Tuesday, September 27

5 Merk DCC Terbaik dan Perbedaannya dengan Coklat Biasa

Hola, teman-teman setia Cakefever! Dalam membuat kue, alias baking, tentunya kita bakalan ketemu dengan banyak jenis bahan baku untuk membuat kue. Mulai dari telur, tepung terigu, mentega, hingga coklat. Ngomong-ngomong soal coklat, sudah tahukah kamu dengan apa itu DCC? DCC adalah salah satu istilah dalam baking, yang ternyata nggak banyak diketahui orang, lho.

Khususnya bagi kamu yang suka bikin roti isi, brownies, hingga pie coklat, tentunya kamu memerlukan DCC untuk membuat kue yang lebih enak. Nah, kebetulan banget kali ini Cakefever bakalan bahas beberapa hal tentang DCC, nih. Yuk, kepoin pengertian, kegunaan, merk DCC terbaik, hingga perbedaannya dengan coklat batangan biasa dalam informasi di bawah ini!

Apa Itu DCC?

Apa Itu DCC | Pixabay
Apa Itu DCC | Pixabay

Jadi, sebenarnya, apa itu DCC? DCC adalah kependekan dari dark cooking chocolate. Sampai sini, kamu mungkin sudah relate bahwa DCC adalah jenis coklat yang memang khusus diperuntukkan untuk membuat kue. 

Pada umumnya, DCC memiliki kandungan kakao yang lebih banyak, sehingga membuat warna coklat DCC lebih pekat ketimbang coklat biasa. DCC adalah jenis coklat yang tidak mengandung tambahan gula dan susu, sehingga rasanya bisa di”custom” sesuai dengan yang kamu mau. Tapi kalau kamu pernah iseng mencoba berbagai merek dark cooking chocolate terutama yang jenisnya compound, bisa jadi kamu akan bilang ini dcc compound masih terasa manis kok, gak seperti dark chocolatenya coklat Monggo, misalnya. Hmm ya jujurly aku akan bilang dcc terutama yang compound itu sebenarnya rasanya gak pahit-pahit banget sih. Lebih pahit di-PHP-in mantan, hehehe Nggak dink, lebih pahit lagi rasa coklat Krakakoa yang 100% itu loh. Beneran, itu aku gak sanggup makannya deh, puwaaaaiittt bener rasanya, Rek!

Kebanyakan DCC memang berbentuk seperti coklat blok, namun beberapa produk DCC juga menyediakan produk dalam bentuk powder atau bubuk. Seperti namanya, yakni dark cooking chocolate, DCC hanya bisa digunakan dalam untuk memasak dan tidak untuk dikonsumsi secara langsung. Walaupun kalau kamu memang suka rasa coklat yang pahit, sebenarnya boleh saja sih kalau mau ngemil dark cooking chocolate ini. Kalau aku sih, hmmm mending dimakan setelah dijadikan brownies aja deh, hehehe.

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Edamame & Perbedaannya dengan Kedelai Biasa

Perbedaan DCC dengan Batangan Biasa

Perbedaan DCC dengan Coklat Batang Biasa | Pixabay
Perbedaan DCC dengan Batang Biasa | Pixabay

Dark cooking chocolate, alias DCC adalah coklat yang tentu jauh berbeda dengan coklat batangan biasa. Sebab, DCC adalah jenis coklat yang secara khusus memang diperuntukkan sebagai bahan masakan. 

Hal ini berbeda dengan coklat batangan biasa yang banyak dijual di minimarket, karena coklat batangan biasa umumnya bisa langsung dikonsumsi. Selain itu, warna DCC terlihat lebih pekat dan gelap dibandingkan dengan coklat batangan biasa, karena DCC adalah jenis coklat yang mengandung lebih banyak cocoa sedangkan coklat batangan biasa mengandung lebih banyak susu dan tambahan gula.

Nah, buat kamu yang penasaran apakah coklat batangan biasa dapat dijadikan sebagai pengganti DCC dalam masakan? Jawabannya adalah nggak bisa! Sebab, coklat batangan biasa dan DCC adalah dua jenis coklat yang memiliki komposisi yang berbeda. Jadi, kalau kamu menggunakan coklat batangan biasa untuk memasak atau membuat kue, maka sajianmu akan terasa lebih manis dan rasanya cenderung nggak bisa dicustom sesuai selera atau bahkan sesuai resep.

DCC biasanya merujuk ke coklat masak jenis compound, walaupun coklat masak jenis Couverture juga bisa saja disebut DCC juga dalam resep. Untuk mengetahui apa bedanya coklat compound dan coklat couverture, kamu bisa baca di artikel : Perbedaan Compound dan Couverture

Rekomendasi Merk DCC Terbaik untuk Kue Buatanmu

Nah, untuk membuat sajianmu semakin enak, kamu nggak boleh sembarangan pilih merk DCC, guys. Berikut ini Cakefever punya 5 rekomendasi merk DCC terbaik hanya buat kamu. Cek di bawah ini!

1. Colatta Dark

Colatta DCC | Instagram
Colatta DCC | Instagram

Suka bikin brownies? Kamu wajib banget cobain pakai produk DCC dari Colatta ini. Sebab, DCC dari Colatta ini memiliki warna coklat yang pekat dan kuat, sehingga mampu membuat citarasa brownies buatanmu lebih nikmat. Nggak hanya brownies sih, kamu bisa menggunakan DCC dari Colatta ini untuk memperlezat hidanganmu yang lain. Harganya juga murah banget, hanya mulai dari Rp 10.000-Rp 30.000 saja kalau kamu mau cari yang ukuran repack dari kemasan kiloan-nya si Collatta dan tentunya yang jenisnya coklat Compound ya. 

Baca Juga:  Resep Chewy Cookies yang nyoklat dan ngopiii banget

2. Mercolade Compound

Mercolade DCC | Instagram
Mercolade DCC | Instagram

Mercolade merupakan salah satu merk DCC yang terkenal banget di Indonesia. DCC dari Mercolade ini mampu membuat sajianmu semakin enak. Selain itu, Mercolade Compund ini bisa dengan mudah kamu temukan di toko-toko bahan kue terdekat. Biasanya, DCC dari Mercolade ini dijual dengan harga sekitar Rp 10.000-Rp 85.000 saja, tergantung kemasan dan beratnya, ya. Banyak dari yang menyediakan kemasan repack yang lebih terjangkau dan dapat dibeli dalam ukuran yang kecil. Jadi kalau kamu memang cuma mau buat kue dalam ukuran sedikit, tidak perlu beli DCC ukuran sekilo-an itu. Jangan lupa carinya di ya. Kalau cari di supermarket sih biasanya kemasan paling kecil ukuran 250 gram.

3. Tulip Compound

Tulip DCC | Instagram
Tulip DCC | Instagram

Tulip Compound merupakan salah satu jenis DCC yang juga banyak dipakai masyarakat Indonesia. Memiliki kandungan lemak nabati dan kakao pilihan, Tulip Chocolate Compound mampu membuat sajianmu semakin lezat. DCC dari Tulip ini merupakan jenis coklat yang tahan panas meskipun meleleh. Bahkan, kandungan lemak nabatinya bakalan membeku secara alami sehingga nggak akan mengganggu tampilan kuemu yang cantik. Rentang harga DCC Tulip ini adalah kisaran Rp 9.000-Rp 100.000 tergantung berat dan kemasannya.

4. Valrhona Dark Chocolate

Valrhona DCC | Instagram
Valrhona DCC | Instagram

Valrhona juga memiliki produk DCC yang nggak kalah bagus, lho. Valrhona Dark Chocolate ini mengandung 70% kokoa asli yang membuat warna coklatnya sangat pekat. Kendati demikian, rasa coklat yang dimiliki oleh DCC Valrhona ini tetap lembut, sehingga sajian buatanmu akan terasa lebih nikmat. Sangat cocok untuk kamu yang suka bikin kue coklat atau brownies. Rentang harga merk DCC yang satu ini adalah sekitar Rp 70.000-Rp 110.000 tergantung kemasan dan isinya. Namun, meskipun sedikit mahal, kualitas coklatnya tentu worth it untuk kamu coba!

Baca Juga:  Aneka Manfaat Barley & Cara Memasaknya Sampai Bisa Dinikmati

5. Elmer Dark Chocolate

Elmer DCC | Instagram
Elmer DCC | Instagram

Elmer merupakan salah satu merk DCC yang cukup terkenal dan banyak dipakai di Indonesia, nggak kalah dengan Colatta atau Mercolade yang banyak dijual di pasaran. Memiliki warna coklat yang pekat dan rasa yang soft, Elmer DCC cocok untuk kamu jadikan bahan masakan, terutama jika kamu sedang membuat kue yang mengandung coklat. Rasa coklatnya pun masih terbilang manis namun balance, jadi kamu tetap bisa meng-custom hidanganmu dengan baik. Produk DCC yang satu ini dijual dengan rentang harga Rp 10.000-Rp 50.000 tergantung isi dan kemasannya.

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai apa itu DCC, perbedaan DCC dengan coklat batang biasa, hingga rekomendasi merk DCC terbaik versi Cakefever. Jadi, kira-kira, manakah merk DCC yang bakalan kamu pakai untuk memperlezat hidanganmu, nih? Semoga artikel dari Cakefever kali ini bisa jadi insight baru untukmu!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^