Flour sifter atau pengayak tepung adalah perlengkapan yang harus dimiliki karena hampir semua resep cake mewajibkan tepung diayak dulu sebelum dicampur dengan adonan cair. Salah satu kunci sukses pembuatan cake adalah jangan lupa mengayak tepung.

Baca Juga: Mengapa Tepung Harus Diayak

Pengayak tepung terdiri dari beberapa model. Model paling umum adalah pengayak tepung yang berbentuk mangkuk bergagang. Atau yang seperti nampan berlubang yang di pasaran tersedia dengan beraneka ukuran diameter.

Salah satu favoritku adalah pengayak tepung berbentuk mug. Hanya dengan menggerakkan handlenya, maka tepung pun meluncur turun. Dengan pengayak tepung seperti mug ini, tepung yang diayak tidak terlalu banyak berterbangan kemana-mana.

Flour Sifter berbentuk cangkir dengan handle | Photo by Ben McLeod on Unsplash

Aku memiliki dua pengayak tepung berbentuk mug ini, satu hanya memiliki satu baling-baling sementara yang satu lagi memiliki dua baling-baling sehingga tepung diayak dua kali.

Untuk sifter yang memiliki dua baling-baling, membuat proses ayak menjadi lebih lambat. Untuk kenyamanan pilihlah sifter yang hanya memiliki satu baling-baling.

Sifter dengan satu baling-baling | Image by Hans Braxmeier from Pixabay

Dan setelah ngubek-ngubek di Amazon, aku menemukan berbagai macam mulai dari mug bergagang dengan handle manual maupun yang menggunakan batere. Gambar di bawah ini adalah yang punya gagang model engkol. Kalau gagangnya digerakkan, cincin-cincin di dalam sifter akan bergerak berputar melakukan proses ayak.

Flour Sifter Manual model engkol | Photo by Amy Parkes on Unsplash

Aku juga pernah ingin sekali punya yang ada baterenya, tapi gak tau mesti cari kemana. Aku pernah lihat video baking course yang menggunakan bertenaga batere, huaaa ngiler abissss deh … pernah tanya ke Pantry Magic, jawabnya barangnya habis.

Pengayak tepung yang menggunakan batere memang rada susah ditemukan di toko di Jakarta. Biasanya hanya ada yang berbentuk mug biasa dengan handle manual. Buat yang hobi koleksi kitchen gadget, ini salah satu barang yang cukup unyu-unyu untuk dimiliki, karena aku pun menginginkannya hanya karena keliatannya lucu gitu deh.

Tapi ya sebenarnya flour sifter itu sebaiknya tidak usah pakai batere, karena jadi ada tambahan biaya untuk beli batere lagi kan? Pakai yang handle manual saja atau yang ditepok-tepok saja juga sudah cukup. Yang penting meshnya atau kawatnya itu cukup halus.

Baca Juga:  Cooling Rack Serbaguna Untuk Keperluan Bakingmu

Betul kan?

Artikel Lainnya:

10 Comments
  • Rizki`
    says:

    Mbak kayaknya pantry magic ga nyetok ayakan bertenaga batere deh karena aku lebih sering kesana dibanding ke titan aku saja beli mikser kitchenaid disana dan hasilnya mereka ga pernah nyetok pas pertama kesana aja aku nyari ayakan susah banget tapi pas udah beli mikser nya ternyata ada yang handel nya dipencet pencet aja

  • fina
    says:

    ass. mba, tanya dong… aku buat black forrest kukus, alhamdulillah berhasil, rasanya enak klo begitu mateng langsung makan tp klo udah beberapa jam kemudian klo dah dingin kuenya ko jd keras ya… ga lembut lg, itu apanya yg slh ya mba?

    • cakefever
      says:

      black forest kukus? blum pernah bikiinn 🙂

      Tapi kue yang jadi keras ketika dingin, biasanya pakai margarin bukan butter. Margarin di suhu ruang dia akan membeku lagi.

      Tapi karena ini resep kukus, pakai apa di resepnya Fin?

    • cakefever
      says:

      Ealah, ini reply komentar telat… tapi mudah2an tetap bermanfaat …

      Walau beli terigu dalam kemasan, tetap perlu diayak ya … karena fungsi mengayak itu juga untuk menambah udara dalam terigu. Nanti pas diaduk ke kocokan telur bisa tercampur rata cepat dan sempurna.

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^