Jadi Mama lagi pengen makan kue jaman baheula. Karena tau anaknya ini lagi suka coba-coba resep baru, Mama pun minta dibuatkan kue Onbitjkoek.

Dari hasil browsing sana-sini, aku pun nemu resep Onbitjkoek Yasaboga di Klub Berani Baking yang memajang hasil ujicoba dan foto-foto hasil karya membernya. Waaa secara resepnya sudah diujicoba banyak orang dan ulasannya juga bikin tambah ngiler, ya sutra aku putuskan untuk membuat Onbitjkoek dari resep Yasaboga ini.

Resep kue Onbitjkoek ala Yasaboga ini tidak menggunakan minyak, atau margarin sama sekali, dan hasil akhirnya kue bolu ini memang rada kering. Karena kering, maka cara paling mantap menikmati kue bolu ini adalah dengan ditemani secangkir teh hangat atau kopi hangat. Sesekali kopi diseruput dan setelahnya sepotong kue dicelupkan ke dalam kopi hangat sebelum dikunyah… Mantap!

Resep kue Onbitjkoek

Tampak atas Onbitjkoek

Bahan Kue Onbitjkoek

125 gram gula palem
5 kuning
3 putih

Campur rata dan ayak :
125 gram tepung terigu
1 sdt peres kayumanis bubuk
Β½ sdt pala bubuk
ΒΌ sdt cengkih bubuk

Untuk taburan :
50 gram kacang kenari, iris tipis (aku pakai Almond Flake)

Cara membuat kue Onbitjkoek:

  1. Kocok kuning telur dan putih telur yang dicampur dengan gula palem sampai kental dan mengembang.
  2. Masukkan campuran tepung yang sudah diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan spatula.

  3. Tuang ke dalam loyang (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi dan ditaburi tepung.

  4. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang) di suhu 180 C. Taburi irisan kacang kenari atau almond. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

Onbitjkoek dalam kemasan

Catatan:

  • Kocokan telur pastikan sudah kental dan mengembang, warna kocokan telur akan berubah dari menjadi lebih pucat.
  • Untuk variasi rasa, aku memasukkan kismis ke dalam adonan. Kismisnya tidak aku rendam, langsung cemplung saja.
  • Pakai loyang Japanesse Cheese Cake yang oval, bisa jadi dua loyang.
  • Untuk bumbu kuenya, aku pakai 1 sdt dan 1/2 sdt bumbu spekuk, soalnya aku tidak punya pala dan cengkeh bubuk. Hasil akhirnya hmm wanginya bikin pengen buru-buru nyicipin kue-nya panas-panas, hahaha (buat yang suka wangi rempah ya… Ada jugaΒ  yang tidak terlalu suka dengan wangi dan teman-temannya ini kan?)
  • Aku langsung tabur Almond Flakes dari awal sebelum dipanggang, supaya tidak usah bolak-balik angkat loyang dari untuk tabur topping kacangnya.
  • Suhu pemanggangan aku set 180 C, matang setelah 30 menit (tanpa disela proses tabur kacang ya). Jadi kacang bisa juga ditabur dari awal, supaya tidak usah repot buka tutup .

Artikel Lainnya:

26 Comments
    • Ferona
      says:

      tepung diayak dulu baru dimasukkan ke kocokan telur, lalu diaduk balik dengan spatula. Jangan dimikser yah kalau gak yakin bisa menghentikan mikser di saat yang tepat πŸ™‚

      • Andre Kho
        says:

        Udah mbuat ni kue obinkuk-nya, demi menyenangkan mama …. hasilnya tak memuaskan. Palm sugarnya full kyk resep tapi kok kurang manis ya. udah gitu kok warnanya juga gak secerah gambar mbak ferona, punyaku warnanya coklat keruh, bawahnya juga gosong padahal panas oven stabil, apa krn aku pake baking pan yg warna item itu lho mbak, ga aku kasih kertas. Praktis, begitu mateng langsung tumplek lepas ndiri. Tapi ya itu tadi tak memuaskan.

      • cakefever
        says:

        Panggangnya berapa lama Koh? Kalo soal warna, itu tergantung warna gula palemnya sih .. ada gula palem yang lebih gelap warnanya …

        Manggangnya berapa lama koh sampe bawahnya gosong?

      • Andre Kho
        says:

        30 menit, spt resep. aku kalo praktek resep mbak ferona selalu sama persis …cuma ga tau untuk hasil yg ini kok ga karuan. Kapan2 ta coba nya lagi

      • cakefever
        says:

        iyah betul.. nyoba bikin kue harus tabah dan pantang menyerah πŸ™‚ kapan-kapan aku juga mau coba bikin french macaron lagi aah ..

  • nonanira
    says:

    Hai sis, aq sangat newbie 100% nih, hehe. Mau tanya soal kue yang susah dieja ini. Aq dapet resep dati tante YouTube. Diresepnya menggunakan 8 telur dan maizana + Unsalted butter. Jadi Yolks dan putih telur dikocok terpisah. Putih telur dikocok sampai jadi thick gitu sis. Baru nanti dicampur sama kocokan yokls dengan gula.

    Beda metode baking yang ini dan yang punya sis apa yah? (kenapa harus dikocok pisan segala, uda gitu pakai maizena. Aq bingung.. aq bingung :p )

    Thanks

    • cakefever
      says:

      akan beda di tekstur akhir kuenya non … Kalo putih dan kuning telurnya dikocok terpisah, tekstur cakenya biasanya lebih ringan… gak sepadat seperti kocokan telur utuh.

  • Neni
    says:

    mbak, lam kenal sebelumnya….aku pernah buat onbitjkoek tapi kok hasilnya kurang memuaskan, bagian atasnya suka basah gitu..kenapa ya mbak?

    • cakefever
      says:

      kue yang bagian atasnya basah artinya memang belum matang. Coba pindahin loyangnya ke bagian atas, dekat dengan atap oven, cukup 5 menitan aja untuk mengeringkan permukaan kue …

  • Lisa
    says:

    mbak mau tanya y.. kan aku pemula hehehe
    itu gula merah nya cair ato gimana? kan bentuk awalnya keras banget
    makasih

    • cakefever
      says:

      gula palem yang bubuk kan ada Lis… Palmswiker gitu biasanya tulisannya. Cari aja di Supermarket, mereknya banyak tuh gula palem bubuk… klo mau marut dari gula merah batangan juga bisa, tapi kayaknya gula merah batangan itu gak sebersih yang beneran udah jadi bubuk…

  • shinta
    says:

    Mbak…telur dikocok hingga mengembang dan kental itu kira2 brp lama ..aku selalu bingung kl ada perintah ini….

    • cakefever
      says:

      tergantung mikser dan jumlah telur. Kalo 4 telur pake hand mikser miyako, kira2 20-30 menitan. Klo pake mikser gede, ya pasti lebih cepat… Gak usah mikir menitnya, tapi perhatikan apakah kocokan telurnya sudah cukup kental, kalo mikser diangkat, adonan yang ada di whisknya mengalir jatuh dengan lambat …

  • Eviyanti
    says:

    mba ada tips gak kalau manggang dng otrix….
    aku punyanya sekarang itu…bakalan kempes gak sih kalau dikeluarin thanks

  • Nita
    says:

    Halo Mba…
    Seneng deh liat blognya.. resep2nya mudah diikuti dan hasilnya bagus. Terima kasih ya sudah share resep2nya..
    Gbu

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^