Resep: Golden Oreo Cheese Brownies

Golden Oreo BrowniesKetika aku membaca posting di blog Chef in Training tentang No bake Golden Oreo Truffles, foto dan cerita di blog itu malah membuatku penasaran untuk menggabungkan resep truffles dari biskuit Oreo yang berwarna kuning (bukan coklat kehitaman seperti umumnya) dengan yang nyoklaaat banget, bisa pennylane atau blooming brilliantnya Jamie Oliver yang sudah dikurangi gulanya (resep aslinya om Jamie menurutku minta amppuunn manisnyaaaa).

Hmmm sudah kebayang rasa coklat berpadu dengan cream yang dicampur dengan golden. Jadi tidak sabar ingin mencoba. Apalagi di lemariku sedang ada banyak Golden Oreo kiriman Mamaku untuk cucu-nya yang memang suka Golden Oreo. Kalau aku siih, lebih suka yang hitam 😀

Mula-mula siapkan dulu lapisan brownies coklatnya. Karena Golden Oreo Brownies ini hanya lapisan coklatnya saja yang dipanggang. Lapisan Golden Oreonya tidak dipanggang. Bisa pakai Fudge Brownies Ala Jamie Oliver atau Pennylane Brownies.

Satu resep Fudge Brownies atau Pennylane Brownies akan menghasilkan 2 loyang 30×10. Nah karena di resep Golden Oreo Brownies ini akan ada dua layer brownies, maka layer brownies coklat harus separoh dari ukuran sebenarnya. Satu resep Golden Oreo ini hanya menjadi 1 loyang brownies 28×10 atau 30×10, maka gunakan hanya 1/4 resep dari Fudge Brownies atau Pennylane Brownies supaya masih ada tempat untuk menempatkan layer Golden Oreonya.

Setelah lapisan brownies coklatnya selesai, dinginkan saja di rak, tidak usah dikeluarkan dari loyang. Sambil menunggu brownies coklat dingin, mari kita membuat adonan Golden Oreo Browniesnya. Cara membuat adonan Golden Oreo cream cheesenya mudah sekali.

Siapkan 1 bungkus Golden Oreo ( yang warnanya kuning). Bila ada, aku sarankan menggunakan double stuff karena rasa manisnya akan lebih pas sebab krim putihnya lebih banyak. Namun bila yang memang tidak suka terlalu manis, bisa mengurangi krim putih yang melekat di biskuit oreonya. Dicolek aja pakai pisau gitu.

Namun bila lebih suka menggunakan oreo hitam, juga bisa kok, cuma rasanya ya jadi rasa oreo yang hitam. Aku memang belum coba, tapi rasanya bisa membayangkan rasa oreo hitam campur cream seperti rasa oreo cake-ku. Waaahh itu juga enaak kok! — note: kapan-kapan mau coba juga aah!

Golden Oreo Brownies yang sudah disiram dengan ganache dan dipotong setelah disimpan di kulkas sampai lapisan ganachenya set

Kembali ke cara pembuatan. Biskuit Oreo ini dihaluskan dengan menggunakan blender atau food procesoor, berikut dengan cream putihnya sampai berbentuk bubuk atau tepung oreo. Tidak perlu menambahkan gula lagi karena rasa manis akan didapat dari krim oreo yang berwarna putih.

Baca Juga:  Resep Brown Velvet Cupcake ala Cakefever

Selanjutnya siapkan 114 gram yang sudah dibiarkan dalam suhu ruang sehingga menjadi agak lunak. Campurkan Oreo bubuk dan aduk sampai rata. Aduknya bisa pakai sendok atau dengan mixer kecepatan paling rendah.

Setelah diaduk rata, adonan akan menjadi lebih kering dan padat karena bercampur dengan Oreo tepung. Ohiya lupa tulis bahwa kemasan oreo yang aku pakai yang berukuran 125 gram. Itu semua aku gunakan.

Adonan Oreo Cheese ini lalu dituangkan ke atas lapisan brownies coklat yang sudah tidak panas lagi. Ditekan-tekan pakai sendok supaya lapisan golden oreo melekat ke lapisan brownies coklat. Setelah dirasa cukup melekat dan padat, masukkan loyang brownies ke dalam kulkas kira-kira 1 jam. Ini maksudnya supaya lapisan golden oreo cheesenya memadat.

Setelah satu jam di dalam kulkas, keluarkan brownies dari dalam loyang. Kalau dari awal, sudah menggunakan kertas atau baking paper yang panjang sisi-sisinya dilebihkan, maka cara mengeluarkan si brownies adalah dengan memegang dan mengangkat keluar si baking paper.

Setelah dikeluarkan, aku masih menambahkan lagi satu lapisan coklat ganache untuk menutupi tampilan atas di Golden Oreo Cheese Cake yang kurang mulus. Kalau males bikin ganache, pakai dark cooking yang dicairkan lalu langsung dituangkan juga boleh. Setelah dituang coklat cair atau ganache, lalu dikulkasin lagi sampai lapisan coklatnya set.

Potong-potong sesuai selera dan hmmmm enaaak dinikmati dingin-dingin. Ohya, kalau brownies ini dibiarkan di suhu ruang, maka lapisan Golden Oreo Cheesenya akan melunak tapi tidak sampai meleleh. Enak juga siihh, tapi aku lebih suka dingin-dingin.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: