Saturday, June 25

Cara Bikin Roti Baguette Prancis Enak Cuma Pakai 5 Bahan

Halo teman-teman setia Cakefever! Di antara kita, pasti banyak ya, yang merupakan penggemar klasik. Kalau klasik kesukaanku sih, yang biasa aku beli di Madiun. Tapi, omong-omong soal klasik, kamu juga pasti sudah cukup familiar dengan Roti Baguette, klasik khas Prancis yang berbentuk panjang dan memiliki tekstur renyah. Sudah pernah coba?

Buat kamu yang belum pernah coba, don’t worry. Cakefever punya resep Roti Baguette Prancis nih, khusus buat kamu doang. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Prancis hanya untuk nyicipin klasik yang satu ini. Simak resepnya di bawah ini, ya!

Baguette, Roti Roti Renyah Simbol Budaya Prancis

Roti Baguette Prancis (sumber: Pexels)
Roti Baguette Prancis (sumber: Pexels)

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Prancis memiliki klasik yang bernama Baguette. Baguette sendiri sebenarnya memiliki arti “batang” atau “tongkat”, yang menjadi salah satu alasan mengapa klasik yang satu ini memiliki bentuk tabung memanjang. For your information, Roti Baguette sendiri diresmikan sebagai salah satu jenis roti pada tahun 1920. Selain itu, Roti Baguette juga didapuk menjadi simbol budaya negara Prancis.

Baca Juga:  Membuat Roti Tawar Lembut Dengan Bread Maker

Roti Baguette sendiri memiliki tekstur yang garing dan renyah di luar, namun lembut di bagian dalamnya. That’s why Roti Baguette sebenarnya cocok banget kita olah menjadi garlic bread dan sandwich. Kalau kamu sendiri, sudah pernah nyicipin Roti Baguette Prancis belum, nih?

Resep Roti Baguette Prancis Cuma Pakai 5 Bahan

Resep Roti Baguette Prancis (sumber: Pexels)
Resep Roti Baguette Prancis (sumber: Pexels)

Nggak perlu jauh-jauh terang ke Prancis, kalau pengen nyicipin betapa enaknya Roti Baguette ini. Kamu bisa lho, bikin sendiri di rumah. Caranya gimana? Nah, Cakefever punya resep Roti Baguette Prancis nih, buat kamu. Ikutin step-stepnya dengan hati-hati dan telaten, ya, supaya Roti Baguette buatan kamu bisa ciamik dan matang sempurna. Berikut ini resep Roti Baguette cuma pakai 5 bahan dari Cakefever.

Bahan:

  • ½ kg tepung terigu protein tinggi
  • 300 ml air hangat
  • Air matang secukupnya, disimpan dalam wadah spray
  • 1 sdt garam
  • 5 gram Fermipan

Cara membuat:

  • Pertama, siapkan wadah. Campurkan tepung terigu, Fermipan, dan garam ke dalam wadah, aduk hingga rata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, uleni adonan hingga kalis. 
  • Pindahkan adonan Roti Baguette ke dalam wadah yang lebih besar, kemudian tutup dengan kain basah dan diamkan selama 60 menit.
  • Setelah 60 menit, kempiskan adonan, bagi menjadi 5 bagian. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan diamkan selama 15 menit.
  • Taburkan tepung terigu di atas meja yang bersih secukupnya. Letakkan adonan di atas meja yang sudah ditaburi tepung, kemudian kempiskan adonan rotinya. 
  • Lipat kedua sisi ke tengah, lalu gulung adonan berlawanan dengan lipatan supaya berbentuk oval.
  • Istirahatkan adonan sampai mengembang, selama sekitar 40 menit. 
  • Setelah 40 menit, gurat permukaan atas adonan roti menggunakan pisau, kemudian taburi dengan tepung terigu tipis-tipis saja.
  • Panaskan oven dengan suhu 200 derajat. Panggang roti selama 30 menit. Sistem memanggangnya adalah pada 10 menit pertama, buka oven lalu semprot dengan air yang sudah dimasukkan dalam wadah spray. Ulangi tiap 10 menit, dan tunggu rotinya matang hingga berwarna kecoklatan.
  • Roti Baguette sudah siap disajikan!
Baca Juga:  3 Resep Kue Talam, Hidangan Manis yang Cocok Jadi Camilan!

Oke, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep Roti Baguette Prancis yang bisa Cakefever sajikan untukmu kali ini. Cara membuatnya ternyata cukup mudah, ya. Jika kamu ingin membuat Roti Baguettemu bisa matang sempurna, ikuti tiap langkah dari resep Roti Baguette di atas dengan hati-hati ya. Selamat mencoba!

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^