Resep Home Made Cream Cheese Dengan 4 Bahan

Kadang-kadang lagi pengen bikin Cream Cheese Brownies atau Japanesse Cheese Cake, eh nggak punya persediaan cream cheese di rumah dan males kalau mesti keluar rumah untuk beli cream cheesenya. Kalau sudah begini, biasanya aku akan membuat Home-made Cream Cheese atau populer di jagat food blogger dengan nama Cream Cheese Gadungan.

Rasa home-made cream cheese ini menurutku memang tidak bisa dimirip-miripkan dengan rasa Cream Cheese yang sebenarnya, karena memang rasanya lebih asin dan lebih creamy, kemungkinan pengaruh dari bahan susu atau krim kental. Tapi yaaa lumayan-lah daripada ndak ada …

Aneka Resep Cream Cheese buatan Rumah

1. Cream Cheese Dengan Whipped Cream

Dibuat dengan perbandingan 1:1 antara cheddar cheese dan krim kental (whipped cream).
125 ml krim kental
125 gram cheddar cheese yang diparut halus

Cara Membuat:
Cheddar cheese parut dicampur dengan krim kental, lalu dimasak dengan api kecil. Selama proses memasak ini, harus terus diaduk-aduk ya supaya tidak gosong.

Campuran cheddar cheese dan krim kental ini diaduk terus sampai kejunya meleleh dan campuran krim kental ini sudah tercampur dengan sempurna sehingga menjadi adonan keju yang lembut. Setelah itu angkat, dinginkan, siap untuk dipakai.

Baca Juga:  Tutorial Membuat Adonan Pizza Lembut ala Italia Anti Gagal

Ohya, jangan lupa untuk ditimbang ulang ya, karena pengalamanku, 125 cheddar cheese + krim kental tidak selalu menjadi 250 gram cream cheese. Biasanya kurang karena mungkin ada yang menguap dalam proses pemasakan.

2. Cream Cheese dengan Susu Cair Full Cream

100 ml susu cair full cream
150 gram cheddar cheese yang diparut halus

Cara membuatnya sama seperti di atas yaitu susu dicampur dengan keju cheddar yang sudah diparut halus lalu dimasak dengan api kecil sampai keju larut dan adonan mengental. Hasil dari resep ini kira-kira menjadi 200 gram Cream Cheese Gadungan … 🙂

3. Cream Cheese Gadungan ala Cheddar Cheese Cake

130 gram susu cair full cream
40 gram unsalted butter
125 gram cheddar cheese yang diparut halus

Dalam Resep Cheddar Cheese Cake terdapat komposisi bahan seperti tersebut di atas. Bila bahan tersebut di atas dicampur lalu dimasak dengan api kecil sampai butter meleleh dan keju mencair maka akan menghasilkan sekitar 250-300 gram cream cheese gadungan juga.

Baca Juga:  Cara Mudah Melelehkan Coklat Batang

4. Cream Cheese Gadungan ala Kraft Filling Cheese

120 gram Kraft Filling Cheese
100 gram susu cair full cream
50 gram margarin (saranku pakai unsalted butter untuk mengurangi rasa asin)

Di kemasan Kraft Filling Cheese, terdapat resep Rich Cheese Cake, dimana ada adonan ala Cream Cheese Gadungan yang aku tuliskan di atas.

By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

83 Comments

  • Terima kasih banyaakk info-nya Tiara … Aku tambahkan ke artikel saja, boleh ga? Supaya gak ke-skip dibaca kalau di komentarnya saja ?

  • Wah lagi jalan2 liat artikel oven malah nyasar di cream cheese :v

    Mau bagi info, ada cara lain bikin cream cheese yg lebih akurat yaitu pake susu yg kadar lemaknya tinggi (atau bisa ditambah heavy cream) di panaskan tp jangan sampai mendidih, kalo sudah keliatan busa di pinggiran panci masukkan satu sendok makan air lemon sampai nanti keliatan ada yg menggumpal, diaduk sekitar satu menit lalu tambahkan satu sendok air lemon lagi, untuk ukuran 1 liter susu butuh 2-3 sendok makan air lemon, saya pribadi 2 sendok makan sudah cukup, kalo air susunya sudah berubah kehijauan dan gumpalannya sudah cukup banyak, matikan kompor terus saring airnya (taruh kain bersih diatas saringan) diamkan diatas kain kira2 15 menit, lalu haluskan cream cheese dengan cara masukkan ke food processor atau mixer atau kalo mau diaduk tangan pake wisk sampai bener2 lembut, nah terakhir tinggal tambahin garam secukupnya

    Semoga bermanfaat *melipir baca2 artikel lagi*

    BTW saya suka deh mb sama blog (atau website?) nya ?

  • Setuju Deen, Prochiz rasanya memang kurang asin dibanding merk Kraft misalnya 🙂

    Belum coba Deen yang pakai susu dan jeruk lemon. Karena harus mendiamkan kejunya dulu sekian lama. Lha ya klo butuh cream cheese beneran, sekarang aku tinggal beli online pakai gojek sejam langsung sampai rumah 😀 Teknologi memang sangat memudahkan 🙂

    Kalau cream cheese ala-ala ini kan bisa segera digunakan. Hanya saja memang rasanya pasti tak seperti cream cheese beneran, walaupun ditambahkan sedikit air jeruk lemon karena rasa asin dari cheddar cheese memang sangat kuat.

  • Senangnya nemu tips ini, meski telat brthn2 hehe, terima kasih sudah berbagi ilmu… Saya nyoba yg plg murah dan praktis (krn bhnnya ada di rumah) yakni susu full cream & parutan keju. Saya pake prochiz malah cenderung tawar tuh…
    Oya sy juga sempet nemu resep bikin cheese cream yg pakai susu dan air jeruk lemon. Krn gak pny cheese cloth, jd batal nyobain. Sudah pernah nyoba, mb?

  • Cream Cheese gadungan yang pasti rasanya gak sama dengan cream cheese beneran. Pastinya lebih asin sih, Shierly.. kan udah beda bahan.

    Kalau mix keju, aku belum pernah coba 🙂

  • Halo sis. Mau tanya kalau buat jccc. Kalau buat cream cheese gadungan dulu yah. Lalu sisa nya masih tetep tambah susu cair lg ga yah kayak di resep ? Atau ga usah. Makasi ?

  • Mau nanya mbak, kalau cream cheese nya di ganti dengan spread cheese yg utk olesan itu bisa gak tanpa harus diolah lg?

  • Bisa langsung dipakai, karena sudah berbentuk creamy. Hanya saja yang perlu diperhatikan, rasanya lebih asin daripada cream cheese original yah ..

  • Permisi mba ferona, mau tanya..mba cheese cream ini bisa lgsg dipakai untuk buat cheese cake nggk ya? Apa mesti ditaruh di kulkas dl?

  • yang pasti mesti pakai whipped cream yang dairy (dari susu) supaya rasanya gurih … Aku biasanya pakai yang cair sih, karena memang belum pernah beli whipped cream bubuk yang dairy …

  • Halo mbak salam kenal,aku juga hobby memasak terutama kue dan pasta.untuk campuran susu dan cheedar biasanya untuk pasta krim aku belum coba sih ke kue.kalau pakai whipped cream,yang digunakan cair apa bubuk ya mbak? Terima kasih infonya:)

  • aku biasa pakai susu cair full cream juga bikinnya, karena klo pake whipcream cair jadinya gak murah juga hihihi … dan biasanya keju tetap larut sempurna. Mungkin kurang aduk dan kurang lama saja manasin kejunya?

  • Mba mksh ya info nya suangatsuangat berguna sekalu bwt sy yg kl bth cream chest muastahil dpt dibeli dlm 3jam. Tp kl sy bkn pk susu suka g larut kejunya ya mba? Krn kl pk.freshcream sm mustahil didapatnya mba.whipcream bubuk kemahalan.. mksh y mba

  • Buat cheese cake gak pakai cream cheese? bisa, asalkan tetap diganti dengan keju lunak lainnya dengan perbandingan yang sama. Misalnya pakai Ricotta cheese, mascarpone atau homemade cream cheese yang di resep ini … Kalau pakai keju cheddar tetap harus diproses dulu dengan resep home made cream cheese ini ya ..

  • mbaak mw nanya ,,
    qlo misalnya mw buat cheese cake tpi gk pakai cream cheese bsa gk ya ??
    trus qlo d.ganti dngan keju cheader bsa gk mbak ??

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading