Tuesday, August 9

10 Street Food Korea Paling Populer, Dijamin Bikin Ngiler!

Korea merupakan negara yang memiliki berbagai makanan yang khas. Mulai dari makanan tradisional hingga jajanan street food sangat banyak ditampilkan di drama-drama Korea yang terkadang membuat penonton ngiler. Bagi kamu yang penasaran dengan jajanan street food Korea yang paling populer, yuk mari kita bahas. 

1. Tteokbokki

tteokbokki
Tteokbokki (Sumber: Pixabay)

Street food Korea yang paling terkenal adalah tteokbokki. Jajanan Korea yang satu ini sangat banyak ditampilkan di hampir setiap drama Korea. Tteokbokki merupakan hidangan yang terbuat dari tepung beras dan dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas manis. Tekstur tteokbokki sangat kenyal dan unik ketika dimakan. Bagi yang tertarik mencoba tteokbokki tidak perlu pergi ke Korea kok, saat ini tteokbokki sudah banyak dijual di Indonesia. Tertarik mencoba?

 

2. Bungeoppang

Bungeoppang
Bungeoppang merupakan jajanan Korea yang dianggap membawa keberuntungan (Sumber: Unsplash)

Kue ikan dengan isian adonan kacang merah manis ini sangat populer di Korea. K-drama lovers pasti sering melihat makanan yang satu ini ada di banyak drama Korea. Di Korea sendiri, bungeoppang dipercaya dapat melambangkan keberuntungan. Oh ya, isian dari bungeoppang saat ini sangat beragam loh bahkan ada yang berisi es krim juga. Unik banget deh pokoknya!

 

3. Odeng

Odeng
Odeng (Sumber: Pixabay)

Pecinta makanan ikan pasti akan suka dengan odeng. Odeng terbuat dari daging ikan giling sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan tepung beras, gula, garam, dan arak beras. Tesktur dari makanan ini agar sedikit kenyal dan terasa sangat gurih. Odeng biasanya disajikan menggunakan tusukan babu panjang ditemani dengan kuah yang segar. Soal kenikmatan tentunya tidak perlu diragukan, enak banget. Makanan ini wajib banget K-drama Lovers cobain!

Baca Juga:  5 Perbedaan Waffle dan Pancake

4. Kimbab

Kimbab
Kimbab (Sumber: Pixabay)

Jajanan street food Korea yang paling populer selanjutnya adalah kimbab. Makanan yang satu ini sangat kaya akan gizi. Terbuat dari nasi, daging, serta sayuran yang digulung dengan rumput laut kering. Rasa khas makanan ini terdapat pada nasi yang dibumbui dengan garam dan minyak wijen, isinya pun sangat beragam ada ikan, daging kepiting, kimchi, dan keju. 

Selain menjadi makanan street food Korea, kimbab juga dapat dijadikan makan siang. Sayuran menjadi kenikmatan utama pada kimbab membuat makanan ini memiliki nilai gizi yang lengkap sekaligus nikmat. 

 

5. Sundae

Sundae atau sosis darah (Sumber: Wikipedia)
Sundae atau sosis darah (Sumber: Wikipedia)

Hidangan populer unik dari street food Korea adalah sundae. Makanan ini tergolong agak berbeda dengan makanan street food biasanya, isi dari sundae adalah usus sapi atau daging babi. Biasanya sundae diisi dengan biji-bijian, darah babi, dan bihun.  Sundae termasuk ke dalam varian sosis darah dengan rasa yang unik. Tertarik mencicipi hidangan tidak biasa yang satu ini? 

 

6. Hweori Gamja

Hweori Gamja
Hweori Gamja atau kentang tornado (Sumber: Pixabay)

Jajanan street food Korea paling terkenal adalah hweori gamja. Arti dari hweori gamja adalah “kentang tornado”. Terbuat dari kentang yang dipotong berbentuk spiral, hweori gamja akan menggugah selera siapapun yang melihatnya. Jika sedang berjalan-jalan ke Korea, hweori gamja dapat ditemukan di banyak kawasan street food Korea seperti Dongdaemun, Myeongdong, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Review 5 Dimsum Mie Gacoan Terenak, Mana Favoritmu?

 

7. Twigim

Twigim
Twigim (Sumber: Pixabay)

Siapa nih yang suka banget sama makanan gorengan? Jajanan street food Korea juga punya jajanan gorengan loh. Twigim merupakan jajanan street food Korea yang tergolong sangat sederhana, terdiri dari telur, udang, cumi, bakso, hingga sayuran yang dibalur tepung lalu digoreng. Biasanya orang Korea memakan twigim ditemani dengan kecap asing atau saus tteokbokki. Twigim adalah jajanan yang wajib kalian coba!

 

8. Bbopki

Bbopki
Bbopki (Sumber: Reuters/Heo Ran)

Pernah menonton Squid Game? Mungkin jajanan bbopki yang satu ini sudah cukup familiar. Bbopki merupakan jajanan asal Korea yang terbuat dari larutan gula dan baking soda. Rasanya seperti gulali ataupun permen dengan variasi bentuk dasar seperti bulat yang ditengah bentuknya terdapat berbagai bentuk atau gambar. 

 

9. Tokkebi Hot Dog

Tokkebi Hot Dog
Tokkebi Hot Dog (Sumber: Grid)

Kdrama lovers yang menonton Startup pasti familiar banget dengan tokkebi hot dog karena ada diberbagai drama Korea. Rasa dari tokkebi hot dog ini sekilas mirip corn dog, bedanya tokkebi hot dog tidak dibalur dengan namun dengan potongan kentang goreng. Rasanya enak banget jika dipadukan dengan mayonaise. Siapapun wajib mencoba jajanan Korea yang satu ini!

Baca Juga:  Asal Usul Cupcake, Kue Mungil Nan Cantik

 

10. Gyeran Bbbang

Gyeran Bbbang
Gyeran Bbbang (Sumber: Wikimedia)

Nama gyeran bbang memiliki arti roti telur. Makanan unik ini terbuat dari lauk pauk yang dicampurkan untuk adonan pastry dan bakery. Cita rasa gurih dari telur akan berpadu dengan manis dan lembut roti. Untuk sajiannya sendiri, gyeran bbang dapat ditambahkan dengan bahan-bahan lain selain telur seperti irisan daging , keju,  saus tomat. 

Itu tadi daftar jajanan street food Korea paling populer yang bikin ngiler. Korea memang terkenal dengan makanannya yang khas dan beragam. Bagi pecinta makanan, mencicipi jajanan street food Korea sangat wajib untuk dicoba. Selamat mencoba!

A communication student who likes talking and writing.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^