Resep Pancake ala CakeFever

Pancake Plain ala Cakefever
Pengalamanku membuat itu selama ini cuma dari tepung instan. Yang entah karena tepungnya yang memang kurang pas, atau aku-nya yang kurang menambahkan bahan-bahan tambahan, tapi hasil jadi dari tepung instan itu cukup mengecewakan sehingga membuatku tidak lagi berminat untuk membuat .

Sampai suatu hari, kawan karibku bercerita bahwa dirinya ingin jualan , dan meminta mencoba buatannya. Dan datanglah diriku ke tempatnya untuk mencicipi buatannya. Ternyata rasanya enak! Ada manis dan gurihnya. Rada mirip serabi karena dibuat dalam potongan-potongan kecil. Tapi enak!

Karena sebenarnya aku tak tahu juga Pancake itu rasanya harusnya bagaimana, maka aku dan kawanku pun sepakat untuk menjajal resto pancake yang paling rame di Pacific Place. Ndak tanggung-tanggung, kita berdua langsung jajal Pan’O dan Pancious! Oooo, blengeer …

Komentarku setelah blenger-pancake … yeaah yang bikin enak siiyy topping dan fillingnya yaaa … Ternyata Pancake itu rasanya tawar gurih gitu ya. Dengan tekstur bolong-bolong dan rada tebal cukup mengenyangkan. Rasanya yang tidak manis dan tidak asin, membuat pancake asik-asik aja mau dipadukan dengan es krim atau dengan daging asap!

Sepulang wisata kuliner Pancake, aku penasaran dengan Pancake buatan kawanku ini. Setelah aku dapatkan resepnya dan coba untuk membuatnya, kok rasanya lain yaa??? Ihiks… apa boleh buat, karena kawanku pun sudah balik ke Malang, terpaksalah aku kutak-kutik sendiri resepnya supaya sesuai dengan seleraku.

Bahan-bahan Pancake:

180 gram tepung terigu
30 gram tepung maizena
2 sdt Baking Powder Double Acting (BPDA)
2 sdm gula pasir
2 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
1 sdt garam

300 ml susu UHT plain
3 sdm susu kental manis (SKM)
3 sdm butter atau margarin lelehkan

Cara Membuat Pancake:

  • Campur susu UHT, SKM dan kuning telur, aduk rata. Masukkan butter leleh, aduk rata.
  • Campur terigu, maizena, BPDA dan gula, aduk rata
  • Tuang campuran susu ke campuran tepung, aduk rata
  • Kocok putih telur dan garam sampai mengembang kaku
  • Masukkan kocokan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk rata
  • Diamkan selama 20 menit
  • Panaskan wajan antilengket, tuangkan 2-3 sdm adonan ke wajan
  • Kalau adonan sudah tampak berlubang-lubang dan dasarnya kecoklatan, balik yaa…
  • Gunakan api kecil supaya pancake tidak cepat gosong
  • Angkat, tumpuk-tumpuk, siram dengan sirup maple dan hmmm sarapan sederhana yang enagh, dan mengenyangkan …

Catatan untuk menambah enak pancake ini:

  • Tambahkan 1/2 sendok teh air jeruk lemon ke dalam susu, biarkan beberapa menit sampai bergumpal, setelah itu baru campur rata dengan skm, kuning telur dan butter leleh.
  • Tambahkan 50-75 gram plain yoghurt jadi tambah enak deh 🙂

Untuk melihat bagaimana cara mencampur kocokan putih telur ke dalam adonan tepung, bisa lihat video di bawah ini. Di video ini juga menampilkan resep pancake yang bisa dicoba. Aku belum coba, tapi melihat pancake di video ini mengembang sempurna, jadi pengen coba juga deh lain kali … 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: