Cara Membuat Kue Satu Kacang Hijau Lezat dalam 5 Langkah

Halo, semuanya! Meskipun kini zaman sudah semakin modern, tentunya hal ini nggak berarti bahwa jajanan jadul sudah nggak eksis lagi. Justru banyak jajanan jadul yang nyatanya malah kita kangenin di era-era seperti ini, lho. Salah satu jajanan jadul yang kelezatannya nggak lekang oleh waktu adalah Kue Satu Kacang Hijau.

Camilan dengan rasa gurih-gurih manis ini memang merupakan salah satu jajanan jadul, tapi masih banyak yang mencarinya hingga kini, lho. Untuk mengobati kerinduanmu terhadap jajanan yang udah mulai jarang dijual di pasaran ini, kenapa nggak coba bikin sendiri aja di rumah? Kali ini, Cakefever bakal sajikan Satu Kacang Hijau enak, yang bakal jadi dalam lima langkah saja. Langsung cek penjelasannya di bawah ini!

Kue Satu Kacang Hijau, Jajanan Lezat Asli dari Kebumen

Kue Satu Kacang Hijau, Jajanan Lezat Asli dari Kebumen | @snack_gurih_50 - Instagram
Kue Satu Kacang Hijau, Jajanan Lezat Asli dari Kebumen | @snack_gurih_50 – Instagram

Kue Satu Kacang Hijau, yang juga akrab disebut dengan Kue Bangkit ini merupakan camilan tradisional dengan rasa gurih-gurih manis. Terbuat dari kacang hijau dan gula pasir yang ditumbuk sampai halus, camilan jadul ini mampu membuat siapapun merasa ketagihan.

Baca Juga:  Resep Dark Choco Cherry Brownies yang Lumer di Mulut

Usut punya usut, kue yang satu ini berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Bahkan, kalau kamu berkunjung ke kota tersebut, kamu bakalan ketemu dengan Kue yang satu ini di hampir seluruh toko oleh-oleh yang ada.

Kue yang satu ini memiliki tekstur renyah dan garing, namun lumer di lidah bila dimakan. Sebenarnya, kue ini bukanlah tipikal kue kering yang susah banget untuk dibuat, bila dilihat-lihat. Sayangnya, kehadiran kue-kue kekinian membuat Kue Satu Kacang Hijau sudah cukup jarang ditemui di pasaran.

Satu Kacang Hijau Simpel

Resep Kue Satu Kacang Hijau | @ulfi_najati - Instagram
Resep Kue Satu Kacang Hijau | @ulfi_najati – Instagram

Meskipun memiliki cita rasa yang complicated, bukan berarti membuat kue yang satu ini tuh, susah. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah, lho. Selain karena bahan-bahannya mudah ditemukan, langkah cara pembuatannya pun terbilang simpel. Yuk, langsung kepoin aja resep Kue Satu Kacang Hijau di bawah ini!

Bahan Kue Satu Kacang Hijau:

  • 250 gram gula pasir
  • 400 gram kacang hijau, kupas dan bersihkan
  • 3 sdm
  • 100 ml air
  • 2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
Baca Juga:  Resep Sarang Semut Karamel Simpel, Legit, dan Mudah Dibuat

Cara Membuat Kue Satu Kacang Hijau:

  • Pertama-tama, kita akan sangrai kacang hijaunya terlebih dahulu. Siapkan kacang hijau yang sudah terkupas dan bersih, kemudian sangrai dengan api kecil selama 10-15 menit. Kalau sudah terasa ringan, matikan api kemudian sisihkan kacang hijau sangrainya.
  • Tunggu kacang hijau sangrai sampai dingin, kemudian blender bersama gula pasir hingga halus. Ayak merata hingga menjadi bubuk-bubuk halus.
  • Next, tambahkan vanili dan garam, aduk hingga tercampur rata. Larutkan dalam air, kemudian tuangkan ke adonan kue sedikit demi sedikit, aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  • Siapkan cetakan kue. Ambil adonan kue, kemudian cetaklah menggunakan cetakan kue yang ada. Kalau sudah, susunlah kuenya di atas loyang. Ulangi sampai adonan kuenya habis.
  • Panggang kue dengan suhu sekitar 140 dalam waktu 10-15 menit. Jika sudah matang, keluarkan dari oven kemudian sajikan dalam wadah yang tertutup rapat untuk menjaga tingkat kerenyahannya.

Nah, itulah tadi resep Kue Satu Kacang Hijau yang Cakefever kasih untuk kamu di kesempatan kali ini. Gimana? Mudah banget kan, cara bikinnya? Mulai sekarang, jangan mager-mager lagi untuk melestarikan jajanan tradisional di dapur kamu sendiri, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga:  Resep Sosis Solo Isi Ayam Suwir, Camilan Simpel ala Rumahan

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya