Tuesday, May 24

Tidak Cuma Wangi, Ini 5 Manfaat Daun Pandan di Dapur

Seperti yang kita ketahui, pandan merupakan sebuah tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Terkenal sebagai pengharum makanan karena aroma khas yang dimilikinya, sebetulnya manfaat tak hanya itu, lho. Selain bermanfaat untuk menambah daya tarik dari sebuah sajian, rupanya tumbuhan yang satu ini juga bermanfaat bagi kesehatan.

Juga dikenal kaya manfaat untuk kesehatan, dapat diolah menjadi ramuan herbal yang bagus untuk tubuh kita. Lalu, apa saja sih manfaat lengkap dari ini? Yuk, intip-intip penjelasannya di bawah ini!

Pandan, Tanaman Beraroma Khas yang Punya Banyak Manfaat

Pandan adalah sebuah tanaman yang terkenal bisa membuat masakan menjadi lebih wangi. Aroma khas tanaman pandan ini timbul dari bagian daunnya. Maka, tak heran bila banyak orang yang menggunakan untuk menetralisir bau tak sedap, terutama pada makanan.

Tanaman yang satu ini secara ilmiah dikenal dengan nama Pandanus amaryllifolius, yang ditengarai memiliki aroma mirip dengan almond atau vanilla. Kendati merupakan tanaman tropis, nyatanya tanaman yang satu ini juga banyak dimanfaatkan di kawasan Eropa. Tak hanya di Indonesia, orang-orang Eropa pun juga menggunakan untuk menambah daya tarik sajian mereka.

Manfaat Daun Pandan pada Makanan

Manfaat Daun Pandan pada Makanan (sumber: Freepik)
Manfaat Daun Pandan pada Makanan (sumber: Freepik)

Kita pun tahu bahwa manfaat pada makanan adalah untuk menambah aromanya supaya menjadi lebih khas. Apa lagi sih, manfaat pada makanan yang lainnya lagi? Yuk, cek di bawah ini!

Baca Juga:  Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir

1. Mengharumkan Makanan

Nah, manfaat yang satu ini tentunya sudah kita ketahui bersama. Memiliki aroma yang khas bak bau vanilla, banyak orang yang menjadikan aroma ini sebagai daya tarik dari hidangan yang mereka buat. Pada umumnya, harum daun pandan ini identik dengan beberapa sajian penutup, seperti kolak dan es cendol pandan wangi. Bahkan, tak jarang nasi putih yang kita konsumsi sehari-hari pun mengandung wangi pandan yang memanjakan hidung.

2. Mewarnai Makanan Secara Alami

Identik dengan warna hijau segarnya, selain untuk mengharumkan makanan, manfaat yang lainnya adalah untuk memberi warna pada hidangan kita. Warna hijau yang ditimbulkan sangat cantik saat dipakai di berbagai resep, mulai dari bolu kukus sampai klepon.

Sama seperti daun suji, daun pandan juga salah satu pewarna makanan alami paling favorit di Indonesia, lho. Bedanya, selain bisa memberi warna, pandan juga punya bau wangi, sedangkan bau tidak sekuat itu.

3. Pembungkus Aneka Sajian

Manfaat daun pandan yang satu ini bahkan bisa dibilang sebagai suatu hal yang unik. Ya, beberapa sajian khas Nusantara, seperti Kue Bugis dan Ayam Tangkap merupakan sajian yang menggunakan daun pandan sebagai pembungkusnya. Hal ini tak lain tak bukan adalah untuk memaksimalkan aroma yang didapat dari daun pandan, sehingga sajian pun akan terasa lebih ciamik dan lezat.

4. Sebagai Penghias Makanan

Pernahkah Anda melihat beberapa kue-kue yang terlihat semakin cantik karena dihiasi dengan beberapa potongan daun pandan? Yup, itulah salah satu manfaat daun pandan, yakni sebagai hiasan bagi makanan. Banyak orang yang menjadikan daun pandan sebagai bahan garnish yang diletakkan di sekitar hidangan mereka, dengan harapan untuk mempercantik serta memperkuat aroma makanan yang sedang disajikan. 

5. Mengurangi Bau Apek pada Makanan

Beberapa produk makanan memang terasa berbau apek sebelum diolah, contohnya adalah beras. Untuk menghilangkan bau apek pada beras, Anda dapat menggunakan selembar daun pandan yang ikut dimasak beserta nasinya. Hal ini tak saja menghilangkan bau apek yang menempel di beras, namun keberadaan daun pandan di sini mampu memperkuat citarasa dari nasi yang sedang dimasak. Tertarik untuk mencoba?

Baca Juga:  Kenali Perbedaan Tepung Hunkwe dan Kacang Hijau

Manfaat Pandan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan (sumber: Freepik)
Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan (sumber: Freepik)

Selain memiliki manfaat untuk memperlezat sajian, ada beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Penasaran? Intip penjelasannya berikut ini!

1. Menurunkan Demam

Siapa sangka bahwa manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah mampu menjadi penurun demam. Daun pandan dapat diolah menjadi minuman herbal yang dipercaya mampu menjadi penurun demam, lho. Beberapa metode pengobatan alternatif pun bahkan menyarankan konsumsi rebusan air pandan kepada para penderita demam untuk menurunkan suhu tubuhnya.

2. Membantu Proses Detoksifikasi

Radikal bebas merupakan sesuatu yang harus ditangkal supaya tubuh kita tak rentan terkena penyakit. Terlebih, ketika kita beraktivitas di luar ruangan yang memungkinkan banyaknya polusi berinteraksi dengan tubuh kita, detoksifikasi tubuh pun harus rajin dilakukan. Nah, membantu proses detoksifikasi tubuh adalah salah satu manfaat daun pandan dan cara mengolahnya adalah dengan dijadikan rebusan herbal yang mencampurkan air, pandan, dan jahe.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun pandan untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan daun pandan memiliki kandungan baik, yakni fenol, yang mampu menghambat proses oksidasi LDL, yang pada akhirnya memungkinkan penurunan kadar kolesterol dalam tubuh. Meski tak terdengar begitu santer, nyatanya ada lho, beberapa penelitian yang berhasil membuktikan hal ini!

4. Mengatasi Gangguan Tidur

Bila Anda merasakan gangguan tidur atau insomnia, mengonsumsi ramuan herbal dari daun pandan mampu menjadi salah satu solusinya. Pasalnya, manfaat daun pandan yang satu ini bisa dibuktikan karena daun pandan memiliki kandungan alkaloid yang mampu memberikan perasaan rileks pada tubuh. Konsumsi rebusan daun pandan sesaat sebelum tidur, maka hal ini akan membantu Anda untuk terlelap lebih cepat.

Baca Juga:  10 Jenis Buah Kering yang Bakers Wajib Tahu!

5. Terapi Kanker

Manfaat daun pandan bagi kesehatan yang terakhir adalah sebagai obat terapi kanker. Dengan mengonsumsi teh pandan secara rutin dua kali sehari, hal ini akan membantu tubuh Anda dalam melawan racun penyebab tumbuhnya sel kanker. Mengandung beberapa zat baik seperti antiproliferative dan apoptotic, daun pandan telah dikenal mampu menjadi obat alternatif untuk terapi kanker sejak lama.

Itulah tadi beberapa manfaat daun pandan untuk makanan dan dari segi kesehatan yang bisa disajikan kali ini. Tanaman beraroma khas ini ternyata memiliki manfaat yang banyak, dan mungkin beberapa bahkan belum kita ketahui. Setelah mengetahui apa saja manfaat daun pandan, jangan lupa untuk turut memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari kita, karena pandan merupakan tumbuhan yang aman dan baik untuk dikonsumsi.

SEO Content Writer yang juga bercita-cita jadi Captain Marvel
Arnetta Firstianti

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^