Cara Membungkus Loyang Au Bain Marie

Membuat Blueberry Cheese Cake, Oreo Cheese Cake atau pun Strawberry Cheese Cake dengan resep yang ada di blogku ini, memang mau tidak mau harus menguasai cara panggang au bain marie alias water bath alias memanggang dengan cara merendam loyang yang berisi adonan ke dalam loyang yang berisi air.

Supaya loyang adonan tidak kemasukan air rendaman, maka loyang harus dibungkus dengan aluminium foil.

Kalau pun mau mencoba trik 2 rak, saranku sebaiknya loyang adonan tetap dibungkus aluminium foil untuk mengurangi kemungkinan pinggiran cake jadi menyoklat dan kering seperti layaknya cake yang dipanggang biasa.


Menjawab pertanyaan beberapa teman yang menanyakan bagaimana sebenarnya membungkus loyang itu, maka disini aku menyertakan foto cara membungkus loyang yang biasa aku lakukan.

Foto yang diatas, membungkus rapat bagian luar loyang dengan lembaran aluminium foil. Gunakan selalu aluminium foil HEAVY DUTY, terutama bila benar-benar akan melakukan au bain marie, bukan yang trik 2 rak. Kenapa harus yang heavy duty? sebab kalau pakai aluminium foil biasa, terlalu tipis dan mudah robek. Alhasil harus berlapis-lapis menggunakan aluminium foilnya.

Metode atas hanya membungkus bagian luar loyang ya… adonannya sendiri tidak terkena lapisan aluminium foil, langsung dituang ke dalam loyang.

Foto berikutnya, bisa diperhatikan bahwa bedanya adalah adonan justru tidak melekat di dinding loyang karena aluminium foilnya aku pasang di dalam loyang.

Aku melakukan ini untuk eksperimen saja awalnya karena beberapa kali kerepotan saat melepas cake dari loyang bong-pasnya, ternyata ada cheese cake yang melekat di loyang, sehingga cakenya jadi gompal, tidak cantik.

Jengkel karena pinggiran cheese cakeku jadi tidak cantik, aku mulai niat memperhatian bagian pinggiran dari cheese cake yang dibuat oleh Secret Recipe (sebut merek nih, hihihi) Kok rapi yaaa … kenapa Secret Recipe? Sebab cheese cake Secret Recipe bagian pinggiran-nya juga tidak dihias jadi aku bisa melihat dengan jelas tekstur pinggiran cheese cakenya yang mulus itu … hehehehe.

Tanpa bertanya sama chefnya (abis gak kenal sih :D), aku mikirin sendiri kenapa bisa kayak gitu pinggirannya. Dan Eureka! muncul ide seperti foto yang kedua …

Hasilnya memang cheese cake jadi lebih mudah dilepas. Cumaaaa lebih repot lagi membungkusnya supaya pinggirannya bisa rata.

Kalau meletakkan aluminium foilnya kerunyut-kerunyut (ehh apa ya istilahnya?) maka kerunyut-kerunyut itu akan tercetak pada pinggiran cheese cakenya … 😀

Masing-masing cara ada kelebihan dan kekurangannya ya … Dengan banyak berlatih, lama-lama juga akan menemukan cara terbaik memanggang si baked cheese cake ini 🙂

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: