Resep Bacang Isi Daging Sapi, Cuma Perlu 5 Langkah!

Kalau kita ngomongin jajanan jadul, tentu nggak akan pernah ada habisnya. Jajanan jadul tahun 90-an yang lezatnya tak pernah lekang oleh waktu tentu akan selalu dirindukan. Salah satunya adalah kue bacang, yang terbuat dari ketan dan diberi isian daging ini. Mulai kangen dengan jajanan jadul yang satu ini? Yuk, intip resep bacang simpel dan lezat berikut ini, cuma perlu 5 langkah!

Bacang, Jajanan 90-an yang Mirip dengan Lontong

Bacang Isi Daging Sapi (sumber - @kikhakue - Instagram)
Bacang Isi Daging Sapi (sumber – @kikhakue – Instagram)

Bagi kamu anak 90-an, pastinya kamu sudah akrab banget dengan kue bacang ini. Yupsiiii, kue bacang merupakan jajanan yang kalau dilihat-lihat sih, mirip dengan lontong ya. Mirip lontong isi atau arem-arem lebih tepatnya. Jajanan yang satu ini memang terbuat dari beras ketan, yang kemudian diberi aneka isian yang lezat seperti daging ayam, daging sapi, atau isian manis yang menggugah selera.

Kalau kata ibuku, dulu kue bacang ini seringkali dijajakan keliling melewati rumah-rumah, guys. Tapi, kalau sekarang sepertinya sudah jarang ada pedagang kue bacang keliling seperti zaman dahulu kala. Meski begitu, kelezatan kue yang satu ini nggak akan pernah lekang oleh waktu. Memadukan gurihnya ketan dengan lezatnya isian yang ditambahkan, bikin kita bakalan ketagihan kala menyantap jajanan jadul yang satu ini.

Baca Juga:  Resep Kue Soes Vla Klasik Yang Garing Namun Empuk

Resep Bacang Isi Daging Sapi Simpel & Mudah Dibuat

Resep Bacang Isi Daging (sumber - @kikhakue - Instagram)
Resep Bacang Isi Daging (sumber – @kikhakue – Instagram)

Siapa nih, anak 90-an yang sudah kangen dengan jajanan jadul yang satu ini? Kalau kamu nggak menemukan ada pedagang yang menjualnya, kamu tetap bisa membuatnya sendiri di rumah, kok. Kabar baiknya, kamu bisa mencoba resep bacang ini hanya dengan lima langkah saja. Kue bacang juga bisa lima langkah, emangnya pacar doang yang bisa lima langkah? ?

Langsung kepoin resep bacang isi daging sapi simpel dan mudah dibuat berikut ini, yuk!

Bahan Utama:

  • 300 gram beras ketan
  • 400 ml air
  • 24 lembar daun bambu besar untuk membungkus bacang
  • 1 sdt garam
  • 12 buah tali bambu untuk mengikat bungkus kue bacang

Bahan Isian:

  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 6 siung bawang putih, iris tipis
  • 450 gram daging sapi, giling atau cincang
  • 200 gram jamur shitake (opsional)
  • 3 batang daun bawang, iris kecil-kecil
  • 300 ml air
  • 12 buah cabai rawit (boleh nggak pakai kalau nggak suka pedas)
  • 4 sdm minyak goreng
  • 3 sdm kecap asin
  • 3 sdm saus tiram
  • 200 ml kecap manis
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa sapi
Baca Juga:  Cara Membuat Brownies Chocolatos Kukus, Nggak Perlu Mixer!

Cara Membuat:

  • Pertama-tama, siapkan sebuah panci, kemudian campurkan beras ketan, air, dan garam. Kemudian rebus hingga setengah matang. Jika sudah, bagi ketan menjadi 12 bagian.
  • Next, kita akan bikin isiannya. Panaskan minyak goreng, kemudian masukkan jamur shitake, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Tumis semua bahan tersebut sampai berbau harum
  • Tambahkan daging cincang, kemudian tumis bersama jamur dan bawang-bawangan yang tadi sampai dagingnya berubah warna. Setelah itu, tambahkan air, kecap manis, kecap asin, saus tiram, kaldu bubuk, dan garam. Masak hingga mengental dan airnya habis, kemudian matikan api. Sisihkan sejenak. 
  • Susun dua lembar daun bambu dengan setengah tertumpuk, kemudian letakkan nasi ketan setengah matang di atasnya. Susun dan bentuk sesuai selera, biasanya bacang berbentuk segitiga, tapi kamu boleh membentuknya sesuka hati. Jangan lupa tambahkan isian daging dan cabai rawit, kemudian bungkus dan ikat dengan tali bambu. Ulangi langkah ini sampai semua bahannya sudah habis, ya.
  • Rebus selama satu jam dengan api sedang. Kalau sudah matang, kamu bisa langsung sajikan di piring sebagai opsi makan anti mainstream pengganti nasi. Selamat menikmati!
Baca Juga:  Resep Bika Ambon yang Manis, Lembut dan Legit

Nah, itulah tadi pembahasan tentang resep bacang yang bisa aku tuliskan kali ini. Sudah tertarikkah kamu untuk mencoba resep di atas? Kalau kamu punya resep bacang versi lain, kamu boleh banget untuk membaginya di kolom komentar, ya. Selamat mencoba!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya