Resep Kue Onbitjkoek

Tampak atas OnbitjkoekJadi Mama lagi pengen makan kue jaman baheula. Karena tau anaknya ini lagi suka coba-coba resep baru, Mama pun minta dibuatkan kue Onbitjkoek.

Dari hasil browsing sana-sini, aku pun nemu resep Onbitjkoek Yasaboga di Klub Berani Baking yang memajang hasil ujicoba dan foto-foto hasil karya membernya. Waaa secara resepnya sudah diujicoba banyak orang dan ulasannya juga bikin tambah ngiler, ya sutra aku putuskan untuk membuat Onbitjkoek dari resep Yasaboga ini.

Resep kue Onbitjkoek ala Yasaboga ini tidak menggunakan minyak, butter atau margarin sama sekali, dan hasil akhirnya kue bolu ini memang rada kering. Karena kering, maka cara paling mantap menikmati kue bolu ini adalah dengan ditemani secangkir teh hangat atau hangat. Sesekali diseruput dan setelahnya sepotong kue dicelupkan ke dalam hangat sebelum dikunyah… Mantap!

Bahan kue Onbitjkoek


125 gram gula palem
5 kuning telur
3 putih telur

Campur rata dan ayak :
125 gram tepung terigu
1 sdt peres kayumanis bubuk
½ sdt pala bubuk
¼ sdt cengkih bubuk

Untuk taburan :
50 gram kacang kenari, iris tipis (aku pakai Almond Flake)

Cara membuat :

Kocok kuning telur dan putih telur yang dicampur dengan gula palem sampai kental dan mengembang.

Masukkan campuran tepung yang sudah diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan spatula.

Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung.

Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang) di suhu 180 C. Taburi irisan kacang kenari atau almond. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

Onbitjkoek dalam kemasan

Catatan:

  • Kocokan telur pastikan sudah kental dan mengembang, warna kocokan telur akan berubah dari menjadi lebih pucat.
  • Untuk variasi rasa, aku memasukkan kismis ke dalam adonan. Kismisnya tidak aku rendam, langsung cemplung saja.
  • Pakai loyang Japanesse Cheese Cake yang oval, bisa jadi dua loyang.
  • Untuk bumbu kuenya, aku pakai 1 sdt kayu manis dan 1/2 sdt bumbu spekuk, soalnya aku tidak punya pala dan cengkeh bubuk. Hasil akhirnya hmm wanginya bikin pengen buru-buru nyicipin kue-nya panas-panas, hahaha (buat yang suka wangi rempah ya… Ada juga  yang tidak terlalu suka dengan wangi kayu manis dan teman-temannya ini kan?)
  • Aku langsung tabur Almond Flakes dari awal sebelum dipanggang, supaya tidak usah bolak-balik angkat loyang dari oven untuk tabur topping kacangnya.
  • Suhu pemanggangan aku set 180 C, matang setelah 30 menit (tanpa disela proses tabur kacang ya). Jadi kacang bisa juga ditabur dari awal, supaya tidak usah repot buka tutup oven.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: