Creamy English Fruit Cake

Fruit Cake itu salah satu cake kesukaan mamaku. Setelah sukses membuat Rich Fruit Cake, pas lagi buka-buka majalah Pastry n Bakery nemu resep Creamy English Fruit Cake. Lihat-lihat bahannya kok pakai cream yaa? Wah jadi penasaran pengen tau apa beda rasanya dengan Rich Fruit Cake yang pertama aku buat.

Karena menggunakan cream , aku duga fruit cake ini akan terasa lebih creamy. Dan menariknya lagi adalah resep ini tidak menggunakan bumbu rempah sama sekali yang menurutku sebenarnya adalah ciri khas Fruit Cake pada umumnya.

Karena mau buru-buru bikin, aku tidak sempat lagi merendam buah keringnya dengan jus apel. Langsung saja semua buah dicampur dan ditaburi terigu yang sudah diayak. Eh kok ya malah jadi bikin buahnya bisa tersebar dan melayang di seluruh kue tuh… 🙂 Kemungkinan besar, karena buah kering yang direndam air sudah mengandung air maka menjadi lebih berat dan akhirnya jadi tenggelam di dasar kue

Bahan-bahan:

100 gram tawar
60 gram
1/8 sdt vanili bubuk
25 gram gula pasir
50 gram gula palem

3 butir kuning
3 butir putih (kocok terpisah sampai kaku)

70 gram serba guna
25 gram susu bubuk full cream
15 gram tepung maizena

1 sdt kulit jeruk lemon parut
100 gram cherry manisan, cincang kecil
100 gram
50 gram plum kering, kupas, cincang kasar
50 gram kacang mede, sangrai matang, cincang kasar

Cara Membuat:

  • Panaskan di suhu 165 C. Siapkan oval diameter 20cm yang sudah dialas kertas hingga 3 lapis.
  • Kocok sampai lembut tawar, , vanili bubuk, gula palem dan gula pasir
  • Masukkan kuning telur satu per satu, kocok kembali hingga lembut
  • Ayak , susu bubuk dan maizena. Masukkan campuran tepung yang sudah diayak ke dalam adonan mentega, aduk rata dengan spatula.
  • Tambahkan parutan kulit jeruk lemon dan semua bahan buah kering lainnya, aduk rata.
  • Tambahkan putih telur yang sudah dikocok kaku, aduk rata.
  • Panggang kurang lebih selama 50 menit sampai matang kecoklatan
Baca Juga:  Resep Banana Chiffon Cake (berpinggang)

Catatan Newbie in the Kitchen:

Fruit Cake ini dipanggang dalam waktu yang cukup lama, karena itu penting untuk menjaga kue bagian bawah tidak menjadi gosong duluan. Di majalah menyarankan untuk melapisi alas dengan 3 lapis kertas . Yang aku lakukan adalah pada percobaan I,  aku memasukkan loyang berisi air di rak bawah loyang adonan. Percobaan kedua, aku meletakkan beberapa lapis kertas HVS bekas di bawah loyang oval yang aku letakkan di dalam loyang lebar 28×28 – ini aku lakukan ketika aku kehabisan loyang yang tidak bocor. Kedua cara ini sukses menghindari bagian bawah kue jadi gosong karena waktu panggang yang lama.

Buah kering dan kacang dalam resep ini bisa diganti sesuai selera. Yang penting beratnya saja yang harus ditimbang sama dengan resep.

Cara membuat buah kering tidak tenggelam dalam kueDisarankan juga untuk melapisi dinding loyang bagian luar dengan kertas HVS yang dilipat sedikit lebih tinggi dari loyang. Ini juga untuk menjaga bagian pinggir kue menjadi gosong karena kue ini dipanggang dalam waktu yang cukup lama.

Naah pada percobaan kali ini, aku berhasil membuat buah-buah kering menyebar di seluruh kue. Hore!! Caranya? Aku tidak merendam buah kering dengan cairan apapun, hanya mencampur dengan 1 sdm terigu yang aku ayak ke atas buah kering, lalu aku aduk sehingga seluruh buah kering terselimuti terigu halus. Hasilnya lumaayaaan bikin aku riang gembira, secara selama ini aku sukses menenggelamkan buah kering ke dasar kue … hahaha.

Ohya, di resep ini tidak memakai kayu manis atau rempah apapun. Rasanya memang lebih gurih dan enak, tapi besok-besok bikin aku mau tambahkan 1 sdt kayu manis aaah. Wangi kayu manis yang menguar bikin rasa kue ini tambah enaaak… 😉

Sumber: Pastry n Bakery

Artikel Lainnya:

%d bloggers like this: