Tuesday, May 24

Cara Membuat Roti O yang Lembut dan Anti Gagal

Roti O merupakan roti yang memiliki kesan unik dan kuat. Aromanya yang menggiurkan membuat siapapun ingin menikmatinya. Gerai-gerai Roti O banyak kita dapati di daerah stasiun dan bandara. Hal ini terkadang membuat roti dengan isi ini mengingatkan kita dengan hiruk pikuk di stasiun yang akrab sebagai cemilan untuk liburan.  

Berdasarkan jenisnya, Roti O merupakan roti Coffee Bun asal Mexico. Gerai-gerai Roti O yang ada di Indonesia merupakan franchise asli Indonesia yang menawarkan produk-produk roti coffee bun. Penasaran cara membuat Roti O yang enak ini? Yuk simak resep Roti O anti gagal berikut ini.

Resep Roti’O Isian Mentega 

Rsep Roti O isian mentega ala rumahan
Resep Roti O isi ala rumahan (Sumber: Cookpad)

Bahan-bahan:

  • 1000 gram tepung protein tinggi atau tepung khusus roti
  • 100 gram telur
  • 180 gram gula pasir
  • 150 gram
  • 15 gram ragi instan
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 15 gram garam
  • 450 gram air
  • 10 gram bread improver

Bahan topping:

  • 100 gram
  • 100 gram gula
  • 100 gram tepung protein sedang
  • 2 gram garam
  • 6 gram instan atau pasta
  • 30 gram putih telur
  • 2 gram garam

Bahan isian roti:

  • Salted butter atau asin, dinginkan di kulkas lalu potong dadu untuk isian

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah bersih lalu masukkan tepung terigu, ragi, gula, susu bubuk beserta bread improver dan aduk hingga menyatu.
  2. Tambahkan telur dan air lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Uleni adonan hingga 3/4 kalis kemudian masukkan garam dan mentega.
  4. Diamkan adonan selama 20 menit di suhu ruangan. Jika ruangannya memiliki suhu yang dingin, diamkan adonan sekitar 10 menit lebih lama.
  5. Setelah 20 menit, kemudian bagi adonan menjadi kecil-kecil dan timbang sesuai dengan ukuran yang diinginkan, misalnya 50 gram. Diamkan kembali adonan tanpa isian tersebut.
  6. Setelah didiamkan sebentar kemudian isi adonan dengan salted butter yang sebelumnya sudah dibekukan kemudian bulatkan dan kembali diamkan.
  7. Adonan sudah jadi kemudian disisihkan dulu, sekarang kita akan fokus membuat topping.
  8. Bahan-bahan toping yakni dan gula dikocok menggunakan mixer hingga creamy. Tambahkan putih telur dan garam kemudian kembali mixer. Terakhir yang menjadi bagian paling penting yakni pasta atau bubuk yang dimasukkan lalu aduk kembali.
  9. Toping yang sudah jadi kemudian dimasukkan ke dalam plastik segitiga. Beri toping diatas adonan yang tadi disisihkan hingga toping memenuhi 2/3 adonan hingga roti tertutup topping.
  10. Setelah selesai, panggang roti dengan suhu 180 derajat celcius selama 12 menit dengan  roti berukuran 50 gram hingga matang.
  11. Roti O ala rumahan pun siap disajikan. Wangi kopi dan akan membuat siapapun ingin memakannya.
Baca Juga:  5 Resep Es Krim Chocolatos Lezat dan Mudah Dibuat

Tips Agar Roti O Mengembang Sempurna

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat Roti O ala rumahan adalah:

  1. Jangan menggunakan air panas karena akan membunuh ragi yang membantu adonan mengembang. Gunakan air dengan suhu ruangan atau hangan suam-suam kuku.
  2. Gunakan ragi sesuai dengan resep dan perhatikan kadaluarsa ragi yang ada. Ragi yang sudah kadaluarsa tidak bisa membuat roti mengembang.
  3. Hindari menggunakan gula dan garam terlalu banyak. Gunakan sesuai dengan resep yang ada. Dan jangan mencampur garam bersama dengan ragi karena garam bisa membuat ragi tidak aktif.
  4. Perhatikan saat memasukkan air ke dalam adonan, sebaiknya tidak langsung dituangkan sekaligus. Perhatikan bila adonan sudah basah maka tidak perlu memasukkan keseluruhan air. Karena kelembaban tepung dan ruangan berbeda-beda.
  5. Perhatikan suhu oven agar roti memiliki tekstur yang lembut dan tidak over-baked. Kenali oven masing-masing
  6. Hindari memanggang terlalu lama karena akan membuat roti menjadi kering dan keras. Roti O yang akan kita buat akan memiliki tekstur sedikit renyah di permukaan namun bertekstur lembut di dalamnya. 

Itu tadi informasi lengkap mengenai resep Roti O yang mudah dibuat dan anti gagal. Jangan lupa untuk memperhatikan tipsnya ya agar Roti O buatan kamu memiliki tekstur yang lembut dan anti gagal. Selamat mencoba 🙂

A communication student who likes talking and writing.
Siti Haliza

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^