Wednesday, August 17

2 Resep Patbingsu, Es Serut Korea yang Nikmatnya Kebangetan

Saat cuaca panas, tentunya kita selalu mencari-cari hidangan dingin yang mungkin bisa melegakan. Salah satu sajian ikonik yang selalu kita cari saat cuaca sedang panas adalah es serut. Tapi, apa jadinya kalau kita menyantap es serut Korea dengan berbagai macam topping buah dan es krim di atasnya? Yum! Cakefever punya beberapa resep cara membuat es serut Korea untuk kamu nih, teman-teman setia Cakefever. Check this out!

Patbingsu, Es Serut Korea Segar dan Hits di Kalangan Muda

Mungkin teman-teman setia Cakefever ada yang masih belum tahu apa itu Bingsu. Bingsoo atau Bingsu adalah es serut Korea yang umumnya memadukan serutan es batu lembut dengan potongan buah, es krim, serta topping menarik lainnya. Bingsu sendiri memiliki banyak jenis, beberapa diantaranya adalah Injeolmi Bingsu dan Mango Patbingsu. 

Tapi, karena Injeolmi (semacam rice cake manis sih, setahuku) nggak banyak tersedia di Indonesia, jadi juga nggak banyak orang yang tahu tentang jenis bingsu yang satu ini. Bingsu adalah salah satu jajanan khas Korea yang juga banyak digandrungi kawula muda, lho. Hal ini ditandai dengan mulai banyaknya restoran khas di Indonesia yang menyediakan Patbingsu pada menunya.

Baca Juga:  Resep Brownies Panggang Hanya dengan Putih Telur

2 Resep Es Serut Korea Mudah Dibuat untuk Teman Santaimu

Sudah bosan dengan sajian es serut yang gitu-gitu aja? Kamu boleh banget buat coba bikin Bingsu sendiri di rumah, lho. Berbekal beberapa potong es batu yang kamu serut, ditambah dengan beberapa topping tambahan saja sudah bisa memberikanmu sajian menarik berupa es serut Korea. Penasaran gimana aja sih, cara membuat es serut korea? Yuk, intip resepnya di bawah ini!

1. Resep Patbingsu Sederhana Pakai

Resep Patbingsu Pakai Es Krim (sumber: @a.hyojun on Instagram)
Resep Patbingsu Pakai Es Krim (sumber: @a.hyojun on Instagram)

Umumnya, Patbingsu, atau Bingsu adalah sajian yang memadukan es serut, potongan buah segar, dan berbagai topping milky lainnya. Kali ini aku coba pakai es krim untuk dicampurkan ke atas Bingsunya nanti. Patbingsu adalah sajian yang nggak susah untuk dibuat, kamu cukup ikuti resepnya di bawah ini.

Bahan: 

  • 200 gram es batu
  • 50 gram buah-buahan (aku pakai buah kaleng)
  • 30 gram kacang merah
  • ¼ gelas putih (kalau suka boleh diganti pakai yang coklat)
  • ¼ gelas susu cair full cream/plain
  • 30 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Es krim (Sesuai selera, di sini aku pakai es krim biasa yang ada stiknya)

Cara Membuat Bingsu:

  • Pertama, kita bikin olahan kacang merahnya dulu. Rebus kacang merah ke dalam air (airnya agak banyak) sampai mendidih. Kalau kacangnya sudah lunak, masukkan gula pasir dan sedikit garam, kemudian masak lagi sampai airnya habis.
  • Next, kita giling es batunya terlebih dahulu. Karena aku nggak punya mesin serut es batu, aku pakai blender. Hasilnya nggak jauh beda tapi memang lebih lembut kalau pakai mesin serut. 
  • Siapkan mangkuk es, tuang susu cair ke dalam mangkuknya. Kemudian, tambahkan es batu yang sudah digiling halus tadi.
  • Siram es serut di mangkuk tadi dengan susu kental manis. Lalu tambahkan kacang merah, dan buah-buahan, hias sesuai selera.
  • Tambahkan es krim di atas es serut yang sudah dihias tadi, dan Patbingsu sudah siap dinikmati!
Baca Juga:  7 Ide Kreasi Olahan Roti Tawar yang Mudah Dibuat, Lezat & Bergizi

2. Resep Mango Bingsu

Resep Mango Patbingsu (sumber: @ci_house_coffee on Instagram)
Resep Mango Patbingsu (sumber: @ci_house_coffee on Instagram)

Mango Bingsu adalah salah satu jenis Patbingsu yang banyak disukai orang. Memadukan manis-asam-segar buah mangga dengan aneka topping milky lainnya membuat Mango Bingsu menjadi sajian nikmat yang cocok disantap saat cuaca sedang panas. Membuat Mango Bingsu adalah hal yang sama sekali nggak susah, kok. Yuk, ikuyin resepnya di bawah ini!

Bahan: 

  • 2 sachet putih
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 buah mangga (cari yang benar-benar matang dan manis, ya), potong dadu.
  • 2 sdm coklat
  • 4 buah wafer keju (kalau nggak suka wafer keju, bisa diganti rasa lain)
  • Beberapa daun mint
  • 500 ml air

Cara Membuat Bingsu:

  • Campurkan air, susu bubuk, dan susu kental manis. Aduk hingga tercampur rata, kemudian masukkan ke dalam freezer hingga membeku.
  • Kalau campuran susunya sudah beku, keluarkan dari freezer kemudian giling pakai mesin es serut atau blender.
  • Tuangkan es yang sudah diserut ke dalam mangkuk saji. Hiasi dengan potongan buah mangga, wafer keju, coklat, dan daun mint.
  • Mango Bingsu sudah siap disajikan.
Baca Juga:  Resep Cheese Tart a.k.a Blueberry Cheese Cake In A Cup

Bingsu adalah sajian khas Negeri Ginseng, tapi bukan berarti Bingsu adalah sajian yang tak bisa kita buat sendiri di rumah, kan? Ternyata, bikin Bingsu sendiri di rumah sama sekali bukan hal yang sulit. Selain karena cara membuatnya yang sangat mudah, bahan-bahannya juga dapat dengan mudah kamu temukan di toko-toko terdekat. Sekarang, yuk coba share resep Patbingsu ala kamu sendiri di kolom komentar!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^