Sudah mencoba membuat Blueberry Cheese Cake? Sudah merasakan keribetannya melapisi dengan lembaran aluminium foil dong? Buatku proses melapisi bongpas dengan aluminium foil itu adalah bagian yang seringkali Β menimbulkan kesan membuat Cheese Cake itu ribet.

Lembar Aluminium foil yang dipakai tidak boleh sembarangan lho. Kalo nekat pakai aluminium foil tipis yang sering dipake untuk membungkus makanan, maka insiden robeknya alfoil sangat mungkin terjadi.

Dan kalau sudah robek, dikuatirkan air rendaman bisa merembes masuk ke dalam dan akhirnya bercampur dengan adonan. Kalau sudah begini, alamat Blueberry Cheese Cake kita pun jadi gagal dan basah gak karuan.

Karena itu pakailah lembar aluminium foil yang Heavy Duty. Ada kok tulisannya di kotak luarnya: H-E-A-V-Y D-U-T-Y, gitu.

Tapi memang tidak semua supermarket jual si Heavy Duty ini, karena memang biasanya yang tersedia hanya lembaran aluminium foil yang tipis saja.

Nah kalo gak punya si Heavy Duty, gimana donk? Apa harus dibatalkan saja niat bikin Blueberry Cheese Cakenya?

Jangan donk! Karena kita bisa pake trik dua rak seperti gambar di atas.

Dengan cara ini, loyang cukup dibungkus dengan aluminium foil tipis dan diletakkan di rak atas. Sementara loyang yang diisi air diletakkan di rak bawah. Loyang adonan tidak direndam dalam air untuk mencegah kebocoran.

Bila loyang adonan tidak ingin dibungkus Aluminium foil juga bisa, tetapi ada kemungkinan bagian pinggir yang bersinggungan dengan loyang akan mengering dan berwarna .

Bila menginginkan pinggiran Blueberry Cheese Cake tetap berwarna kuning cantik, maka jangan lupa membungkus loyang dengan aluminium foil yaa…

Dengan cara au bain marie akal-akalan seperti ini, hasil cakenya persis sama seperti au bain marie yang sebenarnya.

Artikel Lainnya:

41 Comments
  • Ryan
    says:

    Hai mbak

    Ak mau tanya ttg au bain marie.klo bikin baguette tu kan butuh uap air.ak lihat di goggle ada yg mirip au bain marie metodeny yaitu meletakan air mendidih/es

    batu pd loyang yg panas kmd atasnya loyang dgn adonan baguette d dlm nya.berarti bikin baguette pake metode au bain marie bisa ya mbak?klo tdk bisa apa

    ada cara lain utk menciptakan uap pd oven listrik selain es batu/air panas dlm loyang?terima kasih

    • cakefever
      says:

      Au bain marie pada dasarnya tidak hanya untuk menciptakan uap air dalam loyang tetapi juga untuk mencegah alas loyang langsung bersentuhan panas api. Sehingga loyang harus direndam. Kalau hanya untuk memberikan uap air, loyangnya tidak perlu direndam. Jadi air bisa diletakkan di rak bawah misalnya.

  • Yohan
    says:

    hai mbak salam kenal,
    ak mau tanya tentang au bain marie .

    1)oven saya kan listrik jadi ruang oven nya sempit.nah kalo loyang tanpa sambungan yang di isi air(kemungkinan bocor nya kecil) di letakan di samping loyang adonan/1 rak dengan loyang adonan bisa ga atau tetap harus dibawah rak loyang adonan?

    2)api yg dipakai atas bawah atau bawah saja?

    3)suhu oven berapa derajad celcius?

    4)proses oven chese cake berapa lama?

    terima kasih

    • cakefever
      says:

      Au bain marie tidak hanya bertujuan untuk memberikan uap air dalam oven, Han. Loyang berisi air itu berfungsi juga untuk menghalangi panas oven langsung ke dasar loyang, tujuannya agar bagian bawah kue tidak berkerak. Jadi klo loyang airnya ditaro di samping, fungsi au bain marienya kurang optimal.

      Api yang digunakan biasanya api bawah saja. Tapi cek saja ovenmu, karena ada beberapa teman yang share kalau oven listriknya mesti dinyalakan api atas dan bawah.

      Suhunya kan tertera di resepnya, Han. Cek lagi ya.

      90 menitan karena suhu rendah.

  • Nikolai Yuri Yakovlevich
    says:

    halo mbak,ak baru aja beli oven kirin nih hehehe.tp td lupa tanya ama yg jual ttg au bain marie

    1)klo pake teknik au bain marie di oven listrik bisa ga?

    2)apa tidak bikin oven nya berkarat krn kena uap air nya?

    3)apa tidak bikin pintu kaca ovennya pecah klo kena uap air?

    4)apa tidak konslet ovennya?

    maaf byk tanya krn saya baru pertama kali punya oven listrik,terima kasih

    • cakefever
      says:

      Halo Yuri,

      1. Bisa.
      2. Nggak.
      3. Nggak.
      4. Nggak. Tapi harus dijaga jangan sampai loyang yang berisikan air itu bocor dan airnya netes ke bagian bawah oven. Pastikan menggunakan loyang tanpa sambungan ya.

  • Ryan
    says:

    halo mbak.salam kenal

    mbak saya mau tanya tentang au bain marie

    1) au bain marie itu sama kukus sama ga sih?kok mirip cara mengukus bakpao sepintas

    2)kmd klo g punya oven pake kukusan bakpao bisa mbak?

    3)kmd klo bikin bakpao dengan teknik au bain marie bisa mbak?

    terima kasih

    • cakefever
      says:

      Kalau kukus kan tidak direndam dalam airnya, Ryan. Au bain marie itu merendam loyang berisi adonan ke dalam air. Fungsinya selain melembabkan udara dalam oven, juga untuk mencegah bagian bawah kue mengeras atau berkerak. Kue dimatangkan tetap dengan panas api. Kalau mengukus itu mematangkan kue dengan uap panas. Makanya letak air di bawah, dan dalam jumlah yang cukup banyak. Kalau Au bain marie tidak bermaksud untuk menciptakan uap air dalam oven. Jadi tidak bisa mengganti au bain marie dengan kukus mengukus.

      Bikin bakpao tetap dengan kukus saja ya, Ryan … πŸ™‚

  • Rima
    says:

    Hai mbak salam kenal!
    Mbak aku besok mau percobaan nih bikin cheese cake dengan au bain marie akal akalan ini, doain sukses yah mba hehe.
    Tp ada bbrp pertanyaan nih mba :
    1. Tadi diatas mbak bilang kalo akal2 an gini jadi manggangnya lebih lama,
    Persisnya berapa lama ya mbak manggangnya, dan di suhu berapa?
    Kalo oven listrik apinya bawah aja kan ya mba?
    2. Mba memangnya kalo bikin cheese cake nggak bisa langsung dipanggang aja ya mba tanpa harus pake teknik au bain marie?
    Memang kalo ngga pake teknik ini akan gosong yah mba?

    Itu ajah mba.. Thanks yah mbaa πŸ™‚

    • Ferona
      says:

      Haii.. waktu panggangnya relatif terhadap kondisi oven masing2. Gak terlalu lama kok perbedaannya. Au bain marie itu utk membuat Cheese cake lebih lembut creamy teksturnya. Klo gak pake au bain marie bisa juga tp akan beda di tekstur

  • eren shanty
    says:

    Wah berguna banget mbak ni tipsnya,jdi pengen cepet2 nyobain πŸ˜€

    Oh iya mbak aq kn gak ada loyang bongpas, kalo pake loyang biasa terus dalemmnya aq lapisin kertas roti gtu bisa gak mbak?
    Terus kalo sour creamnya aq ganti yoghurt gak ngubah rasa kan?
    Makasih sebelumnya ^.^

    • Ferona
      says:

      maksute ini mau diangkat ya dengan kertas rotinya? bisa aja, dilebihin kertas rotinya supaya bisa ngangkat cakenya kalau sudah matang. Hati-hati robek ya …

      Sour cream ganti yoghurt gak merubah apa2, cuma merubah cost production aja karena yoghurt kan lebih murah hihihi … πŸ˜€

  • arin
    says:

    assalamu”alaikum mba, makasih sdh diingatkan, o ya mba, cooling belinya dimana ya, saya di kota pekalongan , itu bentuknya bgm ? klo loyangnya ukuran brp yg bs muat cooling, apa beda beda tergantung coling nya

    • cakefever
      says:

      Kalau Arin mau membeli cooling rack yang muat dengan loyangnya, sebaiknya Arin langsung dicoba pasang saja loyang dan cooling racknya. Kalo di toko bahan kue atau perlengkapan kue, kan biasanya ada sekalian cooling rack dan loyangnya. Biar bener2 dapat yang pas …

  • Lina Heriyana
    says:

    Hi Mba salam kenal πŸ™‚
    mau nanya mba klo pake metode Au Bain Marie akal-akalan
    ini apakah 30 menit pertama harus dipanaskan 180C ?
    atau bisa langsung panggang dg suhu 150C-160C

  • arin
    says:

    ass. mba, salam kenal, seneng bgt nemu blog mba, mw ty di gambar kan ada 2 rak , padahal oven nya cm py 1 rak ? bgm mba ? maklum br py, jd msh awam, pyq sharp eo 18L , kmrn jg bl, krn otang yg biasa dipake keluar api waktu terakhir buat kue, mksh jwbnya

    • cakefever
      says:

      walaikumsalam Arin … Arin, jangan biasakan menyingkat salam yang maksudnya baik itu dengan ass yah.. ass itu bahasa inggrisnya artinya bokong.

      Namanya juga trik dua rak, artinya memang harus pakai dua rak. Kalo cuma punya satu rak, Arin mesti membeli loyang dan cooling rack yang bisa muat di dalam loyangnya. Jadi airnya dimasukkan ke loyang, lalu masukkan cooling rack baru taro loyang isi cheesenya sehingga si loyang isi cheese tetap tidak terendam air …

  • Adev Haddad
    says:

    Assalamu’alaikum mbak, salam kenal ya!

    Mau tanya nih mbak. Kalo airnya ditarok di loyang pirex/kaca bisa gak? Takutnya loyang t4 airnya bocor.
    Aku dulu pernah bikin dg cheese merk ‘Y’, ternyata rasa kejunya jauuuuuh banget ya :).. Trus, kue aku basah krn alfoilnya mungkin bocor. Setelah itu, terpaksa cake aku panggang lg tanpa loyang air. Alhamdulilah kuenya jadi gk terlalu basah. Aku baru tau di sini kalo ada alfoil heavy duty.
    Kalau hasilnya cakenya sama dg teknik ‘au bain marie’, aku rasa teknik 2 rak ini lebih baik, krn bs meminimalkan resiko kue gagal & basah.
    Jika aku gak punya loyang bongpas, berarti hrs 2x gunakan alfoil ya? Pertama utk mengalas loyang & yg kedua utk membungkus loyang, begitu kan mbak?
    Terima kasih, ya! Blog mbak ini sdh memberi banyak pencerahan utk aku :).. Salaam..

    • cakefever
      says:

      airnya bisa di pirex.. yang penting gak bocor ya. Keju merek Yummy sebaiknya pakai yang neufchatel, klo yg cream cheese light memang jauuhh rasanya dan tidak untuk cheese cake ini.

      Klo gak pake loyang bongpas, sebaiknya dialas lagi dan agak panjang alasnya supaya bisa mengangkat kuenya keluar dari loyang. Kan kuenya gak bisa dikeluarkan dengan cara dibalik, jadi harus diangkat … mudah2an penjelasanku cukup jelas ya …

  • yuli
    says:

    Mbak,aku pemula seneng bgt ketemu blog mbak serasa dpt suhu deh,nah kmrn aku udah coba bikin cheddar chesee cake (maklum baru pertama bikin ga berani yg modal gede)
    Tapi kok bawahnya berair apa msh mentah yah? Aku pake au bain marie akal2an
    Yg loyangnya dilapisi alumunium foil terus dgn teknik 2 rak yg sperti mbak blg itu.
    Tolongin dong mbak, aku pengen bgt bisa bikin chesee cake.. Makasih yah mbak sbelumnya

    • cakefever
      says:

      bawahnya berair itu maksudnya crustnya basah ya? atau cheese cakenya belum matang ?

      Harusnya crustnya tidak berair karena sudah dipanggang. Dan kalau trik 2 rak mestinya sih gak ada air yang masuk ya …

  • tisam
    says:

    mbakk saya mau buat cheese cake, kalo saya pakek oven listrikk< kam oven saya bisa d setting ap bawah api atas atas bawa, nah utuk buat cheesecake ini menggunakan api maa yaa mbak??? dan haruss yaa mbak d dinginkan d dalam oven n gak boleh d bukaa sama sekalii stelang matang? saya boleh minta no hpnya mbak? supaya saya bisa telpon pas saya buat biar sukses hehehhhe makasii ssya tunggu

    • cakefever
      says:

      Api bawah aja sudah cukup … setelah matang, sebaiknya dibiarkan dulu sebentar dalam oven… Tapi kalau mau langsung diangkat juga gpp sih .. itu spy cheese cakenya tidak terlalu cepat mengalami perubahan suhu dari panas ke suhu ruang …

  • akbar
    says:

    assalamualaikum mba ..amatiran mo nyoba bikin cheese cake nih…liat disini ada resepnya ternyata ..tapi ada yang jadi pikiran nih mba ..di rumah gak ada oven gas ato listrik ..yang ada cuman oven tangkring …gmana cara ngontrol panasnya mba ..?gak ada thermometer pula….. πŸ™

    • cakefever
      says:

      Walaikumsalam … panas otang diatur dari besarnya api. Kalo gak punya termometer oven ya mau gak mau harus pake perasaan aja … πŸ™‚

      Aku bikin cheese cake ini juga pake otang kok awalnya.. gak punya termometer juga, langsung nekad bikin … kalo kebanyakan mikir, ntar malah gak bikin-bikin loh … πŸ˜€

  • Merinda Haris
    says:

    Mbak, mau tanya…
    klo au bain marie dgn cara begini misalnya aluminium foil yg melapisi loyang berisi cake aku ganti dgn loyang yg lebih besar dan rendah dr loyang cake (jd ditumpuk dua gitu) hasilnya akan sama ga ya mbak?
    satu lagi mbak, klo utk loyang yg dibawah berisi air itu mesti loyang tanpa sambungan ga sih? atau bisa pake loyang biasa?
    Terima kasih bnyk mbak πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      pake loyang dua lapis, bisa Nda .. cobain aja. Kalau loyang yang isi air, mau loyang tanpa sambung atau tidak, yang penting loyangnya gak bocor. Kalo bocor, ya ovennya nanti basah dan loyangnya gosong πŸ˜€

  • lusi
    says:

    kenalin dulu ni beginner yg pgn banget bisa bikin cheese cake. dr dl puengen bikin cheese cuman kok harus pake cream cheese,pdhl disini(ponorogo)g’ ada yg namanya cream cheese kl g’ nyari di madiun yg ada supermarketnya.
    jd smp skg blm bisa buat,eh tp ternyata di blog ini nemu home made cream cheese,wuahh… seneeeeeeng bgt. akhirnya bisa terwujud keinginan bikin cream cheesenya.
    cuman ada pertanyaan yg bikin ragu2 mo buat,qta kn g’ punya yg nmnya loyang bongpas,kl pake loyang biasa bisa g’ ya???

    • cakefever
      says:

      pakai aluminium foil yang berbentuk loyang saja, Cheese cake basah tidak bisa dibalik untuk mengeluarkan dari loyangnya, jadi gak bisa pakai loyang biasa. Nanti hancur berantakan pas ngeluarinnya …

  • lv
    says:

    mbak, mau tanya kalo pake oven listrik apa teknik au bain marie bisa dilakukan? apa plat listriknya yang di atas dan bawah bisa rusak kena penguapan air? bagaimana tips supaya sukses pake teknik au bain marie?

    • cakefever
      says:

      Plat listrik bawahnya jangan sampai ketetesan yaa… klo ketetesan ya nanti rusak. Alasin loyang tipis aja spy gak bocor.. ohya loyangnya juga jangan yang bocor …

      TIpsnya kan sudah daku tuliskan di artikelnya? πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      bisa… tapi hati-hati alfoil biasa cenderung tipis dan mudah robek. Kamu harus perhatikan apakah ada lubang robek sedikit saja … daripada cake gagal gara2 ada air yang masuk πŸ˜€

  • ika
    says:

    mbak, smlm aku coba teknik ini sepertinya waktu pemanggangan lebih lama ya?

    btw dgn teknik ini, bisa gak kalo kita taro 2 adonan cheese cake sekaligus dgn hanya satu loyang berisi air?

    makasih mbak..

    • cakefever
      says:

      Iya, waktu panggang jadi lebih lama. Au bain marie membuat lapisan bawah kue kita tidak cepat berkerak/gosong.

      Maksute itu taro dua loyang isi adonan cake dalam satu loyang besar berisi air? Kalau begitu, bisa banget Ka πŸ™‚

  • meifiyane
    says:

    assalamulaikum..
    udah lama gak mampir k blog mbak nich..
    pengen ng’cek resep terbaru..
    eh taunya tertarik dengan Au Bain Marie akal-akalan..
    iya sich bener banget mbak..
    repot klo ampe bocor..
    ini bisa jadi inspirasi..
    jadi gak takut rembes k cheese cakenya..
    makasih ya mbak idenya..^.^;V

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^