Tips Memanggang Cheese Cake dengan Au Bain Marie Akal-akalan

Sudah mencoba membuat Blueberry Cheese Cake? Sudah merasakan keribetannya melapisi loyang dengan lembaran aluminium foil dong? Buatku proses melapisi loyang bongpas dengan aluminium foil itu adalah bagian yang seringkali  menimbulkan kesan membuat Cheese Cake itu ribet.

Lembar Aluminium foil yang dipakai tidak boleh sembarangan lho. Kalo nekat pakai aluminium foil tipis yang sering dipake untuk membungkus makanan, maka insiden robeknya alfoil sangat mungkin terjadi.

Dan kalau sudah robek, dikuatirkan air rendaman bisa merembes masuk ke dalam loyang dan akhirnya bercampur dengan adonan. Kalau sudah begini, alamat Blueberry Cheese Cake kita pun jadi gagal dan basah gak karuan.

Karena itu pakailah lembar aluminium foil yang Heavy Duty. Ada kok tulisannya di kotak luarnya: H-E-A-V-Y D-U-T-Y, gitu.

Tapi memang tidak semua supermarket jual si Heavy Duty ini, karena memang biasanya yang tersedia hanya lembaran aluminium foil yang tipis saja.

Nah kalo gak punya si Aluminium Foil Heavy Duty, gimana donk? Apa harus dibatalkan saja niat bikin Blueberry Cheese Cakenya?

Baca Juga:  Resep Blueberry Cheese Cake dalam Cup

Jangan donk! Karena kita bisa pake trik dua rak seperti gambar di atas.

Dengan cara ini, loyang cukup dibungkus dengan aluminium foil tipis dan diletakkan di rak atas. Sementara loyang yang diisi air diletakkan di rak bawah. Loyang adonan tidak direndam dalam air untuk mencegah kebocoran.

Bila loyang adonan tidak ingin dibungkus Aluminium foil juga bisa, tetapi ada kemungkinan bagian pinggir yang bersinggungan dengan loyang akan mengering dan berwarna coklat.

Bila menginginkan pinggiran Blueberry Cheese Cake tetap berwarna kuning cantik, maka jangan lupa membungkus loyang dengan aluminium foil yaa…

Dengan cara au bain marie akal-akalan seperti ini, hasil cheese cakenya persis sama seperti au bain marie yang sebenarnya.

By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

41 Comments

  • Au bain marie pada dasarnya tidak hanya untuk menciptakan uap air dalam loyang tetapi juga untuk mencegah alas loyang langsung bersentuhan panas api. Sehingga loyang harus direndam. Kalau hanya untuk memberikan uap air, loyangnya tidak perlu direndam. Jadi air bisa diletakkan di rak bawah misalnya.

  • Hai mbak

    Ak mau tanya ttg au bain marie.klo bikin baguette tu kan butuh uap air.ak lihat di goggle ada yg mirip au bain marie metodeny yaitu meletakan air mendidih/es

    batu pd loyang yg panas kmd atasnya loyang dgn adonan baguette d dlm nya.berarti bikin baguette pake metode au bain marie bisa ya mbak?klo tdk bisa apa

    ada cara lain utk menciptakan uap pd oven listrik selain es batu/air panas dlm loyang?terima kasih

  • Au bain marie tidak hanya bertujuan untuk memberikan uap air dalam oven, Han. Loyang berisi air itu berfungsi juga untuk menghalangi panas oven langsung ke dasar loyang, tujuannya agar bagian bawah kue tidak berkerak. Jadi klo loyang airnya ditaro di samping, fungsi au bain marienya kurang optimal.

    Api yang digunakan biasanya api bawah saja. Tapi cek saja ovenmu, karena ada beberapa teman yang share kalau oven listriknya mesti dinyalakan api atas dan bawah.

    Suhunya kan tertera di resepnya, Han. Cek lagi ya.

    90 menitan karena suhu rendah.

  • hai mbak salam kenal,
    ak mau tanya tentang au bain marie .

    1)oven saya kan listrik jadi ruang oven nya sempit.nah kalo loyang tanpa sambungan yang di isi air(kemungkinan bocor nya kecil) di letakan di samping loyang adonan/1 rak dengan loyang adonan bisa ga atau tetap harus dibawah rak loyang adonan?

    2)api yg dipakai atas bawah atau bawah saja?

    3)suhu oven berapa derajad celcius?

    4)proses oven chese cake berapa lama?

    terima kasih

  • Halo Yuri,

    1. Bisa.
    2. Nggak.
    3. Nggak.
    4. Nggak. Tapi harus dijaga jangan sampai loyang yang berisikan air itu bocor dan airnya netes ke bagian bawah oven. Pastikan menggunakan loyang tanpa sambungan ya.

  • halo mbak,ak baru aja beli oven kirin nih hehehe.tp td lupa tanya ama yg jual ttg au bain marie

    1)klo pake teknik au bain marie di oven listrik bisa ga?

    2)apa tidak bikin oven nya berkarat krn kena uap air nya?

    3)apa tidak bikin pintu kaca ovennya pecah klo kena uap air?

    4)apa tidak konslet ovennya?

    maaf byk tanya krn saya baru pertama kali punya oven listrik,terima kasih

  • Kalau kukus kan tidak direndam dalam airnya, Ryan. Au bain marie itu merendam loyang berisi adonan ke dalam air. Fungsinya selain melembabkan udara dalam oven, juga untuk mencegah bagian bawah kue mengeras atau berkerak. Kue dimatangkan tetap dengan panas api. Kalau mengukus itu mematangkan kue dengan uap panas. Makanya letak air di bawah, dan dalam jumlah yang cukup banyak. Kalau Au bain marie tidak bermaksud untuk menciptakan uap air dalam oven. Jadi tidak bisa mengganti au bain marie dengan kukus mengukus.

    Bikin bakpao tetap dengan kukus saja ya, Ryan … 🙂

  • halo mbak.salam kenal

    mbak saya mau tanya tentang au bain marie

    1) au bain marie itu sama kukus sama ga sih?kok mirip cara mengukus bakpao sepintas

    2)kmd klo g punya oven pake kukusan bakpao bisa mbak?

    3)kmd klo bikin bakpao dengan teknik au bain marie bisa mbak?

    terima kasih

  • Haii.. waktu panggangnya relatif terhadap kondisi oven masing2. Gak terlalu lama kok perbedaannya. Au bain marie itu utk membuat Cheese cake lebih lembut creamy teksturnya. Klo gak pake au bain marie bisa juga tp akan beda di tekstur

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading