Wednesday, December 7

Membuat Es Krim Sendiri Menggunakan Ice Cream Maker

Suatu pagi saat menuju ke kantor, terlihatlah olehku spanduk Midnight Sale Ace Hardware yang menggiurkan.

Dan tentunya aku tak melewatkan acara gelar diskon Ace Hardware yang kebetulan hanya beberapa puluh langkah dari lokasi kantorku berada.

Hasil dari berburu Midnight Sale adalah Mesin Pembuat idaman! Yak, idaman soalnya harganya murah gak sampe 400 rb dan didiskon pulak!

Okeh, sampe di rumah, langsung bongkar-bongkar buku resep untuk membuat es krim idaman dan pilihan langsung jatuh pada Rich Ice Cream dari seri buku Primarasa!

Ingredients:

300 ml susu cair full cream
1/2 sdt esens vanili (aku pakai vanila extract)
30 gram coklat bubuk
6 kuning telur
175 gram gula pasir
600 ml krim kental (aku pakai whipped cream dairy cair)
250 gram dark cooking chocolate, cincang kasar

Cara Membuat:


Jerang susu cair dan esense vanili dalam panci dengan api kecil. Ambil sekitar 50 ml susu untuk dicampur dengan coklat bubuk, aduk sampai coklat bubuknya larut, lalu tuangkan ke dalam panci susu. Masak sambil diaduk hingga mendidi perlahan, angkat.

Kocok kuning telur bersama gula pasir dengan mikser kecepatan sedang selama 3 menit (tergantung mikser masing-masing ya) sampai mengental dan berwarna pucat.

Tuang larutan susu-coklat ke dalam kocokan kuning telur yang telah mengental, adu dengan spatula/whisk hingga rata. masukkan kembali campuran ini kedalam panci bekas merebus susu, jerang di atas api kecil selama 3-4 menit hingga adonan mengental (jangan sampai mendidih)

Masak krim kental di panci dengan api kecil. Ketika sudah timbul gelembung-gelembung kecil, masukkan dcc cincang. Angkat pancinya lalu aduk hingga seluruh coklat meleleh dan adonan terlihat licin.

Masukkan adonan susu-telur ke dalam adonan krim-coklat, aduk rata. Biarkan hingga dingin.

Selesai fase ini, aku langsung memasukkan adonan ke ice cream maker dan diaduk-aduk sampai 1 jam sebelum akhirnya menjadi es krim.

Untuk yang belum punya ice cream maker, maka masukkan adonan dalam freezer kira-kira sampai 3 jam, keluarkan lalu kocok dengan mixer sampai lembut selama 5 menit. Ulangi proses ini sampai 3-4 kali hingga diperoleh adonan yang lembut.

Hasil dari resep ini adalah es krim coklat yang lembuuut banget!

Sudah Baca Yang Ini?

65 Comments

    • ice cream makernya yang sederhana, yang bowlnya harus disimpan dulu di freezer 12 jam sebelum di pakai mengaduk adonan es krim …

  • nadya

    malam mba ,mau tanya pas buat chocolate ice cream pakai whipping cream merk apa ya ? mba kalo heavy cream dijakarta bs dibeli dimana ya ,sy sudah cari di kemchick ,ranchmarket mereka tidak jual heavy cream . makasi mba

  • frenky

    maaf sebelumnya saya tertarik ingin membuat es krim sendiri soalnya anak saya klu jajan eskrim udah kelewatan jadi kantong ortunya bisa bolong. klu bisa kirim soft filenya lewat email …please soalnya bener2 ingin mencoba resep mbak!

  • numpang tanya nih, aku di sekolah kan ada tugas buat hasil olahan tape ketan, nah rencananya mau buat es krim tape kentan rasa pandan, kira-kira bisa nggak ya, dan kira – kira juga gimana ya cara buatnya?

    di cara pembuatannya cakefever kan nggak disebutkan pakai santan, tapi sewaktu baca referensi lain, itu pakai santan, enaknya pakai santan nggak ya?

    • Hai Hal … Es krim tape ketan rasa pandan … hmmm blum pernah bikin. Sudah punya resepnya, Hal?

      Kalau resep ini, susu dan santan bisa menggantikan. Rasanya yang pasti akan berbeda. Dan kalau cuma pakai santan saja, rasanya kayak es puter gitu.

  • hera

    Hola mbak..salam kenal..kalo pembuatan ice creamnya pake mixer biasa (sjenis blender gtu) bisa kan ya..ato emg hrs pke mixer khusus..mksh ya

  • Mba Fero, itu kira-kira es krim nya tahan berapa lama ya ? misal di simpan di dalam frezzer.. dan jika di bawa ke outdoor misal buat acara piknik gitu bisa pakai apa ya biar tahan seharian ?? terima kasih

    • kalau dibekukan, tahannya lumayan lama kok … klo mau dikeluarkan dari freezer supaya tahan ini pun gak lama-lama amat sih .. pakai dry ice … Beli dry ice dimana? aku gak tau 😀 Aku tau pakai dry ice karena kalau beli es krim di gerai Baskin Robbins atau Hagendaaz, dikasih dry ice gitu supaya gak cepat cair eskrimnya …

  • Eka

    Makasi resepnya, nyontek ya. Klo ga pake vanila extract gapapa kan. Soalnya yang saya tahu vanila extract haram (buat muslim), karena kadar alkoholnya tinggi.

    • Gak pake vanilla extract gpp. Kalo gak nemu vanilla extract yang tidak mengandung alkohol, bisa juga pakai vanilla bean. Tapi ini lebih susah nyarinya, kalo dapet wah mantep banget vanillanya ..

  • ainun meutya

    Em …, enak banget, MANTAP deh pokoknya.
    Tanks ya resepnya, enak banget hasilnya, pokoknya MUANTAP, TAP,TAP deh!!!

  • ainun meutya

    Makasih ya …, resepnya, setelah aku baca resepnya, truz aku buat, hasilnya enak, nggak kalah juga buatan es krim yang pakek mesin. Tnks ya!!!

  • Dear mba Fero,
    makasih banyak ya resep-resep dan tips-tips nya, jempolan deh!!!!

    mba, mau tanya kalau bikin es krimnya vanilla cookies apa bisa pake resep ini? coklat bubuk dan dcc nya di take out trus diganti apa?

  • Christine

    Mbak, mau tanya, jd cream kental di resep kan mbak pake whip cream ya, itu whip cream nya gak usah dikocok lagi ya, langsung dimasak aja?
    Maklum mbak, masih baru belajar hehehhe

    Thanks ya

    • Pas dimasak, whipcreamnya gak usah dikocok. Nanti setelah dicampur semua bahan, semuanya akan diaduk-aduk di es krim maker nantinya mengembang dan creamy. Atau klo pake mixer, dikocok pake mixer.

  • shirley

    Sis,saya udah nyoba non dairy cream plus susu bubuk utk subtitute dairy cream. Hasiinya tetap aja ngga seenak pake dairy cream. Dulu lagi sy blm puny mesin es krim,sy bikinny pk mixer. Kala it kebetulan ada yg jual dairy cream di kota sy. Walau cm pk mixer tp hslny uenak pol! Serasa mkn es krim mahal,suer! Tp sjk puny mesin es krim, malah dah ga jual dairy cream. Ktny ngga laku. Hiks… Jd bt yg suka bikin es krim dgn rasa yg nendang,jgn skali2 dignt ma non dairy ya. Rasany akan beda.

    • Iya memang non-dairy itu rasanya kurang nendang … untuk es krim memang masih juaranya dairy cream, terutama bagi yang memang menyukai rasa susu yang gurih 🙂

  • Rizka

    Mb, ini ice cream maker-nya merk Kris/Krisbow kan? Memang ngaduknya 1 jam ya? Makasih sebelumnya ^^

  • shirley

    Mbak, ini es krim nya setelah lama ditaro kulkas mengeras ngga mba? Saya kok klo bikin es krim lama disimpan di freezer, jadi keras, susah di scoop, jd harus ditaro di luar bentar biar rada lunak en bs di scoop. Minta tips nya ya spy bs tetap smooth klo discoop. Oy,hasilnya lembut selembut haagen dazs ato baskin ngga mba? Thnx

    • ini beda tekstur dgn baskin atau hagendasz. Es krim klo lama2 di dalam freezer memang jadinya rada keras, agak susah di-scoop … Aku pernah simpan Cold Stone, Hagendaz, Baskin Robbins dan Bens Jerru dalam freezer, pas dikeluarin jadinya keras banget.

      Klo resep ini, begitu juga siy … Klo sampe gak keras, mungkin freezernya sudah tidak terlalu dingin …

      Hasilnya lembut menurutku ya .. gak kalah tekstur sama baskin. Tapi memang tidak se-creamy Cold Stone.

  • epoik

    Mba, kalo pake ice maker musti beberapa kali keluar masuk kulkas utk diaduk ngga ya? Atau sekali aduk langsung jadi? Trus terakhir dimasukkan kulkas? Jelasin ya mba 🙂

    • Es krim Maker sederhana yang aku punya itu, bowlnya harus disimpan di freezer dulu sekitar 8-12 jam sehingga dingin. Lalu saat proses aduknya, gak perlu dikeluar-masukkan ke kulkas lagi, cukup diaduk-aduk terus di ice cream maker itu sampe lembut dan creamy.

    • Aku belum pernah memodifikasi resep ini Yul. Pada dasarnya es krim bisa dibuat tanpa telur, hanya pakai whipcream saja dan susu, diaduk hingga creamy. Tapi tentu akan ada perbedaan tekstur dan rasa.

  • sarah

    emang di ace hardware ada mesin es krim 400 rb an? yg merek apa boss? kebetulan ane juga hobi es krim. tp mesin es krim yg ane liat 2 Jt ke atas semua.

  • nophi

    Heavy cream itu yg kayak gimana sih mba lah klo pakai whipecream boleh ndak yg bubuk trus utk ukurnny apa sama dg resep yg diatas cuman kuning telurny ndak dipakai sorry masih binggung

    • Heavy cream bisa pakai whipcream cair… klo whipcream bubuk gak pernah coba. Ukurannya buat satu banding satu aja … 100cc susu berarti 100cc whipcream. Untuk gulanya, kamu kira2 saja manisnya seberapa … jadi dicampur dulu, trus kamu kasih gula, aduk, cobain.. klo kurang manis tambahin …

  • nophi

    ass.wr.wb. mba nanya klo resepny ice cream yg ndak gunakn kuning telur punya ndak? Help me 🙂

    • Klo gak pake kuning telur, bisa coba bikin campuran antara heavy cream atau whipcream dan susu full cream/skim … dikocok sampai mengembang …klo mau dikasih coklat, bisa dikasih coklat bubuk atau klo aku biasanya campurin dcc leleh 😀

  • Yulia Dewi

    Mbak, mau tny nih, itu kocok kuning telurnya sampai mengental itu mksdnya sampai ngembang gtu ya? Maaf newbie dalam hal masak-memasak ni. 😀 makasi yaa.. Salaam kenaaal 🙂

  • sore mba fero… mw tny nieh,, klo buat cupcake emang adonanya kentel bnget yo??? trus aq tu sempet ga2l pas hasilnya gk mw ngembang k atas gt,mbak. dmn salahnya ya// adonanya pa panas ovenya??? (btw,oven tankring mba) thx yo mba…

  • Efro Dina via Facebook

    untuk penyimpanan selanjutnya, harus ditutup rapat atau terbuka? sorry ya mbak.. banyak nanya….:)

  • ifa

    salam kenal, saya salah satu penggemar blog mbak krn informatif dan praktis sekali. ngomong2 itu pas nulis kuning telur keinget kucing ya mbak :), saya jg salah satu penggemar kucing soalnyah ^^

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

%d bloggers like this: