Friday, September 30

Review 5 Dimsum Mie Gacoan Terenak, Mana Favoritmu?

Sejak viral akhir tahun 2021, Mie Gacoan menjadi salah satu brand makanan paling disukai di Indonesia. Walau cabangnya belum ada di berbagai kota (termasuk di Jakarta), kelezatan mie dan dimsum Gacoan sering jadi bahasan viral di Twitter, Tiktok, dan Instagram.

Sebagai arek Malang, saya beruntung banget karena Malang jadi kota dengan cabang Mie Gacoan terbanyak. Totalnya ada 5, tapi saya nggak pernah berani dine in karena di manapun antrenya tetap super panjang.

Salah satu cabang Mie Gacoan di Jogja sempat bentrok, saking ramainya (dari berbagai sumber)
Salah satu cabang Mie Gacoan di Jogja sempat bentrok, saking ramainya (dari berbagai sumber)

Cake itu nggak harus selalu manis kan? Dalam bahasan ini, saya mau bahas aneka dimsum gurih super lezat karya Mie Gacoan.

Pas saya bilang gurih, dimsum Gacoan nggak main-main gurihnya. Apalagi dicolek ke saus khas Gacoan yang sampe sekarang resepnya masih misteri. Mantap!

Hmm…cuma nulis aja udah bikin ngiler. Yap, tapi gajian masih lama. Sambil menunggu cair (atau nunggu cabang Mie Gacoan buka di kotamu, semoga saja), ini dia ranking dimsum Gacoan terenak versi saya.

 

Peringkat Dimsum Gacoan Terlezat, Tergurih, dan Termaknyus

Review dimsum gacoan terenak (sumber: @mie.gacoan di Instagram)
Menu lengkap Mie Gacoan yang diburu banyak orang (sumber: @mie.gacoan di Instagram)

Sebagai informasi, ranking di bawah ini tidak berarti yang ada di rank terbawah nggak enak. Sama sekali tidak! Jujur saja, saya bingung menyusun peringkatnya. Soalnya dimsum Gacoan semuanya enak.

Baca Juga:  Cara Bikin Kakiage (Bakwan Sayur) Ala Marugame Udon Tapi Low Budget

Sudah penasaran dengan lezatnya dimsum Mie Gacoan? Berikut ulasannya, selamat membaca.

#5 Pangsit Goreng

Pangsit goreng (sumber: MieGacoan.com)
Pangsit goreng (sumber: MieGacoan.com)

Peringkat dimsum terenak kelima jatuh ke pangsit goreng. Sebenarnya, menu ini favorit saya nomor #1. Tapi, orang-orang di sekitar saya nggak terlalu suka. Jadi mungkin selera saya yang agak nyeleneh, ya?

Anyway, isian pangsit goreng Gacoan terbuat dari campuran ayam, tepung, dan bumbu kaldu. Meski bahannya campuran, rasa isian pangsit goreng ini terasa seperti ayam cincang murni.

Saat beli mie Gacoan, mie yang kamu dapat sudah sepaket dengan 2 pangsit goreng besar. Kalau mau beli khusus, harga paket pangsit goreng Gacoan isi 5 sekitar Rp10.000 (dine-in/takeaway sendiri) – Rp14.000 (di aplikasi online delivery).

 

#4 Lumpia Udang

Lumpia udang gacoan (sumber: MieGacoan.com)
Lumpia udang (sumber: MieGacoan.com)

Lumpia udang ada di peringkat keempat dimsum Gacoan terlezat. Menu ini tersusun dari mayonaise campur saus dan udang cincang yang dibalut kulit lumpia tipis. Kombinasi ini membuat lumpia udang Gacoan terasa asam, manis, dan gurih sekaligus.

Jujur, saya nggak terlalu suka lumpia udang, karena kulitnya terlalu tipis. Selain itu kalau digigit, saus yang ada di dalamnya langsung meluber keluar. Jadi, siap-siap tisu ya saat mau makan dimsum satu ini!

Baca Juga:  Cara Bikin Kakiage (Bakwan Sayur) Ala Marugame Udon Tapi Low Budget

Harga paket lumpia udang isi 3 sekitar Rp9.000 – Rp13.500.

 

#3 Udang Rambutan

Udang rambutan gacoan (sumber: MieGacoan.com)
Udang rambutan (sumber: MieGacoan.com)

Ada pergolakan batin saat saya menaruh udang rambutan di posisi #3 dimsum Gacoan terenak. Garing kriuk irisan kulit pangsit di bagian luar dan lembutnya adonan udang di dalam membuat menu ini susah dilupakan. Apalagi dicocol saus Gacoan, duh makin nikmat!

Sayangnya, selain dari segi rasa, udang rambutan ini susah saya lupakan karena hal lain.

Dulu pas pertama Mie Gacoan hype, saya kebanyakan makan udang rambutan. Gara-gara terlalu antusias mengunyah kulit pangsitnya yang garing dan panjang-panjang, saya akhirnya kena sariawan.

Harga paket udang rambutan isi 3 sama seperti lumpia, yaitu Rp9.000 – Rp13.500.

 

#2 Siomay

Siomay (sumber: MieGacoan.com)
Siomay (sumber: MieGacoan.com)

Ada banyak pedagang siomay bertebaran, tapi menurut saya, siomay terenak #1 tetap siomay-nya Mie Gacoan.

Dimsum siomay Gacoan sebenarnya terbuat dari bahan siomay pada umumnya, yaitu daging dan kulit pangsit yang dikukus. Tapi, campuran ayam dan udang serta bumbu khas Gacoan membuat menu ini rasanya enak banget. Apalagi siomay-nya sangat empuk.

Dalam satu sajian, siomay Gacoan isinya 3 biji. Sementara itu, range harganya sama seperti lumpia udang dan udang rambutan.

 

#1 Udang Keju

Udang keju, dimsum Gacoan terlezat (sumber: MieGacoan.com)
Udang keju, dimsum Gacoan terlezat (sumber: MieGacoan.com)

Akhirnya kita sampai di peringkat #1 dimsum Mie Gacoan terlezat, tergurih, dan termakyus, yaitu udang keju.

Baca Juga:  Cara Bikin Kakiage (Bakwan Sayur) Ala Marugame Udon Tapi Low Budget

Dimsum ini adalah menu wajib yang harus kamu pesan di cabang Mie Gacoan terdekat. Nggak seperti lumpia udang atau udang rambutan yang udangnya jadi filling alias isian, udang di menu udang keju ini jadi luarannya.

Saat menggigit bagian luar, kamu akan disambut dengan lembut dan gurihnya adonan udang. Kemudian disusul dengan isian keju yang meleleh keluar. Perpaduan rasa ini akan membuatmu susah move on dari udang kejunya Gacoan.

Selain itu, ukuran udang keju juga lebih besar dari siomay, udang rambutan, atau lumpia udang (tapi lebih kecil dari pangsit goreng). Harganya Rp9.000 – Rp13.500 berisi 3 biji per paket.

 

Hmmm…perut jadi keroncongan nih! Sekian dulu review dimsum Gacoan kali ini. Buat kamu yang di daerah domisili belum ada Mie Gacoan, sabar ya. Mudah-mudahan boss-nya Gacoan cepat buka cabang di tempatmu, biar nggak ngiler terus! 

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^