Tuesday, September 27

Mengenal Gula Kastor & Perbedaannya dengan Gula Halus Biasa

Hola, teman-teman setia Cakefever! Kalian semua yang hobi mantengin artikel-artikel terbaru dari Cakefever tentu saja adalah orang yang cinta banget dengan dunia baking. Bagi kamu yang sudah “pro” dalam membuat kue, tentu kamu juga pasti sudah khatam dengan jenis-jenis gula yang biasa dipakai untuk membuat kue. Salah satu jenis gula yang mungkin sering kita gunakan kalau membuat kue adalah gula kastor.

Meski begitu, kenyataannya masih banyak lho, orang awam yang ternyata menganggap bahwa gula kastor adalah jenis gula yang sama saja dengan gula halus. Aslinya, kedua gula tersebut sama nggak, sih? Nah, kali ini Cakefever akan bahas tentang apa itu gula kastor, perbedaannya dengan gula halus, hingga cara menggunakan gula kastor saat membuat kue. Penarasan? Langsung scroll informasinya berikut ini!

Apa Itu Gula Kastor | @bigdaycorp - Instagram
Apa Itu Gula Kastor | @bigdaycorp – Instagram

Apa Itu Gula Kastor?

Nah, teman-teman setia Cakefever, seberapa banyak dari kalian yang tahu apa itu gula kastor? Yup, gula kastor adalah salah satu jenis gula yang sering banget kita pakai sama baking. Gula kastor biasanya juga disebut dengan Caster Sugar. Sama-sama gula sih, tapi gula kastor adalah gula yang jauh berbeda dari gula pasir. Pada umumnya, gula kastor memiliki tekstur yang jauh lebih halus daripada gula pasir biasa.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu BPDA dan Inilah 3 Rekomendasi Produknya!

Gula kastor sendiri umumnya memiliki dua versi warna, yaitu gula kastor putih dan gula kastor berwarna keemasan. Karena memiliki tekstur yang lebih halus daripada gula pasir biasa, membuat kue menggunakan gula kastor menjadi lebih mudah karena gula akan lebih mudah terserap oleh adonan. Maka dari itu, menggunakan gula kastor adalah hal yang bagus, karena nggak akan bikin permukaan kue berbintik akibat gula yang nggak larut sempurna.

Apa Perbedaan Gula Kastor dan Gula Halus?

Perbedaan Gula Kastor & Gula Halus | @tbkanekatambun - Instagram
Perbedaan Gula Kastor & Gula Halus | @tbkanekatambun – Instagram

Karena memiliki tekstur yang cukup halus, hal ini ternyata membuat banyak orang salah kaprah, lho. Gula kastor adalah jenis gula yang berbeda dengan gula halus. Pada umumnya, gula halus bubuk memiliki komposisi tepung jagung di dalamnya. 

Hal ini tentu berbeda dengan gula kastor yang kandungannya memang 100% dari tebu, sama seperti gula pasir. Hanya saja, gula kastor diproduksi lewat proses penggilingan yang membuatnya jadi lebih halus dibanding gula pasir. 

Gula kastor adalah jenis gula memiliki kandungan yang sama persis dengan gula pasir. Hal ini membuat gula kastor dapat dimanfaatkan untuk membuat banyak hidangan, mulai dari makanan hingga minuman. Berbeda dengan gula halus bubuk, yang hanya bisa digunakan untuk membuat kue, tapi tidak cocok untuk membuat minuman. 

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Edamame & Perbedaannya dengan Kedelai Biasa

Kandungan tepung jagung yang ada dalam gula halus bubuk membuatnya nggak cocok untuk dijadikan bahan minuman. Begitupun gula kastor yang nggak bisa dijadikan bahan icing, gula halus bubuk justru bagus untuk kita jadikan gula icing.

Biasanya, Gula Kastor Bisa Dipakai untuk Apa Saja?

Pemakaian Gula Kastor | @tamarindo_group - Instagram
Pemakaian Gula Kastor | @tamarindo_group – Instagram

Nah, buat kamu yang bertanya-tanya, sebenarnya gula kastor itu bisa dipakai untuk apa saja, sih? Yang pertama, gula kastor bisa kamu jadikan pasir untuk membuat kue. 

Mengganti gula pasir dengan gula kastor untuk membuat kue merupakan ide yang bagus, sebab gula kastor lebih mudah larut dalam adonan, dan membuat permukaan kue buatanmu nggak akan berbintik-bintik seperti saat membuat kue dengan gula pasir biasa.

Gula kastor adalah jenis gula yang cocok banget untuk kamu pakai saat membuat souffle pancake, mousse cake, dan krim kocok. Tekstur gula kastor yang halus membuatnya lebih dapat tercampur dengan putih telur dan krim. 

Selain itu, gula kastor bisa kamu gunakan untuk menambah volume kue buatanmu, seperti cookie dan cake. Namun, jangan gunakan gula kastor untuk membuat dan frosting, ya. Sebab, tekstur gula kastor yang nggak sehalus gula halus bubuk bakal membuat buatanmu agak bergerindil dan terlihat nggak cantik. 

Baca Juga:  Mengenal Matcha, Kembaran Green Tea yang Banyak Manfaatnya

Teman-teman setia Cakefever, itulah tadi beberapa penjelasan tentang gula kastor yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Sudahkah kamu dapat insight baru mengenai bahan kue yang satu ini? Mulai sekarang, jangan sampai salah lagi bedain gula kastor dan gula halus bubuk, ya. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu semua!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^