Oven Tangkring | Review

Oven Tangkring dengan Japanesse Cheese Cake dengan metode au bain mariePelajaran pertama sebagai newbie in the kitchen dimulai dengan berkenalan dengan tangkring warisan Mamaku ini.

Ovennya waktu itu dibeli Mama seharga 30ribu merek Bima Sakti, gak tau deh harganya sekarang berapa. Waktu itu pertama kali ini digunakan untuk memanggang brownies yang gosong dengan suksesnya, hihihi.

Seperti namanya, oven ini memang ditangkringkan di atas kompor. Panas dari oven ditentukan dari besar-kecil api kompor. Di dalamnya ada 3 rak dari kawat.

Problem dari oven ini adalah biasanya panas yang dihasilkan dalam oven tidak merata. Kalau untuk memanggang Blueberry Cheese Cake dengan metode au bain marie (water-bath), panas yang tidak merata ini memang tidak terlalu masalah. Tapi kalau buat manggang cookies, hadoohh, tobaat deh! Cookies yang dipanggang hasilnya tidak rata. Yang di tepi dalam biasanya gosong sementara di tepi luar masih belum mateng, jadi loyangnya harus rajin diputer-puter supaya tiap bagian loyang mendapat panas yang sama.

Selain itu yang aku miliki ini tidak memiliki panas atas, jadi untuk jenis kue yang butuh api atas seperti Lapis Legit, mendingan jangan nekad dipraktekin dengan menggunakan oven ini ya. Namun ada juga yang sudah menyediakan tempat untuk arang di bagian atasnya. Oven tangkring seperti ini bisa dianggap memiliki api atas, jadi bisa digunakan untuk kebutuhan memanggang dengan api atas. Kalau pun tidak digunakan arangnya, tutup oven bagian atas bisa dibuka untuk kebutuhan memanggang bika ambon yang memang mengharuskan bagian atas oven tidak tertutup rapat untuk membantu pembuatan sarang bika ambon yang sempurna.

Oven ini juga cepat sekali jadi panas dan bila kita tidak punya Thermometer Oven, untuk suhu pemanggangan yang disebut di resep biasanya cuma bisa kita kira-kira aja, hehehe.  Sampai sekarang oven ini masih digunakan walau aku sudah memiliki oven yang lain. Oven ini sangat praktis dan ekonomis apabila ingin membuat cheese cake yang dipanggang ala au bain marie.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: