Wednesday, December 7

Teknik Food Photography Sederhana Untuk Pemula

Kalau kalian sedang mencari resep kue di internet, pasti salah satu daya tarik ingin mencoba untuk membuatnya adalah gambar makanannya bukan? Nah, gambar makanan yang “yummy” menjadi salah satu magnet tersendiri untuk menarik orang lain membuat resep yang kita kreasikan ataupun tergoda untuk menikmatinya.

Membuat foto makanan yang menggugah selera itu ada keahlian khususnya di bidang fotografi, namanya Food Photography. Biasanya kalau bekerja dalam dunia potret memotret makanan, selain si fotografernya yang sudah jelas pasti memiliki keahlian memotret, ada satu orang lagi yang juga memiliki keahlian mengatur pose dan properti yang menyertai si makanan yaitu Food Stylist. Nah untuk kita yang hanya ingin mengunggah foto kue kita ke internet, baik untuk jualan atau hanya untuk berbagi di sosial media, maka kita akan menjadi keduanya sekaligus, yaitu Fotografer dan Food Stylistnya.

Food Photography bisa kita pelajari sendiri, dengan menerapkan beberapa petunjuk-petunjuk dasar. Apalagi di #JamanNow ini smartphone kita udah dilengkapi dengan fitur Camera yang sangat membantu kita yang awam dalam dunia fotografi untuk menghasilkan foto yang “lezaaat” … eh maksudnya foto yang kerenlah. Belum lagi klo kita unggah lagi ke Instagram, nah di situ ada lagi fitur-fitur untuk semakin membuat foto kita aesthetic … Jadi so cuss lah ambil handphone-mu, dan buat foto makanan yang keren-keren. Apalagi buat kalian yang sedang jualan kue, penting banget bisa memproduksi foto kue yang membuat orang gak berpikir dua kali udah langsung order karena auto-ngiler liat foto kue kita …

Baca Juga:  Yuk, Cari Tahu Aneka Tips dan Teknik Food Photography!

Nah, selain kamera smartphone yang sudah sangat membantu, maka beberapa teknik sederhana di bawah ini bisa kalian coba untuk semakin mempercantik hasil foto makananmu. Ohya, aku mendapatkan tips dan trik ini dari seorang temanku fotografer produk makanan, kalau penasaran bisa cek instagram-nya @wiryo_.

Dari tips dan trik sederhana inilah kita bisa menghasilkan foto makanan yang bagus dan menarik. Berikut apa saja tips dan trik dalam food photography.

1. Hidangkan Masakan Kamu Dalam Porsi Sedikit

Hal pertama dalam teknik yang bisa kalian lakukan adalah menghidangkan masakan dengan porsi sedikit. Jadi, meskipun kita memasaknya dalam jumlah yang banyak, tidak perlu semua tertata dalam satu piring. Gunakan saja porsi kecil dalam makanan tersebut tapi komposisinya lengkap, tujuannya untuk membuat orang lain terfokus hanya pada hasil masakan kita.

2. Buatlah Konsep Sederhana

Teknik selanjutnya adalah menentukan konsep. Kita bisa menentukan konsep makanan sesuai dengan mood kita, misalnya mau di outdoor maupun indoor. Nah, untuk menghidupkan konsep yang kalian pilih aku sarankan menggunakan properti seperti misalnya talenan, dan bisa juga menampilan beberapa bahan makanan pembuatnya seperti coklat dan marshmallow untuk menghidupkan gambar sekaligus menjelaskan rasa dan bahan makanan.

Baca Juga:  Yuk, Cari Tahu Aneka Tips dan Teknik Food Photography!

3. Pilihlah Background Yang Sesuai

Hal lain yang tidak kalah penting dalam teknik adalah menentukan background. Background bisa berfungsi untuk menghidupkan suasana serta membuat hasil foto lebih selaras dan terlihat menarik. Saran untuk teman-teman yang akan menggunakan background foto saat memfoto makanan, bisa menggunakan kain ataupun kertas karton.

Untuk warnanya sendiri kita bisa menggunakan warna hitam dan putih. Warna putih cocoknya digunakan pada kue bercita rasa manis dengan warna cerah, misalnya es krim, donat, cupcake serta kue-kue lainnya. Sedangkan warna hitam biasanya cocok digunakan untuk kue manis dan padat seperti, lapis surabaya, kue bolu serta aneka kue lainnya.

4. Perhatikan Cahaya Saat Akan Memotret

Cahaya menjadi salah satu hal yang utama untuk menghasilkan foto yang menarik. Usahakan backlight untuk membuat makanan menjadi highlight utama dari pemotretan tersebut. Buat makanan di dalam piring saji sebagai objek utama saat memfoto.

Tidak perlu membeli lampu-lampu khusus untuk memotret makanan, usahakan saja memotret jangan di malam hari karena akan terlihat gelap. Cahaya terbaik untuk memotret makanan adalah cahaya matahari sebelum jam 10 siang. Bisa cari spot cahaya matahari dari arah jendela atau bagian atas rumah untuk memberikan efek cahaya natural ke kue atau makanan yang sedang kita foto.

5. Teknik Pengambilan Foto

Hal lain yang tidak kalah penting dalam teknik adalah mengambil angle foto. Untuk kue yang memiliki bentuk padat dan bulat akan terlihat menarik jika kita mengambil gambar dari atas. Sedangkan untuk kue kering di dalam toples kita bisa mengambil foto dari jarak sekitar 45’. Untuk jenis seperti kue bolu paling pas dari jarak 45’ sampai 90’. Namun semua itu, sebenarnya tergantung dari sisi mana kalian ingin menonjolkan kue buatan kalian.

Baca Juga:  Yuk, Cari Tahu Aneka Tips dan Teknik Food Photography!

Itu dia, teknik untuk pemula yang bisa kita praktekkan di rumah. Setidaknya kalian bisa membuat hasil masakan terlihat menarik saat di upload di sosial media. Selamat mencoba berbagai resep dan mempraktekkan teknik pada kue-kue kalian yaa.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^