Wednesday, August 17

Tag: Resep Kue Tradisional

Resep Kue Bawang Padang Enak, Empuk, dan Gurih-Gurih Nyoi
Recipes

Resep Kue Bawang Padang Enak, Empuk, dan Gurih-Gurih Nyoi

Saat lebaran tiba, kita tentu bisa mencicipi banyak kue-kue enak yang mungkin nggak setiap waktu bisa kita nikmati. Lebaran kerap menjadi momen di mana kita bisa icip-icip kue sekalian silaturahmi nih, teman-teman setia Cakefever. Tentunya setiap orang punya hidangan andalan sendiri saat lebaran. Kalau andalan orang Padang, tentu saja kue bawang! Yup, siapa sih, orang Padang yang nggak tahu dengan kue yang rasanya enak dan gurih ini? Kue bawang Padang merupakan hidangan yang bisa kamu cicipi saat lebaran, karena kue yang satu ini kerap menjadi sajian andalan untuk menjamu handai taulan di waktu lebaran. Kamu yang bukan orang Padang, ingin mencicipinya juga? Bikin sendiri aja pakai resep kue bawang Padang ala Cakefever berikut ini. Daripada penasaran, langsung aja cek resep kue bawang Pada...
Bosan sama Onde Onde Biasa? Bikin Roti Ketawa ala Medan Yuk!
Recipes

Bosan sama Onde Onde Biasa? Bikin Roti Ketawa ala Medan Yuk!

Indonesia memiliki aneka sajian kuliner penutup yang beragam. Salah satu yang paling terkenal adalah Onde-Onde. Ya, camilan berbentuk bulat dan bertabur wijen ini sangat digemari masyarakat Indonesia, lho. Tapi, gimana jadinya kalau Onde-Onde yang biasa kita temui di Jawa, nggak kita temukan di Medan? Di Medan, sajian kue sejenis Onde-Onde ini disebut dengan Roti Ketawa. Nggak cuma punya nama yang unik, Roti Ketawa khas Medan ini juga berbentuk bulat seperti Onde-Onde pada umumnya. Hanya saja, bagian adonannya sedikit dipotong sehingga rotinya terlihat “mangap”, seperti orang ketawa. Hihi, lucu ya! Cakefever punya resep Roti Ketawa Medan nih, buat kamu. Simak di bawah ini, yuk. Roti Ketawa, Camilan Bertabur Wijen Unik Khas Medan Berbentuk bulat seperti Onde-Onde, juga bertabur wijen, ...
Resep Kue Lapis Surabaya Yang Lembut & Legit
Recipes

Resep Kue Lapis Surabaya Yang Lembut & Legit

Lapis Surabaya itu kan harus ada lapisan coklatnya yaa? Naah ini gara-gara aku terlalu PeDe bisa bikin Lapis Surabaya pagi-pagi sebelum berangkat ke kantor! Oven gasku cuma muat dua loyang. Akhirnya aku bikin dua resep untuk dua loyang. Baru terakhir maksud hatiku akan membuat lapisan coklatnya. Nah ketika dua loyang lapisan kuningnya sudah hampir matang dan aku baru mau nyiapin bahan-bahan untuk lapisan coklatnya tiba-tiba telepon berdering dari kantor, ngingetin ada tamu yang mau datang jam 9, dan berhubung boss gak ada maka dakuw harus menggantikan si boss! Alamak! Mana sempat lagi bikin lapisan coklatnya??? Mosok lapisan coklatnya baru dibuat ntar malem?? Ya sutra, tralala trilili, dua lapisan kuning yang sudah jadi dipotong lalu ditumpuk jadi tiga lapis. Tada! Jadilah Lapis Surabay...
Resep Prol Tape Jember ala Hadi Tuwendi Yang Lebih Mudah Dibuat
Recipes

Resep Prol Tape Jember ala Hadi Tuwendi Yang Lebih Mudah Dibuat

Prol Tape itu kue yang kabarnya berasal dari Jember. Kalau bertandang ke sana, jangan lupa beli oleh-oleh Prol Tape. Tapi yang tidak bisa ke Jember untuk mencicipi Prol Tape, bisa kita coba buat sendiri. Prol Tape itu sepintas seperti Brownies Tape. Tapi konon Prol tape itu walaupun padat tapi tetap lembut dan nge-prol di mulut saat dimakan. Itu sebabnya dinamakan Prol Tape. Dan itu bedanya dengan brownies tape yang terasa lebih padat. Itu menurut teman-ku yang pernah beli prol tape dan brownies tape dari Jember. Kalo aku sih kurang tahu ya, dulu sih pas jualan Prol Tape seringnya malah aku coba jelaskan Prol Tape ke customer sebagai brownies tape hehehe. Klo dibilang Brownies Tape mereka umumnya lebih paham dibanding Prol Tape. Aku tu sebenarnya belum pernah makan Prol Tape asli Jember....
Aneka Resep Tart Susu Khas 3 Daerah Nusantara, Simpel & Enak
Recipes

Aneka Resep Tart Susu Khas 3 Daerah Nusantara, Simpel & Enak

Pernahkah kamu mencoba tart susu? Tart susu merupakan makanan panggang berbahan dasar kue pastry dan diisi dengan sesuatu yang manis atau gurih. Mempraktikkan resep tart susu memang bukan perkara mudah, karenanya beberapa orang lebih memilih untuk membeli daripada harus bersusah payah membuatnya sendiri di rumah.  Nah, daripada harus repot-repot keluar duit dan tenaga untuk membeli tart susu enak, bikin tart susu sendiri bisa menjadi pilihan lho, buat kamu. Yuk, ceki-ceki aneka resep tart susu khas 3 daerah Nusantara berikut ini! Aneka Resep Tart Susu Khas 3 Daerah Nusantara Walaupun lebih praktis membeli tart susu, tidak ada salahnya kamu mencoba membuatnya sendiri. Bahan-bahan untuk membuat tart susu pun mudah ditemukan, hanya dari campuran tepung terigu, gula, telur, dan mentega.  B...
Cara Membuat Klepon Lembut, Kenyal, dan Anti Pecah
Recipes

Cara Membuat Klepon Lembut, Kenyal, dan Anti Pecah

Klepon adalah salah satu jajanan tradisional berisi gula merah yang disukai berbagai kalangan. Tekstur dari kue klepon kenyal dan manis dengan warna khas hijau dibalut kelapa. Jajanan ini cocok banget dijadikan cemilan di sore hari.  Klepon sudah ada sejak tahun 1950-an. Konon katanya kue ini diperkenalkan pertama kali di Belanda oleh seorang imigran dari Pasuruan. Pada tahun tersebut klepon banyak tersedia di toko-toko dan restoran Indonesia dan etnis Tionghoa.  Nama klepon sendiri sebenarnya terkadang berbeda-beda pengertiannya di setiap daerah. Seperti di daerah Sulawesi dan Sumatera, klepon disebut sebagai onde-onde. Hal ini terkadang membuat orang Jawa bingung karena kalau di Jawa nama onde-onde mengandung makna kue yang berisi adonan kacang hijau.  Makanan khas Jawa ini juga memil...
Resep Lapis Legit Menggunakan Oven Listrik
Recipes

Resep Lapis Legit Menggunakan Oven Listrik

Lapis legit adalah kue yang membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya. Lapis legit ini aku buat dengan oven listrik. Setelah 3 kali uji coba, akhirnya berhasil juga menaklukkan Lapis Legit ini. Resep Lapis Legit ini adaptasi dari resepnya Hadi Tuwendi dan setiap praktek aku cuma pakai ukuran setengah resep. Dan hasilnya adalah putih telur dari 90 butir telur tersimpan di freezer kulkas. Udah dibuat lidah kucing, macarons, brownies putih telur, dikukus, pepe lapis, huaaah masih banyaakk!! Aku udah mati gaya mau diapain lagi tuh putih telur yang masih tersisa! Ada ide?? Resep Lapis Legit: Bahan-Bahan Lapis Legit: 700 gram butter atau mentega kalengan (merek sesuai selera) Bila menggunakan salted butter tidak perlu tambah garam (bila menggunakan unsalted butter bisa tambahkan sekita...
Resep Bolu Kukus Pandan dengan Santan
Recipes

Resep Bolu Kukus Pandan dengan Santan

Pada suatu hari, tanteku meminta bantuan untuk menyiapkan snack box untuk acara akad nikah putrinya. Sekitar 70 box yang akan disiapkan. Waduh! Selama ini kalau aku bikin kue kan biasanya suka-sukaku saja dan belum pernah membuat kue dalam jumlah besar sekaligus dalam satu hari. Tapi permintaan tanteku tentu saja tidak bisa aku kecewakan, jadi mari kita laksanakan! Namun aku mengajukan syarat yang agak "aneh" dariku, bahwasanya dalam 70 snack box itu, aku boleh menentukan apa saja isian snack boxnya dan tidak mesti sama untuk ke-70 box tersebut. Eeeh ternyata tante oke-oke aja tuh! Ashiikkk, lanjut gan! Aku pun mulai merencanakan aneka jenis kue untuk isian snack box tersebut. Selain kue dengan resep yang sudah jadi andalan, aku pun bermaksud untuk mencoba buat beberapa resep yang mudah...
3 Resep Kue Talam, Hidangan Manis yang Cocok Jadi Camilan!
Recipes

3 Resep Kue Talam, Hidangan Manis yang Cocok Jadi Camilan!

Kue tradisional memang sedikit demi sedikit mulai lekang oleh waktu. Namun jangan salah, tidak selamanya kue-kue ini dilupakan oleh masyarakat. Salah satu kue khas jadul yang masih banyak dicari masyarakat adalah kue talam. Bahkan, kini Anda bisa membuatnya di rumah dengan rasa dan tekstur yang bahkan bisa disesuaikan dengan selera Anda, karena ternyata membuat kue talam tak sesulit yang Anda bayangkan, lho. Apa saja resep kue talam yang enak dan mudah untuk dibuat? Temukan resep kue talam favorit Anda hanya di Cakefever! Kue Talam, Hidangan Manis Sederhana yang Menggugah Selera Siapa yang tak kenal dengan kue talam? Kue tradisional asal Betawi dengan paduan rasa manis dan gurihnya yang nendang membuat kue ini kerap dijadikan takjil saat berbuka puasa. Kue talam yang diperkirakan telah...
Inilah 3 Resep Kue Pancong Lumer, Kekinian, dan Enak!
Recipes

Inilah 3 Resep Kue Pancong Lumer, Kekinian, dan Enak!

Jajanan pasar memang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat. Selain bahannya yang tanpa pengawet dan dinilai lebih sehat, jajanan pasar khas daerah tertentu juga dapat mengingatkan kita akan memori yang ada di tempat tersebut. Salah satu jajanan tersebut tak lain adalah kue pancong. Penyebutan kue pancong sangat beragam karena berbeda-beda di setiap daerah. Jika di Jakarta namanya kue pancong, di Jawa Barat kue ini disebut bandros. Kemudian jika di Jawa Tengah adalah gandos, dan di Bali disebut haluman.  Membuat kue pancong sendiri selagi luang bisa menjadi aktivitas yang seru dan menyenangkan. Apa saja bahan dan resep kue pancong? Langsung scroll artikel ini sampai habis, ya! Kue Pancong, Jajanan Jadul yang Tak Lekang Oleh Zaman Di tengah industri food and beverage Indonesia ya...
4 Resep Kue Putu Ayu Lembut dan Manis, Mudah Dimasak di Rumah!
Recipes

4 Resep Kue Putu Ayu Lembut dan Manis, Mudah Dimasak di Rumah!

Saat menghabiskan waktu bersantai di rumah, tentunya kita sama sekali tak pernah lepas dari camilan. Lebih hemat bila dihitung, membuat kue di rumah sendiri seringkali menjadi pilihan saat kita memiliki waktu luang, daripada harus membeli camilan di luar. Salah satu camilan yang enak disantap saat santai dan mudah dibuat adalah Kue Putu Ayu. Memiliki citarasa yang cukup kompleks dan penampilan yang cantik, siapa sangka bahwa Kue Putu Ayu tak susah untuk dibuat. Bingung mencari aneka resep Kue Putu Ayu untuk dipraktekkan sendiri? Cakefever punya jawabannya! Yuk, diintip aneka resep Kue Putu Ayu sederhana, enak, dan lembut di bawah ini! Kue Putu Ayu Kukus, Teman Manis Saat Bersantai Kue Putu Ayu merupakan salah satu sajian ringan berupa kue basah yang terbuat dari campuran tepung, telur...
Resep Lapis Surabaya Istimewa dengan Kuning Telur semua
Recipes

Resep Lapis Surabaya Istimewa dengan Kuning Telur semua

Pada suatu hari, Mamaku minta dibuatkan Lapis Surabaya. Kata Mama, kali ini tulung buat Lapis Surabaya yang bener. Jangan cuma lapisan kuningnya saja seperti Lapis Surabaya yang dulu pernah aku buat. Kalau cuma ada lapis kuningnya saja, kata Mamaku itu namanya Lapis Solo, bukan Lapis Surabaya #nyengir #barutau Kue Lapis Surabaya umumnya terdiri dari dua lapis kuning dan satu lapis coklat. Ada juga kue lapis terkenal dari Solo yang diberi nama kue lapis Mandarijn dari toko kue Orion. Kue Lapis Mandarijn (Nama Mandarijn tersebut sudah dipatenkan oleh Toko Kue Orion) hanya terdiri dua lapis yaitu satu lapis kuning dan satu lapis coklat. Aku pernah beli kue Lapis Mandarijn ini di toko Alfresh Jakarta. Penasaran sih, sebenarnya kue Lapis Mandarijn yang legendaris ini mirip dengan kue Lapis Sur...