Tuesday, September 27

Resep Chiffon Pandan Cake ala Fatmah Bahalwan dan Tintin Rayner

adalah cake lembut dengan tampilan tekstur dan rasa yang mewah. Salah satu varian yang populer di Indonesia adalah Chiffon Cake Pandan.

Resep Chiffon Pandan Cake umumnya menggunakan santan dan pasta pandan, sehingga rasanya gurih dengan aroma pandan. Makan sepotong tak kan pernah cukup. Apalagi karena tekstur yang memang lembut seperti kapas, memang tidak membuat kita kekenyangan atau blenger.

Rahasia sebagai kue yang lembut dan tetap moist di suhu ruang adalah pada penggunaan minyak sayur atau minyak nabati sebagai bahan lemak dalam adonannya. Minyak sayur ini berbeda dari lemak lainnya karena minyak sayur tidak memadat di suhu ruang, membuat chiffon cake tetap memiliki tekstur lembut dan moist.

Sejarah

Resep konon sudah ada sejak tahun 1920an, diketahui Harry Baker seorang agen pemasaran di Los Angeles membuat kue ini dan menjualnya ke Restoran Brown Derby. Kue Harry Baker ini juga terkenal di kalangan selebriti Hollywood pada masa itu.

Harry Baker sang penggubah resep menyimpan resepnya selama 20 tahun. Sampai akhirnya ia menjual resep -nya ke Betty Crocker – General Mills pada tahun 1947. Setahun kemudian resep tersebut dipublikasikan di Majalah Better Homes and Garden. Resep ini menjadi sensasional karena baru terungkap penggunaan minyak sayur atau minyak nabati sebagai pengganti mentega seperti yang biasa digunakan pada resep kue pada masa itu.

Rasa asli dari Chiffon Cake adalah Vanilla Chiffon Cake. Namun di Eropa, yang jadi favorit adalah Lemon Chiffon Cake dan Orange Chiffon Cake. Di Indonesia sendiri dikenal adanya Pandan Chiffon Cake yang menggunakan santan dan pasta pandan.

Chiffon Cake sepintas terlihat sama bentuknya dengan Angel Food Cakes, namun sebenarnya kedua kue ini berbeda komposisi bahannya. Perbedaan utama Chiffon Cake dan Angel Food Cakes adalah dalam penggunaan lemak. Chiffon Cake menggunakan minyak sayur sebagai bahan lemak, sementara Angel Food Cakes tidak menggunakan lemak sama sekali. Secara tekstur pun Chiffon Cake masih lebih kokoh untuk bisa dijadikan layer cake atau diberikan filling, sementara untuk Angel Food Cakes strukturnya terlalu ringan dan rapuh sehingga tidak bisa untuk menahan tambahan filling atau topping.

Baca Juga:  Resep Creamy English Fruit Cake Yang Gurih & Enak

Resep Pandan Chiffon Cake

Pandan Chiffon Cake

Resep Chiffon Cake memang cukup banyak versinya. Namun versi favoritku adalah Pandan Chiffon Cake. Rasa gurih didapatkan dari penggunaan santan yang berpadu dengan sedikit garam yang dikocok bersama dengan putih telur. Untuk rasa maksimal, gunakan santan kental segar dan pasta pandan dari asli. Namun tentu saja untuk kepraktisan, menggunakan santan kemasan dan pasta pandan dari toko pun tidak mengurangi kenikmatan Pandan Chiffon Cake.

Pada dasarnya resep Chiffon Cake membagi dua bahannya, yaitu bahan adonan pasta yang lebih kental dan bahan meringue atau kocokan putih telur untuk membuat tekstur cake yang mengembang lembut dan ringan. Itu sebabnya ada yang menyebutkan teknik pembuatan Chiffon Cake ini termasuk dalam teknik Foam Cake.

Untuk tips sukses membuat chiffon cake, termasuk mencegah chiffon cake melorot atau pun retak, bisa dibaca di artikel Tips Sukses Chiffon Cake.

Di bawah ini adalah resep Chiffon Cake rasa Pandan yang sudah terkenal karena dipopulerkan oleh para selebgram dan telah diuji oleh banyak orang.

1. Resep Pandan Chiffon Cake Fatmah Bahalwan

Resep Chiffon Cake Pandan Fatmah Bahalwan menggunakan kemampuan semua pengembang, yaitu Baking Powder Double Acting dan tentunya pengocokan putih telur sampai soft peak (puncak tumpul) yang akan membuat cake ini menjadi lembut dan ringan.

Adonan Pasta:

50 gram gula pasir
20 gram susu bubuk full cream
20 gram tepung maizena
140 gram tepung terigu protein sedang atau protein rendah
1 sdt Baking Powder Double Acting (BPDA)
100 ml minyak sayur
100 ml santan kental (kalau pakai santan kemasan, cairkan sesuai petunjuk)
140 gram kuning telur
1 sdt pasta pandan

Baca Juga:  Resep Banana Cupcake Dengan Sour Cream

Adonan Putih Telur:

300 ml putih telur
150 gram gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 sdt atau air jeruk lemon (opsional bila sudah yakin bisa membuat meringue soft peak sempurna tanpa bahan tambahan)

Cara Membuat Chiffon Cake:

Siapkan Loyang Chiffon Cake dengan diameter bawah 20 cm. Jangan alasi dengan baking baik alas loyang maupun dindingnya untuk memastikan kue tidak melorot saat nanti didinginkan. Demikian juga jangan diolesi apa-apa, baik alasnya maupun dinding loyang.

Panaskan oven suhu 160 derajat Celcius.

Buat Adonan Pasta:
1. Masukkan ke dalam wadah dan aduk rata: gula pasir, susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu, dan BPDA.
2. Buat lubang di tengah, tuang kuning telur. Lalu dengan whisk aduk telur dengan adonan tepung sambil pelan-pelan dituangi minyak sayur dan santan. Aduk sampai menjadi adonan pasta yang halus dan tidak bergerindil.
3. Masukkan pasta pandan, aduk rata.

Buat Kocokan Putih Telur (Meringue):
Kocok putih telur dengan mixer sampai berbusa, lalu masukkan gula secara bertahap. Kemudian masukkan garam dan cream of tartar. Kocok putih telur sampai mengembang kaku (soft peak).

Campur Adonan Pasta dan Meringue:
1. Campur adonan putih telur atau Meringue ke dalam adonan pasta secara bertahap. Aduk perlahan dengan whisk atau spatula hingga tercampur rata.
2. Tuang adonan ke dalam loyang Chiffon lalu panggang selama 90 menit hingga matang dan kokoh.
3. Setelah loyang dikeluarkan dari oven, balikkan loyang untuk mendinginkan.

2. Resep Pandan Chiffon Cake Tintin Rayner

Resep Chiffon Cake Pandan Tintin Rayner ini tidak menggunakan baking powder sama sekali. Proses pengembangan adonan chiffon cake sepenuhnya akan bergantung pada pengocokan telur dan pengadukan adonan yang sempurna.

Lakukan pencampuran adonan pasta ke meringue secara bertahap. Untuk amannya bisa melakukan teknik pancing, yaitu memasukkan sedikit meringue ke dalam adonan pasta lalu diaduk sehingga adonan pasta lebih ringan.

Baca Juga:  Resep Cheese Cake untuk Penggemar Caramel dan Snickers Bar

Bahan Adonan Pasta:

7 butir kuning telur
120 gram santan kental
80 gram minyak sayur
140 gram tepung terigu protein rendah
1 – 1.5 sdt Pasta Pandan

Bahan Meringue:

7 butir putih telur
140 gram gula pasir
1 sdm air jeruk nipis atau 1/2 sdt Cream of Tartar
1/4 sdt garam halus

Langkah Pembuatan:

  1. Bahan Adonan Pasta: Kocok lepas kuning telur menggunakan whisk, masukkan santan dan minyak sayur lalu aduk sampai tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu, aduk rata sampai adonan tidak bergerindil, sisihkan.
  3. Bahan Meringue: Mixer putih telur, air jeruk nipis (atau bila pakai) dan garam sampai mulai terlihat berbusa kemudian masukkan gula bertahap sebanyak 3x. Lalu kocok semua sampai mengembang kaku.
  4. Masukkan kocokan putih telur yang sudah mengembang secara bertahap ke adonan pasta menggunakan Spatula dengan teknik aduk lipat/aduk balik supaya adonan tidak turun.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon yang tidak dioles apa pun. Lihat tips cara menggunakan loyang chiffon cake yang tepat di sini.
  6. Panggang adonan selama 55 menit dengan suhu 160 C.

Setelah adonan chiffon matang, dinginkan dengan cara membalik loyang dan biarkan dalam posisi terbalik sampai adonan dan loyang menjadi dingin. Setelah itu bisa dikeluarkan dengan menggunakan pisau tipis.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^