Resep Pennylane Brownies Yang Enak & Mengkilap

Pennylane Brownies - Cakefever.comPennylane Brownies adalah brownies pertama yang aku buat dan diutak-utik resepnya Resep Choco Nut Brownies dan juga menjadi lapisan coklat di Cheese Brownies.

Di jagat food-blogger, sebenarnya cukup banyak yang memposting resep Pennylane Brownies. Tapi aku heran karena ukuran gulanya berbeda-beda, dan di blog Mbak Riana sang empunya resep pun tak tampak resep asli Pennylane Brownies. Akhirnya aku coba-coba sendiri menakar ukuran gulanya, dan akhirnya aku dapat ukuran pas di 360 gram.

Di ujung cerita, aku baru tahu bahwa resep Pennylane Brownies ada di buku keluaran NCC: 18 cake & cookies favorit, dan setelah aku lihat ternyata takaran gulanya sama dengan hasil eksperimenku… 😉

Bahan-bahan Pennylane Brownies:

4 butir telur
360 gram gula pasir
225 gram minyak goreng

60 gram cocoa powder (bubuk coklat)
210 gram tepung terigu
½ sdt garam
1 sdt vanili bubuk

120 gram kenari/kacang tanah/mede, cincang kasar dan sangrai
85 gram Chocolate Chips

Cara Membuat Pennylane Brownies :

Panaskan oven di suhu 180C, alasi loyang dengan kertas roti dan olesi dengan margarin atau minyak goreng.

Baca Juga:  Cara Membuat Apem Panggang Jawa Sederhana dan Aneka Tipsnya

Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan untuk membuat lapisan mengilap nan cantik di atas permukaan browniesnya. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul.

Selain itu pengocokan gula juga harus sampai gula benar-benar larut. Bila dua hal ini sudah terpenuhi, biasanya lapisan tipis mengilap ini akan muncul di permukaan brownies.

Kocok telur dan gula sampai mengembang dan kental. Masukkan vanili dan garam. Masukkan tepung dan cocoa powder sambil diayak dan diaduk perlahan dengan spatula. Setelah adukan rata, masukkan minyak sambil diaduk perlahan. Lalu masukkan kacang dan chocolate chips. Untuk permukaan brownies dapat ditaburi almond slice atau kacang lain sesuai selera.

Setelah semua adonan tercampur rata, tuangkan di loyang yang tingginya 4 cm. Tinggi loyang jangan lebih dari 4 cm supaya brownies matang sempurna. Adonan brownies dari resep ini muat di dua loyang 30 cm x 10 cm. Panggang selama 35 menit. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Tips Membuat Lapisan Mengkilap di atas Brownies

  • Lapisan mengkilap seperti ada lapisan film tipis itu terjadi bila gula dan telur sudah dikocok sampai kental dan oven sudah cukup panas ketika adonan masuk ke dalamnya. Entah apa teori kimiawinya. Tapi pengalamanku menunjukkan, brownies yang telurnya tidak dikocok kental bersama gula biasanya tidak punya lapisan mengkilap. Namun bila tidak menginginkan brownies yang menjadi rada-rada jadi bolu karena telur yang terlalu mengembang, maka sebaiknya menggunakan gula halus supaya gulanya cepat larut tanpa harus mengocok telur sampai kental.
  • Begitu juga oven yang tidak cukup panas ketika adonan masuk pun sering kali tidak bisa menghasilkan lapisan mengkilap ini. Jadi kombinasi yang pas antara gula larut dan api oven mudah-mudahan bisa memunculkan lapisan kilap brownies seperti pengalamanku selama ini 🙂
Baca Juga:  Resep English Fruit Cake Enak dan Moist Tanpa Rhum
By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

151 Comments

  • Halo Sisca,

    1. Amblas adonan itu karena adonan browniesnya belum cukup matang. Harap dipahami bahwa saat pemanggangan, dibutuhkan ruang cukup agar panas bisa berputar rata di dalam ruang panggang. Karena itu jangan memaksakan memasukkan banyak loyang bila terlihat terlalu sempit ruangannya. Itu sebabnya bila Sisca panggang satu-satu tidak pernah amblas karena panas rata dan browniesnya pun matang sempurna.

    2. Bukan coklat yang menghasilkan kilatan brownies. Ada di artikel-ku kan, Sis?

  • Bisa. Cairkan saja menteganya dan ikuti resepnya. Kurangi garam atau gak usah pakai garam sama sekali karena sudah ada rasa asin dari menteganya.

    Aku biasanya panggang brownies suhu 180-an sesuai resep. Panggang suhu tinggi dengan waktu singkat akan membuat permukaan brownies mengering tapi dalamnya tetap basah.

  • Mba kalo minyak goreng diganti ama mentega/margarine bisalah? Berapa takarannya? Trs klo sy bikin brownies kok mletek ya atasnya mba ga cakep mulus gt permukaannya
    Sebetulnya brownies itu lbh baik dipanggang disuhu tinggi dgn waktu yg singkat (pernh baca ada yg manggang ampe 220decel 20menitan) ato suhu std (di rata rata resep yg sy baca dikisaran 160-180delcel selama 30-40menitan)
    Maklum mba newbie hehehe
    Need advice ya mba

  • siang mbakk. boleh saya bertanya seputar brownies dan otang? jadi begini saya sudah 2x mencoba buat 2 loyang brownies uk 30×10 cm skaligus di otang hock uk 45x35x39 cm. 2x percobaan itu brakhir tragis dengan amblesnya adonan saat pendinginan.
    1. pertanyaan saya, apakah otang itu cm bs masuk 1 loyang saja dalam skali wktu? ktika saya memanggang 2 loyang brownies itu saya bahkan memberi jarak diantara kedua loyang. kedua loyang diletakkan memanjang ke arah dalam otang. skrg saya jdi parno dan hanya memanggang 1 loyang saja (ohya slama ini sy memanggang satu satu tdk pernah ambles). tpi itu sgt memboroskan waktu seandainya mau buat banyak. kalo mbak ada pngalaman boleh dibantu kah? jika bisa 2 loyang, bgmana baiknya penempatan kedua loyang didalam otang? apakah menempel satu sama lain tanpa jarak diantara keduanya?
    2. coklat apa yg paling baik utk menghasilkan kilatan full di atas brownies?

    terimakasih sbelumnya.
    Salam.,
    Sisca.

  • Oven memang seharusnya dipanaskan terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan, Nad. Minimal 15 menit sebelumnya. Kalau memang mengolahnya butuh waktu 20-25 menit, panaskan saja dulu ovennya untuk memastikan saat brownies masuk, oven sudah cukup panas. Dan jangan lupa jumlah gula jangan dikurangi dan pastikan gula sudah dikocok larut ya…

  • hai mbakk.. mau tanya, kenapa yaa awalnya saya berhasil buat brownies yang atasnya mengkilap, setelah 6,7, 8 kali dst buat lagi kok saya gagal buat brownies yang atasnya mengkilap. metode yg saya lakukan selalu sama. atau ada yg salah dengan ovennya? klo ovennya kurang panas apakah sebaiknya saya panaskan oven terlebih dahulu sebelum membuat adonan brownies.

    terima kasih

  • Untuk pertanyaan kenapa cake jadi kempes, bisa baca di http://bit.ly/1DijZtu ….
    Soal emulsifier, aku tidak gunakan karena aku merasa tidak membutuhkan tambahan itu dalam adonan yang sifatnya hanya untuk memperbaiki tekstur.

  • Fudge brownies itu akan menghasilkan brownies yang lembut dan basah banget. Bahkan di suhu ruang akan terasa lembek. Kalau Pennylane brownies karena lebih banyak menggunakan tepung terigu, akan terasa lebih seperti cake. Enakan yang mana? hmmm tergantung selera masing-masing… Kalau buat aku, dua-duanya sama enaknya dan tidak bisa dibanding-bandingkan karena memang beda tekstur.

  • Salam kenal Mba Ferona…Mau tanya dunks mba. Pennylane Brownies dengan fudge brownies ala jamie oliver bedanya apa mba? kalo aku lihat ingredient nya beda. Enakan mana mba?

    terima kasih

  • Mb saya mo nanya donk
    Saya sudah coba resep’a…dan enak mb…tapi kenapa kue saya di oven mengembang dan pas saya keluarin dy mengempis…gimana ya mb….
    Trus saya mo nanya…knp mb tidak suka memakai emulsifer?

  • Mbak, saya sudah coba resep pennylane brownies nya. Alhamdulillah percobaan pertama langsung berhasil 🙂
    Tapi pas nyoba yang kedua dan ketiga, malah ga seberhasil yg pertama, heheheeee..
    Yang kedua kayaknya gagal krn saya pakai suhu 190C dgn alasan supaya bag crunchy nya lebih tebal, sedangkan yang ketiga kayaknya gagal karena saya pakai gula pasir (ngocoknya ga terlalu rata) dan pakai mixer nya kelamaan (yg pertama hanya pakai whisk). Walau gagal, tp tetep habis dimakan anak-anak dan suami, krn kan rasanya tetap enak, hanya tekstur nya aja yang ga sempurna.
    Terima kasih ya mbak untuk resep dan blog nya yang bermanfaat 😀

  • Gula halus ini maksudnya bukan icing sugar kan? Kalau gula pasir biasa yang diblender takarannya sama juga gpp, tapi kalau halus banget, mungkin bisa dikurangi 5-10 gram supaya gak kemanisan.

  • Mbak, supaya gampang menyatu, saya rencananya mau pakai gula halus. Takaran nya bagaimana ya mbak? Tetap 360 gram kah? Terima Kasih 🙂

  • Iya mbk keju biasa, kejunya sih kering. Tp browniesnya msh agak lembek gtu. Pas aku angkat dr loyang bisa belok2 gtu bentuknya. Klo yg almond mah ga, tetep utuh bentuknya

  • Di suhu ruang dalam tempat tertutup, brownies ini tahan seminggu (yang pernah aku coba). Kalau dalam kulkas bisa lebih lama, tapi lama-lama tambah kering sih kalau disimpan dalam kulkas …

  • Keju kalau dipanggang setahuku kejunya menjadi kering … pakai keju cheddar biasa kan bukan yang melt?

  • Sama mbak loyangnya. Makanya aku bingung. Loyang brownies panggang yg tinggi 4cm. Trus mbak, kalo atasnya aku taburin keju koq lembek bgt ya mbak. Waktu manggang sama, tp yg pke almond udh pas, yg keju msh agak lumer. Aku udh nyoba 3x selalu gtu.

  • pakai loyang yang sama gak? Kalau loyang yang ke 4 lebih tinggi daripada loyang sebelumnya, kemungkinan itu yang bikin gak mateng-mateng …

    Cara mindahinnya, dibalik dulu ke tatakan kue, lalu dibalik lagi masuk ke dalam kotak mikanya 😀 eeemmh mudah2an ngerti ya penjelasanku ini …

  • Mbaaakkkk….aku udh nyoba bikin ini. Yg pertama kedua ketiga sukses, tp yg ke-4 koq ga mateng2 ya mbak? Masih lembek kayak sebelum dipanggang.
    Oh iya mbak, gmn sih caranya mindahin browniesnya k kotak mika. Aku nyoba koq malah jd patah, pdhl udh dingin. Trus bagian atasnya jd ikut retak retak

  • Mba, aq udh coba resep itu tadi malam. Dari sisi rasa awalnya biasa aja tp setelah didiamkan smp besok paginya aq coba lagi enak juga, tapi tampilannya tak secantik difoto (ga terlihat lapisan tipis) padahal oven udh dipanaskan n gula udh dimikser ma telur cukup lama. Mw tanya tips memotong kacang almod n mede agar tipis2 soalnya permukaan kacang keras, jd susah motong tipis2. mksh 🙂

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading