Pancake Plain ala Cakefever
Pengalamanku membuat itu selama ini cuma dari tepung instan. Yang entah karena tepungnya yang memang kurang pas, atau aku-nya yang kurang menambahkan bahan-bahan tambahan, tapi hasil jadi dari tepung instan itu cukup mengecewakan sehingga membuatku tidak lagi berminat untuk membuat .

Sampai suatu hari, kawan karibku bercerita bahwa dirinya ingin jualan , dan meminta mencoba buatannya. Dan datanglah diriku ke tempatnya untuk mencicipi buatannya. Ternyata rasanya enak! Ada manis dan gurihnya. Rada mirip serabi karena dibuat dalam potongan-potongan kecil. Tapi enak!

Karena sebenarnya aku tak tahu juga Pancake itu rasanya harusnya bagaimana, maka aku dan kawanku pun sepakat untuk menjajal resto pancake yang paling rame di Pacific Place. Ndak tanggung-tanggung, kita berdua langsung jajal Pan’O dan Pancious! Oooo, blengeer …

Komentarku setelah blenger-pancake … yeaah yang bikin enak siiyy topping dan fillingnya yaaa … Ternyata Pancake itu rasanya tawar gurih gitu ya. Dengan tekstur bolong-bolong dan rada tebal cukup mengenyangkan. Rasanya yang tidak manis dan tidak asin, membuat pancake asik-asik aja mau dipadukan dengan atau dengan daging asap!

Sepulang wisata kuliner Pancake, aku penasaran dengan Pancake buatan kawanku ini. Setelah aku dapatkan resepnya dan coba untuk membuatnya, kok rasanya lain yaa??? Ihiks… apa boleh buat, karena kawanku pun sudah balik ke Malang, terpaksalah aku kutak-kutik sendiri resepnya supaya sesuai dengan seleraku.

Bahan-bahan Pancake:

180 gram tepung terigu
30 gram tepung maizena
2 sdt Baking Powder Double Acting (BPDA)
2 sdm gula pasir
2 butir , pisahkan kuning dan putihnya
1 sdt garam

300 ml susu UHT plain
3 sdm (SKM)
3 sdm butter atau margarin lelehkan

Cara Membuat Pancake:

  • Campur susu UHT, SKM dan kuning , aduk rata. Masukkan leleh, aduk rata.
  • Campur terigu, maizena, BPDA dan gula, aduk rata
  • Tuang campuran susu ke campuran tepung, aduk rata
  • Kocok putih telur dan garam sampai mengembang kaku
  • Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk rata
  • Diamkan selama 20 menit
  • Panaskan wajan antilengket, tuangkan 2-3 sdm adonan ke wajan
  • Kalau adonan sudah tampak berlubang-lubang dan dasarnya kecoklatan, balik yaa…
  • Gunakan api kecil supaya pancake tidak cepat gosong
  • Angkat, tumpuk-tumpuk, siram dengan sirup maple dan hmmm sarapan sederhana yang enagh, dan mengenyangkan …
Baca Juga:  Resep Oatmeal White Chocolate Cookies Yummy & Legit

Catatan untuk menambah enak pancake ini:

  • Tambahkan 1/2 sendok teh air jeruk lemon ke dalam susu, biarkan beberapa menit sampai bergumpal, setelah itu baru campur rata dengan skm, kuning telur dan leleh.
  • Tambahkan 50-75 gram plain yoghurt jadi tambah enak deh 🙂

Artikel Lainnya:

22 Comments
  • aisyah
    says:

    mba,resep’a udh aku coba….
    enak bgt mba,pancake’a lembut g kerasa tepung’a.lbh enak drpd yg aku beli…hehehe
    pancake’a aku tambahin vanilla ekstrak jd wangi bgt….hihihi

  • ire
    says:

    Anak saya suka banget pancake, ijin coba resepnya ya mba. salam kenal juga, trimakasih sudah berbagi resep plus cerita nya 🙂

  • laksmi
    says:

    mbak,klo pas pancakenya mateng teksturnya gak bolong2 n warnanya tetep putih gak coklat tu knapa ya?

    • cakefever
      says:

      sama kayak bika ambon.. pancakenya jadi bantat … klo warnanya gak coklat, berarti kurang matang. Atau kamu gak balik ya pancakenya?

  • rikyu2011
    says:

    mbak, temenny jadi jualan pancake gk?? sy jg lg merencanakan berjualan pancake, tp msh bingung cara menjualny, artiny apa hrs buka stand ato mobile aja pke motor (sprti abang2 jualan pentol.. hehe),,
    oia, sy biasa bbwt pancake pke resep dr progrm Master Chef,, coba deh,, djamin yummy,, =9

  • Mrs. Nadeak
    says:

    Mbak, mau tanya… Kalau pakai baking powder biasa bisa gak? Aau takarannya di dobel? Thanks

    • cakefever
      says:

      baking powder biasa ya… hmmm bisa, takarannya jgn didobel deh, nanti kamu malah kebanyakan bahan additif … udah cobain aja pasrah pake baking powder dengan takaran spt resep ya … aku kuatir aja nambah2 kebanyakan baking powder malah jadi rasanya rada pahit gitu …

  • vida
    says:

    salam kenal mbak..aku suka banget blognya. aku ngelink yah.ini makanan paling awal aku bisa ehheheedari kelas 2 SMp mamaku ngenalinnya tapi emang gak tebel dan suka dikasih toping langsung. sip aku mau coba deh resep ini.thangkyu mbak

  • nunik
    says:

    Pancake makanan favorit keluargaku. Aku seringnya pake tepung pancake instan itu, soalnya beberapa kali bikin dari adonan sendiri malah mengecewakan…

    Klo dari tepung pancake instan, cuma dengan Rp. 9.900,- tinggal tambah air, telur dan kadang2 tambah margarin cair jadi deh pancake yg yummy. Praktis dan gak repot..he..he..he

    Resep pancake dari sini juga beberapa kali aku coba, oke juga:
    http://justtryandtaste.blogspot.com/2011/01/delicious-pancakes.html

    Btw, salam kenal ya…

    • cakefever
      says:

      salam kenal juga yaa… aku malah bikin pancake pakai tepung instan, rasanya suka kurang pas 😀 makanya kutak kutik resep sendiri hehehe …

  • rinisuryadi
    says:

    mba, mu tanya dunk..naro yoghurt nya kapan y? Dicampur sm susu stlh dksh air jrk lemon? Trus yoghurt nya pake yg c
    ream atw yg cair mba..? Trus mba emang hrs pake maizena y? Ko penkek ku stlh dingin agak kaku y mba..?trus mba (banyak bgt y nanya nya..hehehe) adonan nya bs dsmpn dkulkas smp bsk ga mba?
    Sori y mba banyak nanya..hehehe

    • cakefever
      says:

      Yoghurtnya campur dengan susu aja. Yoghurtnya pakai yang cream. Maizena mau diganti terigu juga boleh. Pancake kalo dingin memang rada kaku dikiit… adonannya disimpan di kulkas? hmmm, ga tau 😀 ga pernah nyoba soale …

  • Febby
    says:

    mbak, tanya dong. dasarnya pancake kan kecoklatan nih. nah tapi sisi satunya lagi kok ga bisa secantik sisi dasarnya ya. hiks hiks. tips dong…. ato emang udah dari sononya gitu sehingga servingnya mesti sisi cantiknya ya? 😀 tx ya. love your website!

    • cakefever
      says:

      aku juga biasanya cuma satu sisi aja yang cantik.. sisi satunya kurang cantik, hahaha. Kalo mau sama cantiknya, coba pakai teflon trus kasih butternya dikiiiit aja atau gak usah pake gpp, lalu pake api kecil. Dijagain supaya gak keburu terlalu jadi coklat ya … 😀

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^