Wednesday, December 7

Tag: Resep Kue Tradisional

Cara Bikin Getuk Lindri yang Enak dan Lembut ala Rumahan
Recipes

Cara Bikin Getuk Lindri yang Enak dan Lembut ala Rumahan

Indonesia memiliki banyak jenis kudapan manis yang biasanya dikenal dengan istilah “Jajanan Pasar”. Kudapan-kudapan tersebut kerap disantap saat bersantai atau berkumpul bersama teman atau keluarga.  Getuk merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang digemari oleh banyak orang. Rasanya yang manis, teksturnya yang lembut serta taburan kelapa diatasnya menjadikan kudapan ini terasa sangat istimewa.  Bagi yang ingin mencoba kudapan yang satu ini, kalian bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah. Cakefever akan memberikan resep getuk lindri ala rumahan yang pastinya mudah untuk dipraktekan. Simak selengkapnya di artikel ini ya!  Menikmati Manis dan Lembutnya Getuk Lindri Kudapan tradisional khas Indonesia dapat berasal dari bahan baku yang berbeda-beda. Singkong merupakan salah satu jenis...
Resep Kue Rangi, Jajanan Jadul Legendaris dari Tanah Betawi
Recipes

Resep Kue Rangi, Jajanan Jadul Legendaris dari Tanah Betawi

Pernahkah kamu mendengar tentang kue rangi? Kue tradisional ini adalah kue khas Betawi yang sudah ada sejak dulu, lho! Sayangnya, saat ini keberadaan kue rangi kian meredup. Namun, buat kamu yang mau nostalgia mencicipi kue rangi, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk ikuti artikel resep kue rangi di bawah ini yang sudah Cakefever buat kamu yang ingin membuat kue rangi! Kue Rangi, Jajanan Jadul yang Legitnya Nggak Tergerus Zaman Indonesia mempunyai banyak jajanan tradisional di setiap daerah, termasuk Jakarta. Ibukota tak hanya terkenal dengan gedung tinggi dan pusat ekonomi negara, namun juga aneka macam makanan dari mulai restoran bintang lima hingga masakan tradisional yang tetap hits hingga saat ini. Di balik sisi kota yang mulai meninggalkan hal-hal tradisional, di antaranya ...
Resep Sawut Singkong Kukus Enak, Pulen, dan Anti Gagal
Recipes

Resep Sawut Singkong Kukus Enak, Pulen, dan Anti Gagal

Halo teman-teman! Bosan makan singkong yang direbus atau digoreng saja? Ternyata singkong bisa diolah menjadi jajanan manis yang enak loh. Kamu bisa mengolahnya menjadi camilan yang manis, asin, ataupun gurih. Beberapa olahan singkong yang bisa kamu coba adalah kue combro, lapis singkong, kolak rebus, nasi tiwul, cenil, keripik singkong, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengolah singkong menjadi sawut singkong. Sawut singkong adalah salah satu makanan tradisional manis yang terbuat dari olahan singkong dengan gula jawa. Selain enak dan manis, jajanan ini juga bisa mengenyangkan karena mengandung karbohidrat dari singkong. Karenanya, makanan ini cocok untuk mengganjal lapar. Penasaran apa itu sawut dan bagaimana resep sawut singkong? Pas banget nih. Kali ini, Cakefever akan memberikan ...
Resep Dadar Gulung Kelapa, Jadi Ide Camilan untuk Keluarga
Recipes

Resep Dadar Gulung Kelapa, Jadi Ide Camilan untuk Keluarga

Kue dadar gulung adalah jajanan tradisional yang mirip pancake. Jajanan satu ini diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair. Kulit dadar gulung sendiri identik dengan warna hijau karena diberi pewarna makanan dan daun suji. Namun saat ini, ada beberapa kreasi warna kulit tersedia selain warna hijau. Jika teman-teman Cakefever menyukai camilan yang manis sekaligus gurih, resep dadar gulung isi kelapa ini pasti membuat kalian penasaran. Nah, berikut ini adalah resep dadar gulung kelapa yang enak dan wajib dicoba! Dadar Gulung, Kue Basah yang Simpel untuk Dibuat Kue dadar gulung menjadi salah satu kue basah yang tidak pernah sepi peminat. Tak hanya sebatas dijajakan oleh pedagang kaki lima, sekarang dadar gulung juga sering dijadikan hidangan di berbagai acara, loh! ...
Resep Kue Bugis yang Manisnya Lebih Menggoda Daripada Mantan
Recipes

Resep Kue Bugis yang Manisnya Lebih Menggoda Daripada Mantan

Selain kaya dengan alam dan budayanya, Indonesia juga memiliki beragam makanan tradisional yang melimpah dan enak rasanya. Olahan tradisional Indonesia biasanya menggunakan banyak rempah dan bahan baku yang mudah ditemukan, sehingga banyak masyarakat yang menyukainya, termasuk kue bugis. Penasaran bagaimana membuatnya? Yuk ikuti resep kue bugis enak ala Cakefever di bawah ini! Kue Bugis, Jajanan Tradisional yang Manisnya Bikin Nagih Siapa yang pernah makan kue bugis? Jajanan tradisional yang satu ini terbuat dari tepung ketan dan santan, selanjutnya dilumuri gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Karena itu kue bugis bercita rasa manis dari gula merah, gurih kelapa, dan bertekstur lembut. Saat ini kue bugis sudah menyebar ke beberapa daerah di Indonesia. Faktanya, kue bugis be...
Yuk, Kepoin Resep Kue Ku Isi Kacang Hijau Enak ala Ny Liem!
Recipes

Yuk, Kepoin Resep Kue Ku Isi Kacang Hijau Enak ala Ny Liem!

Kalau kita ngomongin betapa lezatnya aneka kuliner tradisional, tentu saja kita tahu bahwa kelezatannya nggak pernah lekang oleh waktu. Biasanya nih, jajanan tradisional justru lebih melekat di memori ketimbang makanan berat, lho. Salah satu jajanan jadul yang sampai saat ini masih eksis adalah Kue Ku. Yup, Kue Ku merupakan kue tradisional Cina yang nggak kalah populer dibanding Kue Bulan alias Moon Cake. Salah satu citarasa Kue Ku yang legendaris adalah Kue Ku milik Ny. Liem. Kelezatan Kue Ku Ny. Liem ini bikin kamu nggak heran kenapa banyak orang yang memburu resepnya. Nah, kebetulan banget, kali ini Cakefever bakal kasih tahu kamu resep Kue Ku isi kacang hijau enak ala Ny. Liem yang dahsyat melegenda. Penasaran dengan resep Kue Ku Ny. Liem? Langsung aja cek penjelasannya di bawah ini! ...
Punya Stok Pisang di Rumah? Bikin Nagasari Isi Pisang, Yuk!
Recipes

Punya Stok Pisang di Rumah? Bikin Nagasari Isi Pisang, Yuk!

Siapa disini yang suka ngemil jajanan tradisional yang dijual di pasar? Pasti kalian tidak asing dengan jajanan bernama nagasari isi pisang yang teksturnya lembut dan memiliki rasa manis legit. Kue basah yang satu ini populer di kalangan masyarakat karena rasanya unik dan cocok dijadikan makanan penutup atau jajanan untuk ngemil. Nah, nagasari sendiri terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, gula dan isian buah pisang raja yang kemudian dibalut dengan tepung. Setelah itu, nagasari dibungkus dengan daun pandan agar aroma kuenya semakin harum dan menggugah selera kalian. Kue basah ini hanya perlu dikukus sampai matang, sehingga pengolahannya sangat mudah dan praktis. Apabila kamu tertarik untuk membuat nagasari pisang di rumah, simak langsung resep nagasari ala Cakefever dibawah in...
Cara Mudah Membuat Wajik Ketan Gula Merah Legit Maknyus Pol!
Recipes

Cara Mudah Membuat Wajik Ketan Gula Merah Legit Maknyus Pol!

Hai semua! Beras ketan merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi aneka kuliner lezat, mulai dari ketan bubuk, lemper, hingga sajian nikmat lainnya. Jajanan jadul yang diolah dari beras ketan bahkan memiliki citarasa yang nggak lekang oleh waktu, karena masih banyak dicari hingga kini. Salah satu kue jadul lezat yang berbahan dasar beras ketan adalah wajik ketan gula merah. Yup, wajik ketan gula merah merupakan kue yang memadukan beras ketan dengan manisnya gula merah, sehingga menjadi olahan yang kenyal dan manis. Meskipun terlihat susah untuk dibuat, nyatanya kue yang satu ini dapat kamu buat dengan mudah di rumah, lho. Kali ini, Cakefever bakal spill resep wajik ketan gula merah untuk kamu. Penasaran? Langsung aja cek penjelasan di bawah ini, yuk! Wajik, Jajanan Jadul yang Legit...
3 Resep Kue Basah dari Tepung Beras Praktis dan Anti Ribet
Recipes

3 Resep Kue Basah dari Tepung Beras Praktis dan Anti Ribet

Siapa yang suka kue basah? Teman-teman Cakefever pasti pernah mencoba aneka kue basah yang tersedia di pasar. Kue-kue tradisional khususnya kue basah masih sangat diminati masyarakat. Biasanya dijual dengan harga yang murah di pasar. Meskipun murah, makan beberapa buah saja sudah kenyang, lho! Bentuknya boleh kecil, namun cukup untuk mengganjal perut. Apalagi kue yang terbuat dari bahan tepung terigu, tepung beras, atau tepung ketan. Kandungannya kaya akan karbohidrat yang dapat dijadikan pengganjal perut ketika lapar, sekaligus sebagai dessert karena rasanya yang manis dan enak. Namun, selain beli di pasar, kamu juga bisa lho mencoba resep kue basah dari tepung beras di rumah! Selain praktis dan mudah, rasanya juga dijamin endul! Yuk ikuti resep kue basah dari tepung beras yang sudah Ca...
Resep Kue Dongkal Mini, Si Kue Manis Legendaris dari Betawi
Recipes

Resep Kue Dongkal Mini, Si Kue Manis Legendaris dari Betawi

Hai, teman-teman Cakefever! Bagi kalian yang suka banget jajanan tradisional, sudah mengenal kue tradisional khas Betawi ini? Yup, kue dongkal yang manis dan lembut! Kue dongkal merupakan makanan khas Jakarta yang sayangnya kini hampir menghilang. Selain Jakarta, kue dongkal juga sudah tersebar ke berbagai daerah lainnya, lho!  Meskipun sudah jarang ditemukan, kue dongkal ini masih menempati hati masyarakat khususnya masyarakat Jakarta. Cita rasa yang enak dan sederhana, kue tradisional ini pasti membekas di kenangan masyarakat yang ketika kecil sering makan kue dongkal. Apakah kalian salah satunya? Kue dongkal adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang gampang dibuat. Karena itu, bagi kalian yang ingin mencicipi kembali manisnya kue dongkal, yuk simak artikel di bawah ini untuk ta...
Resep Kue Lumpur Surga Pandan Kukus Lembut dan Wangi
Recipes

Resep Kue Lumpur Surga Pandan Kukus Lembut dan Wangi

Teman-teman setia Cakefever, siapa yang demen banget sama jajanan tradisional Indonesia? Kali ini, Cakefever akan membawakan artikel mengenai salah satu jajanan atau kue tradisional yang disebut lumpur surga. Wah, dari namanya saja dapat dipastikan rasanya lezat banget, nggak sih? Kue lumpur surga ini memiliki cita rasa yang legit dan lumer di mulut, sehingga kue ini menjadi favorit banyak kalangan dan cocok dijadikan sebagai makanan penutup. Penasaran bagaimana resep lumpur surga anti gagal ala Cakefever? Yuk, ikuti penjelasannya di bawah ini. Lembut dan Lezatnya Kue Lumpur Surga Pandan Kue lumpur surga berasal dari daerah Banjarmasin, para ahli sejarah menyebutkan bahwasanya kue ini dipopulerkan oleh orang-orang Portugis kala menjajah Indonesia pada saat itu. Terinspirasi dari kue “...
Resep Serabi Solo Lembut dan Simple ala Serabi Notosuman
Recipes

Resep Serabi Solo Lembut dan Simple ala Serabi Notosuman

Halo, teman teman setia Cakefever! Kita pasti sudah pada tahu kalau Indonesia memiliki kuliner yang beragam, mulai dari makanan berat sampai jajanan tradisional yang sering dijual pedagang kaki lima. Salah satu daerah yang terkenal dengan kulinernya adalah Solo, sebuah daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak menu favorit dan populer seperti nasi liwet, timlo, selat solo serta berbagai macam kudapan lainnya. Nah, salah satu jajanan tradisional yang wajib kalian coba saat berada di Solo adalah serabi. Jajanan yang satu ini dapat kalian temukan dengan mudah di pasar tradisional bahkan pedagang kaki lima, rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat siapapun akan ketagihan mencobanya. Selain itu, Serabi Solo cocok dinikmati dengan secangkir teh atau kopi hangat. Pada artikel kali ini,...
Cara Membuat Cenil dari Tepung Kanji Mudah & Sederhana
Recipes

Cara Membuat Cenil dari Tepung Kanji Mudah & Sederhana

Siapa sih yang nggak tahu cenil? Salah satu jajanan tradisional yang tetap eksis hingga saat ini. Teman-teman Cakefever pasti pernah nyobain jajanan unik ini! Sayangnya meskipun masih ada beberapa yang jual cenil, jumlahnya tergolong masih sedikit dan hanya ada di tempat atau daerah tertentu saja.  Tetapi, buat teman-teman yang ingin bernostalgia atau belum pernah mencoba jajanan ini, kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah, lho. Kali ini Cakefever akan membahas resep cara membuat cenil sederhana. Buat kamu yang sudah penasaran, langsung aja cek resepnya di bawah ini, yuk! Cenil, Jajan Pasar Tradisional yang Kenyal dan Nikmat Buat kamu yang belum tahu cenil, jajanan pasar tradisional ini berasal dari Jawa Tengah. Cenil terbuat dari bahan dasar singkong dan dicampur dengan tepung ke...
Cara Membuat Apem Panggang Jawa Sederhana dan Aneka Tipsnya
Recipes

Cara Membuat Apem Panggang Jawa Sederhana dan Aneka Tipsnya

Kue apem seringkali ditemukan dalam beberapa acara, seperti memperingati hari raya, ataupun acara selamatan lainnya. Meskipun demikian, teman-teman setia Cakefever tetap bisa membuatnya sendiri jika ingin menyantap kue apem ini. Kali ini, Cakefever akan memberikan cara membuat apem jawa panggang yang bisa kamu coba di rumah. Lezatnya Citarasa Tradisional Apem Panggang Jawa Apem adalah kue tradisional Jawa yang hampir selalu ada di setiap acara. Seiring berjalanannya waktu, kue apem memiliki berbagai macam jenisnya, seperti apem kukus, apem panggang, apem selong, dan lain sebagainya.  Cara membuat apem jawa panggang memang lebih rumit daripada apem kukus. Kamu harus mengawasinya agar tidak gosong. Meskipun demikian, apem jawa panggang memiliki cita rasa yang lebih unik dan menarik. Ape...
Cara Membuat Gulali Rambut Nenek Mudah Tanpa Pakai Mesin
Recipes

Cara Membuat Gulali Rambut Nenek Mudah Tanpa Pakai Mesin

Halo, teman-teman setia Cakefever! Pada artikel kali ini, Cakefever akan memanggil penggemar jajanan manis, nih, karena kita akan membahas resepnya disini. Kalian tahu rambut nenek, nggak? Yup, rambut nenek menjadi salah satu jajanan paling legendaris yang sampai saat ini masih tetap eksis karena banyak orang yang menyukainya. Rasanya yang manis dan tampilannya juga menarik, membuat semua orang dari kalangan orang dewasa terutama anak-anak pasti menyukai jajanan satu ini. Gulali rambut nenek saat ini populer dijadikan sebagai topping dari minuman kekinian yang nantinya akan memiliki perpaduan warna dari arum manis dan sensasinya akan meleleh di mulut. Kebayang deh, pasti rasanya nikmat banget! Bagi teman-teman setia Cakefever yang kepo gimana cara membuat rambut nenek manis, langsung aja...
Resep Kue Bulan Cina Tanpa Oven ala Chef Devina Hermawan
Recipes

Resep Kue Bulan Cina Tanpa Oven ala Chef Devina Hermawan

Bagi kamu khususnya keturunan Tionghoa, pasti sudah nggak asing lagi dengan kue tradisional ini. Yup, kue bulan cina atau mooncake! Kue bulan cina adalah salah satu kue tradisional asal Cina yang bertekstur lembut dan memiliki isian rasa. Biasanya berisikan kacang hitam, nanas, pasta biji lotus, daging-dagingan, dan telur. Kue ini selalu disajikan ketika festival kue bulan tiba, yakni pada pertengahan musim gugur atau jatuh pada tanggal 9 September 2022. Jadi, pastikan kamu mencicip pada bulan tersebut, ya!  Kamu dapat membeli dan memesan kue ini di banyak toko kue. Selain itu, kamu bisa membuatnya di rumah, lho! Resepnya mudah diikuti dan rasanya enak. Kali ini, Cakefever akan memberitahu resep kue bulan cina. Yuk simak artikel di bawah ini! Kue Bulan, Hidangan Tradisional Khas Etnis T...