Friday, December 2

Cara Bikin Roti Baguette Prancis Enak Cuma Pakai 4 Bahan

Halo teman-teman setia Cakefever! Di antara kita, pasti banyak ya, yang merupakan penggemar roti klasik. Kalau roti klasik kesukaanku sih, Bluder yang biasa aku beli di Madiun. Tapi, omong-omong soal roti klasik, kamu juga pasti sudah cukup familiar dengan Baguette, roti klasik khas Prancis yang berbentuk panjang dan memiliki tekstur renyah. Sudah pernah coba?

Buat kamu yang belum pernah coba, don’t worry. Cakefever punya resep Baguette Prancis nih, khusus buat kamu doang. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Prancis hanya untuk nyicipin roti klasik yang satu ini. Simak resepnya di bawah ini, ya!

Baguette, Roti Renyah Simbol Budaya Prancis

Roti Baguette Prancis (sumber: Pexels)
Baguette Prancis | Pexels

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa Prancis memiliki roti klasik yang bernama Baguette. Baguette sendiri sebenarnya memiliki arti “batang” atau “tongkat”, yang menjadi salah satu alasan mengapa roti klasik yang satu ini memiliki bentuk tabung memanjang. For your information, Baguette sendiri diresmikan sebagai salah satu jenis roti pada tahun 1920. Selain itu, Baguette juga didapuk menjadi simbol budaya negara Prancis.

Baguette sendiri memiliki tekstur yang garing dan renyah di luar, namun lembut di bagian dalamnya. That’s why Baguette sebenarnya cocok banget kita olah menjadi garlic cheese bread dan sandwich. Kalau kamu sendiri, sudah pernah nyicipin Roti Baguette Prancis belum, nih?

Resep Baguette Prancis Cuma Pakai 4 Bahan

Resep Roti Baguette Perancis Dengan 4 Bahan
Resep Baguette Perancis Dengan 4 Bahan | Antoni Shkraba – Pexels

Nggak perlu jauh-jauh terang ke Prancis, kalau pengen nyicipin betapa enaknya Baguette ini. Kamu bisa lho, bikin sendiri di rumah. Caranya gimana? Nah, Cakefever punya resep Roti Baguette Prancis nih, buat kamu. Ikutin step-stepnya dengan hati-hati dan telaten, ya, supaya Roti Baguette buatan kamu bisa ciamik dan matang sempurna. Roti Baguette 

Baca Juga:  Resep Roti Boy Atau Mexican Bun

Berikut ini resep Roti Baguette cuma pakai 4 bahan.

Bahan:

  • ½ kg tepung terigu protein tinggi
  • 300 ml air hangat untuk adonan
  • Air matang secukupnya, disimpan dalam wadah botol spray
  • 1 sdt garam
  • 5 gram Fermipan atau ragi instan merek lainnya juga boleh

Cara membuat:

  1. Pertama, siapkan wadah. Campurkan tepung terigu, Fermipan atau ragi instan, dan garam ke dalam wadah, aduk hingga rata. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, uleni adonan hingga kalis. 
  2. Pindahkan adonan Roti Baguette ke dalam wadah yang lebih besar, kemudian tutup dengan kain basah dan diamkan selama 60 menit.
  3. Setelah 60 menit, kempiskan adonan, bagi menjadi 5 bagian. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat dan diamkan selama 15 menit.
  4. Taburkan tepung terigu di atas meja yang bersih secukupnya. Letakkan adonan roti di atas meja yang sudah ditaburi tepung, kemudian kempiskan adonan rotinya. 
  5. Lipat kedua sisi roti ke tengah, lalu gulung adonan berlawanan dengan lipatan supaya roti berbentuk oval memanjang.
  6. Istirahatkan adonan sampai mengembang, selama sekitar 40 menit – 1 jam, tergantung suhu dan kelembaban di rumah masing-masing ya. Perhatikan saja apakah adonan sudah cukup mengembang setelah 40 menit. 
  7. Setelah adonan mengembang, gurat permukaan atas adonan roti menggunakan pisau tajam seperti silet. Usahakan untuk mengguratnya di bagian tengah agar tidak menekan adonan yang bisa membuat adonan jadi kempes. Kemudian taburi dengan tepung terigu tipis-tipis saja.
  8. Panaskan oven dengan suhu 220 derajat atau lebih. Baguette harus dipanggang dengan suhu oven yang panas untuk menghindari roti menjadi flat atau datar. Namun bila oven terlalu panas pun adonan Baguette akan cepat gosong. Karena itu untuk amannya bisa coba di suhu 200 – 220 C tergantung kondisi oven masing-masing.
  9. Panggang roti selama kurang lebih 20-30 menit, makin panas oven maka makin cepat proses memanggangnya.
  10. Cara memanggangnya adalah setelah 10 menit pertama, buka oven lalu semprot dengan air yang sudah dimasukkan dalam wadah spray. Ulangi tiap 10 menit, dan tunggu rotinya matang hingga berwarna kecoklatan. Cara memanggang dengan disemprot air seperti ini akan menghasilkan permukaan roti yang crispy seperti khasnya roti Baguette.
  11. Roti Baguette sudah siap disajikan!
Baca Juga:  Resep Roti Bluder Yang Empuk dan Ekonomis

Tips Sukses Baguette

Baguette yang berongga adalah kuntji | Nadin SH – Pexels

Roti Baguette adalah tipe roti keras, bukan roti lembut. Namun di balik permukaan Baguette yang memang diupayakan menjadi crispy, bagian dalam Roti Baguette tidaklah sekeras bagian luarnya.

Bagian dalam Roti Baguette yang berongga-rongga terasa empuk dan chewy saat dikunyah. Berikut adalah rangkuman tips untuk bisa mendapatkan roti Baguette dengan penampilan dan tekstur yang diharapkan:

  1. Jangan lupakan metode memanggang dengan menyemprotkan air kedalam oven secara berkala. Dengan cara ini permukaan Baguette akan jadi crispy sementara bagian dalam roti tidak mengeras.
  2. Saat membentuk adonan yang sudah mengembang, walaupun di resep ini menggunakan tepung supaya tidak lengket, tetapi bisa juga menggunakan minyak atau air agar kadar air yang ada pada adonan tidak terserap oleh tepung saat pembentukan adonan. Tepung baru di taburkan di permukaan adonan saat sudah siap dibentuk dan akan proofing.
  3. Perhatikan saat mengulen adonan untuk bisa mempertahankan banyaknya gelembung-gelembung udara di dalam adonan. Saat sudah mengembang, langsung bagi adonan tanpa dikempeskan lagi dan segera bentuk adonan menjadi oval memanjang.
Baca Juga:  Resep Roti Gembong Super Lembut Khas Kutai Kalimantan Timur

Oke, itulah tadi sedikit penjelasan tentang resep Roti Baguette Prancis yang bisa Cakefever sajikan untukmu kali ini. Cara membuatnya ternyata cukup mudah, ya. Jika kamu ingin membuat Roti Baguettemu bisa matang sempurna, ikuti tiap langkah dari resep Roti Baguette di atas dengan hati-hati ya. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^