Cara Tepat Mengeluarkan Cheese Cake Dari Loyang

Blueberry Cheese Cake dan Oreo Cheese Cake yang ada dalam kumpulan resep di blog ini adalah cheese cake dengan bahan utama dari cream cheese. Cream Cheese adalah jenis soft cheese atau keju lunak yang akan tetap menjadi lunak di shut ruang. Oleh sebab itu penting sekali untuk selalu menyimpan cheese cake jenis ini di dalam kulkas sampai saatnya untuk disajikan.

Pinggiran cheese cake yang kurang cantik karena melekat di loyang
Pinggiran Cheese Cake yang kurang cantik karena melekat di loyang

Demikian pula perlakuannya setelah Cheese Cake mengalami proses pemanggangan. Setelah Cheese Cake dikeluarkan dari oven, simpan Cheese Cake bersama loyangnya di dalam kulkas. Jangan lupa untuk menutupi dengan plastik cling wrap rapat-rapat agar Cheese Cake tidak menyerap aroma lainnya di dalam kulkas. Simpan Cheese Cake di dalam kulkas selama minimal 4 jam supaya cheese cake dingin dan teksturnya padat sempurna. Setelah itu baru dikeluarkan dari loyang.

Jangan nekad untuk memotong atau mencoba untuk mengeluarkan Cheese Cake ketika baru saja dikeluarkan dari oven ya, hasilnya si Cheese Cake ini pasti akan ambyaar … alias berantakan.

Baca Juga:  Tips Membuat Lapis Legit Anti Gagal

Tips mengeluarkan Cheese Cake ini untuk resep-resep cheese cake yang harus menggunakan loyang bongkar pasang seperti Blueberry Cheese Cake. Karena tipe Cheese Cake ini sangat lembut, sehingga tidak bisa dikeluarkan dengan cara membalik loyang seperti pada kue Lapis Surabaya dan kue kokoh lainnya.

Cara Melepas Cheese Cake dari Dinding Loyang

Adonan cheese cake yang dipanggang biasanya lengket di dinding loyang dan agak sulit dikeluarkan. Bila kita paksa keluarkan atau menggunakan pisau, maka pinggiran cheese cake bisa berantakan.

  1. Untuk memastikan agar Cheese Cake bisa lepas dari dinding loyang dengan mulus, aku biasanya mengoleskan butter agak tebal di dinding loyangnya ini. Dengan olesan butter yang tebal, permukaan dinding Cheese Cake menjadi licin dan mudah dilepas dari loyang.
  2. Namun bila masih ada adonan yang terlanjur lengket, cara lain adalah dengan melingkarkan handuk yang sudah direndam air hangat ke dinding luar loyang.
  3. Atau cara lain bisa juga dengan cara disembur hawa panas dari hair dryer. Ini maksudnya sama dengan menggunakan handuk hangat yaitu agar Cheese Cake yang melekat di dinding loyang menjadi agak cair/lembut sehingga mudah dilepas dari loyang.
  4. Ada yang trampil menggunakan pisau tipis yang diselipkan di dalam dinding loyang dan digerakkan mengikis Cheese Cake dari loyangnya. Kalau aku sih karena mungkin kurang trampil, biasanya berakhir dengan pinggiran Cheese Cake yang semakin carut marut karena si pisau mengikis bagian yang harusnya tidak perlu dikikis. Jadi aku angkat tangan dengan cara ini deh 😀
Baca Juga:  FAQ tentang Membuat Bolu Gulung
Cara melapis baking paper pada loyang bongkar pasang yang sudah dilapisi aluminium foil
  1. Bisa juga disiasati dengan melapisi dinding loyang dengan baking paper sehingga pinggiran cheese cake tidak melekat dan bisa dilepas dengan mulus.

Kalau sudah mencoba berbagai cara, dan tetap saja pinggiran cheese cake kita kurang mulus, maka cara terakhir adalah dengan merapikan pinggirannya menggunakan pisau stainless steel yang hangat. Caranya sebagai berikut : pisau kue berbahan stainless steel dicelupkan ke air panas lalu segera lap dengan serbet bersih supaya pinggiran Cheese Cake tidak basah dengan air dan pisau kuenya tetap hangat. Dalam keadaan pisau masih hangat dioleskan ke pinggiran cheese cake yang kurang mulus seperti mengoles buttercream. Pisau yang hangat akan melembutkan cream cheese dan proses memuluskan dinding cheese cake bisa dilakukan.

Alumunium Foil Didalam
Lapisi dengan aluminium foil yang dilebihkan agar bisa mengangkat cheese cake dari dalam loyang yang tidak bisa dibongkar pasang

Apabila tidak memiliki loyang bongkar pasang atau spring form dan tetap ingin membuat Cheese Cake lembut seperti ini, maka lapis bagian dalam loyang biasa dengan aluminium foil, lebihkan pinggirannya supaya memudahkan untuk mengangkat Cheese cake dari dalam loyang biasa.

Cara Melepas Cheese Cake dari Alas Loyang

Setelah Cheese Cake berhasil dilepas dari dinding loyang, angkat alas loyang untuk melepaskan crust atau alas cheese cake dari alas loyang. Caranya dengan menggunakan pisau kue yang tipis, sisipkan pisau kue ke bagian bawah crust dan perlahan gerakkan untuk melepaskan crust dari alas. Setelah sebagian terlepas, miringkan sedikit alas loyang dan sambil tetap digerakkan perlahan, pindahkan cake ke piring besar. Pastikan crust sudah dingin, padat dan keras untuk mencegahnya menjadi pecah dan retak.

Baca Juga:  Tips Sukses Membuat Bolu Gulung atau Roll Cake
By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

40 Comments

  • Kalau jalanannya tidak tergoncang-goncang sejauh ini aman. Tapi untuk lebih amannya lagi, biasanya dikasih lapisan plastik melingkari cakenya supaya cake tetap rapi.

  • Okay ka. Jadi aman ya klo langsung taruh di alas kue tart gtu. Untuk masukin box apakah aman ? Berarti tidak akan goyang ya ka saat di dalam perjalanan

  • Pakai loyang yang bagian alasnya bisa dilepas, Dah. Setelah cheese cakenya diangkat, lalu pakai pisau tumpul, congkel perlahan bagian bawah kue, kalau pakai biskuit dia akan agak keras dan kokoh, lalu turunkan cakenya ke piring kue. Gak mesti dioles krim bawahnya, alas biskuit itu sudah gak lengket sama alas loyang. Pastikan pakai loyang bongkar pasang ya, jadi bagian bawahnya bisa dilepas.

  • Mau tanya dong kaa. Buat cheesecake yg no bake itu buat pindahin dari alas loyang ke tatakan kue tart itu gmn ka ? Perlu dioles cream dlu gak bawahnya ? Atau langsung taruh aja ?

  • Mbak saya mw tanya klo saya panggang chese cakenya pakai almunium foil yg buat bikin squtel itu permukaan tetap diolesi mentega atw ga perlu mbak?

  • Aku tidak pakai kertas roti , Ndri. Alasnya yang berupa remahan biskuit padat nanti akan dicongkel dengan pisau palet, sementara pinggirannya juga akan dilepas perlahan dari loyangnya. Mungkin kalau mau coba, bisa dilapis dinding loyangnya supaya lebih mulus saat dicopot. Tapi aku sendiri belum pernah melakukannya, Ndri 🙂

    Dinding loyang bisa dioles tipis butter biasa atau mentega. Kalau terlalu tebal, nanti asin si mentega atau margarin bisa mewarnai rasa Cheese cakenya…

  • mbak fero mau tanya, aku rencananya pake loyang bongkar pasang, apakah perlu ditambah pakai kertas roti sbg alas dasar dan pinggir cake (yg ditempel setlh butter dioles diloyang) ? krn jujur aku takut lengket hehehe
    terus untuk olesan loyang apakah harus butter atau boleh mentega/margarin biasa yg banyak dipasaran??

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading