Resep Bolu Gulung ala Meranti

Sampai saat menuliskan resep ini, aku belum kesampaian mencicipi Meranti asal Medan yang kesohor itu. Tapi kata yang nyicipin hasil dari Resep ala Meranti ini, konon kabarnya lebih maknyus ketimbang Meranti yang asli ๐Ÿ™‚ … Gak percaya? Coba aja sendiri … hehehe.

Resep Bolu Gulung ala MerantiDi awal percobaan membuat bolu gulung dengan resep ini, aku masih menggunakan Baking Powder Double Acting (BPDA) untuk melihat hasil cakenya mengembang seperti apa. Namun seterusnya tiap kali membuat bolu gulung dengan resep ini, aku tidak lagi menggunakan Baking Powder. Karena ternyata walau tanpa menggunakan Baking Powder, cakenya tetap mengembang sempurna dengan catatan kualitas telurnya bagus dan segar, juga harus dipastikan sudah dikocok sampai mengembang dan kental.

Untuk membuat yang sempurna, dibutuhkan cake yang cukup lentur untuk bisa digulung. Permukaan cake juga harus cukup kering agar tidak lengket di permukaan serbet atau kertas yang kita gunakan untuk menggulung. Untuk pemula seperti aku, biasanya selalu bermasalah dengan permukaan cake ini. Kadang terlalu kering sehingga cake saat digulung menjadi retak, dan seringkali malah kurang kering sehingga kulitnya lengket, jadinya bolu gulungku tanpa kulit deh, hehehe.

Oleh karena itu kenali benar kita masing-masing ya supaya bisa pas waktu panggang dan suhu atau panas yang dibutuhkan untuk pembuatan kue Bolu Gulung ini.

Bahan-bahan Bolu Gulung:


Bahan A
6 butir kuning
5 butir telur utuh (jadi total ada 11 butir telur yang digunakan)
125 gram gula pasir
20 gram susu bubuk full cream
100 gram terigu protein sedang atau terigu serba guna (asal bukan terigu untuk roti)
1 gram Baking Powder (aku menggunakan Baking Powder Double Acting)
1 sdm air (jangan dilewatkan ya hehehe)

Cairkan:
Bahan B
100 gram butter ( asin)
25 gram margarin (bisa juga komposisi diubah jadi 100 gram margarin : 25 gram butter)
1 sdm vanila bubuk (kalau ada vanilla extract, lebih mantap rasanya)

Bahan isi
Selai Blueberry atau strawberry atau selai lain sesuai selera

Baca Juga:  Resep Kue Kastengels

Cara Membuat:

Panaskan 180C. Alasi loyang 28×28 dengan kertas roti, olesi dengan sampai rata.

Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan kental. Masukkan air, kocok lagi. Matikan Mikser.

Ambil spatula lebar lalu masukkan campuran terigu, susu dan baking powder double acting, aduk rata sambil diayak.

Masukkan Bahan B, aduk balik perlahanย dengan spatula sampai rata.

Tuang ke dalam loyang. Angkat loyang sedikit dari permukaan meja, lalu jatuhkan. Jangan menjatuhkan loyang terlalu tinggi, nanti adonannya malah tumpah. Tujuan membanting loyang ini adalah untuk mengeluarkan gelembung yang ada di adonan, supaya saat dipanggang tidak muncul gelembung-gelembung yang bisa membuat kuenya jadi kurang cantik.

Panggang selama 20-30 menit (tergantung oven masing-masing). Untuk mengeringkan kulit bolu gulung, gunakan api atas selama 5 menit ketika bolu gulung sudah matang.

Cara Menggulung Bolu Gulung

Untuk menggulung bolu yang sudah matang, ada dua cara yang aku tahu yaitu digulung saat panas dan digulung ketika bolu sudah agak dingin.

Kalau bahan isinya adalah buttercream, maka gulunglah bolu ketika sudah agak dingin, supaya buttercreamnya tidak meleleh.

Kalau bahan isinya selai seperti yang aku gunakan sekarang, bolu bisa digulung saat masih agak panas.

Jangan menggulung bolu seketika baru dikeluarkan dari oven. Kenapa? Yaaa nanti tangannya sakit kepanasan … hehehe.

Dalam proses bikin bolu gulung menurutku yang susah itu memang pada saat menggulungnya. Aku mencoba berulang kali menggulung dengan kertas roti dan baking paper yang ditaburi tepung atau gula halus, tetap saja kulitnya lengket. Akhirnya ketika aku mencoba gulung dengan kain serbet bersih, baru deh sukses!

Bila kulit atas bolu gulung tidak cukup kering, maka biasanya pada saat digulung kulit itu akan lengket di kain/kertas penggulungnya dan hancur leburlah penampilan bolu gulung kita itu. Alamak! Karena itu pastikan kulit bolu gulung sudah cukup kering ya, baru diangkat dari oven.

Artikel Lainnya:

124 Comments

  • dita 30/03/2015 at 15:5700 Reply

    mb ferona, dh aq cobain ini resep. jadiny mang lembut n enak banget. pdhl pas bikin dh deg2an soalnya adonan smpet mbleber k luar, aq pke 28ร—28ร—2 soalny hehe… trus mentega cair nya kepisah antra minyak n air. ngecampurny g rata lagi. d bag bawah mangkok trnyata ngendon mentegany. untung jadinya enak. mkasih ats sharingnya ya mb

  • Nisa Hadi 29/08/2014 at 08:3600 Reply

    Iya yg susah ngegulungnya…:) kl retak rasanya hati ikutan retak*lebay..
    Thanks for sharing mba Ferona.

  • esther 11/04/2014 at 12:5300 Reply

    Mbak, bolehkah adonan ini dibuat di loyang 20×20 karena panganggannya kecil? Apakah boleh menggunakan pangganan listrik? Thanks mbak

    • cakefever 19/04/2014 at 09:0600 Reply

      Kalau loyangnya kecil, nanti bolu gulungnya jadi gendut dan agak sulit digulung.

      Panggangan listrik itu maksudnya Oven Listrik yah? kalau oven listrik, gak ada masalah .. oke saja ๐Ÿ™‚

  • Lani 05/04/2014 at 21:1800 Reply

    Halo mbak, mau nanya nih..air 1 sendok fungsinya untuk apa ya? Hehehe…maklum mau nyoba tp msh takut2…btw aku udah coba chiffon kejunya dan sukses ๐Ÿ™‚

    • cakefever 06/04/2014 at 13:3800 Reply

      Untuk menambah moist adonannya Lan.. karena kan mau digulung, jadi cakenya gak boleh terlalu kering, nanti patah-patah ๐Ÿ˜€

  • cakefever 02/11/2013 at 22:4700 Reply

    Etha, maap yah baru balas sekarang… aku coba buat artikel untuk menjawab pertanyaanmu.. silakan dibaca di http://www.cakefever.com/mengapa-cake-saya-jadi-kempes/

  • etha 09/09/2013 at 18:1400 Reply

    mbk knp ya kl bikin balu atw cake cm cakepselama di oven aja bgitu keluar dr oven lgs kempes atw turun dr bentuk semula..salahnya dmana?

  • dewi 10/05/2013 at 15:3922 Reply

    Mbak pakai vanillanya 1 sendok makan yah apa gak pahit…

    • cakefever 08/07/2013 at 07:0000 Reply

      ndak dew…

  • dewi 24/04/2013 at 18:3510 Reply

    Mbak fero…aku mau buat bolgul meranta tp msh bingung sama pemakaian vanilla 1sdm..pakainya vanilla apa yah….apa pakai vanilaa yg bungkusan kecil2itu…makasih ya mbak…plese jelasin dong vanillanya…:)

    • Ferona 28/04/2013 at 23:1341 Reply

      vanila extract yang bentuk cairan lebih mantap ๐Ÿ˜€ tapi kalau adanya vanili bubuk bisa dipakai juga… tapi aku gak pernah pakai lagi sih sebab aromanya kurang mantap ..

  • ambar 17/03/2013 at 10:1507 Reply

    Salam kenal mba, newbie nih di dunia baking..mw tny mba pny resep butter krim untuk isian bolgul tdk? klo beli yg kemasan kurang enak rasanya. makasih sebelumnya.

    • cakefever 08/07/2013 at 07:0200 Reply

      aku jarang bikin buttercream sendiri Mbar… untuk bolgul ini, aku pakai selai saja.

  • aisyah_muwaffaqah 17/01/2013 at 19:5142 Reply

    mbak, aku sudah coba resep yang ini, akeh tenan euyyy. maturnuwun sanget.
    sempet gagal diawal krn ta’ coba plug langsung tanpa sensor hihihi, padahal loyangku ukurannya cuma 22cm, hihihi tp alhamdulillah pernah baca juga tips penyesuaian resepnya mba, al hasil alhamduillah sukses

    dimari hasilnya neh mba http://aisyah-muwaffaqah.blogspot.com/2013/01/bolu-gulung.html meskipun gulungnya terbalik, khawatir gagal lagi jd langsugn digulung sama kertas minyak bawaannya ๐Ÿ˜€

    Makasih ya buat sharednya manfaaat banget buat ku yg newbe ^_^

    • cakefever 08/07/2013 at 07:0200 Reply

      waaah jadi ngiler lihat foto bolgulmu yang ditaburi keju parut … hmmmm yummy!

  • aida 05/01/2013 at 11:1453 Reply

    Mba fero,.,saya mau nanya, klo bikin bolgul pake otang bisa g? Thanks y mba,. ๐Ÿ˜‰

    • Ferona 05/01/2013 at 22:2929 Reply

      bisa ๐Ÿ™‚

      • wahyu 22/01/2013 at 13:0307 Reply

        mbak kalau menggulungnya pakai plastik bisa kah? apa harus serbet?

        • Ferona 22/01/2013 at 14:1549 Reply

          Serbet itu ada pori-porinya, sehingga memperkecil kemungkinan kulit bolu gulung lengket di permukaan serbet … kalau pakai plastik, apalagi kalau digulung panas-panas, kuatirnya nanti lengket.

  • ega / wwwegaegacom 02/01/2013 at 03:0009 Reply

    salam kenal… aku lg hobi nih bikin kue.. prnah ikut les bikin kue tp gk tau knp pas praktek di rmh malah gagal.. pdhl ditmpt les berhasil lho kue2 bikinan ku , hahhaa.. mba fero btw buka tmpt les bikin kue gk ? kalo ada aku mau doooooonk.. aku dijkt

    • Ferona 04/01/2013 at 18:2217 Reply

      aku gak ngasih les Ga … hehehe, aku juga masih belajar kok … kuncinya memang pantang menyerah, coba dan coba lagiii ๐Ÿ˜€

  • dewi 28/12/2012 at 22:1813 Reply

    Hai mbak fer,,salam kenal ya??
    newbie juga ni,,saya pernah bikin bolgul pandan mini resep dari ncc,hasilnya gatot dengan suksesnya(bantet),,pernah jg bikin bolgul dapet resep dari majalah apa gitu(lupa) gatot juga,yg ini malah terlalu kering dan hampir gosong jadi pas digulung malah patah kuenya,,hihi,,
    masih ga nyerah juga,nemu resep bolgul ekonomis(irit telur),resepnya:
    6 btr telur utuh
    90 gr gula pasir
    1 sdm emulsifier
    70 gr terigu protein sedang
    10gr maizena
    10 gr susu bubuk
    1 sdt vanilla
    125 gr mentega,lelehkan

    resep itu untuk loyang ukuran 30x30x4,berhubung saya hanya punya loyang yg kecil 22x22x4,jadi saya bikin setengah resep aja,ga pake emulsifier tp saya tambah 1/2 sdm air,tp koq adonannya jd encer bgt ya???saya pakenya margarin,,dan margarinnya itu susah bgt mixnya,,jadi saya aduk lagi dan lagi teteup ga nyatu,,kayanya overmix dech,,
    setelah masuk oven sekitar 20menitan,dilihat koq adonannya menggembung gitu ya??salah 1 sisinya malah gosong,tp sisi lainnya engga,,hikz,,hikz,,saya angkat aja dech,,pas dibalik permukaan bawah kuenya membentuk cekungan2 gitu,,kenapa ya mba???klo yg dulu2 walopun gagal permukaannya tetep rata,,,skrg koq beda????
    makanya saat nemu ni resep,,dari hati ingin rasanya mencoba,,tp disi lain masih trauma dengan apa yg telah terjadi,,,hwuaaaaaaaaaaa,,,,,,,,

    tenkyu mba klo berkenan menjawab,,,#curhat,,

    • Ferona 04/01/2013 at 18:1659 Reply

      Deeww… aku bingung deh, kenapa gak pakai emulsifier tapi kamu tambahin air? emulsifier itu untuk membuat kocokan telur mengembang dan membuat tekstur bolu gulungnya menjadi halus.

      Nah soal adonan encer itu, aku curiganya kocokan telurnya tidak mengembang sempurna. Sebenarnya rada sulit mengetahui dimana kesalahan pembuatan kuemu tanpa aku ada di sana memperhatikan kamu membuatnya ๐Ÿ˜€ hehehe jadi ini hanya dugaan-dugaanku saja yah …

      Dugaanku berikutnya, kamu mencairkan margarin terlalu lama sehingga lapisan air dan minyaknya memisah. Bila mencairkan margarin, begitu terlihat ada bagian margarin yang sudah meleleh, matikan api dan biarkan semua margarin meleleh karena panas wadah.

      Lalu ketika kamu mencampur margarin leleh ke kocokan telur (yang sudah mengembang sempurna dan sudah diaduk rata dengan terigu yang sudah diayak dua kali), gunakan teknik pancing. Jadi kamu ambil satu-dua sendok makan kocokan telur, masukkan ke margarin leleh, lalu kocok sampai rata. Nah baru masukkan margarin leleh yang sudah dicampur ini ke kocokan telur dan aduk dengan spatula besar. Aduknya aduk balik ya jangan dikocok atau aduk muter …

      Kalau adonan di dalam oven terlihat menggembung sebagian, sudah bisa dipastikan panas di dalam ovenmu tidak rata. Ada bagian yang lebih panas yaitu di area tempat adonan kue lebih mengembang dibanding yang lain … harus diputer2 loyangnya. Tapi muter loyangpun haruss paling tidak setengah waktu panggang. Jadi misalnya waktu panggang 20 menit, setelah 10 menit kamu baru boleh buka pintu oven dan memutar. Kalau pintu oven terlalu cepat dibuka, panas oven jadi drop dan kuemu bisa gagal lagi.

      Jangan menyerah yaa.. coba lagiii dan lapor lagiiii ๐Ÿ˜€

  • yuli 30/11/2012 at 13:5537 Reply

    salam kenal ya mba,mau tanya dong kalo bikin blackforrest atau lapis surabaya, untuk cake warna coklatnya pake merk apa ya biar hitam, soalnya aku bikin pake dark cooking chocollate hasilnya kayanya kurang hitam tidak seperti yang di jual di toko2….tq

    • Ferona 02/12/2012 at 09:3428 Reply

      ada merek tertentu yang coklatnya lebih hitam … aku sendiri lupa jenisnya karena gak terlalu merhatiin, tapi seingatku yang Elmer itu ada yang lebih hitam ketimbang jenis lainnya … Atau mungkin pastanya juga kurang hitam? karena klo lapis surabaya kan pakai coklat pasta …

    • rini 24/04/2013 at 21:3649 Reply

      coba pake pasta blackforest deh

  • SAWITRI DEWI 10/11/2012 at 10:4052 Reply

    Mb fero, aq dah nyoba bikin bolgul meranti resep dari mb fero..enak lo, anak2ku suka..malah pertama bikin lgsg hbs sm mereka padahal nggulungnya blm berhasil alias pecah, malah sampai sobek,he..apa karena ketebalan ya mb..
    sekedar cerita, aq nyoba bikin dl setengah resep trs aq pake loyang uk 24x 24x 2 cm, pas di dlm oven adonan nya melambung malah melebihi tinggi loyangnya..trs apa krn aq nggulungnya udh agak dingin jd pecah ya mb, atau krn tll tebal ya mb..Jd pertanyaannya, sebaiknya pake loyang ukuran brp sih spy bagus..Trs klo mau bikin bolgul mini, apakah resepnya sama trs pake loyang ukuran brp utk bolgul mini?makasih..

    • Ferona 29/11/2012 at 07:5739 Reply

      sobek itu biasanya karena permukaan bolu terlalu kering … kalau permukaan bolu tidak terlalu kering, pengalamanku walau digulung sewaktu rada dingin sih gpp. Kan klo pake isiannya cream cheese, memang harus digulung saat dingin, kalau gak dingin nanti cream cheesenya meleleh meleber kemana-mana…

      Untuk resepku ini kan harusnya pakai 28×28… kalau Dewi pakai 24×24, sudah pasti bolu gulungnya jadi gendud. Untuk bolgul mini, resepnya sama saja. bisa pakai loyang brownies beberapa buah. Pokoke pas dituang, jangan terlalu penuh, setengah tinggi loyang maksimal supaya gak jadi bolgul mini gendud hihihi

  • chiesil 24/09/2012 at 06:0520 Reply

    mbak mau tanya ktebalan bolgul kira” sgmna ya?sya bkin tpi x ktblan jdi g bisa di gulung,trus lw udah aga mtang di pgang atas x kaya busa itu knpa ya?mskis:-)

    • Ferona 29/11/2012 at 07:5158 Reply

      kalau x itu artinya apa ya sil? jadi rada gak ngeh dengan pertanyaanmu niih ๐Ÿ˜€

      Kalau soal ketebalan bolu gulung, seharusnya gak lebih dari 2 cm… malah menurutku maksimal 1.5 cm… tapi kalau pun tebal, bolu gulung harusnya tetap bisa digulung karena adonannya sebenarnya lentur …

  • arin 15/09/2012 at 18:2255 Reply

    mbak fero, mw ty, bgm cr blnj d amazon, ktnya lbh murah murah ya untuk hrgnya, thx

  • titin 23/08/2012 at 20:4837 Reply

    Saya ikutin resep dari erlin,tp koq setelah dimixer,hasilny encer banget y adonanny:( alhasil kueny pun bantat,alias Gatot :'(

    • cakefever 23/08/2012 at 22:3200 Reply

      Resep dari Erlin itu yang mana ya, Tin?

      • titin 25/08/2012 at 19:5446 Reply

        yg aq copy d bwh ini mbak ^_^
        tadiny mau nyoba ini krn menghemat telor…kan lumayan,hehe…

        Mbaโ€ฆaku ada resep bolgul, kyknya lebih hemat telur gitu.
        Quickโ€™75+Mzna+Susu bbk =@15gr,
        Trg P.sdg 60gr
        GlPsr 130
        Tlr aym utuh 400gr (8tlr)
        Mtg 100gr (dilelehkan,pake Blueband aza udh harum bgt)
        Cr buat:Cmpr smua bhn, kecuali mtg dgn kcptn tinggi kurleb 7 menit(trgtng mixr), tmbhkn mtg cair aduk perlahan. Tuang di loyang 30x30x3cm.
        hasilnya lembut bgt loh mba boleh dicobaโ€ฆcari tau trnyta Krn Quickโ€™75 (pelembut+pengembang,semacam TBM),sy dpt ini rsep dr kursus lsg dr PT Zeelandia (spesial produksi pelembut)gk hrs kng tlrnya dibanyakin. Mulai sejak itu bolu appn yg mggunakan TBM aku ganti dgn Quickโ€™75..hslny 2 kali lipat. Maap ya bkn iklan nih..hny skdr infoโ€ฆsmoga bermanfaat. salam manis utk semua pecinta BAKING !!!

        • cakefever 26/08/2012 at 09:3535 Reply

          owwh.. resepnya ada di bagian bawah komentar ya ๐Ÿ˜€ … waduuw ini mesti Erlinnya sendiri yang menjawab nih, karena aku sendiri belum pernah mencoba resepny Erlin. Aku prefer membuat kue tanpa emulfisier atau food additives lainnya soale.

  • RIEN 22/08/2012 at 08:2725 Reply

    Klo gulung BOLGUL-nya pake selai strawberry itu pas stengah panas kan??…terus mba bilng supaya gk lengket pake serbet bersih..ini BOLGUL-nya d lepas dari kertas rotinya dulu baru d taro d atas serbet bersih apa gimana nih?? maklum beginner,aku pernah bikin tapi GATOT karena jdnya patah2 gk bisa d gulung…

    • cakefever 23/08/2012 at 22:3356 Reply

      klo pake selai. boleh pas setengah panas karena selai kan tidak terlalu meleleh … kalau mau digulung so pasti dilepas dulu ya dari kertas rotinya, kalo gak dilepas gimana caranya mau mengoles selai stroberinya, Rien?

      Apa Rien masih bingung bagian mana dari si bolgul yang nantinya harus digulung? yang digulung arah luar itu adalah bagian bolu yang coklat yah, bukan yang diolesin selai …

  • vera 14/08/2012 at 10:4850 Reply

    ud ku buktikan..
    hasil nya enak banget dan lembut.aku pemula bgt. ampe misain telur kuning ama putih aja susah. tp syarat utama yaitu kocok sampe ngembang yg bikin berhasil.
    aku gulung pake kertas roti, diolesin mentega ama tepung trigu dulu sebelumnya..
    makasih ya bt resep nya. gampang dicerna buat awam seperti aku. awam krn seumur2 neh bolu kedua yg ku bikin. sebelumnya ga pernah megang mixer..

  • Lina 26/06/2012 at 19:5356 Reply

    Hi mba..its me again..nanya dong mba,klo bikin 1/2 resep, itu pas di loyang uk brp ya kira2? Tq

    • Lina 27/06/2012 at 14:2541 Reply

      Mba,lapor..aku udah bikin ni.. 1/2 resep,3telur utuh,3kuning trus pake loyang 22×22. Nah,hslnya adalah..retak2 mbaa..hix..rasanya sih enak,lembut..tp jelek ya? Aku Panggang 10mnt rak tengah,5menit rak atas biar kering.pas di gulung sih ga lengket di serbet mba.tp patah2..qra2 salah dmn ya mba? Apa di pengocokannya? Itu tepungnya diaduk pake spatula aja atau di mixer lg ya mba?aku pake hand mixer.trus speednya yg rendah atau tinggi ya mba?tq ya mbaa..

      • cakefever 23/08/2012 at 22:3004 Reply

        pas digulung retak yah? Kemungkinan itu permukaan kulit bolunya jadi terlalu kering. Coba lagi dibuat yah, pas pemanggangan di rak atas dikurangi waktunya spy jangan terlalu kering …

        Kalau bolu gulungnya jadi sempurna dan tidak bantat, maka retak-retak itu tidak ada hubungannya di proses pembuatan. Diduga kuat disebabkan karena kulit atasnya jadi terlalu kering saja ….

  • erryfitria 12/06/2012 at 11:3425 Reply

    kl udh buka blog ini rasanya kenyang bgt deh.. semuanya adaaa.. lengkaaap dan detail.. i’m a newbie in baking so everything u wrote in this blog is a heaven to me..tenkyuuuu….

  • Thomas Law 09/06/2012 at 22:1903 Reply

    oh, begitu yah kak..
    kemarin itu tes otang warisan kakek ku. dan langsung coba resep bolgul ini kak, dan alhasill gatot.. T,T
    Salahnya karna aku pake kompor minyak tanah yg kekecilan mungkin.. terus karna aku kesel dan amat penasaran, aku buat pake resep ku yang biasa. dan otang nya ku tangkringin diatas kompor gas ajah. Dan berhasil ! Tapi ternyata panas yang dihasilkan kurang merata. Bagian pinggir atas sudah matang dan menjelang gosong. Tapi bagian tengah atas tetap stay pada adonan awal.. Matehok deh , hahahha
    Tapi tetep gk mau ngalah sama si otang.. haha, ampe akhirnya sekarang aku lumayan mengerti si otang. hihihi.

    Next question nya : Aku masih aneh aja sama 11 butir telur itu. Loyang yang ku pake ukuran 34 x 24 . Dan pas pengetesan pertama kali aku kan pake resep ini. Aku buat 1setengah resep. karna aku pengen nya buat 1 loyang yang besar, 1 loyang yang mini. Tapi Ternyata oh ternyata.. Adonan nya buanyaakkk nya minta amponn.. Jadinya sampe 2 loyang yg ukuran 34×24 dan 1 loyang yg ukuran 20×20. Kakak udah coba resep ini dngan sukses yah?

    • cakefever 14/06/2012 at 11:2245 Reply

      Resep ini sudah aku coba bolak-balik dan sukses ๐Ÿ™‚

      Jadi adonannya melebihi volume loyangnya ya … Kocokan telurnya mengembang sempurna dan kemungkinan kamu pakai telur yang ukuran besar ya?

      • Thomas Law 14/06/2012 at 18:3321 Reply

        iya kak, aku mengocok telur hingga mengembang sempurna dan saya pakai telur ukuran sedang. Next time aku coba deh.

  • Thomas Law 29/05/2012 at 23:5627 Reply

    oiya, sori mau tanya kepo yg kedua, yg pertama aja blom dijawab udh tny yg kedua..hehe
    kalo mbak bikin bolgul ini, bilangnya telur dan gula dikocok sampai kental. Maksud mbak kental itu gmna? Kalo yg biasa aku kocok itu pasti dimixer sampe 15menit. Tp Aku pake hand mixer, belum mampu beli mixer kyak mbak fero,hihihihi…
    Hampir semua jenis bolu2an,aku pasti mixer sampe 15menit. jadi bener2 mengembang dan adonan runcing kalo diangkat (gk jatoh lgi). Menurut mbak gmna bagusnya?
    Oiya, aku belum berani membuang tambahan SP dlm resep ku. Takut banget gk lembut.. Coz konsumen ku slalu banding2in bolgul ku sama meranti. yg notabene bolgul meranti lembuttt banget,,bolgul ku sih udah lembut,tp masih kalah dikit sama meranti..hahaha
    Btw, mbak skrg udah nyobain donk bolgul meranti itu gmna..hehe

    • cakefever 05/06/2012 at 19:2934 Reply

      Klo aku kan gak pake emulsifier, jadi dia biasanya ya jadi kental gitu aja. Klo pake emulsifier, bisa dibuat kental berjejak kayak pita gitu …

      Klo gak pake SP, yang pasti teksturnya gak akan bisa selembut yang pake SP loh .. jadi klo buat jualan sih sebaiknya tetap pake SP, daripada dikomplen kastemer yang sudah terbiasa dengan tekstur bolgul lembut.

      Nah aku punya crita juga nih. Ada yang order bolgul ke aku, nah aku kan gak pernah pake emulsifer, so bolgulku itu gak selembut bolgul yang biasa dijual. Tapi rasanya tetap mantap. Kastemer protes dong. Aku ya bilang begitu saja apa adanya. Kalau mau bolgul yang lembut dan teksturnya rapat, silakan order ke tempat lain saja ๐Ÿ™‚

      Aku sudah nyobain Meranti … ๐Ÿ™‚ gak kalah ah sama rasa bolgul ini, tapi memang klo skip emulsifiernya, pastiiii kalah tekstur deh sama si meranti … ๐Ÿ˜‰ itu pilihan kok ๐Ÿ™‚

  • Thomas Law 29/05/2012 at 23:2814 Reply

    Hi semuanya, jngan takut2 mencoba unt membuat bolu gulung yah^^. Aku jg bljr bikin bolu gulung dr inet, asal kita ikutin step by step nya, dijamin bakalan sukses. Aku belum mencoba resep ini mbak fero.. karna aku punya resep bolgul andalan jg,hehe.. aku ini guru les yg juga sampingannya terima orderan cake,bolgul,dn brownies kukus. Aku buka blog mbak ketika lgi cari2 resep cheese cake. Panduannya mantab dan amat lengkap unt para pemula. Setelah aku buka buka, gk sengaja liat resep bolgul, diliat dr fotonya sih kyaknya oke jg buat dicoba , customer ku yg biasa pesen bilang bolgul buatan ku sering bilang rasanya mirip banget meranti. Tp kyaknya aku mau coba resep yg mbak kasih ini. Nanti kalo aku udah bikin, bakalan aku share lgi yah kak.^^ Thanks be4.

  • ellen 12/05/2012 at 18:1557 Reply

    salam kenal mbak.. kemaren aku coba bikin bolunya.. rasanya enak sih tapi kok agak bantat y?? padahal telurnya udh aku kocok sampai mengembang tp waktu selesai dipanggang bgn bawahnya bantat..
    lalu menteganya kok tdk bisa dicampurkan k adonannya.. jadi waktu saya tuang ke loyangnya ternyata menteganya di bawah semua dan tdk tercampur..
    dan yang terpenting bagaimana cara menggulung bolunya?? karena punya saya pecah di mana2..
    makasih banyak y mbak.. maaf banyak tanya, maklum msh br belajar.. =p

    • cakefever 13/05/2012 at 10:0425 Reply

      Pertanyaan klasik di baking adalah soal bantatnya kue. Aku sdh tulis bbrp tips mencegah bolu bantat. Coba search artikelnya di cara mengaduk dan mengocok.

      Utk cara menggulung, aku sdh tuliskan tipsnya juga . Coba search artikel tentang bolu gulungku.. Ada dua resep bolgulung yg sudah aku coba.

  • siti annisa saroh 11/04/2012 at 21:3703 Reply

    belum nh mba. lg ribet pindahan rmh. jd libur baking. insyaAllah nt nyoba bikin sndri dh..

  • Cakefever.com via Facebook 07/04/2012 at 07:2809 Reply

    waaah sesuatu… ๐Ÿ™‚ Sudah coba membuatnya juga?

  • Siti Annisa Saroh via Facebook 30/03/2012 at 18:5125 Reply

    Tau ga mb fer, br bc postingan mb, tauy ada kiriman bolgul meranti. Alhmdlh,akhry bs nyobain jg. G tll spesial,cm selaiy beda..

  • yulia 14/03/2012 at 15:0714 Reply

    setujuuuuu, asal telurnya bagus dan pengocokannya bener, pasti hasilnya bagus, jadi ga perlu emulsifier.
    kalo soal berminyak, yang bagus emang bgitu. justru kalo ga berminyak bisa dipastikan banyak emulsifier atau baking powder

  • budi 02/03/2012 at 17:2330 Reply

    mba, kalau mau pake kuning telur semua komposisinya gmana mba?

    • cakefever 05/03/2012 at 08:4407 Reply

      Mesti cari resep lain yang hanya pakai kuning telur saja… ๐Ÿ™‚ gak bisa pakai resep yang ini ya Bud.. nanti hasilnya berbeda ..

  • epoik 01/02/2012 at 04:3606 Reply

    Lam kenal mba Fero.. ๐Ÿ™‚ nyari2 di komen, akhirnya ada yg nanya jg di plg akhir, tp lom dibales ya? Bahan B dicairkan ngga? Oiya tepung terigunya pake protein yg sedang atau protein tinggi? Mudah2an cpt dijawab, dah ga sabar pengen nyoba :). Trims sblmnya mba fero ๐Ÿ™‚

    • cakefever 05/02/2012 at 09:2908 Reply

      Sudah daku jawab ya Epoik ๐Ÿ™‚

  • Hasty 22/01/2012 at 12:1417 Reply

    Salam kenal….untuk penggunaan butter nya itu unsalted ato salted…setahu saya klo kebanyakan butter/mentega yg salted bolu jadi gurih dan sulit untuk digulung….
    Dan saya mau tanya resep bolu gulung yng bahan B na itu di cairkan ato tidak….?

    • cakefever 05/02/2012 at 09:2839 Reply

      Aku pakai yg salted. Silakan ya kalau mau ganti dengan unsalted, mungkin perlu ditambahkan garam sedikit bila suka.

      Ohya, kalau mba Hasty baca lagi pelan2 resepnya, itu ada keterangan untuk mencairkan Bahan B loh …

  • ling 14/12/2011 at 16:0035 Reply

    Mba nanya dong, tepungnya pakai apa? Kunci (protein rendah) atau segitiga( protein tinggi) ? Terus biar nga mudah ngelupas kulitnya ama nga terlalu berminyak bgmn ? Nuwun…

    • cakefever 05/02/2012 at 09:2603 Reply

      protein sedang atau protein rendah bisa. Supaya tidak berminyak, ada yg menyarankan untuk mengganti butter dengan margarin.

      Supaya kulit tidak mengelupas? lha itu kan ada penjelasannya di tulisanku … ๐Ÿ™‚ coba dibaca lagi pelan-pelan yaa…

  • Pocut Cessvara 16/11/2011 at 11:2813 Reply

    Ass ww mBak Fero. Salam kenal mbak. Saya baru skrg nemu blognya mbak setelah saya menerima pesanan bbrp loyang cake dr tetangga. Waktu itu sy mengalami bbrp masalah dg cake sy. Stlh sy telusuri, akhirnya sy temui blognya mbak ini, dan ketemu dweh jawaban dr mslh2 sy….kenapa gak dr dulu ya? ๐Ÿ™‚ mbak Fero, thx ya udh berbagi ilmunya yg sgt banyak itu. Semoga diganti Allah dg rejeki yg lebih banyak. Amin. Oiya mbak sy dr medan. Thx ya mbak.

    • cakefever 29/01/2012 at 07:4101 Reply

      walaikumsalam Pocut … alhamdulillah bila info sederhana ini bisa membantu ya…

  • Monica 14/11/2011 at 10:2447 Reply

    Mbak aku mau tanya donk, maksdunya mengembang dan kental itu seperti apa yah? yg kaku putih?
    Bisa di posting mbak, kocok sampai kental, kocok samapai mengembeng dan kental?
    terima kasih mbak

    • cakefever 14/11/2011 at 10:3010 Reply

      Ada di artikelku, cara mengocok dan mengaduk adonan … Coba cari deh, aku lg ga bs posting link artikel nih, lagi pake bb apps …

  • yuni 13/11/2011 at 12:2903 Reply

    satu lagi ni mbak bolu buahku kok bantut ya mbak…padahal telornya udah kembang..cara pakai TBM gimana mbak

    • cakefever 14/11/2011 at 09:1355 Reply

      Ngaduknya udah rata? Biasaya bantat juga terjadi klo ngaduknya kurang rata …

  • yuni 13/11/2011 at 12:2006 Reply

    mbak saya udah coba bogulnya kok kuenya tinggi sebelah ya mbak masaknya ngak merata

    • cakefever 14/11/2011 at 09:1421 Reply

      Panas ovennya kurang rata, Yun …

  • ruthcaroline 03/11/2011 at 21:2437 Reply

    hi mbak..mw nanya, emang bwt bolgul itu gpa2 yh dkasi air dkit?gak bantat tuh ntar?walaupun cm 1 sdm. trus mw nanya 1oo cc th sm dengan berapa mili yh.. trims…:-D

    • cakefever 07/11/2011 at 06:1501 Reply

      gak pa-pa dikasih air sedikit ya…. 1 cc = 1ml

  • nuri 20/10/2011 at 17:5759 Reply

    salam mbak….saya ibu rumah tangga yg baru belajar masak2 gtu jd kurang paham,klo keberatan saya mo minta tlg tuk diberi saran tepung terigu protein rendah/sdg/tggi yg boleh dipakai tuk resep diatas & airnya tu dingin or biasa?thanks ya mbak sebelumnya atas jawabannya

    • cakefever 07/11/2011 at 06:1540 Reply

      ini pakai tepung untuk cake, protein sedang. Airnya air biasa, gak dingin …

  • novianti chasanah 16/10/2011 at 08:0319 Reply

    mba aku mau coba ragu krn dah beberapa kali nyoba selalu gagal.aku jadi males dech. sebanarnya aku paling suka mbuat2 kue gitu tp krn sering gagal terutama bolgul aku jdi males buanget mau mbuat

    • cakefever 07/11/2011 at 06:1635 Reply

      klo mau berhasil bikin kue, memang harus dicoba berkali-kali. Aku juga sampai sekarang juga masih suka gagal bikin kue tuh … apalagi kue eksperimen, waahh ๐Ÿ˜€

  • santi 03/10/2011 at 15:3835 Reply

    Salam kenal ya. aq dah coba mb, tapi gagal:(
    Diresepnya kan ditulis agar menjatuhkan loyang sedikit. aqu jatuhinnay ampe beberapa kali, salah ya? jadi bolu gulung ku bantat. sedihnya…

    • cakefever 11/10/2011 at 08:2209 Reply

      waduuh, cukup sekali aja dijatuhkannya.. coba lagi ya… pastikan kocokan telurmu mengembang bagus, apalagi kalo gak pake cake emulsifier.

  • Linda 19/06/2011 at 12:3535 Reply

    Hi, telur nya kira2 pakai yang berapa gram ya??thanks

    • cakefever 22/06/2011 at 14:2922 Reply

      telur ukuran sedang.. dengan kulit kira2 70 gram

      • Linda 29/02/2012 at 14:2301 Reply

        halo mbak,

        masih binggung nih dengan ukuran telur nya. mbak bilang telur ukuran sedang ,berat kira2 70 gram sedangkan telur disini udah termasuk yang jumbo tuh.
        Medium 42 โ€“ 49.9 grams
        Large 50 โ€“ 58.9 grams
        Extra Large 59 โ€“ 66.9 grams
        Jumbo 67 โ€“ 71.9 grams
        Extra Jumbo 72 โ€“ 78 grams

        • cakefever 23/08/2012 at 22:2733 Reply

          telur di jakarta berarti gede-gede ya ๐Ÿ™‚ ikuti standar telur di tempatmu saja Lin… Seharusnya untuk resep yang presisi, telurnya pun harus di-gram-kan. Jadi gak cuma nulis sekian butir saja, sebab ukuran telur kan memang beda-beda ya …

          Hanya saja pilih telur yang banyak kuningnya. Ciri-cirinya klo telur di Jakarta itu telur yang bentuknya bulat. Klo lonjong, itu banyakan putih telurnya. Gak tau deh klo di tempatmu apakah ada telur bulat atau lonjong? Jangan-jangan bentuk telur pun di sana sudah seragam yah? ๐Ÿ˜€

  • Shanti 06/06/2011 at 23:3506 Reply

    Bu, sudah kucoba resepnya dan enak beneran.. Trimakasih ya..;)

  • wulan 20/03/2011 at 20:0505 Reply

    salam kenal mba Ferona…seneng deh muter2 di blog mu sungguh informatif, klik sana, klik sini…makasih ya sudah berbagi ilmu bakingnya. Smoga Allah mengganti yang lebih dari ilmu yang mba share di web ini.
    Mba aku mo tanya…ttg bolgung meranti ini. Klu aslinya kan si meranti pake cream+keju tuh…udh pernah nyoba belum yg pk krim? aku liat2 di resep lainnya kan pake macem2 krim+ whip, esella cream+merry whip, scr ditempatku blm pernah nemu 2 brg tsb, jd utk alternatif apa ya mba? makasih sblmnya. sukses selalu ya.. (salam sesama newbie)

    • cakefever 21/03/2011 at 06:4716 Reply

      Buttercream mmg resepnya pake bahan2 itu. Kalo tak ada, hmmm yg pernah aku coba pakai mentega putih atau unsalted butter saja dikocok creamy. Tp yg jelas rasanya takkan sama dengan buttercream yg dibuat dengan bahan2 yg lengkap ya

  • Key 09/03/2011 at 12:1256 Reply

    Mba, aku baca resep2 sm tips2 Mba ga pernah bosen deh, makasih loh.. Adikku pun jd ikut2an doyan bikin kue jadinya, seneng skr aku ada yg bantuin ?รฎ dapur. Pengen sih blogging jg, tp sementara ini cuma bisa browsing dr hp aja.
    Thanks Mba Fe.. ๐Ÿ™‚
    Mba, mau resep macam2 ganache dong. Dr yg siram sampai yg untuk filling. Ga ngerti tiap bikin ganache kalo udah diinepin teksturnya jd berubah. Trus kadang2 ada bintik2 putih gitu.

    • cakefever 11/03/2011 at 14:3951 Reply

      okeh.. udah pengen bisa ngupdate blog lagi, tapi masih belum nemu waktunya ๐Ÿ˜€ ini aja ngebales-in komentar teman2 juga udah pada telat banget ๐Ÿ˜€

  • razita 02/03/2011 at 17:4150 Reply

    thx bgt infox berguna bgt. Tp satu resep dpt brp bolu?

  • DINA 11/02/2011 at 16:1211 Reply

    mbak saya dina,salam kenal dong sy mau tanya gimana cara buat kue muffin dong.

  • ika 07/12/2010 at 07:2907 Reply

    kmrn coba bikin dan gatotttt…hehehe. ngitung2 takaran sesuai ukuran loyang eh jadinya ketipisan. jadilah bolu crispy dan tetep abisss sama aq.

    btw mbak, usul nih, kalo bisa arsip resepnya disusun sesuai abjad. hehehe. soalnya klo ud d rmh kan buka webnya pake hp, nah halamannya gak terbuka seperti lewat pc, nah mau gak mau nyari resepnya lewat arsip resep dan agak ribet baca kecil2 kalo ga sesuai abjad. sekedar saran hlo mbak…
    makasiiii..

    • cakefever 07/12/2010 at 15:0830 Reply

      wkwkwk, pengennya sih gitu… tapi ini arsipnya dibuat autopost berdasarkan tanggal posting, jadi gak bisa disort by abjad ๐Ÿ˜€ cara lainnya memang harus search pakai keyword, Ka ๐Ÿ™‚

  • elsa yusrianti 04/07/2010 at 17:5812 Reply

    Mba aku mo tanya dong..Resep telurnya itu, apakah brarti total telur yg dipake jd 11 atau cuma 6 (5 utuh,1 kuning sj)..tp kynya yg 11 ya mba..hehe mo mastiin dulu…Makasih banyak ya mba…

    • cakefever 04/07/2010 at 20:3330 Reply

      tepatnya total 11 telur ๐Ÿ˜€

  • erlin 29/05/2010 at 19:2428 Reply

    Quik’75 semacam pelembut seperti TBM, ini, mba Mina cari ini di toko bahan kue, klo dipasaran mgkn msh jarang. sy beli di Toko Mira sebrang ITC Depok, setengah kg kisaran 18 ribu, tp kemampuannya sebagai pengembang & pelembut Luar biasa loh…coba deh gk akan nyesel..salam kenal

  • erlin 22/05/2010 at 14:3420 Reply

    Mba…aku ada resep bolgul, kyknya lebih hemat telur gitu.
    Quick’75+Mzna+Susu bbk =@15gr,
    Trg P.sdg 60gr
    GlPsr 130
    Tlr aym utuh 400gr (8tlr)
    Mtg 100gr (dilelehkan,pake Blueband aza udh harum bgt)
    Cr buat:Cmpr smua bhn, kecuali mtg dgn kcptn tinggi kurleb 7 menit(trgtng mixr), tmbhkn mtg cair aduk perlahan. Tuang di loyang 30x30x3cm.
    hasilnya lembut bgt loh mba boleh dicoba…cari tau trnyta Krn Quick’75 (pelembut+pengembang,semacam TBM),sy dpt ini rsep dr kursus lsg dr PT Zeelandia (spesial produksi pelembut)gk hrs kng tlrnya dibanyakin. Mulai sejak itu bolu appn yg mggunakan TBM aku ganti dgn Quick’75..hslny 2 kali lipat. Maap ya bkn iklan nih..hny skdr info…smoga bermanfaat. salam manis utk semua pecinta BAKING !!!

    • cakefever 22/05/2010 at 20:2820 Reply

      Halow Erlin, makasiy utk resep dan infonya yah. Waah info ini berguna sekali terutama utk bikin kue yang mau dijual. Meminimalisir kegagalan dan bahan kue tetapi hasilnya tetap lembut ๐Ÿ™‚

    • mina.lim 25/05/2010 at 19:4601 Reply

      mbal Erlin boleh tau gak Quick ’75 itu apa ya?? soalnya blm pernah denger.. thanks… ^^

      • cakefever 26/08/2012 at 09:3306 Reply

        Quick 75 itu semacamnya emulsifier Min…

  • mina.lim 16/05/2010 at 13:0011 Reply

    wahhh mbak…… resep bolu gulung ini mantap banget… sejarahnya wa biasanya bikin bolu sering gagal.. berkat resep dan arahan disini .. bolu gulung bikinan saya jd mantap banget… senang sekali.. thanks ya mbak resepnya… ^^v

    • cakefever 17/05/2010 at 01:4215 Reply

      wah aku ikut senang nih. Mau tanya Wa, bolgulmu sempat ada yg nginap sampai besoknya gak? Kalo ada, apakah permukaannya jadi berminyak atau tetap kering?

      • mina.lim 18/05/2010 at 19:4754 Reply

        oh iya.. sempat inap sampe bsk ar.. tinggal 2 potong. agak berminyak dikit sih.. tp gak terlalu jg mbak…cuma mbak waktu bikin resepnya wa ganti dikit butter sama margarinnya ukurannya wa balek. jd butternya cuma 25 gr, margarin wa kasih 100 gr.. gitu mbak…karna setau wa kalo kebanyakan butter cake terlalu berminyak.

        • cakefever 21/05/2010 at 19:3726 Reply

          owh oke… aku ntar coba kalau diganti margarin deh. Soalnya pas aku bikin, jadinya lembut enak dan manyus… tapi pas menginap, besoknya udah berminyak gitu. Rasanya tetap enak, tapi berminyak. Kalo lihat bolu gulung buatan toko gitu kan gak berminyak walaupun sudah menginap …

          • mina.lim 21/05/2010 at 19:5619

            hehehe.. iya… ini hasilnya kuenya lembut seperti kapas terus besoknya gak terlalu berminyak kok.. masik ok tuh bolu.. selamat mencoba.. he he he ๐Ÿ˜›

  • icha 11/02/2010 at 16:1414 Reply

    mba’aku mau tanya di resep mba’ada pemakaian butter dan margarine yang di maksud butter itu seperti blue band dan margarine itu seperti wisman ya mba?terima kasih mba’

    • cakefever 12/02/2010 at 05:4806 Reply

      Terbalik, Icha. Butter itu adalah mentega, kalau sebut merek itu wysman, orchid, anchor, hollman. Sedangkan margarin itu sebangsanya Blue Band, Forvita.

  • t i t i k 17/01/2010 at 11:0819 Reply

    mba maaf…mw tanya itu resepnya apa memang gak perlu diberi pengembang kayak SP ato semacamnya y…? truz Baking Powderny 1 gram cukup y mba ? mksh banyak buat resepnya y mba….

    • cakefever 18/01/2010 at 10:3412 Reply

      @Titik, aku ndak pernah pakai emulsifier untuk membuat kue-kueku. Yang penting telurnya harus segar, insya Allah kue tetap sukses. Ciri-ciri telur yang segar, bulatan kuning telurnya masih utuh dan tidak byar sama sekali. Baking powder 1 gram cukup kok. Kalo kebanyakan nanti cake-nya terlalu ngembang, dan akhirnya kempes lagi.

  • funky fun-T mimi allegra 13/01/2010 at 20:5917 Reply

    iyah, dunia perbakingan memang kecil, apalage kalo by inet hehehe… ๐Ÿ˜€

  • funky fun-T mimi allegra 13/01/2010 at 15:4640 Reply

    cantiknya mbaa…. pasti lembut nan maknyosshhhh yah rasanya….

    eh, ada sistaku, auntie desri dari soreaaaaangggggg… ๐Ÿ˜€

    • cakefever 13/01/2010 at 16:5031 Reply

      Owwhโ€ฆ Mimi kenal Desri tooh? Dunia memang kecil yaaโ€ฆ hihihi โ€ฆ

  • Desri Susilawani 07/01/2010 at 12:2734 Reply

    masih ragu tuk nyoba bikin bolu gulung…

    • cakefever 07/01/2010 at 14:5640 Reply

      Bolu gulung gampang buatnya kok … nanti gulungnya pakai serbet bersih aja supaya kulitnya gak lengket, yaa.

  • ida 11/11/2009 at 09:0136 Reply

    gak salah tuh mbak…masa gula pasir cuma 12 gram sih….apa gak berasa asin tuh bolgul????

    • cakefever 11/11/2009 at 09:3525 Reply

      walaah… lieur aku-nya! Seharusnya gulanya 125 gram ya… Makasih Ida udah dikasih tau … aku perbaiki ya resepnya …

  • Imelhut 10/11/2009 at 07:0715 Reply

    wah..bersyukur bgt ada blog ini. bisa bantu kita2 yang newbie jg dalam hal baking. Makasih ya mbak fero ๐Ÿ˜€ smangat terus ya update content-nya. Btw bolu miranti nya udah jadi dicicipin? klo belum, ntar klo pulang ke medan aq bawain..

    • cakefever 10/11/2009 at 07:0919 Reply

      Sampai sekarang masih belum tuh Mel โ€ฆ asik! mau dibawain bolu gulung asli Meranti โ€ฆ cihuii!

Leave a Comment

%d bloggers like this: