Dalam resep-resep di Cakefever.com, kadang tercantum fresh cream, atau krim kental.

Pada dasarnya krim yang digunakan adalah krim yang sama yaitu , biasa berbentuk bubuk atau cair. Whipped cream bubuk harus dicampur air dingin dulu sebelum dikocok (Takarannya ada di kemasan).

Menurut bahan pembuatnya, krim kental ini dibagi menjadi dairy dan non-dairy. Produk Dairy berasal dari , sedangkan non-dairy bukan berasal dari . Dairy biasanya berbentuk cair, rasanya tidak manis dan lebih gurih. Non-dairy biasanya berbentuk bubuk dan ada juga yang cair, rasanya lebih manis daripada yang dairy.

Untuk keperluan mendekorasi kue, krim kental non dairy lebih kokoh dan tahan lama di suhu ruang. Krim kental dairy yang berasal dari lebih cepat mencair di suhu ruang, namun rasanya lebih enak. Jadi untuk keperluan rasa, aku biasanya menggunakan krim kental yang cair, tapi untuk filling dan dekor aku pakai yang bubuk.

Selain krim kental yang biasa disebut whipped cream ini, sebenarnya ada juga yang berupa cooking cream. Di rak pendingin supermarket biasanya tertulis cooking cream, cream ini untuk olahan krim yang direbus atau dimasak supaya tidak pecah. Tapi kadang-kadang karena rada susah nyarinya, aku tetap saja pakai whipped cream cair untuk olahan krim yang dimasak.

Selain itu ada juga sour cream yang merupakan krim hasil olahan, yang mengandung lactic acid sehingga krim menjadi lebih kental dan rasanya lebih tajam.

Sisa whipped cream cair yang tidak digunakan, biasanya tidak tahan lama walau disimpan di dalam kulkas. Paling banter tiga hari sudah harus diselesaikan secara adat ๐Ÿ™‚ Ada juga yang menyimpan dengan cara dibekukan di freezer, kalau mau digunakan dikeluarkan lagi sampai suhu ruang. Namun aku sendiri tdak pernah membekukan whipped cream cair.

Sisa whipped cream cair ini bisa digunakan lagi dalam berbagai hal, antara lain:

  • Sebagai tambahan dalam minuman kopi atau jus alpukat. Rasanya menjadi lebih nikmatttthh…
  • Kocokan cream bisa dibubuhi sedikit whipped cream ini agar lebih kaya rasa
  • Campur sedikit krim ke dalam cair yang digunakan untuk siraman cake agar tidak terlalu keras dan pecah sewaktu dipotong
  • Tambahkan krim kental ke dalam saus spageti untuk mendapatkan hasil yang lebih gurih
  • Panaskan krim kental cair, masukkan dark cooking yang sudah dipotong-potong kecil, aduk sampai leleh. Selai mantap dan nikmat pun siap dinikmati.
Baca Juga:  7 Jenis Gula Untuk Membuat Kue yang Perlu Diketahui!

Sumber: Sedap, milis NCC

Artikel Lainnya:

113 Comments
  • Ririe Setiawan
    says:

    Mau tanya kak. Saya kan beli whipped cream aerosol. Itu setelah dibuka tahan berapa lama didalam kulkas. Mengenal.kebutuhannya kalo lagi pingin bikin kopi susu yg atasnya dikasih whipped cream

  • mitra aisha
    says:

    Hi mba, ada yang mau saya tanyakan. Saya mau bikin cake ukuran 30×40 dan lagi bingung nentuin buttercreamnya. Kalo saya bikin dari whipped cream bubuk haan dan dicampur cream cheese apa bisa kokoh mba? Atau kira kira ada alternatif lain mba? Cakenya akan di letak di suhu ruangan dan ruangannya gak berAC. Terimakasih mba.

  • Adm TeroopongNesia
    says:

    assalamualaikum
    selamat pagi…

    sebelum nya saya sdh search tentang MANFAAT whipped cream, tapi tidak ada yg memuat tentang manfaatnya… mohon info nya mungkin mbak mengerti atau mengetahui manfaat whipped cream untuk kesehatan… saya tunggu untuk info nya

    terima kasih.

    • cakefever
      says:

      Walaikum salam Adm … Whipped cream ini produk susu berkadar lemak tinggi … aku tidak berkompeten menjawab manfaatnya ditinjau dari sisi kesehatan.

  • Maru Kitty Shopp
    says:

    halo mba mau tanya dong, kalo whipped cream yang cair jika ditambah kan dengan collatta glaze bisa tahan lama ga ya?

      • Steven
        says:

        mungkin maksudnya kalo cream setelah dibuka kan cuma tahan 3 hari kmudian rusak.. Kalo dicampur colatta bisa tahan brp lama kira2? makasih

      • cakefever
        says:

        Ketahanan fresh cream tidak bertambah karena ditambahkan chocolate. Malah jadinya chocolatenya jadi mengikuti expirednya fresh cream, Stev.

      • Steven
        says:

        Saya membuat ganache dgn campuran anchor cream cair dan coklat.. kalo gt bearti walau dikulkasin ganachenya cuma tahan 3 hari setelah kotak cream dibuka kah? atau mengikuti tgl exp tercetak di kotak?

      • cakefever
        says:

        Ganache umumnya bertahan seminggu atau dua minggu di dalam kulkas (Tergantung tingkat dingin kulkasnya juga) dan juga tergantung expired date si Fresh Cream. Setelah seminggu disimpan di kulkas, pls check ulang lagi saja kondisi Ganachemu, Stev. Atau kalau mau disimpan lama, lebih baik dibekukan saja sekalian di freezer.

  • Tia
    says:

    Halo mbak, mau tanya dong, saya ada sisa cooking cream elle vire, bisa ga cooking cream diwhip jadi whipped cream?

    • Jonna liana purnama
      says:

      Mau tanya donGG, kalau whipping cair di kocok pakai mixer kok jd keras dan terpisah susu cair nya,? Setelah terpisah begitu, apa masih bisa dipakai?

      • Ferona
        says:

        Ngocoknya lama banget ya sampai akhirnya jadi butter ๐Ÿ™‚ bagian padatnya biasa digunakan seperti butter, Jonna. Metode bikin butter homemade dari whip cream dairy seperti itu, whip cream dikocok terus sampai akhirnya padatan dan cairannya terpisah. Itu sudah tidak bisa kembali jadi whipcream.

  • Mita
    says:

    saya sudah beberapa kali bikin whiped cream non dairy tp gak pernah bisa sampe ngembang & klo dipake buat lapisan dalam cake itu lgsg turun (gak bisa tinggi),
    klo untuk dekor nya jg gak sampe setengah jam udah cair lagi,
    itu salah dimana ya mba ?
    saya ngocok whiped cream nya itu bisa sampe 10 menit dengan air es..

    • cakefever
      says:

      Dekor yang cair itu diletakkan dimana, Mit? Suhu ruang atau kulkas? Sebaiknya sih kalau tidak di kulkas, diletakkan di suhu ruang yang adem atau pakai AC. Whipped cream non dairy supaya kokoh biasanya ditambahkan gelatin juga.

      Maksudnya dipakai buat lapisan dalam cake itu bagaimana Mit?

  • Desvia Pyon
    says:

    heavy cream dan whipping cream itu sama atau beda ya? lalu, kan harganya mahal, apa ada subtitute nya?

    • cakefever
      says:

      Di sini kita anggap sama saja Des … karena tidak terlalu banyak pilihannya. Substitutenya gak ada, kecuali mau mengganti dengan susu full cream, itu pun tergantung mau dipakai untuk membuat apa. Kalau untuk membuat es krim, tidak bisa diganti begitu saja.

  • sari
    says:

    mba…whipper cream non diary setelah dikocok lama bertahan berapa hari ya supaya tetap kaku klo dipakai….aku pernah coba simpan di kulkas kira2 seminggu (udah ada airnya), pas dikeluarin jadinya nga tahan lama di suhu ruang, jadinya mencair..tq mba

    • Ferona
      says:

      waaah aku gak pernah nyimpan whipcream yang udah dikocok siy … klopun ada sisa, biasanya aku lelehin lagi dengan coklat, jadi selai coklat, dicolek2 pakai biskuit longerstick jadi kayak nyam nyam ๐Ÿ˜€

  • ica
    says:

    whip cream n cooking cream elle n vire halal kan ya bu?
    soalnya di ingrediwntnya ada E471 ๐Ÿ™‚
    makasih

  • kedai
    says:

    Gimana cara membuat whip cream lbh mengembang, tipis seperti busa untuk topping minuman? Perlukah campuran bahan (pengembang) lain saat mengocoknya? xiexie

  • ajeng
    says:

    Mba, wkt itu aku bikin topping cream cheese utk rainbow cake..aku kocok whippped cream bubuk trus ditambahin cream cheese calf + gula..tp stlh ditambahin cream cheese lama2 jd encer..ini apa krn overmix jd whipped creamnya turun atau krn cream cheesenya ya?

    • cakefever
      says:

      instruksi resepnya bagaimana jeng? Whipped cream bubuknya sudah dikocok dengan air dingin? sudah ngembang baru dicampur cream cheesenya gak?

  • sylvia
    says:

    mba, klo campuran cream chesse dan whipped cream (anchor) apa bisa dikocok lg utk waktu yg lama? takutnya whipped cream nya mencair krn over mix

      • sylvia
        says:

        untuk menghias cake mba, krn awalnya aku mengocok whipping nya blm kaku benar, takutnya seudah di semprit jd gampang meleleh.. ngaruh ga yah dengan waktu pengocokan ehipping yg sebentar saja?

      • cakefever
        says:

        kalau mau dekor pakai whipped cream non dairy aja. Whipped cream dairy itu kurang kokoh dan cepat leleh … kocoknya pastikan dengan air dingin yaa …

  • Ronald
    says:

    Hallo Mbak
    Saya br mulai bisnis kedai kopi. Buat milkshake saya pakai whipped cream dispenser utk toppingnya. whip creamnya pakai Roselle. Kalau mau mengganti roselle dengan buatan sendiri bahan-bahan dasarnya apa ya Mbak. sekalian ajarin cara buatnya ya Mbak dan dimana saya bisa mendapatkannya. Terima kasih banyak.

  • thiey
    says:

    mbak, aku pengen jalani usaha, cemilan tuq nyantai gitu,, pengen tanya ne,, whipped cream ama float tu sama y mbak,, mohon kasih tau bahn n cra pembuatannya donk, bberapa kali dha ku coba buad ggal trus mbak, dan kadang juga tak seenak yg di tempat bisa aku beli minuman mbak,, mohon respectnya ya mbak..

    • cakefever
      says:

      Float itu maksute es krim yang ditaro di atas minuman ya? Itu bukannya eskrim biasa? Klo mau buat es krim, ada resepnya di blogku. Coba search aja. Klo maksudmu whipcream yg disemprotkan di atas minuman, itu cuma whipcream dairy yang dikocok sampai kental. Pastikan kamu pakai whipcream dairy yang dari susu, bukan yang non dairy.

  • Nana
    says:

    Salam kenal mba..thx buat infonya..
    Aku mau nnya kl buat bikin hiasan cupcake bs gak sih pake whipped cream?
    Aku kmrn bikin pake buttercream tp agak eneg krn padet gt..
    Kl whipped cream bs tahan berapa lama? Dan cpt cair gak?
    Makasih bgt penejelasannya ya mba..

    • cakefever
      says:

      bisa pake whipped cream, tapi cupcake kamu harus ditaro di lemari pendingin selalu sebab whipcream itu gak tahan di suhu ruang, gampang leleh … makanya orang pakai buttercream. Coba aja cari resep buttercream yang ringan, kamu harus banyak eksperimen butter cream supaya bisa dapat resep buttercream yang ringan dan tidak padat. Aku sendiri masih jarang pakai buttercream, jadi memang belum punya resep buttercream andalan ๐Ÿ˜€
      Nanti insya Allah kalau sudah mulai serius ngembangin cupcake, aku akan cari buttercream yang enaak

  • echie
    says:

    Tanteee,, gimana ci bikin whipe cream or batercream?
    Aq mw buat rainbowcake,, kan lapisan na ada cream nya? Minta resep bikin creamnya dong

  • anny
    says:

    Mba ,aku kan mau bikin icing rainbow cake pakai whip cream cair ,tapi hasilnya ga ngembang
    Malah cake ku licin dan ga kokoh ,apalagi cake ku itu mau di bawa kerumah teman ,
    Bagaimana cara mengakali whipcream yang cair itu mba ? Padahal udah aku masukin kulkas ..

    • cakefever
      says:

      pas ngocok si whipcream cairnya itu di wadah yang dingin? Whisk mixernya dingin? Atau direndam tidak wadahnya dalam es? yang paling gampang sih semua peralatan dimasukkan ke kulkas ..

      Klo pake whipcream, pastikan kue-mu selalu dalam kulkas atau tempat yang dingin karena whipcream cepat mencair …

  • Kiki
    says:

    Mbak, mau tanya. Kalau untuk resep cheesecake no bake, ada resep heavy cream sebagai campuran cheese cream. Apakah itu whip cream yang liquid?

    Apakah harus dikocok dulu atau langsung pakai (masih cair). Jika harus dikocok, apakah bisa tanpa mixer (pakai whisker) karena saya tidak ada mixer

  • monica
    says:

    mbak ferona, kalo mo buat chocolate ganache itu pake whipped cream atau cooking cream yah? makasih mbak jawabannya

  • shirley
    says:

    Oya, sekedar masukan buat yang masih pada bingung kenapa krim cairnya ngga bisa ngembang alias tetap cair. Klo saya biasanya dikocok dgn teknik ice bath. Sebaiknya kocok pake loyang aluminium biar cepat nyerap dinginnya. Caranya: sediain 2 loyang. 1 loyang buat isi air es+es batu, satunya lg buat diisi krim. Loyang buat es nya usahain lbh gede ya. Dgn ginii krimnya akan tetap dingin. And pengalaman saya sih dgn teknik ini ga pernah gagal.

    • Thomas Law
      says:

      aku punya cara yang ampuhh dan simple banget klo kocok whipped cream.. hehe Aku setuju sih dengan cara itu, tapi menurut ku masih ribet, soalnya rempong kalo musti nyiapin es dan bla bla bla,, hehe (faktor M- MALES) ๐Ÿ™‚ Yang jelas emang harus pake wadah dari stainless still ya guys (kalo pake wadah plastik lebih baik pake cara yg bagian bawahnya di taro air es itu..hehe. Nahh , biasanya kalo caraku, aku memasukkan wadah stainless still itu ke dalam frezeer selama kurleb 5 menit. kemudian wadah dikeluari dan langsung kocok aja dengan mixer nya. Jamin berhasil^^ Silakan dicoba ๐Ÿ™‚

  • shirley
    says:

    Mba, kalo whipping cream non-diary bisa ngga disiasatin biar lbh gurih? Mis ditambahin susu bubuk full cream gitu? Saya mau buat es krim yg enak tp di kota saya ngga ada yg jual whipping cream diary ๐Ÿ™

    Mohon masukannya ya mbak, thanx ๐Ÿ™‚

    • cakefever
      says:

      Bisa pake yg non dairy. Mungkin gulanya bisa dikurangi juga sesuai selera. Jadi adonan cairnya dicicipi dulu sampai dpt rasa manis yg pas, krn non dairy kan ada rasa manis2nya gitu. Bisa juga dicampur susu bubuk sedikit, aduk rata dgn susu cairnya… Nah ini mmg perlu eksperimen dan modifikasi dari resep aslinya. Tapi rasanya bisa utk dicoba. Klo jadi mencoba, pls kabar2in hasilnya ya *pengentau*

  • rima
    says:

    mbak, mau nanya, kalau yg whipped cream yg bubuk merk apa ya? saya perlu banget infonya krn mau bikin fruit cake dioles whipped cream. makasi ya ๐Ÿ™‚

  • Nur rohmah
    says:

    tanya. saya sudah latihan buat dekorasi kue pake butter crim tapi sering gak jadi karena buttercrim terlalu lemes, gimana caranya/ditambai apa supaya lebih kental?

    • cakefever
      says:

      tergantung resep buttercreamnya Nur… aku sih jarang bikin buttercream, karena memang gak mendalami dekorasi kue … COba googling saja banyak kok resep2 buttercream …

    • cakefever
      says:

      Susu dikasih perasan jeruk lemon. Aku sendiri belum pernah beli buttermilk yang udah jadi, karena belum pernah nemu di Jakarta …

  • agnes
    says:

    mba, aku minta resep frosting dari freshcream yang dairy dan non dairy-nya dong. Dan step by step cara mengocok whipped cair yang benar (yang dicampur gula agar manis. soalnya aku pernah bikin, tapi kok gak ngembang-ngembang ya?

  • sophia
    says:

    Mba mau tanya,

    Saya anak membuat topping coklay utk buah2an seperti pisang, pepaya dll.

    Apa saja bahan2 dan cara membuatnya, agar enak dimakan.

    Maksih

  • Sita
    says:

    Mbaa,,blogmu sangat amat bergunaa!I love it ๐Ÿ˜‰
    Oiya mba,,jenis toping cupcake apa yang ga perlu dimasukkan kulkas? selain fondant ya..
    Kalau pakai whip cream, dicampur apa aja yg ga perlu dimasukin kulkas setelah dihias?
    Makasih yaa ๐Ÿ™‚

    • cakefever
      says:

      buttercream gak perlu masuk kulkas… klo mau pake whipcream, harus dicampur gelatin supaya bisa agak kokoh dan tidak cepat lumer klo di suhu ruang …

      • memey
        says:

        Maap mba maw nanya..gmana sich cara pake gelatin??soalx gelatin ?ยช???? di jual di toko d daerahq bentuknya bubuk agak mengkristal gitu..
        Aq maw bikin butter cream buat rainbow cake ama cup cake soalx,klo untuk cup cake aq mau butterx kuat bisa nahan gtu..
        Thanks

      • cakefever
        says:

        dicampur air hangat dulu aduk2 sampai rada larut mengental gituh … Jadi buttercreamnya mau dicampur gelatin ya? Kalau sepengetahuanku yang biasanya dikasih gelatin itu klo pake whipcream. Buttercream itu sudah cukup kuat sih di suhu ruang. Tapi ya mungkin ada juga buttercream yang dikasih gelatin kali ya?

  • yuda
    says:

    mbak kenapa ya kalo aku kocok krim cair yang dairy gambar yang pertama tuh.. hasilnya gak pernah kaku.. bahkan menjadi hancur dan mencair menjadi gumpalan2 gitu.. jadi ga kepake deh. ๐Ÿ™
    cara kocoknya yang bener di mixer kayak gimana ya? mohon pencerahannya.. ๐Ÿ˜€

    • cakefever
      says:

      Dinginkan whisk mixermu. Klo perlu bowlnya pake yg stainless steel dan didinginkan juga. Whipcream dairy akan cepat mengembang klo dikocok dingin.

  • eno
    says:

    kadaluarsa sih blm, cma di buka kotak nya ajah 1 minggu.. kira2 di buat apa ya mba, biar ga kebuang sia2.. ๐Ÿ™ #need your help banget T__T

  • eno
    says:

    mbaaa help me… :(( aku beli Whipped cream tapi baru di pake dikit, sisa nya masih buanyaaak.. dan udah lewat sekitar 1 minggu, apa harus di buang ajah…?? tapi sayang ๐Ÿ™
    aku pake merk vivo cz di tbk cma ada itu yang cair

    • cakefever
      says:

      Udah lewat 1 minggu kadaluarsa atau sdh 1 minggu kotaknya dibuka? — klo simpan di kulkas yg suhunya stabil, pengalamanku 1 minggu masih bagus. Coba cek aja udah berubah bau dan rasa atau tidak? Klo sudah ya terpaksa dibuang ๐Ÿ™

  • alin
    says:

    halo mbak salam kenal,

    Semoga mau jawab:)
    Mbak saya kan buka coffe shop kecil2an, kemarin2 ini pake whipping cream roselle yang aerosol, tapi kayaknya kalau pake aerosol agak boros, pingin menyiasati pake whipped cream liquid yang dairy, nah pertanyaanya :
    1. untuk coffee gitu enakan pake aerosol atau yang mix sendiri yah?atau sama aja?
    2. kalau misalkan kita sudah kocok (ex.200ml), hasil mix nya tadi supaya tahan ditaruh di kulkas aja apa cukup?atau harus dihabiskan yah?maximal berapa jam di suhu kulkas?
    3. biasanya untuk 1 kotak (ex. 250l) bisa menghasilkan berapa gram whipped cream?
    4. terimakasih banyak atas sharenya ya mbak:)
    cheers.

    • cakefever
      says:

      Aku pernah beli yg aerosol itu.. menurutku sama aja klo dibuat sendiri.. yang penting samakan antara dairy dan non dairy … klo lebih gurih, pakai yang dairy karena terbuat dari susu .. kalo yg non dairy rasanya kurang gurih dan malah ada rasa manis2nya gitu …

      hmm kalau daya tahannya berapa lama, daku sih kurang tahu ya. Yang pasti, begitu sudah dikocok, harus disimpan di kulkas karena klo di luar kulkas nanti akan lumer.

      Aku gak pernah nimbang whipped cream yang udah aku kocok Lin ๐Ÿ˜€ coba deh kamu yang timbang trus infoin ke aku … ๐Ÿ™‚

  • ary
    says:

    Mba Fer..aku dah bolak balik baca ini. Tapi masih ga paham juga. Dairy dan non dairy. Soalnya kalo liat di supermarket, kemasannya sama dan ga ada tertulis di kemasan itu dairy atau non dairy. Gimana membedakannya??

    • cakefever
      says:

      Ada kok di kemasannya.. dairy itu produk susu. Coba baca pelan-pelan dan cermati. kalau yang non-dairy di bagian ingredientnya seharusnya tidak ada komponen susu …

    • cakefever
      says:

      Gak pernah bikin Sus.. googling aja, banyak loh resep buttercream .. nulisnya buttercream ya, bukan batter cream, nanti dapet deh banyak resep …

  • fany
    says:

    aku buat cake yang topping atasnya pake whipped cream yang kocok kaku ditambah coklat cair.. aku bingung gimana caranya? soalnya waktu aku bikin coklatnya malah ga nyatu sama cream kocoknya, coklatnya malah jadi bergumpal-gumpal..mohon bantuannya..thanks

  • stella
    says:

    mbak..aku mau nanya..mungkin agak nyimpang dikit..
    buat frosting buat cupcakes yang bener tu gimana ya?
    soalnya aku udah nyoba berkali-kali jadinya selalu encer..
    ada tipsnya nggak mbak supaya nggak encer?
    mkasih

  • cheilo
    says:

    mba, kan saya beli Anchor UHT Whipping Cream, tapi kok rasanya tawar. kalo mau di manisin bisa ga ya mba?

  • susi
    says:

    aku mau tanya perbedaan butter utk buttercrean dengan shortening apa sih? apa merk shortening yg biasa di pakai supaya buttercream nya enak dan tidak berminyak di lidah,….makasih.

  • putri
    says:

    mba,mau nanya dong..
    kalau untuk buat saus krim untuk pasta, bagusnya pakai cream yg mana ya??? apa whipping cream bisa dipakai juga untuk buat saus krim pasta? thanks.

    • cakefever
      says:

      pakai yang dairy cream, whipped cream yang cair. Jangan whipped cream yang bubuk, itu rasanya manis ๐Ÿ˜€ kalo yang dairy kan memang dari susu ..

  • vhyvie
    says:

    butter cream nya ada merk apa aja??? sebenarnya enakan mna sih kalau buat cake make yang margarin atau better aja??? mkasih yaj,.,,,

    • cakefever
      says:

      Buttercream dibuat sendiri biasanya Vie… aku gak pernah buat buttercream sendiri karena gak doyan buttercream. Untuk keperluan oles-oles sedikit aku beli buttercream siap pakai di Toko Rossy …

      Soal rasa tergantung selera, ada yang lebih suka pakai butter karena katanya lebih lembut dan wangi .. Coba buat kue dengan margarin dan butter, lalu coba bandingkan sendiri untuk referensi rasa vie sendiri ๐Ÿ˜‰

  • May
    says:

    Halo..salam kenal mba ^.^

    Aq mau tanya, gimana ya cara buat donut yang ga cepat keras? Kaya punyanya Jco gitu..Soalnya donut kentang yang aq buat, kalo uda dingin langsung keras. Ga kaya pnya Jco T.T

    Btw, tau ga dimana ya tempat beli topping di surabaya?

    tx

    • cakefever
      says:

      Seberapa cepat mengerasnya? J-co juga klo udah lebih dari 4 jam-an buatku udah terasa mengeras, gak seempuk pas baru dibeli … Lagipula Jco itu kan bukan donat kentang May ๐Ÿ˜€ Jco itu pake tepung premix sendiri yang kita gak tau komposisinya apa … Sama kayak waktu aku penasaran kok roti buatanku gak selembut roti2 buatan bakery2 gede, trus baru tau kalo bakery2 gitu make tepungnya beda, gak kayak roti rumahan kayak kita yang biasanya cuma pakai terigu protein tinggi campur dengan terigu protein sedang… jadi itu resep perusahaan ๐Ÿ˜€

  • yuni
    says:

    salam kenal ,, aku mau buat kue dan aku mau hiasanya ,, yang mau aku tanya apa bedanya whiepping cream ama double cream ,, trus apa whieping cream bisa di pake buat hiasan kue ultah?
    dan merek apa untu non dair
    y

    • cakefever
      says:

      Beda kandungan lemaknya. Tapi aku sendiri belum pernah pake double cream, rada susah nyari di sini. Adanya di sini cuma whipcream. Sesekali di supermarket kayak Ranch atau Kemchiks ngeliat ada Heavy cream – mungkin sama kali ya dgn double cream? tapi yaaa aku cuma lihat aja, gak pernah beli dan nyoba.

      Whipcream bisa aja utk hiasan. Tapi sebaiknya perhatikan whipcream itu gak tahan di suhu ruang, bahkan yang non-dairy pun tak sekuat buttercream. Kalo mau yang kuat dan kokoh di suhu ruang, pake buttercream.

  • Uray Nani Iriani
    says:

    salam kenal sebelumnya mbak …

    mau nanya … a selama ini jualan khusus lasagna dan a slalu stock fresh cream elle vier dalam box ukuran besar … tp ga selalu terpakai habis jadi sisanya a simpan lagi di kulkas, di dus kan suka tertulis exp sampai tgl, bln dan tahun sekian sekian, nah yg jadi pertanyaanku … kata mbak kan setelah dipake fresh cream itu cuma bisa bertahan 2 mpe 3 hari, jadi yg benernya gimana y mbak, apakah berarti batas exp yg tertera di dus tidak bisa dipakai sebagai patokan penyimpanan ? tks tuk jawabannya.

    • cakefever
      says:

      Kalo kotak fresh creamnya belum dibuka, maka expired datenya ngikuti tanggal tercetak di kotak. Tapi kalau sudah dibuka, maka expired datenya akan lebih cepat mengikuti perubahan suhu yang dialami si fresh cream dan kontaminasi dengan dunia luar ๐Ÿ™‚ mudah2an paham yaa…

  • titin
    says:

    jad misalnya seperti u/buat topping coklat dimasak dgn whippcream….dan didaerah saya cuman adanya Whipcream Bubuk,trus gmna dong mbak?… bisa kepake jga gak? Takarannya bgmn? trimah kasih,mohon petunjuk anda…

      • Titin
        says:

        misalnya dlm resep disebut whippCreamnya dlm ml? bagaimana ya mbak?how to measure it?
        oh ya , klo diganti evaporated milk bisa gak ya? :)) terima kasih…mohon petunjuk anda.

      • cakefever
        says:

        kalo diminta dlm cairan, aku biasanya memang aku bikin dulu sesuai takaran di kotaknya. Di kotak whipcreamnya kan ada petunjuk, campur sekian ml air dgn sekian gram bubuk, naah iya itu yang dibuatkan. Kalo kira2 yang diminta resep cuma sedikit, aku konversi lagi ukuran di kotak jadi 1/2 atau 1/4 resep gitu. Nanti mungkin ada sisa, tapi kalo sering berlatih lama2 juga bisa pinter mengira2 ukurannya ๐Ÿ˜€

        Whipcream ga bisa diganti dgn evaporated, karena rasanya beda. Daaann sebenarnya resep yang pakai whipcream cair alias fresh cream, akan lebih enak dan gurih kalo pakai yang cair (dairy) … ๐Ÿ™‚

  • Shika
    says:

    Salam kenal..Whipped cream ada terbagi 2 macam yah, yg hewani n nabati. kalo bisa yg hewani ada merk apa aja yg gampang dicari di Indo? thanks

    • cakefever
      says:

      yang hewani itu yang dairy, biasanya dalam bentuk cair.. kalo merek sih, ada anchor, elle vire, … mungkin ada merek lainnya, tapi aku gak inget ๐Ÿ˜€

  • april
    says:

    MB….Dikota ku cuma ada Anchor UHT Whipping Cream, gak ada yg merk Elle & Vire…. apakah isi dan rasanya sama mb?

    • cakefever
      says:

      Sama kok … yang penting sama-sama dairy. Kalo dibandingkan dengan produk non-dairy, maka baru akan ada perbedaan di citarasanya. Non Dairy rasanya lebih manis.

      • sherly
        says:

        Mbak, kalau cookig cream bisa nggak bikin es krim? Aku punya 4kotak yg expired bln april 2015,enaknya dibikin apa ya? Karena aku pengen usaha es krim rumahan juga, dari pada nggak kepakai.mksh mbak..

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^