Tuesday, September 27

Keju Paneer, Keju Homemade dari India yang Kaya Manfaat

Halo teman-teman setia Cakefever! Siapa nih, di antara kalian yang suka banget nonton film-film India? Nggak kalah dengan Korea, India memang menyita banyak perhatian masyarakat Indonesia. Mulai dari lagu-lagu India, drama-drama India, sampai ke kulinernya. Di Indonesia, banyak banget restoran yang menyajikan kuliner-kuliner khas India, seperti Lamb Kofta, Canai, Nasi Biryani, dan lain-lain.

Bicara soal kuliner khas India, kamu wajib tahu kalau di India ada sebuah bahan makanan bernama Paneer. Kamu sendiri, sudah pernah dengar soal apa itu Paneer? Jadi, Paneer adalah salah satu jenis keju yang berasal dari India. Uniknya, Paneer adalah keju yang bisa dibuat sendiri, alias homemade. Selain itu, keju yang satu ini juga punya banyak manfaat, lho. Kepoin aneka informasi tentang keju Paneer di bawah ini, yuk!

Keju Paneer, Keju Homemade dari India

Keju Paneer | @prince_cottage_cheese - Instagram
Keju Paneer | @prince_cottage_cheese – Instagram

Ketika mendengar nama “Paneer”, tentu sebagian dari kita bakalan berpikir kalau Paneer merupakan salah satu yang biasanya bikin gorengan kita lebih crunchy, alias atau tepung roti. Tapi, dalam konteks kali ini, anggapan kamu tentu saja salah ya teman-teman setia Cakefever. Sebab, di sini yang dimaksud dengan Paneer adalah salah satu jenis keju yang berasal dari negeri Shah Rukh Khan, yakni India.

Salah satu keunikan dari keju Paneer adalah kita dapat membuatnya sendiri di rumah, alias homemade. Hal ini tentu membuat keju Paneer berbeda dengan jenis keju lainnya yang susah untuk dibuat sendiri. Bentuk dari keju Paneer sendiri sangat mirip dengan tahu. Keju yang satu ini biasanya juga akrab disebut dengan Keju Cottage, atau Cottage Cheese. Selain itu, jenis keju yang satu ini memiliki banyak kandungan baik seperti vitamin, yang mampu membantu jaga kesehatan tubuh kamu.

Baca Juga:  Mengenal Matcha, Kembaran Green Tea yang Banyak Manfaatnya

Aneka Manfaat Keju Paneer 

Manfaat Keju Paneer | @prince_cottage_cheese - Instagram
Manfaat Keju Paneer | @prince_cottage_cheese – Instagram

Meskipun Paneer adalah keju homemade, kandungan gizinya tentu nggak kalah dengan keju-keju premium yang nggak bisa kita buat sendiri. Bagi kamu yang penasaran tentang apa saja manfaat baik keju Paneer, berikut ini ulasannya. Check this out!

1. Kaya Protein

Seperti proses pembuatan keju pada umumnya, pembuatan Paneer memerlukan susu sapi sebagai bahan utamanya. Nah, karena mengandung susu sapi, nggak heran kalau jenis keju ala India yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi. 

Perlu kamu ketahui bahwa setiap 100 gram Paneer mengandung sekitar 11 gram protein. Mengonsumsi Paneer juga bagus banget buat kamu yang vegetarian, karena kamu tetap bisa mendapatkan protein yang berasal dari selain daging.

2. Menstabilkan Gula Darah

Hayo, di sini siapa yang suka punya masalah dengan kadar gula darah? Mengonsumsi Cottage alias Paneer bisa membantu kamu untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Sebab, keju ala India yang satu ini memiliki kandungan magnesium dan protein, yang bisa membantu tubuhmu untuk mencegah lonjakan gula darah. Selain itu, fungsi jantung dan kekebalan tubuhmu bisa terjaga lebih baik dengan adanya kandungan ini.

Baca Juga:  Aneka Manfaat Barley & Cara Memasaknya Sampai Bisa Dinikmati

3. Memperkuat Gigi dan Tulang

Mengonsumsi Cottage dapat memperkuat gigi dan tulang, kok bisa? Ya bisa, dong! Sebab keju yang satu ini memiliki kandungan kalsium yang mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi kamu. 

Bahkan, kandungan kalsium yang ada pada Cottage ini 8% lebih banyak dibanding kandungan kalsium yang direkomendasikan setiap harinya. Nggak hanya itu, fungsi saraf dan kekuatan otot jantung kamu juga akan lebih baik dengan kandungan kalsium dalam keju ini.

4. Bagus untuk Ibu Hamil

Siapa yang lagi ngidam terus lagi pengen makan hidangan yang mengandung keju? Better coba konsumsi keju Paneer dari India ini, deh. 

Keju yang satu ini bagus banget untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena fosfor dan protein adalah dua zat yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, mengonsumsi keju Paneer bagi ibu hamil dapat menjadi alternatif mengonsumsi susu kehamilan.

5. Mencegah Kanker Payudara

Siapa sangka bahwa keju homemade ala India yang satu ini mampu membantu mencegah kanker payudara. Kandungan kalsium dan Vitamin D yang ada pada Paneer dapat membantu kita untuk menghindari risiko kanker payudara, lho. 

Baca Juga:  Mengenal Gula Kastor & Perbedaannya dengan Gula Halus Biasa

Karena memiliki manfaat untuk mencegah kanker payudara, mengonsumsi Paneer sangat baik untuk wanita yang sudah mendekati masa-masa menopause. 

Teman-teman setia Cakefever, itulah tadi beberapa penjelasan tentang Paneer, keju homemade ala India yang bisa Cakefever sajikan kali ini. Nggak kalah dengan keju-keju premium, keju homemade seperti Paneer pun ternyata memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita. Semoga artikel Cakefever kali ini dapat menjadi insight baru buat kamu, ya!

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^