Seperti namanya, ayakan atau pengayak tepung memiliki fungsi sebagai saringan tepung agar tidak menggumpal sehingga tepung bisa mengikat udara untuk membantu adonan kue bisa mengembang sempurna. Dalam setiap rumah mungkin sudah memiliki satu jenis ayakan tepung. Tapi ternyata ayakan tepung itu ada berbagai jenis dengan kelebihannya masing-masing.

Pengertian Pengayak atau Ayakan

Ayakan atau saringan adalah alat yang digunakan untuk memisahkan partikel kasar menjadi butiran-butiran halus. Tidak hanya berfungsi sebagai pemisah antara partikel kasar dan halus, ayakan juga berguna untuk memisahkan padatan dan cairannya. Misalnya saja ketika kita gunakan sebagai alat untuk memeras santan. Ada tipe pengayak tepung yang juga bisa digunakan untuk penyaring cairan dan padatan, tapi ada juga yang kurang cocok bila digunakan sebagai penyaring cairan dan padatan.

Macam-Macam Ayakan Tepung

Menurut bahan pembuatannya ayakan tepung dibagi menjadi dua macam yaitu ayakan berbahan plastik dan berbahan stainless steel. Keuntungan ketika kita membeli ayakan berbahan plastik adalah harganya lebih terjangkau, memiliki beragam pilihan warna yang menarik serta lebih ringan jadi tidak mudah membuat tangan lelah ketika digunakan.

Sedangkan keuntungan jika memilih ayakan berbahan stainless steel adalah tahan lama, memiliki berbagai macam ukuran dan bentuk yang memudahkan kita dalam menyimpannya. Misalnya saja ayakan tepung dengan bentuk tabung dengan tutup plastik yang memudahkan saat ingin menyimpannya maupun membiarkan tepung berada dalam saringan dalam waktu lama.

Berdasarkan tipe ayakan tepung sendiri dibagi menjadi 4 yaitu:

1. Tipe Cangkir

Seperti namanya tipe ayakan tepung ini berbentuk seperti cangkir dan dilengkapi dengan handel. Tipe ayakan cangkir sendiri memiliki 2 pilihan yaitu tipe shifter yang dilengkapi dengan pengayak otomatis dan tipe cangkir dengan bentuk saringan pada bagian bawahnya. Keuntungan jika kita menggunakan tipe cangkir sebagai ayakan tepung di rumah adalah bisa digunakan dengan satu tangan.

Baca Juga:  Review Mixer Bosch tangguh untuk buat roti
Flour Sifter berbentuk cangkir dengan handle | Photo by Ben McLeod on Unsplash

2. Tipe Strainer

Ayakan tepung tipe strainer ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai saringan tepung dalam jumlah banyak untuk pembuatan kue saja, namun juga bisa digunakan meniriskan mie dan sayuran. Tipe strainer memiliki karakteristik seluruh permukaannya berbentuk jaring berpori sehingga ketika kita menggunakannya harus secara perlahan agar tepung tidak berceceran.

Photo by Sonia Nadales on Unsplash

3. Tipe Back Strainer

Ayakan tipe back strainer memiliki karakteristik berbentuk bundar dengan jaring halus di bawahnya. Ayakan jenis ini cocok digunakan untuk menyaring tepung dalam jumlah banyak. Selain itu keuntungan lain jika menggunakan tipe ayakan ini adalah dapat mengayak tepung menjadi sangat halus karena jaring-jaringnya memiliki lubang yang sangat halus.

4. Tipe Sendok

Jenis ayakan tepung ini memiliki ukuran sedang dan pegangan layaknya sebuah sendok yang cocok digunakan untuk mengayak tepung dalam jumlah sedikit. Selain itu jenis ayakan tepung ini juga bisa digunakan untuk menakar jumlah tepung dalam satuan sendok teh maupun sendok makan. Ayakan tipe sendok juga paling praktis dan mudah disimpan. Namun sayangnya ayakan jenis ini lubang jaring yang berukuran besar sehingga tidak cocok digunakan untuk mengayak tepung bertekstur halus.

Tips Memilih Ayakan Tepung

Setelah kita menentukan tipe ayakan tepung apa yang cocok sebagai peralatan dapur di rumah, hal terpenting lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah memilih ayakan tepung berkualitas baik. Berikut cara yang bisa kita lakukan untuk memilih ayakan tepung dengan kualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan.

1. Pilihlah Lubang Jaring Yang Sesuai Kebutuhan
Tips memilih ayakan tepung pertama kali yang tidak boleh kalian lupakan adalah pilihlah lubang jaring sesuai dengan kebutuhan. Lubang jaring ayakan tepung memiliki berbagai jenis ukuran tergantung tipe dan jenis produknya. Biasanya ukuran lubang jaring akan dinyatakan dalam satuan mesh. Semakin tinggi ukurannya maka akan semakin halus lubang jaringnya. Pada umumnya, lubang jaring memiliki ukuran 30 mesh untuk jenis back stainer sehingga dapat digunakan untuk mengayak tepung sampai lembut. Untuk kebutuhan ayakan tepung yang sangat halus disarankan untuk memilih tipe Back Strainer.

Baca Juga:  Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Dari Oven Gas

2. Carilah Ayakan Tepung Yang Mudah Dibersihkan
Selain memilih ukuran jaring yang sesuai dengan kebutuhan, jangan lupa untuk memilih ayakan tepung yang mudah dibersihkan. Hal ini karena ayakan tepung termasuk salah satu peralatan dapur yang sering digunakan dalam pembuatan makanan. Apabila kalian memilih ayakan tepung dengan banyak bagian, pastikan bagian-bagian tersebut mudah dibongkar dan dibersihkan.

3. Periksa Diameter Dan Tinggi Ayakan Tepung
Karena kita tidak bisa memperkirakan jumlah tepung yang ideal dalam setiap ayakan, maka perhatikan diameter dan tinggi ayakan tepung tersebut. Karena dengan mengetahui diameter dan tinggi ayakan tepung, maka kita bisa memperkirakan banyaknya tepung yang bisa ditampung dalam sekali mengayak. Umumnya jika diameter ayakan 10 cm dan tinggi 5 cm dapat digunakan untuk mengayak tepung sebanyak 100 gram.

4. Pilihan Ayakan Tepung Berdasarkan Bahan Pembuatannya
Kalau kalian ingin memiliki ayakan yang awet dan anti karat maka gunakanlah ayakan tepung berbahan stainless steel. Namun ketika ingin mempunyai ayakan dengan harga terjangkau pilihlah berbahan plastik.

5. Perhatikan Bentuk Handel Ayakan Tepung
Ketika kita mengayak tepung, maka tangan menjadi tumpuan utama. Oleh sebab itu hindari memilih handel ayakan yang tipis dan berbentuk lurus. Hal ini bertujuan untuk membuat tangan tidak mudah lelah ketika sedang mengayak tepung. Selain itu, handel yang berbentuk miring dan melengkung akan pas ketika dipegang oleh jari tangan sehingga memudahkan proses mengayak tepung serta tangan tidak cepat pegal.

Demikian memilih ayakan tepung yang perlu diketahui. Usahakan memiliki satu ayakan tepung khusus di rumah ketika ingin membuat kue dan jangan digunakan berbarengan untuk kegiatan memasak seperti menyaring santan. Pastikan juga kalian sudah membersihkan ayakan tepung tersebut sebelum menyimpannya. Usahakan saat membersihkannya ketuk bagian saringan terlebih dahulu agar tidak ada sisa tepung yang menempel ataupun menyangkut pada jaring-jaring ayakan. Kemudian gunakan sikat untuk membersihkan sisa-sisa tepung yang menempel, lalu cuci dan simpan di dalam wadah plastik agar tidak terkena debu.

Ruli Wahyuni

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^