Rekomendasi Merk Coklat Bubuk yang Enak untuk Kue

Saat membuat kue, tentu kita semua ingin kalau kue kita matang sempurna dengan rasa yang enak. Tapi, terkadang kalau kita ingin bikin kue yang enak, kita suka asal-asalan dalam memilih produk bahan kue. Salah satu bahan yang mungkin nggak kita pertimbangkan adalah bubuk.

Kalau kita ingin bikin kue yang enak, pastinya kita harus juga memilih produk yang enak, dong. Kali ini aku akan berikan beberapa rekomendasi yang enak, siapa tahu bisa jadi referensi bagus untukmu. Boleh dicatat dan dibaca sampai selesai, ya!

Coklat Bubuk dan Kegunaannya

Coklat bubuk merupakan bahan yang digunakan untuk memberikan warna atau rasa coklat terhadap suatu hidangan. Coklat bubuk yang digunakan untuk minuman dan membuat kue pun ternyata berbeda, lho. Kalau coklat bubuk yang digunakan untuk minuman, pada umumnya memang diolah secara khusus yang disebut dengan Dutch Process dan memiliki rasa yang lebih soft. Berbeda dengan coklat bubuk yang digunakan untuk membuat kue, yang biasanya diolah dengan proses natural.

Biasanya, coklat bubuk digunakan untuk membuat kue yang sekiranya memerlukan warna atau citarasa coklat di dalamnya, misalnya brownies, bolu coklat, dan chocolate mousse cake. Seberapa seringkah kamu menggunakan bubuk coklat untuk membuat kue?

Rekomendasi Coklat Bubuk yang Enak Versi Aku

Seringkali sembarangan beli coklat bubuk untuk membuat kue? Next, jangan sampai sembarangan lagi ya, karena aku bakal spill beberapa rekomendasi coklat bubuk yang enak untuk membuat kue, versi aku. Kalau nggak cocok, boleh diskip saja ya, hehehe.

Ohya ada sedikit tips, coklat bubuk terbaik adalah coklat bubuk yang baru saja dibuka dari kemasannya. Dan kalau pun disimpan lagi, pastikan kamu sudah menutup rapat sisa coklat bubuk dalam kemasan hampa udara. Coklat bubuk sangat mudah menyerap bau dan kelembaban di sekitarnya, karena itu kalau kamu mau beli coklat bubuk re-pack di , kamu mesti pastikan coklat bubuk yang dikemas ulang itu tidak terlalu lama dari tanggal dibungkus ulangnya agar aroma dan kesegaran coklat bubuk tersebut masih dalam kondisi yang prima.

Baca Juga:  Mengenal 4 Jenis Talas yang Bisa Dimakan dan Diolah

1. Tulip Bordeaux Cocoa Powder

Tulip Bordeaux Cocoa Powder | Tulip Chocolate
Tulip Bordeaux Cocoa Powder | Tulip

Rekomendasi merk coklat bubuk yang enak untuk membuat kue yang pertama adalah Tulip Bordeaux Cocoa Powder. Produk coklat bubuk yang satu ini sangat cocok buat kamu yang menginginkan hidangan dengan rasa coklat yang kuat banget, karena lemak kakao dari Coklat Bubuk Tulip Bordeaux ini mencapai 22 – 24 persen. 

Kue yang dibikin dengan produk coklat bubuk yang satu ini cenderung memiliki warna kehitaman, dengan tekstur moist dan rasa coklat yang agak pahit. Karena warnanya yang coklat gelap dan rasa pahit coklat yang khas, maka coklat bubuk dari Tulip ini sangat cocok untuk dibikin kue Black Forest. 

Coklat bubuk Tulip Bordeaux ini bisa didapatkan di , dalam kemasan asli pabrik atau pun re-pack yang dilakukan oleh Toko Bahan Kue untuk kebutuhan pelanggannya yang tidak membutuhkan coklat bubuk dalam jumlah banyak.

Kemasan asli pabrik berukuran 2.5 kg, sementara kemasan Tulip Bordeaux Re-pack dimulai dari ukuran 250 gram.

Klik di sini untuk Membeli Coklat Bubuk Tulip Bordeaux Kemasan Repack 250 Gram di Toko Bahan Kue TItan Baking – Jakarta Selatan

2. Windmolen Cocoa Powder

Windmolen Cocoa Powder | Bhinneka
Windmolen Cocoa Powder | Bhinneka

Windmolen Cocoa Powder merupakan salah satu produk dari Ceres, brand coklat yang sangat terkenal di Indonesia. Produk coklat bubuk yang satu ini sangat cocok digunakan oleh kamu yang ingin membeli produk multifungsi. Sebab, Windmolen Cocoa Powder ini bisa digunakan untuk membuat kue, maupun minuman, lho.

Baca Juga:  Tepung Gandum vs Tepung Terigu, Apa Saja Sih Perbedaannya?

Diolah dengan teknologi terkini, produk coklat bubuk yang satu ini memiliki rasa coklat murni yang cukup pekat. Coklat Bubuk Wind mollen ini adalah tipe coklat bubuk yang diproses dengan istilah Dutch Processed. Dalam proses ini Biji Coklat sudah dinetralkan dengan rendaman cairan alkali sehingga dihasilkan bubuk coklat yang netral (atau tidak Acid), memiliki rasa yang lebih lembut (tidak se-strong Natural Process Cocoa Powder) dan tidak menggumpal saat dicampur dengan air.

Ohya untuk yang menyukai rasa dan aroma coklat bubuk Van Houten, bisa mencoba coklat bubuk merek Windmolen ini untuk rasa dan aroma yang tidak terlalu jauh berbeda dengan harga yang lebih murah.

3. Bendico Cocoa Powder Natural Dark

Bendico Cocoa Powder Natural Dark | Tokowahab
Bendico Cocoa Powder Natural Dark | Tokowahab

Buat kamu yang menginginkan rasa coklat yang kuat namun nggak berat di lidah, Bendico Cocoa Powder Natural Dark cocok untuk kamu aplikasikan dalam kue buatanmu. 

Pasalnya, produk coklat bubuk yang satu ini memiliki rasa coklat alami yang ringan dan lebih soft, jadi bisa dibilang nggak pahit-pahit banget, cocok buat kamu yang nggak terlalu suka dark . Kalau kamu pakai untuk membuat kue, hasil hidanganmu pun cenderung berwarna coklat alami.

Tapi sebenarnya Coklat Bubuk Bendico ini punya beberapa varian yang bisa kamu pilih sesuai selera-mu, selain dari varian Natural Dark ini. Varian Coklat Bubuk Bendico lainnya ada XD atau Extra Dark, lalu ada Bendico Cocoa Powder Black Dark untuk penggunakan di kue kering dan cake yang membutuhkan warna coklat lebih gelap. Ada pula Bendico Red Dark dengan warna coklat kemerah-merahan yang cocok diaplikasikan saat kamu ingin membuat Red Velvet Cake.

4. Van Houten Cocoa Powder

Van Houten Cocoa Powder | Blibli
Van Houten Cocoa Powder | Blibli

Van Houten Cocoa Powder merupakan salah satu rekomendasi coklat bubuk yang enak versi aku. Kenapa? Sebab, produk keluaran Delfi yang di Indonesia diproduksi oleh Ceres juga ini bisa bikin hidanganmu terlihat berwarna coklat mewah, dengan citarasa yang perfecto. Nyoklat banget!

Baca Juga:  Perbedaan Coklat Bubuk Dutch Process dan Natural Process

Kabar baiknya, produk coklat bubuk yang satu ini nggak bakalan menggumpal saat dilarutkan dalam cairan, jadi kamu nggak perlu khawatir adonan kue kamu bakalan menggerindil bila dicampur dengan produk coklat bubuk yang satu ini. Dan satu lagi yang enak banget dari coklat bubuk ini adalah wanginya yang nikmaat banget. Gak heran kalau kamu bikin brownies dengan menggunakan coklat bubuk ini, aroma brownies-mu so pasti akan membuat orang jadi gak tahan pengen segera mencicipinya.

Dan tentunya karena coklat bubuk ini dijual dalam ukuran yang tidak terlalu besar, maka kamu bisa membeli sesuai dengan kebutuhanmu.

5. ChefMate Cocoa Powder

ChefMate Cocoa Powder | Lazada
ChefMate Cocoa Powder | Lazada

Rekomendasi coklat bubuk enak yang terakhir versi aku adalah ChefMate Cocoa Powder. Cukup berbeda dengan produk coklat bubuk lainnya, produk coklat bubuk dari ChefMate ini cenderung memberikan tekstur untuk hidanganmu. 

Pasalnya, ChefMate Cocoa Powder ini memiliki tekstur yang lebih kasar, bahkan nggak jarang untuk dijadikan bahan taburan kue. Coklat bubuk dari ChefMate sejauh ini merupakan produk yang paling aku suka, karena rasanya cenderung netral, nggak terlalu pahit dan nggak terlalu soft juga. Top!

Nah, teman-teman, itulah tadi beberapa rekomendasi coklat bubuk yang enak versi aku, yang bisa kamu jadikan referensi baru untuk kamu. Manakah produk yang paling oke menurut kamu? Rekomendasi ini berdasarkan pendapat dan pengalaman aku saja. Jadi, kalau kamu nggak cocok dengan rekomendasi produknya atau kamu punya rekomendasi coklat bubuk yang lainnya, boleh infoin di komentar yaa..

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya