Cara Mengeluarkan Cheese Cake dari Loyang

Pinggiran cheese cake yang kurang cantik karena melekat di loyang
Pinggiran yang kurang cantik karena melekat di loyang
Blueberry Cheese Cake dan Oreo Cheese Cake yang ada dalam kumpulan resep di blog ini adalah cake dengan bahan utama dari cream . Cream Cheese adalah jenis soft atau keju lunak yang akan tetap menjadi lunak di shut ruang. Oleh sebab itu penting sekali untuk selalu menyimpan cake jenis ini di dalam kulkas sampai saatnya untuk disajikan.

Demikian pula perlakuannya setelah mengalami proses pemanggangan. Setelah dikeluarkan dari oven, simpan bersama loyangnya di dalam kulkas. Jangan lupa untuk menutupi dengan plastik cling wrap rapat-rapat agar tidak menyerap aroma lainnya di dalam kulkas. Simpan di dalam kulkas selama minimal 4 jam supaya cake dingin dan teksturnya padat sempurna. Setelah itu baru dikeluarkan dari loyang. Jangan nekad untuk memotong atau mencoba untuk mengeluarkan Cheese Cake ketika baru saja dikeluarkan dari oven ya, hasilnya si Cheese Cake ini pasti akan ambyaar … alias berantakan.

Tips mengeluarkan Cheese Cake ini untuk resep-resep cheese cake yang harus menggunakan loyang bongkar pasang seperti Blueberry Cheese Cake. Karena tipe Cheese Cake ini sangat lembut, sehingga tidak bisa dikeluarkan dengan cara membalik loyang seperti pada kue Lapis Surabaya dan kue kokoh lainnya.

Cara Melepas Cheese Cake dari Dinding Loyang

Adonan cheese cake yang dipanggang biasanya lengket di dinding loyang dan agak sulit dikeluarkan. Bila kita paksa keluarkan atau menggunakan pisau, maka pinggiran cheese cake bisa berantakan.

Untuk memastikan agar Cheese Cake bisa lepas dari dinding loyang dengan mulus, aku biasanya mengoleskan butter agak tebal di dinding loyangnya ini. Dengan olesan butter yang tebal, permukaan dinding Cheese Cake menjadi licin dan mudah dilepas dari loyang.

Namun bila masih ada adonan yang terlanjur lengket, cara lain adalah dengan melingkarkan handuk yang sudah direndam air hangat ke dinding luar loyang.

Atau cara lain bisa juga dengan cara disembur hawa panas dari hair dryer. Ini maksudnya sama dengan menggunakan handuk hangat yaitu agar Cheese Cake yang melekat di dinding loyang menjadi agak cair/lembut sehingga mudah dilepas dari loyang.

Ada yang trampil menggunakan pisau tipis yang diselipkan di dalam dinding loyang dan digerakkan mengikis Cheese Cake dari loyangnya. Kalau aku sih karena mungkin kurang trampil, biasanya berakhir dengan pinggiran Cheese Cake yang semakin carut marut karena si pisau mengikis bagian yang harusnya tidak perlu dikikis. Jadi aku angkat tangan dengan cara ini deh 😀

Pinggiran Cheese Cake yang kurang mulus, bisa dirapikan atau dimuluskan dengan menggunakan pisau kue yang dicelupkan ke air panas lalu segera lap dengan serbet bersih supaya pinggiran Cheese Cake tidak basah dengan air dan pisau kuenya tetap hangat.

Apabila tidak memiliki loyang bongkar pasang atau spring form dan tetap ingin membuat Cheese Cake lembut seperti ini, maka lapis bagian dalam loyang biasa dengan aluminium foil, lebihkan pinggirannya supaya memudahkan untuk mengangkat Cheese cake dari dalam loyang biasa.

Cara Melepas Cheese Cake dari Alas Loyang

Setelah Cheese Cake berhasil dilepas dari dinding loyang, angkat alas loyang untuk melepaskan crust atau alas cheese cake dari alas loyang. Caranya dengan menggunakan pisau kue yang tipis, sisipkan pisau kue ke bagian bawah crust dan perlahan gerakkan untuk melepaskan crust dari alas. Setelah sebagian terlepas, miringkan sedikit alas loyang dan sambil tetap digerakkan perlahan, pindahkan cake ke piring besar. Pastikan crust sudah dingin, padat dan keras untuk mencegahnya menjadi pecah dan retak.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: