Cari Tahu Manfaat Susu Evaporasi & Perbedaannya dengan SKM

Halo teman-teman setia Cakefever! Bagi kita-kita yang udah sering bikin kue alias baking, tentu kita udah nggak asing dengan yang namanya susu evaporasi. Nggak bisa dipungkiri, susu evaporasi memang merupakan salah satu bahan yang sometimes kita butuhkan banget saat membuat kue. Hal ini dikarenakan kandungan dalam susu evaporasi mampu membuat adonan kue kita menjadi lebih lembut, lho.

Sayangnya, masih banyak banget yang salah paham dan mengira bahwa susu evaporasi tuh, sama aja dengan susu kental manis alias SKM. Hmm, kamu yang masih salah paham rupanya wajib banget baca artikel ini sampai habis, deh. Sebab, Cakefever punya penjelasan tentang manfaat susu evaporasi, dan perbedaannya dengan SKM. Yuk, check this out!

Apa Itu Susu Evaporasi?

Apa Itu Susu Evaporasi | @andiz_frozen - Instagram
Apa Itu Susu Evaporasi | @andiz_frozen – Instagram

Susu evaporasi merupakan salah satu bahan yang sering kita gunakan dalam membuat makanan atau minuman. Susu evaporasi adalah susu yang pengolahannya menggunakan sistem pasteurisasi (dipanaskan dengan suhu tinggi), untuk menghilangkan kadar air yang tercampur dalam susu sapi, hingga 60%. Inilah yang menyebabkan kenapa susu evaporasi memiliki tekstur yang kental, namun tak sekental susu kental manis atau SKM. 

Baca Juga:  Apa Itu Icing? Yuk, Intip Perbedaannya dengan Frosting!

Kendati diolah melalui sistem pasteurisasi, rupanya hal ini sama sekali nggak melunturkan kadar laktosa, mineral, kalsium, dan vitamin yang terkandung dalam susu, lho. Metode pasteurisasi mampu membuat kandungan susu tetap bertahan meskipun dipanaskan dengan suhu tinggi. Selain itu, metode pengolahan tersebut juga menjadi alasan kenapa susu evaporasi memiliki sifat tahan lama.

Susu Evaporasi vs Susu Kental Manis, Sama Nggak, Sih?

Susu Evaporasi vs SKM | @bintang_campuran - Instagram
Susu Evaporasi vs SKM | @bintang_campuran – Instagram

Adakah teman-teman setia Cakefever yang masih mengira bahwa susu evaporasi itu sama aja dengan susu kental manis atau SKM? Perlu kamu ketahui, bahwa susu evaporasi dan SKM itu jauh berbeda, lho. Kandungan gula pada susu kental manis lebih banyak dari susu evaporasi. Penambahan kandungan gula pada susu kental manis dilakukan untuk memperpanjang umur produknya. Hal ini tentu berbeda dengan susu evaporasi, yang melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi untuk menjaga keawetan produknya.

Selain itu, kandungan gizi pada susu evaporasi lebih banyak, karena proses pasteurisasi pada susu evaporasi dilakukan untuk menghilangkan sekitar 60% kadar air, sehingga kualitas susu sapi dalam evaporasi lebih terjaga. Dibandingkan dengan susu evaporasi, susu kental manis memiliki tingkat gula dan kalori yang jauh lebih tinggi. Pada proses pembuatannya, susu kental manis justru kehilangan banyak kandungan baik.

Baca Juga:  Aneka Manfaat Barley & Cara Memasaknya Sampai Bisa Dinikmati

Susu Evaporasi untuk Apa Saja, Sih?

Manfaat Susu Evaporasi | @jogjasupply - Instagram
Manfaat Susu Evaporasi | @jogjasupply – Instagram

Siapa yang masih kepo, susu evaporasi untuk apa, sih? Ternyata, susu evaporasi juga memiliki beberapa manfaat lho, untuk kita. Berikut ini penjelasannya:

1. Bikin Adonan Kue Kita Jadi Lembut

Yup! Untuk kita yang hobi banget baking, tentu kita sudah nggak asing dengan penggunaan susu dalam adonan. Salah satu jenis susu yang sering kita pakai adalah susu evaporasi. Kandungan susu sapi asli dalam susu evaporasi ini lantas membuat adonan kue kita jadi lebih lembut. Jadi, buat teman-teman setia Cakefever yang lagi mau bikin kue, dan butuh bahan susu cair, kamu boleh mulai coba pakai susu evaporasi ini untuk bikin kue.

2. Sebagai Penambah Berat Badan

Mengonsumsi susu evaporasi sangat dianjurkan bagi kamu yang ingin menambah berat badan. Kandungan lemak susu sapi asli yang ada dalam susu evaporasi ini dapat membantu kamu, lho. Selain itu, susu evaporasi dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan susu evaporasi mengandung beberapa zat baik, seperti: mineral, kalsium, dan fosfor yang bagus banget untuk kesehatan tulang kita.

Baca Juga:  Mengenal 4 Jenis Talas yang Bisa Dimakan dan Diolah

Cara Bikin Susu Evaporasi Sendiri

Cara Bikin Susu Evaporasi Sendiri | @deeliciously_dee - Instagram
Cara Bikin Susu Evaporasi Sendiri | @deeliciously_dee – Instagram

Siapa bilang kalau susu evaporasi cuma bisa kita beli dengan kemasan jadi di toko-toko? Kita bisa lho, bikin susu evaporasi sendiri. Penasaran gimana caranya? Cakefever punya resepnya untukmu, nih. Disimak yuk!

Bahan:

  • 500 ml susu sapi cair

Cara membuat:

  • Panaskan 500 ml susu sapi cair dengan api sedang di atas panci.
  • Panaskan susu sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Kalau sudah mendidih, kecilkan apinya.
  • Tunggu selama 10 menit, kalau volume susu sudah berkurang hingga setengahnya, matikan api.
  • Susu evaporasi buatan sendiri sudah siap digunakan!

Nah, teman-teman setia Cakefever, itulah tadi beberapa penjelasan tentang susu evaporasi, mulai dari manfaat hingga perbedaannya dengan SKM. Mulai sekarang, sepertinya kamu nggak akan lagi bertanya-tanya soal susu evaporasi untuk apa, sih? Karena kamu sudah menemukan jawabannya melalui penjelasan di atas. Semoga penjelasan tentang susu evaporasi di atas bisa bermanfaat bagi kamu, ya!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya