Au Bain Marie akal-akalan

Sudah mencoba membuat Blueberry Cheese Cake? Sudah merasakan keribetannya melapisi loyang dengan lembaran aluminium foil dong? Buatku proses melapisi loyang bongpas dengan aluminium foil itu adalah bagian yang seringkali  menimbulkan kesan membuat Cheese Cake itu ribet.

Lembar Aluminium foil yang dipakai tidak boleh sembarangan lho. Kalo nekat pakai aluminium foil tipis yang sering dipake untuk membungkus makanan, maka insiden robeknya alfoil sangat mungkin terjadi.

Dan kalau sudah robek, dikuatirkan air rendaman bisa merembes masuk ke dalam loyang dan akhirnya bercampur dengan adonan. Kalau sudah begini, alamat Blueberry Cheese Cake kita pun jadi gagal dan basah gak karuan.

Karena itu pakailah lembar aluminium foil yang Heavy Duty. Ada kok tulisannya di kotak luarnya: H-E-A-V-Y D-U-T-Y, gitu.

Tapi memang tidak semua supermarket jual si Heavy Duty ini, karena memang biasanya yang tersedia hanya lembaran aluminium foil yang tipis saja.

Nah kalo gak punya si Heavy Duty, gimana donk? Apa harus dibatalkan saja niat bikin Blueberry Cheese Cakenya?

Jangan donk! Karena kita bisa pake trik dua rak seperti gambar di atas.

Dengan cara ini, loyang cukup dibungkus dengan aluminium foil tipis dan diletakkan di rak atas. Sementara loyang yang diisi air diletakkan di rak bawah. Loyang adonan tidak direndam dalam air untuk mencegah kebocoran.

Bila loyang adonan tidak ingin dibungkus Aluminium foil juga bisa, tetapi ada kemungkinan bagian pinggir yang bersinggungan dengan loyang akan mengering dan berwarna coklat.

Bila menginginkan pinggiran Blueberry Cheese Cake tetap berwarna kuning cantik, maka jangan lupa membungkus loyang dengan aluminium foil yaa…

Dengan cara au bain marie akal-akalan seperti ini, hasil cheese cakenya persis sama seperti au bain marie yang sebenarnya.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: