Wednesday, December 7

Resep Roti Unyil Super Lembut, Lezat, dan Mudah Dibuat

Unyil merupakan salah satu roti legendaris yang menjadi ikon oleh-oleh kota Bogor. Pemilik usaha roti ini adalah kakak beradik bernama Herliyanti Hawidjaja dan Hendra Saputra Hawidjaja. Usaha Unyil mulai dirintis sejak tahun 1992. Selain berukuran mungil sehingga memudahkan saat disantap, rasa roti yang lembut dan manis di lidah membuat banyak yang jatuh hati. 

Salah satu keunggulan dari resep Unyil ini adalah sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet. Hal ini menjadi Unyil menjadi lebih sehat, namun membuat roti ini hanya bisa bertahan 2 hari sebelum mengeras. Apakah kamu tertarik untuk membuat roti super lembut yang satu ini untuk cemilan di rumah? Mari simak resep Roti Unyil berikut ini. 

 

Unyil Super Lembut

resep roti unyil super lembut
unyil super lembut (Sumber: Kristien Tar on Cookpad)

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung protein sedang
  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 75 gram
  • 25 gram susu bubuk full cream
  • 75 gram gula pasir
  • 150 ml air es
  • 2 butir telur
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan 
  • 1 sendok teh garam
Baca Juga:  Resep Roti Boy Wanna Be, Ternyata Gampang Banget!

Bahan olesan roti:

  • 1 sendok makan susu cair
  • 1 kuning telur
  • Campurkan kedua bahan dan sisihkan untuk olesan roti ketika akan dipanggang.

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah bersih dan kering lalu masukkan tepung terigu, ragi, susu bubuk, dan gula kemudian aduk hingga rata.
  2. Tuangkan bahan cair yakni air es dan telur sedikit demi sedikit sambil uleni adonan hingga semua bahan tercampur dan uleni terus sampai kalis.
  3. Setelah memastikan bahwa adonan sudah kalis dan elastis, masukkan dan garam kembali uleni hingga rata. Setelah itu, diamkan adonan hingga mengembang selama 30 menit. 
  4. Adonan yang sudah mengembang kemudian dikempiskan dan dibagi menjadi adonan kecil-kecil. Diamkan kembali selama 10 menit agar mengembang.
  5. Siapkan kertas baking dan letakkan di loyang. Ambil sedikit roti unyil dan beri isian sesuai yang kamu inginkan. Beberapa rekomendasi isian adalah coklat dan keju. 
  6. Diamkan kue selama 60 menit agar lebih mengembangkan. yang sudah diletakkan di loyang kemudian diberikan bahan olesan yakni telur dan susu yang sudah dicampurkan. Oleskan bahan olesan dengan kuar ke permukaan roti secara merata.
  7. Masukkan adonan ke oven dengan suhu 220 derajat dan panggang selama 7 menit.
  8. unyil super lembut pun sudah jadi dan siap dinikmati.  
Baca Juga:  Resep Roti Tawar Open Top yang jadi Roti Goreng

 

Agar Unyil Mengembang dan Lembut

Salah satu hal yang menjadikan Roti Unyil banyak disukai adalah kelembutannya. Sehingga ketika membuat Roti Unyil maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:

  1. Gunakan kualitas tepung terigu yang terbaik dan selalu ayak sebelum dicampurkan dengan bahan lain. Komposisi tepung terigu protein sedang dan protein sedang menjadi penting untuk pembuatan roti dan akan mempengaruhi kualitas dan keempukannya. 
  2. Takar gula sesuai dengan resep. Perkiraan penambahan gula adalah 25% dari bahan tepung terigu. Ragi akan semakin cepat berkembang jika ada gula, sehingga penambahan gula sangat penting untuk proses pengembangannya.
  3. Hindari memanggang roti terlalu lama, untuk Roti Unyil cukup dipanggang sekitar 7-10 menit saja. Roti yang dipanggang terlalu lama akan membuat teksturnya menjadi kering dan renyah. 

 

Roti unyil super lembut dapat menjadi cemilan di rumah yang dapat di buat sendiri. Selain bahan-bahan yang sederhana, pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Resep roti unyil super lembut ini dapat kamu modifikasi sesuai selera seperti dapat berkreasi untuk bahan toping atau isiannya. Selamat mencoba 🙂

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^