Wednesday, December 7

Cara Mengentalkan Gula Merah Hingga Jadi Saus Kinca Perfect

Halo teman-teman setia Cakefever! Siapa nih di antara kalian yang suka banget bikin kue-kue tradisional yang enak saat waktu senggang? Nggak bisa dipungkiri bahwa kue tradisional juga memerlukan bahan baku gula merah, terutama jika kuenya manis, contohnya adalah kue dadar gulung. Penggunaan gula merah dalam pembuatan kue tradisional juga bermacam-macam, beberapa di antaranya bahkan memerlukan gula merah cair, alias saus gula merah.

Tentu kamu juga sudah kenal dengan saus kinca gula merah. Cara mengentalkan gula merah untuk menjadi saus kinca yang perfect ternyata nggak segampang itu, lho. Perlu ketelatenan khusus untuk menciptakan saus kinca gula merah dengan tingkat kekentalan yang sempurna. Kali ini, Cakefever sudah siapkan aneka tips cara mengentalkan gula merah hingga jadi saus kinca yang perfect buat kamu. Kepoin di bawah ini, yuk!

Cara Mengentalkan Gula Merah Simpel & Praktis

Cara Mengentalkan Saus Gula Merah | @dapuribuenan - Instagram
Cara Mengentalkan Saus Gula Merah | @dapuribuenan – Instagram

Seperti yang kita tahu, tipikal saus gula merah yang paling enak untuk disantap adalah saus gula merah dengan tingkat kekentalan yang pas. Jangan sampai saus gula merah yang kamu buat memiliki tekstur yang terlalu kental, karena dia bakal mengeras saat didiamkan agak lama. Salah satu cara mengentalkan gula merah adalah dengan menggunakan tepung maizena saat membuat saus gula merahnya. Tapi, kamu nggak boleh terlalu banyak memakai tepung maizena supaya saus gula merahnya tidak terlalu kental. Standar-standar aja, ya.

Baca Juga:  Cara Membuat Adonan Pempek Lembut dan Nggak Keras

Selain tepung maizena, cara mengentalkan gula merah yang lainnya adalah dengan menggunakan santan. Umumnya, santan yang digunakan untuk membuat saus gula merah adalah santan yang tingkat kekentalannya standar. Santan dapat langsung direbus bersama gula merah, dan jangan lupa untuk diaduk-aduk terus supaya pati santan dengan gula merahnya nggak tercerai berai, ya.

Mudah Membuat Saus Kinca Gula Merah

Tips Membuat Saus Gula Merah | @dapoer_coklatqu - Instagram
Membuat Saus Gula Merah | @dapoer_coklatqu – Instagram

Setelah mengetahui gimana cara mengentalkan gula merah, Cakefever punya beberapa tips supaya saus kinca gula merah buatan kamu jadi lebih nikmat dan tentunya mudah untuk dibuat. Yuk, intip di bawah ini!

1. Pakai Gula Merah Berkualitas

Simpel tapi penting, gula merah berkualitas bakal menghasilkan citarasa yang jauh lebih nikmat. Gula merah yang berkualitas baik pada umumnya memiliki warna coklat gelap, tidak pucat, dan teksturnya tidak berpasir. Kamu bisa memotong gula merahnya untuk membedakan mana gula merah berkualitas baik dan tidak. 

Gula merah dengan good quality akan terasa lebih lengket saat dipotong, dan tidak meninggalkan tekstur pasir. Saus gula merah buatan kamu akan terasa lebih legit kalau gula merah yang kamu pakai juga berkualitas baik.

2. Tentukan Tingkat Kekentalan Gula Merah

Menentukan tingkat kekentalan saat membuat saus gula merah adalah hal yang penting, lho. Sebab, bila saus gula merahmu terlalu kental, maka saus gula merah yang kamu buat akan lebih cepat mengeras dan memiliki sifat seperti karamel. Tentukan tingkat kekentalan yang standar-standar saja, supaya saus gula merah tetap terasa sempurna dan lumer saat disantap bersama kue tradisional favorit kamu.

Baca Juga:  Cara Tepat Memilih Timbangan Kue

3. Potong-Potong Gula Merah Sebelum Dicairkan

Hal yang sederhana, tapi bisa memudahkan kamu dalam membuat saus gula merah. Cara mengentalkan saus gula merah yang lebih mudah dapat kamu lakukan dengan memotong-motong gula merah menjadi halus sebelum dimasak atau dicairkan. Gula merah yang tidak dipotong terlebih dahulu memerlukan waktu yang lebih lama untuk dimasak. Berbeda dengan gula merah yang sudah dipotong-potong, hal ini akan mempersingkat waktu memasak saus gula merah.

4. Masak dengan Api Kecil

Pengennya cepat tang, tapi pakai api besar akan membuat saus gula merahmu malah jadi gosong. Saat membuat saus gula merah, kamu nggak perlu terburu-buru dengan menyalakan api besar, ya. Sebab, saus gula merah yang sempurna bisa kamu dapatkan bila kamu memasaknya dengan api kecil. Memasak saus gula merah dengan api kecil nggak mungkin membuat saus gula merah menjadi gosong. Hal ini justru akan membuat saus gula merah buatan kamu akan matang menyeluruh dan bertekstur kental sempurna.

5. Saring Saus Gula Merah

Saat saus gula merah sudah selesai dimasak, better kamu menyaringnya sebelum dituang ke wadah. Kenapa harus gini? Ya supaya kotoran yang terkandung dalam gula merah nggak ikut masuk ke dalam kue tradisional favorit kamu. Menyaring saus gula merah akan membuat saus gula merah buatanmu lebih bersih. Selain itu, aroma nggak sedap yang disebabkan oleh kotoran-kotoran dalam gula merah juga bakalan hilang karena kotoran dalam gula merah sudah tersaring dengan baik.

Baca Juga:  Tips Sederhana Mengubah Resep Kue Sesuai Kebutuhan

Nah, teman-teman setia Cakefever, itu tadi sedikit penjelasan mengenai cara mengentalkan gula merah yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Kini, kamu sudah tahu gimana cara mengentalkan gula merah supaya jadi saus kinca gula merah yang legit dan nikmat untuk disandingkan dengan kue tradisional favoritmu. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk kamu, ya!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^