Resep Blueberry Cheese Cake Yang Mudah dibuat oleh Pemula

Ini adalah kue pertama yang aku bisa bikin tanpa gagal! Yeaayyy!!

Baru pertama kali ikut kursus di NCC, lalu besoknya aku praktek sendiri membuat Blueberry Cheese Cake hanya dengan oven tangkring tralala-trilili, dan Blueberry Cheese Cake-ku langsung jadi dengan rasa dan tekstur yang persis sama seperti yang diajarkan di kursus lho! Tanpa gagal sama sekali 🙂

Hueibatnya lagi (narsis Mode ON!), si Newbie in the Kitchen ini malah langsung terima orderan 9 loyang Blueberry Cheese Cake ini di minggu kedua setelah kursus! Modal nekad dan Pede to-the-max!

Tapi tentu saja tetap ada tips dan triknya dalam pembuatan Cheese Cake yang Creamy ini. Aku sudah kumpulkan dalam satu artikel yaitu tips-tips sukses membuat cheese cake buat pemula, yang bisa dilihat di sini.

Berikut ini adalah resep Blueberry Cheese Cake yang sudah aku modifikasi dari resep NCC, yang disesuaikan dengan seleraku.

Resep Blueberry Cheese Cake:

Blueberry Cheese Cake
Blueberry Cheese Cake Yang Sangat Mudah Dibuat

Bahan-Bahan Blueberry Cheese Cake

Bahan Crust (alas cheese cake)
250 gram biskuit Marie Regal atau Oreo
100 gram margarine yang dilelehkan

Baca Juga:  Resep Churros Sederhana Tanpa Telur, Cocok Jadi Teman Ngopi

Bahan Isian Cheese Cake:
210 gram gula pasir
4 butir telur
1 kg Cream Cheese
300 gram yoghurt plain (yang kental ya)
1 sdt air jeruk lemon
2 sdt kulit jeruk lemon parut
2 sdm tepung terigu

Topping:
250 gram selai blueberry
1 kaleng jeruk mandarin

Cara membuat:

  1. Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm olesi mentega atau margarin, jangan lupa membungkus bagian luar dengan aluminium foil supaya air tidak masuk ke dalam loyang, sisihkan.
  2. Hancurkan biskuit hingga halus dengan blender atau food processor, lalu tuang butter atau margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan-tekan sampai padat. Panggang dalam oven sekitar 5-10 menit lalu angkat, sisihkan.
  3. Kocok gula dan telur hingga kental. Lalu masukkan Cream Cheese dan Yoghurt Plain bergantian sambil terus dikocok.  Ohya sebelumnya biarkan dulu Cream Cheese dalam suhu ruang agar menjadi lunak. Bila Cream Cheese masih terlalu dingin, sebaiknya dipotong-potong dan kocok terpisah saja sampai menjadi creamy baru dimasukkan ke dalam kocokan gula dan telur yang sudah mengembang.
  4. Setelah adonan Cream Cheese ini menjadi creamy, masukkan air jeruk lemon, kulit jeruk lemon parut dan tepung. Kocok rata dengan mikser.
  5. Tuangkan adonan ini ke dalam loyang, di atas adonan biskuit (crust), lalu panggang di dalam oven dengan suhu 165C dengan cara au bain marie (diletakkan di dalam loyang yang sudah diisi air) selama 90 menit. Suhu oven dijaga agar jangan terlalu panas karena bisa membuat permukaan cheese cake menjadi retak.
  6. Setelah 90 menit dan permukaan cheese cake terlihat di pinggiran sudah agak mengering walaupun tengahnya masih goyang-goyang, segera matikan api dan keluarkan loyang dari oven. Dinginkan Cheese Cake beserta loyangnya di suhu kamar, hingga benar-benar dingin.
  7. Setelah dingin, masukkan cheese cake ke dalam kulkas selama minimal 4 jam agar adonan menjadi padat dan setelah itu baru dikeluarkan dari loyang dan bisa diolesi topping blueberry atau lainnya sesuai selera.
Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Wajik Ketan Gula Merah Legit Maknyus Pol!
By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

240 Comments

  • salam kenal mb fero, aku baru nemu resep cheese cake yg sepertinya (krn aku belum buat yaa) patut dicoba, tp aku mau tanya di artikel ttg Tips Sukses Membuat Cheese Cake dr mb kan dijelasin sebaiknya cream cheese dikocok trpisah, terus utk yogurt sebaiknya dimasukin ke kocokan cream cheese atau kocokan telur plus gula ??

  • Aku malah pernah coba bikin dengan cream cheese gadungan, hahaha rasanya ke laut deh 😀 Kalau bikin kue itu, beda bahan memang beda rasa deh ^_^

  • Oo ternyata emang ngaruh ya mba.. Wkwk tadi sempat aku makan dikit sisa cream cheese-nya (cuma bikin ½ resep) dann emang rasanya asiiin banget, beda jauh sama yumm* dan milk*na 🙂 kayaknya lebih cocok buat frosting ya? Kalo dimakan sama bagel atau roti sih kayaknya gak kuat deh.. Hehe. Btw makasih ya mba fast respon-nya

  • Iya Radja. Merk Cream Cheese sangat berpengaruh makanya harganya juga beda hehehe. Kalau mau tau bedanya, coba saja cicipi cream cheesenya langsung sebelum diproses menjadi cheese cake. Sudah langsung terasa bedanya loh …

  • Hai mba fero.. Emangnya merk cream cheese itu ngaruh ya? Pertama aku bikin pake cream cheese milk*na dan sukses banget, enak gitu. Nah, tadi aku bikin pake cream cheese yang bisa bertahan di suhu ruang (c*lf) kok rasanya beda jauh? :((((( berpasir, wanginya nusuk banget, dan asin. Jadinya gaada yang doyan deh… Padahal sebelumnya sukses besarr
    Trims

  • Horee, seneng banget deh klo baca share ada yg baru pertama kali bikin cake langsung enakkk 🙂

    Panggang crust 10 menitan sudah cukup biasanya Di. Tentu dipanggang 10 menit dengan kondisi oven sudah dipanaskan yaa. Sudah cukup dipadatkan saat memasukkan campuran biskuit dan mentega lelehnya ke dasar loyang Di?

    Biasanya memang tidak begitu crunchy, agak lembab gitu. Klo dibilang crunchy aku kok ya ingetnya good time cookies gitu ? hehehe

  • Salam kenal mba Fero.. Terima kasih resepnya yang joss gandoss… Aku bikin pertama kali dan langsung sakseisss… Ini adalah cake pertamaku juga.

    Selama bikin aku deg2an terus, takut gagal karena selain bahan2nya lumayan mahal, itu untuk ultah anak.

    Aku ga pake au bain marie karena takut airnya masuk. Jadi wadah airnya aku taruh di rak bawahnya. Wadah airnya sempat bocor dan menetesi api oven kompor sampai mati! Aku sempat panik.. Untung matinya oven sudah di menit ke 75-an. Jadi aku nyalain lagi dan panggang lagi sekitar 30 menit.

    Alhamdulillah cheesecake nya tetap kuning cantik dan matan sempurna ^__^

    Tapi crust nya kurang crunchy dan lengket di dasar loyang. Mungkin saat memanggang di awal kurang lama ya..?

  • Mbak, aku mau tanya dong. Yoghurt plain yang kental itu seperti apa ya? Boleh di share merk-nya? Aku newbie. Cuma tau yoghurt itu yang bentuk cream sama cair sajaa.

  • Plain yoghurt ada rasa asemnya yang menambahkan rasa ke cheese cake ini. Kalau diganti dengan whipped cream dairy cair, maka resep yang dipakai biasanya unbaked cheese cake atau cheese cake yang tidak dipanggang.

  • Sepertinya karna aku takut lembek, jadi pakainya 2sdm.
    Memangnya kalau ngga pake terigu gpp mbak meskipun di baked?
    Iya mbak aku sudah baca yg trik 2 rak itu, lebih ngga was-was sih ya.
    Kan mbak fero bilang airnya ngga boleh sampe kering, nah berarti harus di cek dan di tambah gt mbak kalo nyusut?
    Iya mbak di balik “plek” kaya balik kue pada umumnya (kurang ekstrim apa aku), tapi tunggu adem dulu.
    Siap mbak nanti kalau sudah jadi aku upload kesini yaa.

  • Pertama, Resti pakai terigu berapa banyak? Resep asli cheese cake malah sebenarnya tidak pakai terigu sama sekali. Jadi ikuti persis resepnya ya. Kalau setengah resep, berarti hanya 1sdm. Kalau tidak pakai sama sekali, cheese cakenya malah akan lebih lembut.
    Kedua. Harus di au bain marie supaya hasilnya lembut. Paling tidak kamu coba au bain marie trik dua rak. Ada artikelku soal ini.
    Ketiga, kalau tidak pakai loyang bongpas, bagaimana caramu melepasnya dari loyang? Dibalik? Atau pakai alas alfoil yang ditarik keluar loyang? Atau dibekukan dulu trus baru dibalik?
    Kalau ribet loyangnya bisa juga pakai cetakan muffin atau cupcake, jadi cheese cake satuan.
    Keempat. Aku juga pakai otang kok. Gpp pakai otang.
    Semoga membantu. Kalau sudah jadi, kirimin fotonya disini ya Res …

  • Hai mbak fero, aku cerita sedikit yaa.
    Beberapa waktu lalu aku pernah coba bikin cheesecake dari resep mbak fero (setengah resep).
    Aku pertama kali buat dengan alat dan bahan seadanya, ekstrim juga nih.
    Di baked pake otang tanpa metode au bain marie dan ngga pake loyang bongpas.
    Hasilnya? dari rasa udah cheesecake banget, tapi teksturnya ngga creamy gitu apa karna terigunya kebanyakan ya?

    Nah rencananya aku mau bikin lagi, cuma aku takut gagal mbak (psimis di awal).
    Karna udah mepet dan aku low budget juga, kemungkinan kan setengah resep lagi dan belum punya loyang bongpas.
    Apakah ada solusi ya mbak? minimal cakenya jadi lembut dulu gitu.Terima kasih sebelumnya

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading