Pengenalan Oven Gas

Oven Gas Cakefever.comSetelah cukup lama menggunakan otang dan oven listrik, akhirnya aku berkesempatan untuk memiliki oven gas juga. Oven gas ini berukuran cukup besar -ukurannya lupa :D dan dibeli ketika akhirnya aku memutuskan untuk lebih serius berjualan kue :D

Untuk keperluan jualan, menggunakan oven yang hanya muat dua loyang 28×28 cm membuat waktu pengerjaan kue tidak efisien. Walau bisa membuat sekian banyak resep sekali jalan tapi bila kapasitas oven tidak memadai, maka adonan terpaksa antri.

Kalau yang antri itu sebangsanya brownies, masih tidak apa-apa. Tapi adonan cake yang lembut dan mengembang, rasanya tidak mungkin disuruh antri, kalau ndak mereka nanti ngambeg dan kuenya jadi bantat … :)

Oven gas juga macam-macam bentuknya. Ada yang gabung dengan kompor, ada juga yang berdiri sendiri seperti gambar di bawah.

Untuk oven seperti gambar, saat pertama kali sampai rumah maka yang harus dilakukan adalah menyalakan oven tanpa isi selama satu jam. Api atas tidak dinyalakan karena akan membuat cat atas oven menjadi terkelupas. Selama proses pemanasan yang pertama kalinya, oven akan mengeluarkan asap. Setelah asap habis, barulah oven dimatikan.

Cara menghidupkan apinya, aku diwanti-wanti agar jangan sekali-kali keran gas dibuka ketika tangan kita belum siap dengan pemantik api atau lilin yang panjang. Ketika keran gas dibuka, gas sudah mengalir di pipa bagian pembakaran bawah. Kalau kita kelamaan menyulut, gas sudah terkumpul di situ. Sehingga ketika kita baru menyulut api setelah beberapa lama keran gas terbuka, dikuatirkan bisa terjadi ledakan atau sambaran api disebabkan adanya kumpulan gas tersebut. Demikian peringatan dari bapak-bapak yang mengantar oven tersebut.

Pada oven ini juga terdapat termometer yang menunjukkan suhu panas oven. Lumayan membantu dalam mengatur suhu yang diinginkan. Kekurangan oven ini adalah suhunya cepat sekali turun ketika pintunya dibuka. Sehingga kita harus bergegas ketika membuka dan memasukkan adonan ke dalam oven. Terutama ketika memanggang kue yang mensyaratkan ketika adonan masuk ke oven, oven sudah harus cukup panas. Karena itu biasanya pintunya dibuka satu-satu ketika memasukkan adonan ke dalam oven, ndak bisa dibuka keduanya sekaligus kalau ndak mau suhu oven langsung drop.

Panas di oven ini rata dan menyenangkan sekali membuat kue-kue yang butuh panas tinggi. Aku beli oven ini di Toko Bahan Kue WT di Jln RS Fatmawati Jakarta. Buatannya cukup rapi dan kokoh. Raknya dua tingkat dan jarak antar rak cukup memadai, tidak terlalu dekat. Aku sudah lihat-lihat oven di Cawang, yang harganya sebenarnya lebih murah. Tapi aku lebih sreg dengan oven ini karena kelihatannya lebih kokoh dan meyakinkan :D

Oven gas ini juga ada ukuran yang lebih kecil (1 pintu), aku ndak ingat dan ndak mencatat ukuran-ukurannya.

Cara peletakannya, aku sedapat mungkin meletakkan oven dekat dengan sirkulasi udara, baik itu jendela atau pun pintu agar kalau ada kebocoran gas, tidak berkumpul di sekitaran oven (ngeri meledak). Berurusan dengan gas memang harus ekstra hati-hati. Oven juga diletakkan tidak menempel ke dinding agar masih ada jarak antara dinding oven belakang untuk sirkulasi udara.

Artikel ini sudah dibaca 25194 kali. Semoga bermanfaat :D

  • maria fransisca

    Halo mba, mau tanya, klo untk cake red velvet, sponge cake, dll memanggangnya dengan api atas dan bawah atau cukup api bawah saja (oven gas) ?

  • evon

    mudah mudahan masih bisa ikutan diskusi,mb aku mau tanya aku punya oven listrik aku belum pernah nyoba, kalau mau dipake takut gagal bikin kuenya, aku belum ngerti cara pakenya?
    contonya aja kalu mau bikin kue bolu bakar, untuk menyetabilkan suhunya itu seperti apa n biasanya berapa lama, dan berapa lama memanggangn kuenya pada suhu berapa derajat? apa cukup hanya api bawah aja yang di nyalain?
    makasih

    • cakefever

      Kalau oven listrik biasanya tinggal set suhunya saja dan tunggu selama 10-15 menit untuk mencapai suhunya. Kalau mau cepat panas bisa api atas dan bawah dinyalakan bersamaan, lalu pada saat adonan dimasukkan, api atasnya dimatikan supaya permukaan kue tidak cepat gosong.

      Untuk lama pemanggangan ikuti resep, dan kenali sifat-sifat ovenmu karena walau sama merek, perlakuannya bisa tidak sama. Cara mudahnya adalah sering-sering memanggang dan memperhatikan hasil panggangan dari ovenmu itu Nie … :) Ini udah jurus klasik dari baking hehehe

  • https://www.facebook.com/miradiani.dhanny Miradiani Dhanny

    Mb Fero, aku terlambat baca artikelnya :( aku terlanjur beli oven yg murmer di cawang & hasilnya kuciwa berat. Ga bisa panas banget jadi ga bisa panggang cake. Panasnya oven ga merata jadi kukis ku belang-belang :(. Niat ku mau jualan kue jadi maju mundur deh. Doakan aku dapat rejeki supaya bisa beli oven yg bagus. Makasih artikelnya & komen2 & sharing2 nya…. caiyyoooo

  • Emak

    Mbak,mau tanya dong,bagaimana nyalain apinya? Di dalam ovennya ada sumbu besinya,Apakah ke sumbu besinya langsung? Kalau begitu nanti kelihatan apinya langsung dong? Terus nanti kalau apinya nyala langsung bakar kuenya dong? Ovennya itu atasnya kompor bawahnya oven,ini oven gas mba merek todachi :D makasih mbak

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      nyalain api di ovenku ini? Di bagian bawah ada besi-besinya, yang ketika keran gasnya sudah dibuka, langsung didekatkan pemantik yang sudah dinyalakan apinya. Api dari pemantik akan menyambar gas yang dikeluarkan dari besi-besi ini … nyala deh :)

  • hanna margaretha

    wah seru banget nich shering”nya.. salam kenal yaa semuanya.. perkenalkan saya juga pemula yg sll gagal tiap bikin cake, sll bantat hiksss… saya sndr binggung sekali apa penyebabnya?? rencana mau beli open yg bagus, krn selama ini pakai open jaman dahulu yg ditaruh atas kompor..tetapi tiap saya bikin brokus sll berhasil, saya jadi binggung sndr.. mohon masukannya moms..open apa ya yg cocok bagi pemula, supaya mudah penggunaannya..

    • http://www.cakefever.com/about Ferona

      Coba dipelajari tips http://www.cakefever.com/category/tips-4-beginner/ … penyebab bantat itu umumnya pengocokan yang kurang sempurna, pengadukan atau pencampuran bahan yang kurang rata, peralatan yang kurang bersih dari lemak, suhu oven yang belum dipanaskan mencapai suhu yang dibutuhkan …

      Brokus kan gak pakai Oven, Han? Pakai kukusan saja bisa bikin brownies kukus.

      Pakai oven tangkring juga sebenarnya sudah cukup dan bisa dipakai untuk bikin cake dan kue kering.

      Kalau oven bagus itu tergantung budget dan kebutuhannya … ada temanku yg pakai otang saja sudah bisa jualan cake dan kue kering. Pas dikasih hadiah oven gas yang gede kayak punyaku, malah belum terpakai sampai sekarang karena dia masih setia dengan oven tangkringnya :)

  • Rain

    Mbak mau tanya,

    aku punya oven gas yang manyatu dengan kompor.
    Akyu pernah trauma karena ada ledakan sewaktu aku menggunakan oven gas yang lama dikarena aku membuka gas terlalu lama sedang api sedang dipersiapkan. Alhasil pas aku mau keluarkan kuenya yang ada malah meleduk kompornya dan aku mayan shock and trauma sih.. utungnya hanya kena di kaki,rambut, alis dan bulu mata yang angus. Bekas di kaki sampe hari ini masih ada, yang lain sih sduah hilang.

    Nah ada tips ga untuk bisa mengatur suhu panas tanpa memasukan tangan 10 – 15 detik.Trauma soalnya..
    Atau ada trick jika saya pakai api kecil dimatangkan 30 menit and kl api besar 15 menit, atau gimana ya?
    untuk membuat cake ya bukan cookie…
    thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Beli termometer oven, rain… Itu yg paling aman.

      Klo gak ada termometer, ya mau gak mau kita main perasaan aja utk mengetahui suhu si oven.

  • Diana – Pekanbaru

    Dear mba/sist.

    Aku punya niat ingin beli oven gas (pertama kali) dan ada rencana ingin berbisnis kue. hanya aku bingun, sebaiknya oven gas yang baik yang mana yaa (baik dalam penggunaannya (gak bikin ribet) atau dalam perawatannya). terima kasih.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      ini sudah aku jawab ya,… tergantung budgetnya Diana ;)

      • Diana – Pekanbaru

        iyaa mba.. ku fikir gak terkirim.. makasih yaa..;)

  • ranie

    Mbak, aku baru beli oven Bima d poncol senen, gak tau tnyta pabriknya bima bisa delivery juga..aku gak d kasi buku manualnya..bete dehh. Yang mau tanyain kalo akan d atasnya kompor ada penutup-nya yang bisa d buka,,itu kalo aku pake manggang kue perlu di buka gak?? Terus kalo mau panggang bolu ato kue kering, aku baca mbak bilang pake api bawah aja??, jadi kita gak usah tuker api atas yah?? Kalo kue-nya dah mau d bikin lebih kering..??? And satu lagi pertanyaan aku, temperature-nya berarti disesuaikan dgn besar kecil-nya fas yah?? Abis aku biasa pake kompor listrik, dah ada ukuran temperatur knob-nya….tolong pencerahannya mbak, makasi sebelumnya…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ini Oven Bimamaster ya Ran? Kalo iya, ada websitenya tuh.. di http://www.bimamaster.com … klo ada yang Rani bingung, kontak saja langsung sama Pak Vindy yang punya …

      Manggang kue apapun kecuali lapis legit, pakai api bawah saja. Kalau cuma mau mengeringkan permukaan kue, atap oven itu sudah sangat panas.

      Tutup oven yang diatas gak usah dibuka. Itu dibuka klo misalnya Rani mau manggang bika ambon, supaya ovennya gak terlalu panas yang bisa bikin bika ambon jadi bantat …

  • http://dhianababyshop.multiply.com Dhiana

    Aslm,
    Lagi pengen beli ini juga tapi ukurannya lebih kecil siy …
    cuma keinginan belinya naik turun mba fer :( soalnya aku memang agak ngeri sama yang namanya gas pas baca2 pake pematik segala :( kalau mau beli listrik … ngga nampung watt nya …

    Baca blog mba fer “Cara menghidupkan apinya, aku diwanti-wanti agar jangan sekali-kali keran gas dibuka ketika tangan kita belum siap dengan pemantik api atau lilin yang panjang” makin bikin drop huhuhuu belum cukup nyali … terpaksa sampe hari ini bikin kue2 pakai otang :(

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Intinya sih jgn membiarkan keran gas terbuka lama, trus baru nyalain pemantik .. Krn gasnya jd ngumpul gitu, itu yg sering bikin ada sambaran api ketika menyalakan ovennya …

  • agnes

    mba, ovennya merknya bimamaster ya? berapa harganya?

  • Nabila

    Mbak saya mau tanya kebetulan oven saya itu yg gabung sama kompor. Tp sampe skrg blm pernah dipake soalx ????ª? tau gimana caranya. Mau tanya ?? penjualnya tp ????ª? bs soalx belinya U?ªh lumayan lama. Kl mbak tau cara pakenya. Mohon bantuannya ya. Sukses trus. ^-^

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Cara pakenya ya dinyalakan pemantik utk ovennya, Nabila :) jangan tanya ke saya dimana pemantiknya yaa …

  • sasa

    Mbak kebetulan aku baru beli oven golden star mirip seperti mbak punya. Bisa minta tips manggang kue apinya gimana ya mbak. Naronya di rak yang tengah aja ya mbak pake api bawah? Sesudah itu biar permukaan atas kering dipindahin ke rak paling atas ya gitu mbak? Soalnya takut gosong hahaha..maklum baru pernah coba. O ia, kalau pas awal manasin oven kalau nyalain api bawah aja bisa mencapai 200 derajat nda ya mbak? Atau awal manasin oven tetep harus nyalain atas bawah? Terima kasih

    • http://www.cakefever.com cakefever

      manggang kue apapun selain kue lapis legit, selalu gunakan api bawah saja dan letakkan kue di rak tengah ya … klo mau kering, iya bisa dipindah ke rak yang paling atas. Ini memangnya ovennya ada berapa rak yah?

      Oven gas seperti punyaku ini bisa mencapai 200C bahkan lebih. Dan kalau manasin oven, pake api bawah saja. Sayang gasnya kalo keran atas dan bawah dibuka sekaligus :D

      • sasa

        Ia mbak, ovenku yang raknya 3 susun. Makasih banyak ya Mbak untuk tipsnya, nanti aku coba..

    • Fita

      Mbak Sasa… oven merk tersebut bisa puanas dan juga bisa kecil (untuk kuker) g ya… soalnya aq beli oven merk tersebut kok g bisa dibesarin ato di kecilin… binggung!! akhirx aq telp ke pembuatx dan g ada tanggapan memuaskan, sampe sekarang tetep jadi masalah besar u toko rotiku..
      kalo punya mbak bisa di besarin n di kecilin berarti aq dapat produk yg g bagus :'(

  • Ryn

    hi mbak.. aku pengen belajar buat brownies,, bisa tolong infoin di jkt yg menyediakan tempat kursus mbak, makasih..

  • Annisa

    mba, mau tanya dong.
    sy punya oven gas yang lgsg dibawah kompor gitu. jd atasnya kompor, bawahnya oven. nah, disitu tulisan angka2nya bukan derajat suhu, tp cuma 1, 2, 3, sampe 7. itu kl di convert ke suhu berapa aja ya? terus kl mau panggang yang 200derajat pakai nomor brp?

    thank u

  • http://www.bimamaster.com/ Vindy

    Mantab… ^_^… Sekalian sy mau numpang promosi nih… ^_^… Kebetulan saya produksi oven gas bima master dan juga cetakan kue kering. Untuk informasi lebih jelas, silahkan kunjungi http://www.bimamaster.com/ atau bisa juga hubungi Vindy – 0818 0974 4758 / 022-7092 9028 / 0852 2067 0168
    Terima kasih… Sukses terus untuk http://www.cakefever.com/

    • http://www.bimamaster.com/ Vindy

      Untuk oven gas yang ibu ferona beli (yang ada di gambar) mungkin tipe dengan ukuran dengan panjang 120cm dan lebar 60cm atau tipe dengan panjang 165cm dan lebar 60cm ^_^… Di jamin kokoh deh untuk oven yang ibu ferona pakai… Pasti bakalan puas… Dan hasilnya pasti bakalan mantab… ^_^

  • emil

    mbak mau tanya??bisa gak kalau buat cake hanya dengan api bawah aja menggunakan oven listrik

    • http://www.cakefever.com cakefever

      bikin cake memang cukup dengan api bawah saja, Mil … pake api atas cuma lapis legit …

  • yenny

    Mbak mau nanya tau ga kualitas oven gas merek bima boga gmn?
    Dr segi hasil pembakaran dan keawetan body.
    Bingung pilih oven nih..Thx before :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Belum pernah pakai :D
      Kalo aku beli oven gas, apalagi yg agak gede maka yg mesti ada itu peredam panasnya. Spy panas oven gak terlalu menyengat ke luar .. Ntar kita-nya juga ikut mateng hehehe

  • rika

    Mbak, saya selama ini bikin kue pake oven gas yg menyatu dgn kompor. Tapi api atas dan bawah ga bisa menyala bersamaan. Jd selama ini selalu saya pilih memakai api bawah saja. So far sih kue nya enak2 aja hihi tp sebaiknya apa api atas nya juga dimanfaatkan?misalnya pas udah mau matang kita tukar ke api atas spy hasilnya lebih sip

    • http://www.cakefever.com cakefever

      api atas cuma untuk bikin lapis legit … kalau mau mengeringkan permukaan kue, cukup pindahkan kue ke rak paling atas, jadi dekat dengan atap ovennya… :)

  • noni tan

    hi cake fever lagi pada ngomongin oven gas ya, mau berbagi boleh kan? kalau oven gas sya pilih GOLDEN STARS , hasilnya sudah saya uji kebetulan saya pabrik bolu dicirebon saya ambil 14 unit tipe 2 pintu semua merek Golden Stars , dan hasilnya sudah 3 tahun ini bagus banget dan no masalah ..jadi pilihan saya product golden stars ,, layanannya juga oke

    noni .

    • http://www.cakefever.com cakefever

      aku juga dah sering baca tentang oven golden stars nih … :) mba Noni punya pabrik bolu di cirebon? waaah kapan2 ke cirebon boleh mampir ga mba?

  • nana

    Mba,kl oven utk manggang kue biasa tp bkn utk jualan apa pake oven listrik aja cukup??

  • christine

    hohohoo… maap map mba.. abis nulisnya kesusu rebutan ama anak sih hpnya :)
    gini mba kemren aku ada cari oven gas, trus orgnya bilang kalo yg manual(kaya punya mba mungkin) apinya nda isa mati sendiri. kalo yg otomatis, waktu suhu yg kita inginkan udah tercapai apinya mati sendiri, nanti kalo suhunya mulai turun dia akan idup sendiri apinya. jadi nda usah teriakkk teriak gosong bu gosong hahahaha…
    gitu sih kata yg jual oven, dan yg otomatis lebih hemat gas katanya. apa iya punya mba boros gas? 12kg bisa berapa hari mba?
    kl tau harganya yg 1 pintu kaya punya mba berapa ya? makasih…

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Ooooh.. lha ya itu oven canggih pisan? Berapa harganya Tine? jadi pengen tau juga niih … itu gimana cara ovennya bisa mematikan apinya sendiri ya?? klo listrik kan gampang tuh, tinggal switchnya saja yang mematikan aliran listrik. Lha kalo oven gas? gimana pulak dia bisa mematikan apinya? Penasaran :D

      kalo oven tecnogasku, gak tau harganya berapa, itu warisan dari mamaku, umurnya aja udah lebih 15 tahun :D hihihi… oven gasku yang gede, itu sekitar 3 jutaan setahun yang lalu.

      • Xtine

        Kalo cara idup mati api ak jg nda tau gmn ya,tp mgkn spt oven listik. Kl mba mau lbh jelas hub pak.apram 081545552426. Dia yg ksh info itu. Atau PT.TIMUR JAYA PERKASA jl.semut baru komplek pengampon square sby tlp.0313542765.
        Sy blm tny detail krn hrgnya 6-8jt an. Wah budgetnya buat rmh tangga nda ckp. Kalo mbak kan uda jualan,mgkn sgt berguna oven otomatis yg irit gas.

        Sy cr oven biasa aja yg hrg 1-2jt an aja. Baru newbie mba.. Hehehe..

        Oya,kl mau sy ada pny resep2 dr kursus. Kan bs bt mba jualan. Heran loh sy,kok bs mba jualan kue,tp resepnya di sebarluaskan,biasanya rhs bgt kan?? Wah baik bgt mba Fero ini.. Sukses selalu dah buat mba yg super duper baeq nih ;-D

      • http://www.cakefever.com cakefever

        Wah makasiy infonya tine … Ntar coba aku tanya2 deh. Klo ada resep kursus boleh banget kirim2, biar dicoba dan dimodifikasi sesuai selera-ku :D

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Eh iya… boros ga ya? klo yg tecnogas susah ngukur boros atau tidaknya, karena kan sekalian dipake untuk masak … sebulan ya kira2 aku pake 1 gas 12 kg deh, kadang2 sih kurang, tapi rada jarang …

  • Xtine

    To.mba Rima
    Mba rima yg uda bl oven gs,apa suhux nda cpt trn? Tau g skr uk plg kcl hrg kira2 brp? Yg mba bl manual ato otomatis? Mba di bandung y?

  • Xtine

    Apa pk oven gas manual lbh boros dr yg otomatis?ada info ktx yg manual cm 2hr gas 12kg,kl otomatis bs 1 mgu,sm2 dipake 8jam ya. Trus hrg oven yg 1 pintu ky pny mbk brp y? Sm bgs ama gs?cz dsn ada gs,kl wilton kok g ada. Hrgx jg terpaut jauh ga ya?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      mba Kristine, aku pusing euy baca tulisan yang disingkat2… ktx itu artinya apa? cz dsn maksute apa? Tulis dengan kalimat normal aja ya mbak.. Maklumlah udah tuwir, gak mudeng baca tulisan alay :D

      Aku cuma kebaca kalimat pertama. Gas Manual dan otomatis? Aku gak ngerti. Yang mana oven gas manual dan mana yang otomatis? Yang aku tahu otomatis cuma oven listrik, bisa otomatis mematikan panas ketika sudah habis waktunya. Kalo oven gasku, cuma bisa teriak2 aja pake timer … woooii udah abis waktunya niiih buruan matiin apinya klo ga mau gosoonng, gitu :D hihihi …

  • finoff

    Halo mbak, boleh tau merk oven nya apa, kebetulan lagi mau beli oven. Kalo nggak bisa di reply disini dan mbak berkenan untuk memberi taunya lewat email tolong kirim ke email ini ya mbak finoff@yahoo.com , terima kasih.

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Emph.. kan ada di tulisanku merek ovennya Fin … yaitu yang dibuat oleh TBK Wilton :D

  • Ayu

    Mbak,
    aku telat nemu/baca tulisanmu ini…seminggu yg lalu aku beli oven gas trs ya gak ta panasin satu jam tapi hanya dipanasin utk dipakai dan sempet syok berat ketika cat mengelupas :(
    Mbak, aku mau tanya gimana cara ngatur supaya suhunya sstabil ya? misal aku udah dapet 190derajat,kalo krannya gak ta kecilin bisa sampe 250, nah begitu ta kecilin bisa dapet 190, tp begitu pintunya ta buka utk taruh adonan..lah kok malah turun?gmn caranya utk jaga agar suhu teteo stabil ya?
    jadi ngeri nih pengen nyoba schiffon cake….takut kurang panas…
    Thanks banget yah :)

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Hahaha aku juga pertama pakai oven gasku juga Sukses bikin gosong Kue krn suhu ketinggian. Ovennya mmg harus sering2 digauli spy paham karakternya. Kalau pintu oven dibuka Memang suhunya akan turun drastis. Karena itu jangan lama2 kalo ngebuka pintu oven :D

  • rima

    mbak itu oven gas G.S ya, Golden Stars sama sama punya saya, bagus hasilnya puas deh pake oven G.S , saya punya beberapa oven , kebetulan home industri , tapi Golden Stars yang terbaik hasilnya , gak tau knapa yaa ?, saya beli di bandung langsung pabriknya wilayah kircon kalau ga salah , ini link webnya ada : http://www.yannyherliani.blogspot.com
    Telp Salesnya : 081 395 240 999

    makasih
    rima , jatiwaringin

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Emmh bukan Rim … itu aku beli di TBK Wilton Jakarta sini … :)

  • finne

    Mbak, itu ovennya di wilton boleh tau kisaran harganya ga?
    kalau yg di daerah cawang dimananya mbak dan merk apa?
    thanks

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Tahun 2009 harganya 3,5jutaan. Cawang itu dipinggir jalan cawang, belok kiri ke arah cawang bawah. Langsung kliatan deretannya di tepi jalan.

  • http://- ari

    saya memiliki oven gas yang menyatu dnegan kompor, namun belum pernah di pakai.
    Ketika saya mau menggunakannya maka saya putar kenop untuk api bawah dengan settingan derajat sekitar 150.
    saat kenop di putar terdengar suara gas “pssttt” namun saat saya nyalakan pemantik secepatnya di berbagai sudut, suara itu tetap ada dan oven kemungkinan tidak menyala dengan baik, dan lagi bila saya diamkan beberapa saat saya mencium bau gas.
    krna saya tidak tahu apakah tanda apa yang menandakan bahwa oven itu menyala.
    maka dari itu bila lampu akan terang bila kita klik sekeringnya lalu apa yg mendandakan bahwa oven telah menyala?

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Oven gas saya yang menyatu dengan kompor, memiliki pemantik sendiri, sehingga ketika dinyalakan tidak perlu pakai pemantik api sendiri. Pemantik oven gas saya sumbernya dari listrik. Sehingga bila ingin menyalakan, cukup memutar kenop pemantik di kompor tersebut, nanti api akan menyala sendiri.

      Saya tidak tahu persis mengapa oven gas tersebut tidak menyala. Kalau ovennya dari merek tertentu, mungkin sebaiknya bisa tanyakan ke technical support oven tersebut ya. Aku gak berani kasih saran atau info apapun karena takut salah dan malah mengakibatkan ledakan atau apapun yang berbahaya. Saranku sebaiknya kontak bagian teknis dari produsen kompor tersebut. Kalau sudah tak punya buku manualnya, bisa cari di google.com, ketikkan nama merek oven/kompor tersebut yaa…

  • http://- ari

    aku lakukan dengan pemantik dengan suara gas yang sudah keluar ko tetap tidak nyala ya…
    tanda oven itu nyala apa ya,, jd yakin kalau oven sudah nyala.
    dan aman untuk di tinggal

    • http://www.cakefever.com cakefever

      Aku kurang paham pertanyaanmu tentang tanda oven sudah nyala … Oven yang sudah mengeluarkan gas, biasanya bila didekatkan pemantik, maka api akan langsung menyambar .. Diperjelas aja pertanyaan dan keterangannya, supaya aku ndak salah menjawab :)