Resep Bolu Gulung Meranti Yang Lembut & Enak Banget

Sampai saat menuliskan resep ini, aku belum kesampaian mencicipi Bolu Gulung Meranti asal Medan yang kesohor itu. Tapi kata yang nyicipin hasil dari Resep Bolu Gulung ala Meranti ini, konon kabarnya lebih maknyus ketimbang Bolu Gulung Meranti yang asli 🙂 … Gak percaya? Coba aja sendiri … hehehe.

Saat pertama mencoba membuat bolu gulung dengan resep ini, aku masih menggunakan Baking Powder Double Acting (BPDA) untuk melihat hasil cakenya mengembang seperti apa. Namun seterusnya tiap kali membuat bolu gulung dengan resep ini, aku tidak lagi menggunakan Baking Powder. Karena ternyata walau tanpa menggunakan Baking Powder, cakenya tetap mengembang sempurna dengan catatan kualitas telurnya bagus dan segar, juga harus dipastikan telur sudah dikocok sampai mengembang dan kental.

Untuk membuat Bolu Gulung yang sempurna, dibutuhkan cake yang cukup lentur untuk bisa digulung. Permukaan cake juga harus cukup kering agar tidak lengket di permukaan serbet atau kertas yang kita gunakan untuk menggulung. Untuk pemula seperti aku, biasanya selalu bermasalah dengan permukaan cake ini. Kadang terlalu kering sehingga cake saat digulung menjadi retak, dan seringkali malah kurang kering sehingga kulitnya lengket, jadinya bolu gulungku tanpa kulit deh, hehehe.

Baca Juga:  Tips Sukses Membuat Bolu Gulung atau Roll Cake

Oleh karena itu kenali benar oven kita masing-masing ya supaya bisa pas waktu panggang dan suhu atau panas oven yang dibutuhkan untuk pembuatan kue Bolu Gulung ini.

Resep Bolu Gulung Meranti

Bolu Gulung ala Cakefever

Bahan-bahan Bolu Gulung:

Bahan A
6 butir kuning telur
5 butir telur utuh (jadi total ada 11 butir telur yang digunakan)
125 gram gula pasir
20 gram susu bubuk full cream
100 gram terigu protein sedang atau terigu serba guna (asal bukan terigu untuk roti)
1 gram Baking Powder (aku menggunakan Baking Powder Double Acting)
1 sdm air (jangan dilewatkan ya hehehe)

Cairkan:
Bahan B
100 gram butter (mentega asin)
25 gram margarin (bisa juga komposisi diubah jadi 100 gram margarin : 25 gram butter)
1 sdm vanila bubuk (kalau ada vanilla extract, lebih mantap rasanya)

Bahan isi
Selai Blueberry atau strawberry atau selai lain sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven 180 C. Alasi loyang 28×28 dengan kertas roti, olesi dengan mentega sampai rata.
  2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental. Masukkan air, kocok lagi. Matikan Mikser.
  3. Ambil spatula lebar lalu masukkan campuran terigu, susu dan baking powder double acting, aduk rata sambil diayak.
  4. Masukkan Bahan B, aduk balik perlahan dengan spatula sampai rata.
  5. Tuang ke dalam loyang. Angkat loyang sedikit dari permukaan meja, lalu jatuhkan. Jangan menjatuhkan loyang terlalu tinggi, nanti adonannya malah tumpah. Tujuan membanting loyang ini adalah untuk mengeluarkan gelembung yang ada di adonan, supaya saat dipanggang tidak muncul gelembung-gelembung yang bisa membuat kuenya jadi kurang cantik.
  6. Panggang selama 20-30 menit (tergantung oven masing-masing). Untuk mengeringkan kulit bolu gulung, gunakan api atas selama 5 menit ketika bolu gulung sudah matang.
Baca Juga:  Resep Apple Cake dengan Apel Malang yang moist dan segar

Cara Menggulung Bolu Gulung

Untuk menggulung bolu yang sudah matang, ada dua cara yang aku tahu yaitu digulung saat panas dan digulung ketika bolu sudah agak dingin.

Kalau bahan isinya adalah buttercream, maka gulunglah bolu ketika sudah agak dingin, supaya buttercreamnya tidak meleleh.

Kalau bahan isinya selai seperti yang aku gunakan sekarang, bolu bisa digulung saat masih agak panas.

Jangan menggulung bolu seketika baru dikeluarkan dari oven. Kenapa? Yaaa nanti tangannya sakit kepanasan … hehehe.

Dalam proses bikin bolu gulung menurutku yang susah itu memang pada saat menggulungnya. Aku mencoba berulang kali menggulung dengan kertas roti dan baking paper yang ditaburi tepung atau gula halus, tetap saja kulitnya lengket. Akhirnya ketika aku mencoba gulung dengan kain serbet bersih, baru deh sukses!

Bila kulit atas bolu gulung tidak cukup kering, maka biasanya pada saat digulung kulit itu akan lengket di kain/kertas penggulungnya dan hancur leburlah penampilan bolu gulung kita itu. Alamak! Karena itu pastikan kulit bolu gulung sudah cukup kering ya, baru diangkat dari oven.

Baca Juga:  FAQ tentang Membuat Bolu Gulung
By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

124 Comments

  • mb ferona, dh aq cobain ini resep. jadiny mang lembut n enak banget. pdhl pas bikin dh deg2an soalnya adonan smpet mbleber k luar, aq pke 28×28×2 soalny hehe… trus mentega cair nya kepisah antra minyak n air. ngecampurny g rata lagi. d bag bawah mangkok trnyata ngendon mentegany. untung jadinya enak. mkasih ats sharingnya ya mb

  • Iya yg susah ngegulungnya…:) kl retak rasanya hati ikutan retak*lebay..
    Thanks for sharing mba Ferona.

  • Kalau loyangnya kecil, nanti bolu gulungnya jadi gendut dan agak sulit digulung.

    Panggangan listrik itu maksudnya Oven Listrik yah? kalau oven listrik, gak ada masalah .. oke saja 🙂

  • Mbak, bolehkah adonan ini dibuat di loyang 20×20 karena panganggannya kecil? Apakah boleh menggunakan pangganan listrik? Thanks mbak

  • Untuk menambah moist adonannya Lan.. karena kan mau digulung, jadi cakenya gak boleh terlalu kering, nanti patah-patah 😀

  • Halo mbak, mau nanya nih..air 1 sendok fungsinya untuk apa ya? Hehehe…maklum mau nyoba tp msh takut2…btw aku udah coba chiffon kejunya dan sukses 🙂

  • mbk knp ya kl bikin balu atw cake cm cakepselama di oven aja bgitu keluar dr oven lgs kempes atw turun dr bentuk semula..salahnya dmana?

  • aku jarang bikin buttercream sendiri Mbar… untuk bolgul ini, aku pakai selai saja.

  • waaah jadi ngiler lihat foto bolgulmu yang ditaburi keju parut … hmmmm yummy!

  • Mbak pakai vanillanya 1 sendok makan yah apa gak pahit…

  • vanila extract yang bentuk cairan lebih mantap 😀 tapi kalau adanya vanili bubuk bisa dipakai juga… tapi aku gak pernah pakai lagi sih sebab aromanya kurang mantap ..

  • Mbak fero…aku mau buat bolgul meranta tp msh bingung sama pemakaian vanilla 1sdm..pakainya vanilla apa yah….apa pakai vanilaa yg bungkusan kecil2itu…makasih ya mbak…plese jelasin dong vanillanya…:)

  • Salam kenal mba, newbie nih di dunia baking..mw tny mba pny resep butter krim untuk isian bolgul tdk? klo beli yg kemasan kurang enak rasanya. makasih sebelumnya.

  • Serbet itu ada pori-porinya, sehingga memperkecil kemungkinan kulit bolu gulung lengket di permukaan serbet … kalau pakai plastik, apalagi kalau digulung panas-panas, kuatirnya nanti lengket.

  • mbak kalau menggulungnya pakai plastik bisa kah? apa harus serbet?

  • mbak, aku sudah coba resep yang ini, akeh tenan euyyy. maturnuwun sanget.
    sempet gagal diawal krn ta’ coba plug langsung tanpa sensor hihihi, padahal loyangku ukurannya cuma 22cm, hihihi tp alhamdulillah pernah baca juga tips penyesuaian resepnya mba, al hasil alhamduillah sukses

    dimari hasilnya neh mba http://aisyah-muwaffaqah.blogspot.com/2013/01/bolu-gulung.html meskipun gulungnya terbalik, khawatir gagal lagi jd langsugn digulung sama kertas minyak bawaannya 😀

    Makasih ya buat sharednya manfaaat banget buat ku yg newbe ^_^

  • Mba fero,.,saya mau nanya, klo bikin bolgul pake otang bisa g? Thanks y mba,. 😉

  • aku gak ngasih les Ga … hehehe, aku juga masih belajar kok … kuncinya memang pantang menyerah, coba dan coba lagiii 😀

  • Deeww… aku bingung deh, kenapa gak pakai emulsifier tapi kamu tambahin air? emulsifier itu untuk membuat kocokan telur mengembang dan membuat tekstur bolu gulungnya menjadi halus.

    Nah soal adonan encer itu, aku curiganya kocokan telurnya tidak mengembang sempurna. Sebenarnya rada sulit mengetahui dimana kesalahan pembuatan kuemu tanpa aku ada di sana memperhatikan kamu membuatnya 😀 hehehe jadi ini hanya dugaan-dugaanku saja yah …

    Dugaanku berikutnya, kamu mencairkan margarin terlalu lama sehingga lapisan air dan minyaknya memisah. Bila mencairkan margarin, begitu terlihat ada bagian margarin yang sudah meleleh, matikan api dan biarkan semua margarin meleleh karena panas wadah.

    Lalu ketika kamu mencampur margarin leleh ke kocokan telur (yang sudah mengembang sempurna dan sudah diaduk rata dengan terigu yang sudah diayak dua kali), gunakan teknik pancing. Jadi kamu ambil satu-dua sendok makan kocokan telur, masukkan ke margarin leleh, lalu kocok sampai rata. Nah baru masukkan margarin leleh yang sudah dicampur ini ke kocokan telur dan aduk dengan spatula besar. Aduknya aduk balik ya jangan dikocok atau aduk muter …

    Kalau adonan di dalam oven terlihat menggembung sebagian, sudah bisa dipastikan panas di dalam ovenmu tidak rata. Ada bagian yang lebih panas yaitu di area tempat adonan kue lebih mengembang dibanding yang lain … harus diputer2 loyangnya. Tapi muter loyangpun haruss paling tidak setengah waktu panggang. Jadi misalnya waktu panggang 20 menit, setelah 10 menit kamu baru boleh buka pintu oven dan memutar. Kalau pintu oven terlalu cepat dibuka, panas oven jadi drop dan kuemu bisa gagal lagi.

    Jangan menyerah yaa.. coba lagiii dan lapor lagiiii 😀

  • salam kenal… aku lg hobi nih bikin kue.. prnah ikut les bikin kue tp gk tau knp pas praktek di rmh malah gagal.. pdhl ditmpt les berhasil lho kue2 bikinan ku , hahhaa.. mba fero btw buka tmpt les bikin kue gk ? kalo ada aku mau doooooonk.. aku dijkt

  • Hai mbak fer,,salam kenal ya??
    newbie juga ni,,saya pernah bikin bolgul pandan mini resep dari ncc,hasilnya gatot dengan suksesnya(bantet),,pernah jg bikin bolgul dapet resep dari majalah apa gitu(lupa) gatot juga,yg ini malah terlalu kering dan hampir gosong jadi pas digulung malah patah kuenya,,hihi,,
    masih ga nyerah juga,nemu resep bolgul ekonomis(irit telur),resepnya:
    6 btr telur utuh
    90 gr gula pasir
    1 sdm emulsifier
    70 gr terigu protein sedang
    10gr maizena
    10 gr susu bubuk
    1 sdt vanilla
    125 gr mentega,lelehkan

    resep itu untuk loyang ukuran 30x30x4,berhubung saya hanya punya loyang yg kecil 22x22x4,jadi saya bikin setengah resep aja,ga pake emulsifier tp saya tambah 1/2 sdm air,tp koq adonannya jd encer bgt ya???saya pakenya margarin,,dan margarinnya itu susah bgt mixnya,,jadi saya aduk lagi dan lagi teteup ga nyatu,,kayanya overmix dech,,
    setelah masuk oven sekitar 20menitan,dilihat koq adonannya menggembung gitu ya??salah 1 sisinya malah gosong,tp sisi lainnya engga,,hikz,,hikz,,saya angkat aja dech,,pas dibalik permukaan bawah kuenya membentuk cekungan2 gitu,,kenapa ya mba???klo yg dulu2 walopun gagal permukaannya tetep rata,,,skrg koq beda????
    makanya saat nemu ni resep,,dari hati ingin rasanya mencoba,,tp disi lain masih trauma dengan apa yg telah terjadi,,,hwuaaaaaaaaaaa,,,,,,,,

    tenkyu mba klo berkenan menjawab,,,#curhat,,

  • ada merek tertentu yang coklatnya lebih hitam … aku sendiri lupa jenisnya karena gak terlalu merhatiin, tapi seingatku yang Elmer itu ada yang lebih hitam ketimbang jenis lainnya … Atau mungkin pastanya juga kurang hitam? karena klo lapis surabaya kan pakai coklat pasta …

  • salam kenal ya mba,mau tanya dong kalo bikin blackforrest atau lapis surabaya, untuk cake warna coklatnya pake merk apa ya biar hitam, soalnya aku bikin pake dark cooking chocollate hasilnya kayanya kurang hitam tidak seperti yang di jual di toko2….tq

  • sobek itu biasanya karena permukaan bolu terlalu kering … kalau permukaan bolu tidak terlalu kering, pengalamanku walau digulung sewaktu rada dingin sih gpp. Kan klo pake isiannya cream cheese, memang harus digulung saat dingin, kalau gak dingin nanti cream cheesenya meleleh meleber kemana-mana…

    Untuk resepku ini kan harusnya pakai 28×28… kalau Dewi pakai 24×24, sudah pasti bolu gulungnya jadi gendud. Untuk bolgul mini, resepnya sama saja. bisa pakai loyang brownies beberapa buah. Pokoke pas dituang, jangan terlalu penuh, setengah tinggi loyang maksimal supaya gak jadi bolgul mini gendud hihihi

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading