Resep Bolu Kukus Santan Merekah

Pada suatu hari, tanteku meminta bantuan untuk menyiapkan snack box untuk acara akad nikah putrinya. Sekitar 70 box yang akan disiapkan.

Waduh! Selama ini kalau aku bikin kue kan biasanya suka-sukaku saja dan belum pernah membuat kue dalam jumlah besar sekaligus dalam satu hari.

Tapi permintaan tanteku tentu saja tidak bisa aku kecewakan, jadi mari kita laksanakan! Namun aku mengajukan syarat yang agak “aneh” dariku, bahwasanya dalam 70 snack box itu, aku boleh menentukan apa saja isian snack boxnya dan tidak mesti sama untuk ke-70 box tersebut. Eeeh ternyata tante oke-oke aja tuh! Ashiikkk, lanjut gan!

Aku pun mulai merencanakan aneka jenis kue untuk isian snack box tersebut. Selain kue dengan resep yang sudah jadi andalan, aku pun bermaksud untuk mencoba buat beberapa resep yang mudah dan enak. Salah satunya adalah . Tapi sebenarnya degdegan juga secara di milis sering beredar cerita-cerita kutukan , yaitu yang tidak mau merekah. Wah!

Resep pandan di bawah ini adalah adaptasi dari Resep mbak Lisa Basuki. Aslinya pakai pasta coklat, di sini aku ganti dengan pasta pandan dan aku juga tidak menggunakan emulsifier/SP.

Bahan-bahan

2 butir telur
250 gram gula pasir
250 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
200 cc santan — Kalau pakai santan instan, perhatikan cara pemakaian di kemasannya ya
1 sdt Essence Vanilla
2 sdm Pasta Pandan

Cara membuat

  • Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup.
  • Panaskan kukusan (: Nanti saat memasukkan cetakan, pastikan air kukusan sudah mendidih dan bergolak. Bolu kukus membutuhkan banyak uap air untuk bisa merekah)
  • Kocok telur dan gula pasir sampai kental dengan mikser, kalau sudah terasa berat, masukan sebagian santan sedikit demi sedikit. Jangan langsung dituangkan semua.
  • Masukkan tepung terigu, maizena dan sisa cairan berselang seling, mixer terus sampai rata
  • Ambil 1/3 bagian adonan dan beri pasta pandan, aduk rata, sisihkan
  • Sisa adonan putih diberi essence vanilla, sisihkan.
  • Isi cetakan dengan adonan putih 1/2 bagiannya, penuhi sisanya berselang seling dengan adonan hijau dan putih menggunakan piping bag, sampai 7/8 tinggi paper cup
  • Kukus dalam kukusan dengan panas tinggi selama 15 menit untuk cetakan kecil, dan 20-25 menit untuk cetakan besar.
Baca Juga:  Resep Cupcake Tape

Kira-kira aku kena kutukan bolu kukus ndak ya? Merekah siy, tapi masih belum terlalu ngakak ya? Lihat hasil bolu kukus di blog mbak Lisa kok ya keliatannya lebih lebar rekahannya ya? Coba lagi deh nanti … ๐Ÿ˜‰

Last Updated on

Artikel Lainnya:

49 Comments

  • wiranyoman wirawati 09/04/2013 at 09:0817 Reply

    Mbak ….
    saya udah nyoba resep ini, berhasil merekah tapi tapi tapi koq bantet nya mbak??? jadi keras gitu …. hiks hiks hiks ….
    rasanya enak sih dan mau merekah, kenapa ya mbak kira-kira ….?

    • cakefever 25/05/2014 at 23:1200 Reply

      Batentnya bagian bawah ya? tapi atasnya merekah?

  • ella 24/10/2012 at 12:4349 Reply

    Mba kalo bikin bolkus loyangnya gak bolong2 bisa gak yah?soalnya sodara aku belinya salah jd bukan yg bolong2.thank ??? yah

    • cakefever 25/05/2014 at 23:1200 Reply

      Bisa La ๐Ÿ™‚

  • Khusnah 27/09/2012 at 09:0440 Reply

    setiap resep yang ada emulsinya kalau dihlangkan mempengaruhi tekstur kue nggak?

    • cakefever 03/10/2012 at 07:3508 Reply

      Pengaruh sepengalamanku. Tp gak pengaruh ke rasa, jadi ya aku pilih gak pake.

  • ummu yasmine 22/09/2012 at 09:3346 Reply

    slam kenal bund,,itu resepx untuk brpa cup ya????

  • Diana - Pekanbaru 09/08/2012 at 13:2258 Reply

    Dear Mba fero..:)

    asikk bgt sharing dan diskusinya.. banyak tipsnya.. hehe.. aku mau coba juga resep bolkusnya..semoga hasil yg ku buat pada ngakak semua..:)

  • elly 26/04/2012 at 01:0042 Reply

    Mba, ?au tanya 200 cc sm 200 ml ?ยช? ? Maklum pemula nih, ty

    • cakefever 27/04/2012 at 11:4641 Reply

      ?^a?ma ,, … nulis pake karakter aneh ๐Ÿ˜€

  • risanti 24/04/2012 at 14:4643 Reply

    hai mbak2 ibu2..
    sy pernah bikin kukus merekah pake air biasa. tanpa pake serbet, asal tidak menata kukusan2 di tepi panci aja triknya. dg tutup kukusan yg akan merucut ke atas, air akan menetes lewat tepian. jd jangan naruh cetakan nempel di dinding dandang. tp krn resep 1 dulu sy dpt pake emulsier ya apa boleh buat. dg emulsier mm merekahnya pol polan dan ringan
    tp jk tanpa pun akan merekah, baiknya ga pake.
    sy s7 dengan alasan pengurangan zat adiktif ( lma2 numpuk di badan, ga baik bg kesehatan )

    • cakefever 17/06/2012 at 16:1802 Reply

      makasiihh sharingnya, San… ๐Ÿ™‚

  • Dian purnama 22/01/2012 at 14:2719 Reply

    Thanks mb resepny, hari ini saya coba resepnya n hasilnya waw……. Merekah sempurna

  • yetty 30/11/2011 at 12:4249 Reply

    Mo nanya nich Mbak, bolkusnya koq ndak pake air soda ya….aq pernah bikin pake air soda sampai 300 cc untuk 5 butir telur, tapi resep ini menarik nich krn pake santan….klu aq mau masukin air soda keresep ini boleh? trus berapa cc kira2?

    Thanks ya…atas jawabannya.

    • cakefever 30/11/2011 at 13:5057 Reply

      Resepnya ini gak minta soda… so jadi aku ga pake soda. Ada bolkus yang pake soda, ada yang tidak … Kalau mau dimasukkan soda, berarti seukuran santannya. Coba saja eksperimen, karena aku belum pernah memodifikasi resep ini … ๐Ÿ™‚

  • Arie 08/09/2011 at 12:0242 Reply

    Mbak cantik, makasih ya tips n tricknya. setelah berulang kali gagal bikin bolkus, akhirnya kmarin saya berhasil..sill..sill. ada yg sampe jatuh bahkan rekahannya…
    tapi setelah bolu adem, kok permukaannya agak kering ya mbak (gak kering bgt sih) ?. apa itu normal atau kurang mateng ?.

    • cakefever 08/09/2011 at 15:4216 Reply

      hmmmm permukaan kering gimana ya? biasanya kue kukus setelah agak lama, permukaannya memang rada mengering sih… wajar aja kan?

  • Hany 24/07/2011 at 15:3548 Reply

    Hai,mbak fero.lam kenal..itu santan instan tanpa di kasih air?bisa diganti susu cair ngga?makasih…

  • lil 16/06/2011 at 14:3734 Reply

    makasih resepnya. baru 2 hari ini buka cakefevernya. Unik lho. mau nanya ya mbak, difotonya wadah bolunya pakai wadah plastik biasa ya?, karena biasanya saya pakai loyang bolu kukus yang bolong2. Makasih jawabannya.

    • cakefever 22/06/2011 at 14:3838 Reply

      itu loyangnya juga bolong-bolong lil… loyang bolkus tapi yang dari plastik …

  • ana 27/05/2011 at 13:2730 Reply

    halo mbk, aku baru coba bikin. Boluku gak ngembang2 kenapa ya?padahal uda sesuai resep. Hikz

    • cakefever 22/06/2011 at 14:4242 Reply

      resepnya apa Na? bolkus memang tricky… bolkus-ku saja sebenarnya masih belum mengembang cantik … hiks hiks …

  • esther 19/05/2011 at 17:2310 Reply

    hi mbak salam kenal ….aku baru ajan emu web ini …aku mo tanya …di resep bolukukus yg sering aku liat kok pake sprite…sebenernya fungsinya utk apa ya?…thanks sebelumnya

    • cakefever 27/05/2011 at 23:5440 Reply

      buat rasa kayak anyep2 soda gitu … mungkin juga untuk ngembangin kue ya. Karena kan Bolu kukus supaya ngembang pecah itu butuh bahan tambahan, biasanya ada baking soda, baking powder dan mungkin pakai minuman soda juga pengaruh … ๐Ÿ™‚

  • lina 20/04/2011 at 14:1642 Reply

    halo mbak…kalo waktu mendidihkan dandangnya yg utk ngukus ditutup gak mba?kalo ditutup harus sudah dilapisi serbet ya mbak tutupnya?trus klo tutupnya dilapisi serbet waktu mau taro cetakan serbetnya diganti nggak?kan udah basah tuh..trims ๐Ÿ™‚

    • cakefever 21/04/2011 at 07:3251 Reply

      diserbetin kalo adonan mau dimasukkan. Kalo buat panasin aja gak perlu pake serbet ๐Ÿ˜€

  • nita 17/03/2011 at 18:2629 Reply

    Alo mbak, mau tanya. Pas masukin cairan dan tepung itu mixernya masih dg kecepatan maximal kah? Atau rendah? Thanks in advance

  • linda 05/03/2011 at 22:5640 Reply

    Holaa mba,salam kenal yah…
    Aku boleh copy yah resep bolkusnya..tapi mau tanya sedikit nih,disitu ada tepung maizena,kapan dimasukinnya yah? Apakah bersamaan dengan tepung terigu?
    Makasih…

    • cakefever 11/03/2011 at 15:0124 Reply

      eeh lhaa.. resepnya kurang lengkap… itu maizena masuknya sama dengan terigu.. okeh.. aku edit yaa… makasiy infonya Linda…

  • ati 25/02/2011 at 17:2042 Reply

    mo nanya ya mbak, kenapa seh mbak anti menggunakan anti emulsifier? ceritakan ya….mungkin ada gunanya utk kita

    ati

    • cakefever 01/03/2011 at 19:5335 Reply

      Aku hanya berusaha meminimalisir penggunaan food additives atau bahan tambahan yang tidak perlu, Ti .. kalau hanya untuk memperbaiki tekstur atau mempercantik saja, maka aku memilih untuk tidak memakai. Mungkin alasannya kesehatan, walau mungkin sebenarnya tidak berbahaya alias aman untuk dimakan, tapi aku tetap saja tidak mau pakai kalau memang tidak terlalu signifikan fungsinya. Yang penting telurnya segar ๐Ÿ™‚

      • rizki 06/07/2012 at 20:3704 Reply

        mbak emulsifier itu supaya adonan tetap segar jika mengantri di bake

  • liali 12/02/2011 at 06:5138 Reply

    halo mb, salam kenal, aq lia..
    ijin copy resep n nyoba y mb…
    hehe
    janji bikinin adekq bolkus tp yg wrna putih..
    umpama santan, aq ganti air aja papa pa ga y mb?
    makasih

    • cakefever 12/02/2011 at 17:1342 Reply

      Gak papa, tapi nanti rasanya agak berubah ya … Krn santan kan rada gurih, air itu plain saja.

  • wiwid 22/11/2010 at 09:4804 Reply

    hi, mba Fe

    mau tanya nih!

    “Kocok telur, gula kastor dan emulsifier sampai kental, kalau sudah terasa berat, masukan sebagian cairan sedikit demi sedikit”

    maksud dari kata sebagian cairan itu apa mba? atw maksudnya santan ya mba , maklumlah masih pemula hehehe….

    trims ya mba Fe

    • cakefever 22/11/2010 at 03:3700 Reply

      Iyah betul… maksute santannya.. masukinnya pelan-pelan, jangan dituang sekaligus yaaa

  • ayueka 18/07/2010 at 18:3718 Reply

    mbak ..saya kemaren bikin brownis pennylane..enaaaak banget.tapi kok teksturnya nggak lembut ya?

    • cakefever 19/07/2010 at 09:3146 Reply

      Lembut spt apa yu? Jangan dibandingin dgn cake atau brownies kukus ya, beda mahzhab soalnya ๐Ÿ˜€

  • maya 22/06/2010 at 14:0431 Reply

    oc mbak ntar a post resepnya tp pake emulsifier sih, tp kalo mo liat penampakannya ada di fb hehhehe (promosi nih … :), trus a modif diisi pake selai nanas ternyata enak lo

    • cakefever 22/06/2010 at 21:5813 Reply

      owkeh… aku lagi eksperimen bolu kukus. Pengen bikin bolkus yang lembut kayak Le Gourmet tapi yang tanpa emulsifier soale … hehehe

  • maya 21/06/2010 at 11:2808 Reply

    mbak kalo pengalaman aku pake loyang bolkus yang pendek kuenya bisa merekah banget….

    • cakefever 21/06/2010 at 11:4910 Reply

      Punya resep andalan May? Aku pengen coba bikin lagi niih…

  • wia 16/02/2010 at 02:0534 Reply

    Hi mbak salam kenal,
    Aku ingin sekali buat bolkus tapi disini ga ada yg jual emulsifier(aku tinggal di Cairn Queensland Australia ), kalau ga pake emulsifier bisa mekar ga ya ?, atau bisa diganti dg apa ?, aku sangat menunggu jawabanya mbak.
    Thanks

    • cakefever 16/02/2010 at 08:0455 Reply

      Wia, kalau baca cerita pembuatan bolu kukusku, emulsifier juga aku skip. Aku gak pernah pakai emulsifier. Asalkan telur semua segar, Insya Allah kue akan mengembang sempurna. Kata teman2 yang mencoba resep dengan menggunakan emulsifer, adonannya menjadi mengembang ringan dan mungkin bolu kukusnya juga lebih kembang sempurna.

      Tapi bolu kukus merekah bukan hanya tergantung pada emulsifier, tetapi juga harus memastikan kukusan sudah panas, air sudah bergolak namun jangan sampai air panas itu terpercik ke loyang-loyang bolu kukusnya, nanti bagian bawah bolunya akan jadi bantet atau basah.

  • i_orange 03/02/2010 at 00:4348 Reply

    hmm… menarik nih..
    mau coba ah…
    thanx resep n tips nyaaa…

    • cakefever 03/02/2010 at 07:1655 Reply

      Sama-sama. Semoga bolkusnya lebih merekah yaa…

  • Indah 29/01/2010 at 13:0152 Reply

    Makasih ya resep-resepnya…..
    Jadi pengen cepet-cepet pulang kantor trus bikinnn….

    • cakefever 29/01/2010 at 13:5221 Reply

      Mari dicoba… kalau dah jadi, crita-crita yaaa… ๐Ÿ˜‰

Leave a Comment

%d bloggers like this: