa juga, cake pisang ini kan ada pisangnya, jadi bagian dalam kuenya bisa jadi akan terasa basah atau moist. Yang penting cakenya tidak bantat siy …

  • savit 18/06/2013 at 15:3125 Reply

    Mbak, mau tanya,resep ini untuk loyang ukuran brp y?

    • Ferona 19/06/2013 at 18:3259 Reply

      Ohiya, lupa aku tulis yaa.. sudah aku update ya ukuran loyang yang aku pakai …

      • savit 25/06/2013 at 20:3857 Reply

        mba, kalau pakai loyang 22*22*7 waktu panggangnya jadi lebih lama y?
        mba pernah nemu kasus gini ga:
        pakai otrik, kalau loyang tulban suhu otrik stabil, tapi kalo loyang yg tengahnya ga bolong,suhu otrik naik turun, kira2 knp y mba?

        • Ferona 14/01/2014 at 16:3912 Reply

          Mestinya sih waktu panggang gak beda signifikan yah …

          Kalau yang kasus otrik, aku belum pernah seperti itu… πŸ˜€

        • cakefever 14/01/2014 at 16:4000 Reply

          Mestinya sih waktu panggang gak beda signifikan yah …

          Kalau yang kasus otrik, aku belum pernah seperti itu…

  • lanny paparang 21/05/2013 at 09:1755 Reply

    Mbak fero aku sdh buat brp x dan uenakkk banget….pokoke br selesai masak langsung ludes…n tmn” aku byk yg minta d ajarin. Thx yaa mbak…

    • Ferona 29/05/2013 at 08:4612 Reply

      Wohooo .. ikut sennaangg πŸ™‚

  • Mariaty 11/04/2013 at 10:5903 Reply

    salam mba Ferona, mau tanya aku sering gagal kalo kocok mentega + gula, lalu ditambah telur, adonan nya jadi terpisah gitu mba, salah dimana ya ? kocok mentega + gula berapa lama ya mba ? makasih πŸ™‚

    • Ferona 13/04/2013 at 23:5204 Reply

      instruksi resepnya bilang kocok mentega + gulanya sampai gimana? kalau di resep ini, harus dikocok sampai memucat atau putih dan harusnya si mentega dan gula sudah mengembang, baru dimasukkan telur. Berapa lamanya tergantung mikser masing-masing πŸ˜€

      • Mariaty 15/04/2013 at 11:3224 Reply

        makasih sarannya mba, aku dah coba bikin, memang mantapp rasanya, jadi mau bikin lagi, hehe

        • Ferona 15/04/2013 at 15:0424 Reply

          Sama-sama πŸ™‚

  • lanny 21/03/2013 at 02:5015 Reply

    Mau nanya mbak,putih telur’y d kocok terpisah,trus d kocok brp lama yaa??? Thx

    • Ferona 21/03/2013 at 17:4823 Reply

      dikocok sampai sesuai instruksinya .. klo berapa lamanya, tergantung mikser dan kesegaran putih telurnya Lan …

  • Erika Wirarasmi 05/03/2013 at 14:5547 Reply

    mba, kalo gak pake esens pisang, rasa pisangnya gak terlalu berasa ya?

    • Ferona 09/03/2013 at 13:0417 Reply

      essens itu cuma menang di aroma, Ka … klo pake pisang ambon yang matangnya pas, widiww gak perlu pake essense juga udah mantep kok …

  • era 24/09/2012 at 17:4759 Reply

    Benerrrrrrr uenak tenan pas matang langsung deh diserbu anakku malah ngomongnya buatin lagi ya bu.Thanks banget resep cake pisang coklatnya

  • devdev 22/06/2012 at 13:2052 Reply

    Mbakk ini jadinnya brapa potong yah..pake loyang ukuran brp?? Trus loyangnya perlu diolesin tepung mentega lagi atao pake kertas lapis loyang aja

  • saras 23/05/2012 at 09:5955 Reply

    mbak kalo pisangnya diganti pisang raja bisa negga’?:)

    • cakefever 23/05/2012 at 11:1501 Reply

      pisang raja kan manis ya? bisa banget! yang penting adalah pastikan pisangnya sudah matang dan manisss… maka kuenya juga jadi enaaggh banget !

  • Lia 21/03/2011 at 17:5213 Reply

    Mba, BPDA diganti baking powder biasa bisa gak?…

    • cakefever 23/03/2011 at 21:3437 Reply

      bisa… diskip juga bisa. Hanya mungkin jadinya tidak terlalu mengembang ya …

  • rere 01/03/2011 at 11:5253 Reply

    Mba..ini loyang nya ukuran brp?

  • funky fun-T mimi allegra 21/08/2010 at 13:3511 Reply

    mba, uda nyuba, ini cakenyah aseli UEEENNNNNAAAAAAGGGHHHHH πŸ˜€
    mw lagi lagi lagi

    • cakefever 23/08/2010 at 04:2805 Reply

      Yoiiih, sepotong tak akan cukuupph …

Leave a Comment

%d bloggers like this: