Cara Mengeluarkan Cheese Cake dari Loyang

Pinggiran cheese cake yang kurang cantik karena melekat di loyang
Pinggiran yang kurang cantik karena melekat di loyang
Blueberry Cheese Cake dan Oreo Cheese Cake yang ada dalam kumpulan resep di blog ini adalah cake dengan bahan utama dari cream . Cream Cheese adalah jenis soft atau keju lunak yang akan tetap menjadi lunak di shut ruang. Oleh sebab itu penting sekali untuk selalu menyimpan cake jenis ini di dalam kulkas sampai saatnya untuk disajikan.

Demikian pula perlakuannya setelah mengalami proses pemanggangan. Setelah dikeluarkan dari oven, simpan bersama loyangnya di dalam kulkas. Jangan lupa untuk menutupi dengan plastik cling wrap rapat-rapat agar tidak menyerap aroma lainnya di dalam kulkas. Simpan di dalam kulkas selama minimal 4 jam supaya cake dingin dan teksturnya padat sempurna. Setelah itu baru dikeluarkan dari loyang. Jangan nekad untuk memotong atau mencoba untuk mengeluarkan ketika baru saja dikeluarkan dari oven ya, hasilnya si ini pasti akan ambyaar … alias berantakan.

Tips mengeluarkan Cheese Cake ini untuk resep-resep cheese cake yang harus menggunakan loyang bongkar pasang seperti Blueberry Cheese Cake. Karena tipe Cheese Cake ini sangat lembut, sehingga tidak bisa dikeluarkan dengan cara membalik loyang seperti pada kue Lapis Surabaya dan kue kokoh lainnya.

Cara Melepas Cheese Cake dari Dinding Loyang

Adonan cheese cake yang dipanggang biasanya lengket di dinding loyang dan agak sulit dikeluarkan. Bila kita paksa keluarkan atau menggunakan pisau, maka pinggiran cheese cake bisa berantakan.

Untuk memastikan agar Cheese Cake bisa lepas dari dinding loyang dengan mulus, aku biasanya mengoleskan butter agak tebal di dinding loyangnya ini. Dengan olesan butter yang tebal, permukaan dinding Cheese Cake menjadi licin dan mudah dilepas dari loyang.

Namun bila masih ada adonan yang terlanjur lengket, cara lain adalah dengan melingkarkan handuk yang sudah direndam air hangat ke dinding luar loyang.

Atau cara lain bisa juga dengan cara disembur hawa panas dari hair dryer. Ini maksudnya sama dengan menggunakan handuk hangat yaitu agar Cheese Cake yang melekat di dinding loyang menjadi agak cair/lembut sehingga mudah dilepas dari loyang.

Ada yang trampil menggunakan pisau tipis yang diselipkan di dalam dinding loyang dan digerakkan mengikis Cheese Cake dari loyangnya. Kalau aku sih karena mungkin kurang trampil, biasanya berakhir dengan pinggiran Cheese Cake yang semakin carut marut karena si pisau mengikis bagian yang harusnya tidak perlu dikikis. Jadi aku angkat tangan dengan cara ini deh 😀

Pinggiran Cheese Cake yang kurang mulus, bisa dirapikan atau dimuluskan dengan menggunakan pisau kue yang dicelupkan ke air panas lalu segera lap dengan serbet bersih supaya pinggiran Cheese Cake tidak basah dengan air dan pisau kuenya tetap hangat.

Apabila tidak memiliki loyang bongkar pasang atau spring form dan tetap ingin membuat Cheese Cake lembut seperti ini, maka lapis bagian dalam loyang biasa dengan aluminium foil, lebihkan pinggirannya supaya memudahkan untuk mengangkat Cheese cake dari dalam loyang biasa.

Cara Melepas Cheese Cake dari Alas Loyang

Setelah Cheese Cake berhasil dilepas dari dinding loyang, angkat alas loyang untuk melepaskan crust atau alas cheese cake dari alas loyang. Caranya dengan menggunakan pisau kue yang tipis, sisipkan pisau kue ke bagian bawah crust dan perlahan gerakkan untuk melepaskan crust dari alas. Setelah sebagian terlepas, miringkan sedikit alas loyang dan sambil tetap digerakkan perlahan, pindahkan cake ke piring besar. Pastikan crust sudah dingin, padat dan keras untuk mencegahnya menjadi pecah dan retak.

Artikel Lainnya:

  • indri andriani

    mbak fero mau tanya, aku rencananya pake loyang bongkar pasang, apakah perlu ditambah pakai kertas roti sbg alas dasar dan pinggir cake (yg ditempel setlh butter dioles diloyang) ? krn jujur aku takut lengket hehehe
    terus untuk olesan loyang apakah harus butter atau boleh mentega/margarin biasa yg banyak dipasaran??

    • Aku tidak pakai kertas roti , Ndri. Alasnya yang berupa remahan biskuit padat nanti akan dicongkel dengan pisau palet, sementara pinggirannya juga akan dilepas perlahan dari loyangnya. Mungkin kalau mau coba, bisa dilapis dinding loyangnya supaya lebih mulus saat dicopot. Tapi aku sendiri belum pernah melakukannya, Ndri 🙂

      Dinding loyang bisa dioles tipis butter biasa atau mentega. Kalau terlalu tebal, nanti asin si mentega atau margarin bisa mewarnai rasa Cheese cakenya…

  • Anatassya Wijaya

    mbak, mau mnt tlg nanya, gmn caranya spy toppingnya bs kyk mbak punya yg tebel2 gt ya?

    • cakefever

      topping pakai Selai Blueberry maksud Ana? Diolesi saja pakai pisau kue kok An…

  • Tiur

    Hi Mbak, aku punya oven listrik nih, kalau bake pake cara au bain marie ini apakah apinya dari bawah aja atau dari atas bawah yah?

    Thanks,
    Tiur

  • kevin

    hallo mba, mau tanya dong, aku udah beberapa kali buat resep cheese cake dari website mba, berhasil sih semua, dan enaaaaak pula, tapi aku bingung kenapa crustnya itu selalu ancuuuur, aku bingung gimana cara ngeluarinya dari alas loyangnya mba, kalo pake spatula malah tambah berantakan, jadi selama ini aku pake kertas roti yg lebih lebar dari loyang jadi bisa diangkat gitu kuenya, tapi tetep ada crust yg berjatuhan ke tanah :'( help mi mbaaaaa

    • crustnya kurang padat ya tampaknya? jatuhnya banyak atau cuma sedikit aja ya? kalo biskuitnya diblender halus dan sudah diaduk rata dengan mentega cair lalu dipanggang sih seharusnya si crust ini sudah cukup padat, Vin …

  • mba, aku mau nanya kalo chesse cake nya aku bikin didalam kayak tempat alumunium foil yg biasa buat macaroni gitu boleh gak mbaa? kalo misalkan boleh cara manggangnya tetep dikasih air di loyang luarnya gak mba? oya mba 1 pertanyaan lg aku msh sedikit bingung dgn maksudnya diluar loyang adonan dikasih loyang berisi air. emg gpp ya mba? gak bakalan apa2 itu didalam oven?
    maaf kebanyakan pertanyaan mba, habis saya mau bikin surprise buat nyokap seblm pulang kermh hehehe :p

    • Bisa bangett … Panggang tetap dengan au bain marie spy bagian dasar crust tidak berkerak ya ..

      Au bain marie tidak apa2, yang penting air yg di dalam loyang jangan sampai tumpah apalagi klo pake oven listrik.

  • alvee

    mba… aq pengen banget kursus masak nieh.. bs di referensi-in ga….??? tks

  • Xtine

    Mba sy kok jd bingung ya,diresep cheese cake tertls ‘dlm keadaan hangat lgsg balik adonan’ tapiii di tips mengeluarkan cheese cake ditls ‘stl keluar dr oven simpan cake dlm kulkas bersama loyang’ krn adonan sulit dikeluarkan smp di hair dyrer dl. Jd yg mana yg bener?? Di kulkas dl ato pas hangat lgsg dibalik? Pake loyang bongkar pasang/nda sih?kl bongkar pasang byk celah jd kuenya msk ke celah2. Kl pk loyang biasa,takut ga isa keluar. Hikz.. Help me mbaa.. Tkt mau buat..
    Skalian,kl au bien marie akal2an,jd kue cm spt dikukus y,nda nyemplung air.,bener g? Trus atas kue ‘wajib’ ditu2p al.foil nda toh?(pk otang aku) makaci makaci.. Mav byk tny mba..

    • Kristine tampaknya masih bingung antara blueberry cheese cake dan cheddar cheese cake ya? Walaupun dua-duanya bernama cheese cake, tapi tekstur dan komposisi bahannya berbeda.

      Blueberry cheese cake http://www.cakefever.com/blueberry-cheese-cake/ tidak bisa dibalik. Kue ini harus dipanggang dalam loyang bongkar pasang. Atau masukkan saja dalam cup aluminium foil, tak usah dikeluarkan, santap seperti menikmati klappertaart Wilton 🙂

      Cheddar Cheese Cake http://www.cakefever.com/cheddar-cheese-cake/ ini seperti Japanesse Cheese Cake. Lembut, tapi cukup kokoh untuk dikeluarkan dengan cara dibalik dari loyangnya …

      Au bain marie akal2an seperti pada foto. Airnya ditaro terpisah, gak direndam. Untuk menghalangi api bawah oven langsung memanasi bagian bawah loyang. Supaya bagian bawah kuenya gak keras atau mengerak spt pada umumnya memanggang kue tanpa au bain marie.

      • christine

        owh owh.. begitu ya. ya ya paham mba maksudnya mba.. jadi yg ga isa dibalik cuma blueberry. ngerti dah sekarang.:) kukira cheese cake juga ga isa. Makasih ya mba buat penjelasanya, kalo gini kan aku jadi ga takut buat cheese cake. tengkiuuu…

      • same-same… crita2 lagi klo dah sukses bikin kuenya ya….

  • Tips mbak Ferona emang toppp…. Aku udah praktekin, dan hasilnya… taraaaaaa…. JCC ku mulussss…. pdhal sempet deg2an… tapi berkat tips mbak Fe… Alhamdulillah… customer pun makin puas… Sukses ya mbakkk…..

    • Mantaap Mbak Nurulll… mudah-mudahan jualannya tambah lancaar!

  • Aie

    aku kemarin baru bikin bcc.alhamdulillah enak n sukses sih.cumaaaan.. krn buat makan sendiri aku ga ngelepas dasar loyang bongpasnya (he he.males n takut kuenya rusak). eh pas dipotong oreo crustnya ga ikut, nempel banget ke loyang.kenapa ya? apa aku nekan2 terlalu keras atau kelamaan di oven?mohon pencerahan yaaaa.he he.tq

    • itu terjadi karena loyang bongpasnya tidak dilepas, hehehe. Coba deh lepas alas loyangnya, itu memang lengkeet, sehingga harus agak dicungkil pakai spatula… Kalo sudah dilepas dari alasnya, dijamin crustnya gak ketinggalan …

    • cakefever

      oreo crustnya memang nempel ke alas loyang. Kalo mau dilepas dari alas loyangnya memang harus dicungkil sedikit dengan spatula ..

      nah coba deh dilepas crustnya dari alas loyang, dijamin crustnya ngikut dengan kuenya 😀

  • Nobi Nobi

    Kakak, keren deh webnya. Tips2nya juga gampang dimengerti, n nda so pasti guna buat para newbies. Hehe ^^.
    Mau nanya nih, aq juga masi newbie banget n lagi mau bikin cheesecake. Tapi aq pengen pake loyang cupcake n peke kertas cupcake. Kira2 bakal ngaruh nda ya? Misalnya bakal lengket banget ke kertasnya. Soalnya selama aq liat, kakak nda pernah pake kertas cupcake ya… Jadi serem…>.<
    Sebelumnya, thanks ya, kakak atas tips2 and resep2nya.
    Lope u full ^^

    • Mau bikin blueberry cheese cake yang di http://www.cakefever.com/blueberry-cheese-cake/ atau Cheddar Cheese Cake yang di http://www.cakefever.com/cheddar-cheese-cake/ ??

      Kalo blueberry cheese cake, kalo mau dibuat dalam bentuk cup, sebaiknya pakai cup aluminium foil saja. Karena blueberry cheese cake teksturnya lunak dan basah, dia tidak bisa dikeluarkan dari loyangnya dengan cara dibalik. Sooo pakai saja cup aluminium foil.

      Kalo cheddar cheese cake, naah itu masih bisa pakai loyang cupcake dialas kertas cupcake. Di foto hasil ujicobaku itu pakai loyang bolu mamon yang sedikit lebih besar daripada loyang cupcake dan tidak aku pakai kertas cupcake karena memang bisa dilepaskan begitu saja.

      • Nobi Nobi

        thanks, kak, atas jawabannya. ^^
        Tadi siang aq dah buat yg Japanese Cheese Cake.
        Hehe, tapi agak becek bawahnya >.<
        Kayanya, loyang cupcake ku kemasukan air dari loyang yang dibawahnya. Tapi masi bisa dimakan. Rasanya super duper cheesy banget! Padahal cream cheesenya udah aq kurangin 2 sdm.
        Thanks ya, kk atas resepnya 😀

  • byk membantu..info bagus dan menarik !

  • i_orange

    Besok mo coba resep dr web ini yg Japanese cheese cake.
    doakan saya berhasil! (^_^)

    aku sih ga punya loyang oval nih, jadinya beli aluminium foil yg udah bentuk oval (yg biasa buat bikin makaroni itu loh, tapi ini bentuknya oval). nanti hasil percobaan nya aku ceritain..

    Crust?
    di resepnya kayaknya ga ada tulisan ada crust nya tuh…
    mohon petunjuk…

    • Japanesse Cheese Cake memang tidak pakai crust, Bel … kuenya cukup kokoh sehingga mengeluarkannya bisa dibalik dari loyangnya. Kalo yang blueberry cheese cake kan harus pakai loyang bongkar pasang, krn tidak boleh membalik loyang, nanti kuenya hancur.

      Kalo JCC, bisa pake loyang model biasa, dan mengeluarkannya pun seperti biasa. Hanya saja perhatikan jangan pakai loyang yang bocor, karena metode panggangnya au bain marie (direndam dalam air).

  • Rainy Hasibuan

    Mbak kalo pake kertas roti ga bisa ya?

    • Kertas roti untuk apanya? Kalau untuk lapis supaya loyangnya tidak bocor, ndak bisa.. kertas roti kan basah …

  • halo,mbak…aku mau nanya dong..maaf ya seblmnya kalo nanyanya bnyk..hehehe…
    kalo pinggirannya dikasi butter tebel gitu emang ga pengaruh ke rasa cheesecake-nya ya?
    trus, aku tuh takut ngangkat cheesecake dari dasar loyangnya, takut crust-nya retak..selama dia dingin justru gapapa ya?
    thank you so much…

    • Kalau takut pengaruh ke cheese cakenya bisa oles dengan butter unsalted… Sebenarnya jangan ngebayangin olesan tebal ini kayak ngoles buttercream di cake. Tetap saja olesannya tipis, namun dinding loyang tertutup butter sempurna. Aku ngoles butternya setelah crust dipanggang dan loyangnya agak dingin. Jadi waktu adonan cheese dituang, dinding loyang masih tertutup olesan butter.

  • kalo aku pinggirnya dikasih aluminium foil…jadi ngeletekinnya gampang…

    trus buat nutupin pinggirannya misalnya masih rada gradakan, mw nyoba kayak harvest dikasih krim meringue, gula dan putih telur dikocok sambil ditim di atas air mendidih…abis itu diolesin dengna gaya bebas ke kuehnya, buat sentuhan akhir trus dibakar pake pembakar gas itu loh (gatau namanya, pokoknya alat yang bisa nyemburin api – pake naga juga bisa kali yaaa hehehe…)
    aku juga baru mw nyoba… 🙂

    • Aluminium foilnya ditaro dalam loyangnya, Mi? kalo dioles menteganya cukup banyak, pengalamanku cukup rapi dan gak lengket siy … Pembakar itu kalo gak salah namanya Blow torch ya? Atau kalo gak ditutup pake plastik juga bisa, Mi. Kliatan rapi … hihihi

%d bloggers like this: