Resep Blueberry Cheese Cake

Blueberry Cheese CakeIni adalah kue pertama yang aku bisa bikin tanpa gagal! Hore!

Baru pertama kali ikut kursus di NCC, lalu besoknya aku praktek sendiri membuat Blueberry Cheese Cake hanya dengan oven tangkring tralala-trilili, dan Blueberry Cheese Cake-ku langsung jadi dengan rasa dan tekstur yang persis sama seperti yang diajarkan di kursus lho! Tanpa gagal sama sekali 🙂

Hueibatnya lagi (narsis Mode ON!), si Newbie in the Kitchen ini malah langsung terima orderan 9 loyang Blueberry Cheese Cake ini di minggu kedua setelah kursus! Modal nekad dan Pede to-the-max!

Blueberry Cheese Cake with whipcream Tapi tentu saja tetap ada tips dan triknya dalam pembuatan Cheese Cake yang Creamy ini. Aku sudah kumpulkan dalam satu artikel yaitu tips-tips sukses membuat cheese cake buat pemula, yang bisa dilihat di sini.

Berikut ini adalah resep Blueberry Cheese Cake yang sudah aku modifikasi dari resep NCC, yang disesuaikan dengan seleraku.

Bahan-bahan Cheese Cake:

Bahan Crust (alas cake)
250 gram biskuit Marie Regal atau Oreo
100 gram margarine yang dilelehkan

Bahan Cheese Cake:
210 gram gula pasir
4 butir telur
1 kg Cream Cheese
300 gram yoghurt plain (yang kental ya)
1 sdt air jeruk lemon
2 sdt kulit jeruk lemon parut
2 sdm tepung terigu

Topping:
250 gram selai blueberry
1 kaleng jeruk mandarin

Cara membuat:

1. Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm olesi mentega atau margarin, jangan lupa membungkus bagian luar dengan aluminium foil supaya air tidak masuk ke dalam loyang, sisihkan.

2. Hancurkan biskuit hingga halus dengan blender atau food processor, lalu tuang butter atau margarin yang sudah dilelehkan, aduk rata. Masukkan adonan biskuit pada loyang, ratakan dan tekan-tekan sampai padat. Panggang dalam oven sekitar 5-10 menit lalu angkat, sisihkan.

3. Kocok gula dan telur hingga kental. Lalu masukkan Cream Cheese dan Yoghurt Plain bergantian sambil terus dikocok.  Ohya sebelumnya biarkan dulu Cream Cheese dalam suhu ruang agar menjadi lunak. Bila Cream Cheese masih terlalu dingin, sebaiknya dipotong-potong dan kocok terpisah saja sampai menjadi creamy baru dimasukkan ke dalam kocokan gula dan telur yang sudah mengembang.

4. Setelah adonan Cream Cheese ini menjadi creamy, masukkan air jeruk lemon, kulit jeruk lemon parut dan tepung. Kocok rata dengan mikser.

5. Tuangkan adonan ini ke dalam loyang, di atas adonan biskuit (crust), lalu panggang di dalam oven dengan suhu 165C dengan cara au bain marie (diletakkan di dalam loyang yang sudah diisi air) selama 90 menit. Suhu oven dijaga agar jangan terlalu panas karena bisa membuat permukaan cake menjadi retak.

6. Setelah 90 menit dan permukaan cheese cake terlihat di pinggiran sudah agak mengering walaupun tengahnya masih goyang-goyang, segera matikan api dan keluarkan loyang dari oven. Dinginkan Cheese Cake beserta loyangnya di suhu kamar, hingga benar-benar dingin.

7. Setelah dingin, masukkan cheese cake ke dalam kulkas selama minimal 4 jam agar adonan menjadi padat dan setelah itu baru dikeluarkan dari loyang dan bisa diolesi topping blueberry atau lainnya sesuai selera.

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: