Tuesday, September 27

Resep Creme Brulee, Dessert Khas Perancis yang Bikin Nagih

Nama dessert Creme Brulee mungkin masih asing di kalangan pecinta dessert. Makanan penutup yang manis ini berasal dari Prancis yang sangat identik dengan kue berlapis karamel gosong. yang dihasilkan dari taburan gula menggunakan blow torch yang dibakar. 

Sekilas mengenai sejarahnya, resep dessert Creme Brulee ditemukan sekitar abad ke-15. Bahan utama dari pembuatan dessert lembut ini adalah susu, karena pada saat itu produksi susu sangat melimpah ketika musim semi. inilah yang kemudian dimanfaatkan menjadi bahan baku, tambahan gula karamel di atas creme brulee ini atas ide seorang mahasiswa dari Trinity College di Cambridge. Sejak saat itu, dessert ini sangat disukai dan menjadi menu populer di kalangan pelajar. 

Rasa Unik Creme Brulee, Dessert Krim Unik yang Gosong

Tekstur creme brulee
Tekstur creme brulee (Sumber: Pixabay)

Bagi kamu yang tertarik mencoba resep Creme Brulee ini mungkin bertanya-tanya seperti apa rasanya. Rasa dari dessert ini adalah manis dengan tekstur yang sangat lembut di lidah. Gula yang dibakar dengan blow torch akan menjadi lapisan gula krispi yang manis sehingga akan menjadi pemikat untuk anak-anak dan pelajar yang suka manis, sangat cocok juga dijadikan sebagai cemilan. 

Baca Juga:  Resep Puding Jagung Lembut & Manis yang Bisa Maniskan Harimu

Setelah membayangkan rasa manisnya, kamu mungkin tertarik lebih lanjut untuk mengetahui resep creme blue khas Perancis ini. Yuk, berikut bahan-bahan dan resep Creme Brulee yang mudah, praktis, dan dijamin enak. 

Resep Creme Brulee

Hasil akhir resep creme brulee dengan toping buah
Hasil akhir resep creme brulee dengan toping buah (Sumber: Pixabay)

Bahan-bahan utama:

  • 300 ml susu cair
  • 300 ml whipping cream cair
  • 2 butir kuning telur
  • 3 butir telur
  • 60 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanili

Bahan karamel:

  • 50 gram gula pasir yang halus

Bahan untuk hiasan:

  • Irisan buah segar

Cara membuat creme brulee:

  1. Hal yang perlu disiapkan adalah ramekin yaitu mangkuk berbahan keramik.
  2. Siapkan sebuah wadah, masukkan whipping cream cair, vanili, susu, gula, telur beserta kuning telur. Aduk hingga rata dan gula pecah hingga larut dengan bahan. Untuk memastikan semua bahan benar-benar tidak ada yang bergumpal, saring adonan. Hal ini dilakukan untuk menjaga tekstur dari kue.
  3. Tuangkan adonan ke dalam ramekin hingga penuh. Siapkan loyang dan masukkan ramekin ke dalam loyang tersebut kemudian berikan air setinggi 2 cm. 
  4. Masukkan loyang yang berisi air itu ke dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius dengan durasi sekitar 45-60 menit hingga terlihat teksturnya menjadi padat. Angkat creme brulee.
  5. Creme brulee kemudian didinginkan pada suhu ruangan, lalu masukkan ke dalam kulkas sekitar 4 jam.
  6. Setelah 4 jam, keluarkan Creme Brulee dari kulkas dan berikan taburan gula pasir sesuai selera. Bakar gula tersebut hingga menjadi lapisan tipis karamel dengan blow torch. Ketika gula telah meleleh dan menjadi kristal, berhentilah membakar. 
  7. Diamkan sekitar 1 menit lalu beri hiasan buah diatas.
Baca Juga:  Cara Bikin Mochi Jepang Pakai Bahan Lokal ala Chef Devina

Ada satu tips jika kamu ingin menyajikan hidangan ini untuk banyak orang. Buatlah creme brulee sehari sebelum ingin dihidangkan, hal ini akan mempengaruhi teksturnya menjadi sangat lembut dan enak. Selain itu, gunakan bahan berkualitas agar menciptakan tekstur dan rasa yang khas. 

Itu tadi resep Creme Brulee yang enak, praktis, dan gampang banget dibuat. Atur kadar manis sesuai dengan selera agar menghasilkan rasa yang sesuai dengan lidah. Kreasikan juga buah yang segar agar menambah kenikmatan dessert lembut yang satu ini. Selamat berkreasi!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^