Resep Snickers Caramel Cheese Cake

Suka Snickers? Suka Cheese Cake? Suka Caramel? Wah sama dong denganku 🙂 … Nah kalau suka dengan Snickers, caramel dan cake, maka jangan lewatkan untuk mencoba resep Snickers Caramel Cheese Cake ini.

Karena di dapur sedang tidak ada biskuit oreo dan hanya tersedia biskuit Marie Regal, maka aku menggunakan biskuit Marie Regal untuk alas atau crust dari Cheese Cake ini.

Jumlah Snickers Barsnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Kebetulan aku punya Snickers ukuran 55 gram, jadi aku gunakan 4 bungkus. Kalau Anda penggemar Snickers sejati, tambahkan jumlah snickersnya 2 sampai 3 bungkus lagi supaya jelas terlihat bahwa Anda adalah Die-Hard fans Snicker, hehehe 😀 Yang penting jangan sampai isi cakenya hilang karena ketimbun Snickersnya yaa …

Selain itu karena aku juga baru saja praktek membuat dulche de leche, jadi aku juga menambahkan dulche de leche ke adonan. Dulce de leche aku tambahkan untuk toppingnya saja dan tidak aku masukkan ke dalam adonan, membuat rasa di Cheese Cake ini jadi tambah mantap.

Bahan Cheese Cake:

500 gram Cream Cheese (Biarkan melunak di suhu ruang)
1 butir telur utuh
50 gram gula pasir, sebaiknya blender dulu sampai halus
2 sdt pure vanila extract (kalau tidak punya vanilla yang extract, dilewatkan saja, jangan diganti dengan yang bubuk)

Bahan Alas Cake:

125 gram biskuit marie regal
75 gram unsalted butter ( tawar) dilelehkan

4 Snickers bars ukuran 55 gram
secukupnya

Adaptasi dari SallysBakingAddiction

Cara Membuat Snickers Caramel Cheese Cake:

Panaskan suhu 170 C (jangan terlalu panas, supaya cheese cake tidak retak permukaannya). Siapkan loyang ukuran 22×22 cm atau 24×24 cm kalau mau cheese cakenya rada tipis. Saat melapisi loyangnya, usahakan untuk melebihkan kertasnya di kanan kiri, supaya mudah mengangkat cheese cake dari dalam loyang. Kecuali menggunakan loyang bongkar pasang ya, ini perlakuannya sama seperti saat membuat Blueberry Cheese Cake.

Kalau aku sendiri, karena kebetulan masih ada stok loyang aluminium foil, jadinya gak ribet pakai baking paper untuk melapis. Langsung saja nanti semua adonannya dituang ke dalam loyangnya.

Baca Juga:  Lapis Keju Putih Telur

Snickers bar dipotong-potong sesuai selera. Mau gede-gede atau kecil-kecil. Tapi kalau terlalu kecil, nanti jadi kurang terasa.

Biskuit Marie Regal atau Oreo dihancurkan sampai halus dengan blender. Kalau suka bila masih terasa ada crumble-crumble, biskuitnya jangan diblender sampai halus ya. Ini sesuai selera aja.



Setelah biskuitnya halus, masukkan leleh dan aduk sampai rata. Campuran biskuit dan leleh ini tuangkan ke alas loyang dan padatkan dengan sendok. Panggang selama 10 menit di suhu 170 C supaya crustnya set dan tidak mudah hancur, setelah itu keluarkan dan sisihkan sembari mengolah adonan cream cheesenya.

Cream cheese yang sudah melunak di suhu ruang, kocok dengan mixer, masukkan gula halus dan telur, kemudian terakhir vanila extract. Ketika adonan sudah lembut, masukkan potongan snickers dan aduk rata dengan spatula atau sendok besar.

Adonan siap untuk dituang ke dalam loyang yang sudah ada alas biskuitnya. Setelah itu aku taburi dengan chips dan potongan-potongan dulche de leche.

Snickers Caramel Cheese Bars

Nah untuk metode panggang, boleh saja kalau mau tetap pakai gaya au bain marie. Aku sendiri tidak menggunakan metode au bain marie karena … mmmm kasitau gak ya? hehehe … karena males aja siiiihh nyiapin air dan loyangnya 😀

Masukkan dalam suhu 170 C, panggang selama kurang lebih 30-35 menit atau sampai cream cheese terlihat set – yang udah pernah praktek bikin blueberry cheese cake pasti tau 😀

Angkat dari oven, dinginkan dulu yaa kira2 30 menit atau sampai loyangnya tidak terasa panas lagi … Setelah dingin, masih belum boleh dipotong, karena harus didinginkan di dalam kulkas dulu kira-kira 3-4 jam … aaaahh lama yaaa, tapi its worth to wait kok … enaaggghh bangeedddsss rasanyaaa …

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: