Wednesday, December 7

Mengenal lebih dalam tentang whipping cream

Dalam resep-resep di Cakefever.com, kadang tercantum fresh cream, whipped cream atau krim kental.

Pada dasarnya krim yang digunakan adalah krim yang sama yaitu whipped cream, biasa berbentuk bubuk atau cair. Whipped cream bubuk harus dicampur air dingin dulu sebelum dikocok (Takarannya ada di kemasan).

Menurut bahan pembuatnya, krim kental ini dibagi menjadi dairy dan non-dairy. Produk Dairy berasal dari susu, sedangkan non-dairy bukan berasal dari susu. Dairy biasanya berbentuk cair, rasanya tidak manis dan lebih gurih. Non-dairy biasanya berbentuk bubuk dan ada juga yang cair, rasanya lebih manis daripada yang dairy.

Untuk keperluan mendekorasi kue, krim kental non dairy lebih kokoh dan tahan lama di suhu ruang. Krim kental dairy yang berasal dari susu lebih cepat mencair di suhu ruang, namun rasanya lebih enak. Jadi untuk keperluan rasa, aku biasanya menggunakan krim kental yang cair, tapi untuk filling dan dekor aku pakai yang bubuk.

Selain krim kental yang biasa disebut whipped cream ini, sebenarnya ada juga yang berupa cooking cream. Di rak pendingin supermarket biasanya tertulis cooking cream, cream ini untuk olahan krim yang direbus atau dimasak supaya tidak pecah. Tapi kadang-kadang karena rada susah nyarinya, aku tetap saja pakai whipped cream cair untuk olahan krim yang dimasak.

Baca Juga:  Tips Memilih Toples Kue Kering Agar Lebih Tahan Lama

Selain itu ada juga sour cream yang merupakan krim hasil olahan, yang mengandung lactic acid sehingga krim menjadi lebih kental dan rasanya lebih tajam.

Sisa whipped cream cair yang tidak digunakan, biasanya tidak tahan lama walau disimpan di dalam kulkas. Paling banter tiga hari sudah harus diselesaikan secara adat 🙂 Ada juga yang menyimpan dengan cara dibekukan di freezer, kalau mau digunakan dikeluarkan lagi sampai suhu ruang. Namun aku sendiri tdak pernah membekukan whipped cream cair.

Sisa whipped cream cair ini bisa digunakan lagi dalam berbagai hal, antara lain:

  • Sebagai tambahan dalam minuman atau jus alpukat. Rasanya menjadi lebih nikmatttthh…
  • Kocokan butter cream bisa dibubuhi sedikit whipped cream ini agar lebih kaya rasa
  • Campur sedikit krim ke dalam coklat cair yang digunakan untuk siraman cake agar coklat tidak terlalu keras dan pecah sewaktu dipotong
  • Tambahkan krim kental ke dalam saus spageti untuk mendapatkan hasil yang lebih gurih
  • Panaskan krim kental cair, masukkan dark cooking coklat yang sudah dipotong-potong kecil, aduk sampai leleh. Selai coklat mantap dan nikmat pun siap dinikmati.
Baca Juga:  Tips Mudah Membuat Cheese Cake Anti Gagal Anti Ribet

Sumber: Sedap, milis NCC

Sudah Baca Yang Ini?

128 Comments

  • Hi kak, aku mau tanya kalau produk bettercreme rich belum dibuka namun saat diterima cair (beli online), kira-kira masih bisa dibekukan atau tahannya berapa lama ya kak ?

    • Hestina

      Selamat malam,Kak.
      Maaf…numpang tanya.

      Kalau whipping cream pecah karena suhu kulkas yang terlalu dingin sehingga bagian cair dan lemaknya terpisah,bagian lemaknya (yang warna kuning) bisa digunakan/dikreasikan kembali jadi apa ya?

      Terima kasih bantuannya ??

  • Cla

    Halo kak, aku mau nanya kalau buat bettercreme rich itu kalau produknya belum dibuka namun saat diterima cair kira-kira masih bisa dibekukan atau tahannya berapa lama ya kak?

    • Bettercreme yang dikocok jadi whipcream kan ya? Itu klo gak salah heavy cream, disimpan saja di chiller sampai dingin klo mau dikocok jadi whipcream

  • Rini

    Halo kak, kalau whipped cream kalengan semprot, apakah teksturnya cukup kokoh ya untuk jadi frosting kue black forest? Thank you.

    • Tidak disarankan ya Rin.. tekstur whipped cream semprot kalengan tidak utk frosting. Nanti frostingnya kurang cantik. Tapi klo mau dicoba gpp sih

  • Aya

    Kak mana lbh bagus dgnakan utk mendekor kue, ambiante atau richs ? Dr segi rasa dan tekstur serta ketahanannya di suhu ruang, terimakasih

    • Selama itu whipcream non dairy akan relatif lebih tahan dibanding whipcream dairy..kalau soal mereknya, aku tidak pernah pakai ambiante. Jadi belum bisa bandingin, Ya.

  • Tiar

    Apakah bisa membuat whipped cream cair dari whipped krim bubuk yg ditambahkan air/susu? Jd hanya dicampur sampai rata tidak sampai kaku krn ingin dpt konsistensi cair

    • Bisa saja. Yang mesti diperhatikan untuk penggunaannya, karena whipcream cair yang dairy itu rasanya lebih gurih, daripada whipcream bubuk atau whipcream cair yang bukan dairy.

  • Rica

    kak mau nanya.. kalo whip cream cair belum dibuka apakah tahan di suhu ruang? kalau tahan, tahan brp hari ya?

    • Whipped cream bubuk biasanya agak manis rasanya. Menurutku masih bisa diterima sih. Tapi ada yang gak suka karena sensitif dengan rasa dairy fresh cream yang lebih gurih tanpa rasa manis. Coba saja dulu,.kalau gak dicoba kan belum tau rasanya.

  • Ririe Setiawan

    Mau tanya kak. Saya kan beli whipped cream aerosol. Itu setelah dibuka tahan berapa lama didalam kulkas. Mengenal.kebutuhannya kalo lagi pingin bikin kopi susu yg atasnya dikasih whipped cream

  • mitra aisha

    Hi mba, ada yang mau saya tanyakan. Saya mau bikin cake ukuran 30×40 dan lagi bingung nentuin buttercreamnya. Kalo saya bikin dari whipped cream bubuk haan dan dicampur cream cheese apa bisa kokoh mba? Atau kira kira ada alternatif lain mba? Cakenya akan di letak di suhu ruangan dan ruangannya gak berAC. Terimakasih mba.

  • Adm TeroopongNesia

    assalamualaikum
    selamat pagi…

    sebelum nya saya sdh search tentang MANFAAT whipped cream, tapi tidak ada yg memuat tentang manfaatnya… mohon info nya mungkin mbak mengerti atau mengetahui manfaat whipped cream untuk kesehatan… saya tunggu untuk info nya

    terima kasih.

    • cakefever

      Walaikum salam Adm … Whipped cream ini produk susu berkadar lemak tinggi … aku tidak berkompeten menjawab manfaatnya ditinjau dari sisi kesehatan.

  • Maru Kitty Shopp

    halo mba mau tanya dong, kalo whipped cream yang cair jika ditambah kan dengan collatta glaze bisa tahan lama ga ya?

      • Steven

        mungkin maksudnya kalo cream setelah dibuka kan cuma tahan 3 hari kmudian rusak.. Kalo dicampur colatta bisa tahan brp lama kira2? makasih

      • Ketahanan fresh cream tidak bertambah karena ditambahkan chocolate. Malah jadinya chocolatenya jadi mengikuti expirednya fresh cream, Stev.

      • Steven

        Saya membuat ganache dgn campuran anchor cream cair dan coklat.. kalo gt bearti walau dikulkasin ganachenya cuma tahan 3 hari setelah kotak cream dibuka kah? atau mengikuti tgl exp tercetak di kotak?

      • Ganache umumnya bertahan seminggu atau dua minggu di dalam kulkas (Tergantung tingkat dingin kulkasnya juga) dan juga tergantung expired date si Fresh Cream. Setelah seminggu disimpan di kulkas, pls check ulang lagi saja kondisi Ganachemu, Stev. Atau kalau mau disimpan lama, lebih baik dibekukan saja sekalian di freezer.

  • Tia

    Halo mbak, mau tanya dong, saya ada sisa cooking cream elle vire, bisa ga cooking cream diwhip jadi whipped cream?

    • Jonna liana purnama

      Mau tanya donGG, kalau whipping cair di kocok pakai mixer kok jd keras dan terpisah susu cair nya,? Setelah terpisah begitu, apa masih bisa dipakai?

      • Ngocoknya lama banget ya sampai akhirnya jadi butter 🙂 bagian padatnya biasa digunakan seperti butter, Jonna. Metode bikin butter homemade dari whip cream dairy seperti itu, whip cream dikocok terus sampai akhirnya padatan dan cairannya terpisah. Itu sudah tidak bisa kembali jadi whipcream.

  • Mita

    saya sudah beberapa kali bikin whiped cream non dairy tp gak pernah bisa sampe ngembang & klo dipake buat lapisan dalam cake itu lgsg turun (gak bisa tinggi),
    klo untuk dekor nya jg gak sampe setengah jam udah cair lagi,
    itu salah dimana ya mba ?
    saya ngocok whiped cream nya itu bisa sampe 10 menit dengan air es..

    • cakefever

      Dekor yang cair itu diletakkan dimana, Mit? Suhu ruang atau kulkas? Sebaiknya sih kalau tidak di kulkas, diletakkan di suhu ruang yang adem atau pakai AC. Whipped cream non dairy supaya kokoh biasanya ditambahkan gelatin juga.

      Maksudnya dipakai buat lapisan dalam cake itu bagaimana Mit?

  • Desvia Pyon

    heavy cream dan whipping cream itu sama atau beda ya? lalu, kan harganya mahal, apa ada subtitute nya?

    • cakefever

      Di sini kita anggap sama saja Des … karena tidak terlalu banyak pilihannya. Substitutenya gak ada, kecuali mau mengganti dengan susu full cream, itu pun tergantung mau dipakai untuk membuat apa. Kalau untuk membuat es krim, tidak bisa diganti begitu saja.

  • sari

    mba…whipper cream non diary setelah dikocok lama bertahan berapa hari ya supaya tetap kaku klo dipakai….aku pernah coba simpan di kulkas kira2 seminggu (udah ada airnya), pas dikeluarin jadinya nga tahan lama di suhu ruang, jadinya mencair..tq mba

    • waaah aku gak pernah nyimpan whipcream yang udah dikocok siy … klopun ada sisa, biasanya aku lelehin lagi dengan coklat, jadi selai coklat, dicolek2 pakai biskuit longerstick jadi kayak nyam nyam 😀

  • ica

    whip cream n cooking cream elle n vire halal kan ya bu?
    soalnya di ingrediwntnya ada E471 🙂
    makasih

  • kedai

    Gimana cara membuat whip cream lbh mengembang, tipis seperti busa untuk topping minuman? Perlukah campuran bahan (pengembang) lain saat mengocoknya? xiexie

  • ajeng

    Mba, wkt itu aku bikin topping cream cheese utk rainbow cake..aku kocok whippped cream bubuk trus ditambahin cream cheese calf + gula..tp stlh ditambahin cream cheese lama2 jd encer..ini apa krn overmix jd whipped creamnya turun atau krn cream cheesenya ya?

    • instruksi resepnya bagaimana jeng? Whipped cream bubuknya sudah dikocok dengan air dingin? sudah ngembang baru dicampur cream cheesenya gak?

  • sylvia

    mba, klo campuran cream chesse dan whipped cream (anchor) apa bisa dikocok lg utk waktu yg lama? takutnya whipped cream nya mencair krn over mix

      • sylvia

        untuk menghias cake mba, krn awalnya aku mengocok whipping nya blm kaku benar, takutnya seudah di semprit jd gampang meleleh.. ngaruh ga yah dengan waktu pengocokan ehipping yg sebentar saja?

      • kalau mau dekor pakai whipped cream non dairy aja. Whipped cream dairy itu kurang kokoh dan cepat leleh … kocoknya pastikan dengan air dingin yaa …

  • Ronald

    Hallo Mbak
    Saya br mulai bisnis kedai kopi. Buat milkshake saya pakai whipped cream dispenser utk toppingnya. whip creamnya pakai Roselle. Kalau mau mengganti roselle dengan buatan sendiri bahan-bahan dasarnya apa ya Mbak. sekalian ajarin cara buatnya ya Mbak dan dimana saya bisa mendapatkannya. Terima kasih banyak.

  • thiey

    mbak, aku pengen jalani usaha, cemilan tuq nyantai gitu,, pengen tanya ne,, whipped cream ama float tu sama y mbak,, mohon kasih tau bahn n cra pembuatannya donk, bberapa kali dha ku coba buad ggal trus mbak, dan kadang juga tak seenak yg di tempat bisa aku beli minuman mbak,, mohon respectnya ya mbak..

    • Float itu maksute es krim yang ditaro di atas minuman ya? Itu bukannya eskrim biasa? Klo mau buat es krim, ada resepnya di blogku. Coba search aja. Klo maksudmu whipcream yg disemprotkan di atas minuman, itu cuma whipcream dairy yang dikocok sampai kental. Pastikan kamu pakai whipcream dairy yang dari susu, bukan yang non dairy.

  • Nana

    Salam kenal mba..thx buat infonya..
    Aku mau nnya kl buat bikin hiasan cupcake bs gak sih pake whipped cream?
    Aku kmrn bikin pake buttercream tp agak eneg krn padet gt..
    Kl whipped cream bs tahan berapa lama? Dan cpt cair gak?
    Makasih bgt penejelasannya ya mba..

    • bisa pake whipped cream, tapi cupcake kamu harus ditaro di lemari pendingin selalu sebab whipcream itu gak tahan di suhu ruang, gampang leleh … makanya orang pakai buttercream. Coba aja cari resep buttercream yang ringan, kamu harus banyak eksperimen butter cream supaya bisa dapat resep buttercream yang ringan dan tidak padat. Aku sendiri masih jarang pakai buttercream, jadi memang belum punya resep buttercream andalan 😀
      Nanti insya Allah kalau sudah mulai serius ngembangin cupcake, aku akan cari buttercream yang enaak

  • echie

    Tanteee,, gimana ci bikin whipe cream or batercream?
    Aq mw buat rainbowcake,, kan lapisan na ada cream nya? Minta resep bikin creamnya dong

  • anny

    Mba ,aku kan mau bikin icing rainbow cake pakai whip cream cair ,tapi hasilnya ga ngembang
    Malah cake ku licin dan ga kokoh ,apalagi cake ku itu mau di bawa kerumah teman ,
    Bagaimana cara mengakali whipcream yang cair itu mba ? Padahal udah aku masukin kulkas ..

    • pas ngocok si whipcream cairnya itu di wadah yang dingin? Whisk mixernya dingin? Atau direndam tidak wadahnya dalam es? yang paling gampang sih semua peralatan dimasukkan ke kulkas ..

      Klo pake whipcream, pastikan kue-mu selalu dalam kulkas atau tempat yang dingin karena whipcream cepat mencair …

  • Kiki

    Mbak, mau tanya. Kalau untuk resep cheesecake no bake, ada resep heavy cream sebagai campuran cheese cream. Apakah itu whip cream yang liquid?

    Apakah harus dikocok dulu atau langsung pakai (masih cair). Jika harus dikocok, apakah bisa tanpa mixer (pakai whisker) karena saya tidak ada mixer

  • monica

    mbak ferona, kalo mo buat chocolate ganache itu pake whipped cream atau cooking cream yah? makasih mbak jawabannya

  • shirley

    Oya, sekedar masukan buat yang masih pada bingung kenapa krim cairnya ngga bisa ngembang alias tetap cair. Klo saya biasanya dikocok dgn teknik ice bath. Sebaiknya kocok pake loyang aluminium biar cepat nyerap dinginnya. Caranya: sediain 2 loyang. 1 loyang buat isi air es+es batu, satunya lg buat diisi krim. Loyang buat es nya usahain lbh gede ya. Dgn ginii krimnya akan tetap dingin. And pengalaman saya sih dgn teknik ini ga pernah gagal.

    • Thomas Law

      aku punya cara yang ampuhh dan simple banget klo kocok whipped cream.. hehe Aku setuju sih dengan cara itu, tapi menurut ku masih ribet, soalnya rempong kalo musti nyiapin es dan bla bla bla,, hehe (faktor M- MALES) 🙂 Yang jelas emang harus pake wadah dari stainless still ya guys (kalo pake wadah plastik lebih baik pake cara yg bagian bawahnya di taro air es itu..hehe. Nahh , biasanya kalo caraku, aku memasukkan wadah stainless still itu ke dalam frezeer selama kurleb 5 menit. kemudian wadah dikeluari dan langsung kocok aja dengan mixer nya. Jamin berhasil^^ Silakan dicoba 🙂

  • shirley

    Mba, kalo whipping cream non-diary bisa ngga disiasatin biar lbh gurih? Mis ditambahin susu bubuk full cream gitu? Saya mau buat es krim yg enak tp di kota saya ngga ada yg jual whipping cream diary 🙁

    Mohon masukannya ya mbak, thanx 🙂

    • Bisa pake yg non dairy. Mungkin gulanya bisa dikurangi juga sesuai selera. Jadi adonan cairnya dicicipi dulu sampai dpt rasa manis yg pas, krn non dairy kan ada rasa manis2nya gitu. Bisa juga dicampur susu bubuk sedikit, aduk rata dgn susu cairnya… Nah ini mmg perlu eksperimen dan modifikasi dari resep aslinya. Tapi rasanya bisa utk dicoba. Klo jadi mencoba, pls kabar2in hasilnya ya *pengentau*

  • mbak, mau nanya, kalau yg whipped cream yg bubuk merk apa ya? saya perlu banget infonya krn mau bikin fruit cake dioles whipped cream. makasi ya 🙂

  • Nur rohmah

    tanya. saya sudah latihan buat dekorasi kue pake butter crim tapi sering gak jadi karena buttercrim terlalu lemes, gimana caranya/ditambai apa supaya lebih kental?

    • tergantung resep buttercreamnya Nur… aku sih jarang bikin buttercream, karena memang gak mendalami dekorasi kue … COba googling saja banyak kok resep2 buttercream …

  • agnes

    mba, aku minta resep frosting dari freshcream yang dairy dan non dairy-nya dong. Dan step by step cara mengocok whipped cair yang benar (yang dicampur gula agar manis. soalnya aku pernah bikin, tapi kok gak ngembang-ngembang ya?

  • sophia

    Mba mau tanya,

    Saya anak membuat topping coklay utk buah2an seperti pisang, pepaya dll.

    Apa saja bahan2 dan cara membuatnya, agar enak dimakan.

    Maksih

  • Mbaa,,blogmu sangat amat bergunaa!I love it 😉
    Oiya mba,,jenis toping cupcake apa yang ga perlu dimasukkan kulkas? selain fondant ya..
    Kalau pakai whip cream, dicampur apa aja yg ga perlu dimasukin kulkas setelah dihias?
    Makasih yaa 🙂

    • buttercream gak perlu masuk kulkas… klo mau pake whipcream, harus dicampur gelatin supaya bisa agak kokoh dan tidak cepat lumer klo di suhu ruang …

      • memey

        Maap mba maw nanya..gmana sich cara pake gelatin??soalx gelatin ?ª???? di jual di toko d daerahq bentuknya bubuk agak mengkristal gitu..
        Aq maw bikin butter cream buat rainbow cake ama cup cake soalx,klo untuk cup cake aq mau butterx kuat bisa nahan gtu..
        Thanks

      • dicampur air hangat dulu aduk2 sampai rada larut mengental gituh … Jadi buttercreamnya mau dicampur gelatin ya? Kalau sepengetahuanku yang biasanya dikasih gelatin itu klo pake whipcream. Buttercream itu sudah cukup kuat sih di suhu ruang. Tapi ya mungkin ada juga buttercream yang dikasih gelatin kali ya?

  • yuda

    mbak kenapa ya kalo aku kocok krim cair yang dairy gambar yang pertama tuh.. hasilnya gak pernah kaku.. bahkan menjadi hancur dan mencair menjadi gumpalan2 gitu.. jadi ga kepake deh. 🙁
    cara kocoknya yang bener di mixer kayak gimana ya? mohon pencerahannya.. 😀

    • Dinginkan whisk mixermu. Klo perlu bowlnya pake yg stainless steel dan didinginkan juga. Whipcream dairy akan cepat mengembang klo dikocok dingin.

  • kadaluarsa sih blm, cma di buka kotak nya ajah 1 minggu.. kira2 di buat apa ya mba, biar ga kebuang sia2.. 🙁 #need your help banget T__T

  • mbaaa help me… :(( aku beli Whipped cream tapi baru di pake dikit, sisa nya masih buanyaaak.. dan udah lewat sekitar 1 minggu, apa harus di buang ajah…?? tapi sayang 🙁
    aku pake merk vivo cz di tbk cma ada itu yang cair

    • Udah lewat 1 minggu kadaluarsa atau sdh 1 minggu kotaknya dibuka? — klo simpan di kulkas yg suhunya stabil, pengalamanku 1 minggu masih bagus. Coba cek aja udah berubah bau dan rasa atau tidak? Klo sudah ya terpaksa dibuang 🙁

  • alin

    halo mbak salam kenal,

    Semoga mau jawab:)
    Mbak saya kan buka coffe shop kecil2an, kemarin2 ini pake whipping cream roselle yang aerosol, tapi kayaknya kalau pake aerosol agak boros, pingin menyiasati pake whipped cream liquid yang dairy, nah pertanyaanya :
    1. untuk coffee gitu enakan pake aerosol atau yang mix sendiri yah?atau sama aja?
    2. kalau misalkan kita sudah kocok (ex.200ml), hasil mix nya tadi supaya tahan ditaruh di kulkas aja apa cukup?atau harus dihabiskan yah?maximal berapa jam di suhu kulkas?
    3. biasanya untuk 1 kotak (ex. 250l) bisa menghasilkan berapa gram whipped cream?
    4. terimakasih banyak atas sharenya ya mbak:)
    cheers.

    • Aku pernah beli yg aerosol itu.. menurutku sama aja klo dibuat sendiri.. yang penting samakan antara dairy dan non dairy … klo lebih gurih, pakai yang dairy karena terbuat dari susu .. kalo yg non dairy rasanya kurang gurih dan malah ada rasa manis2nya gitu …

      hmm kalau daya tahannya berapa lama, daku sih kurang tahu ya. Yang pasti, begitu sudah dikocok, harus disimpan di kulkas karena klo di luar kulkas nanti akan lumer.

      Aku gak pernah nimbang whipped cream yang udah aku kocok Lin 😀 coba deh kamu yang timbang trus infoin ke aku … 🙂

  • ary

    Mba Fer..aku dah bolak balik baca ini. Tapi masih ga paham juga. Dairy dan non dairy. Soalnya kalo liat di supermarket, kemasannya sama dan ga ada tertulis di kemasan itu dairy atau non dairy. Gimana membedakannya??

    • Ada kok di kemasannya.. dairy itu produk susu. Coba baca pelan-pelan dan cermati. kalau yang non-dairy di bagian ingredientnya seharusnya tidak ada komponen susu …

    • Gak pernah bikin Sus.. googling aja, banyak loh resep buttercream .. nulisnya buttercream ya, bukan batter cream, nanti dapet deh banyak resep …

  • fany

    aku buat cake yang topping atasnya pake whipped cream yang kocok kaku ditambah coklat cair.. aku bingung gimana caranya? soalnya waktu aku bikin coklatnya malah ga nyatu sama cream kocoknya, coklatnya malah jadi bergumpal-gumpal..mohon bantuannya..thanks

  • stella

    mbak..aku mau nanya..mungkin agak nyimpang dikit..
    buat frosting buat cupcakes yang bener tu gimana ya?
    soalnya aku udah nyoba berkali-kali jadinya selalu encer..
    ada tipsnya nggak mbak supaya nggak encer?
    mkasih

  • cheilo

    mba, kan saya beli Anchor UHT Whipping Cream, tapi kok rasanya tawar. kalo mau di manisin bisa ga ya mba?

  • susi

    aku mau tanya perbedaan butter utk buttercrean dengan shortening apa sih? apa merk shortening yg biasa di pakai supaya buttercream nya enak dan tidak berminyak di lidah,….makasih.

  • putri

    mba,mau nanya dong..
    kalau untuk buat saus krim untuk pasta, bagusnya pakai cream yg mana ya??? apa whipping cream bisa dipakai juga untuk buat saus krim pasta? thanks.

    • pakai yang dairy cream, whipped cream yang cair. Jangan whipped cream yang bubuk, itu rasanya manis 😀 kalo yang dairy kan memang dari susu ..

  • vhyvie

    butter cream nya ada merk apa aja??? sebenarnya enakan mna sih kalau buat cake make yang margarin atau better aja??? mkasih yaj,.,,,

    • Buttercream dibuat sendiri biasanya Vie… aku gak pernah buat buttercream sendiri karena gak doyan buttercream. Untuk keperluan oles-oles sedikit aku beli buttercream siap pakai di Toko Rossy …

      Soal rasa tergantung selera, ada yang lebih suka pakai butter karena katanya lebih lembut dan wangi .. Coba buat kue dengan margarin dan butter, lalu coba bandingkan sendiri untuk referensi rasa vie sendiri 😉

  • May

    Halo..salam kenal mba ^.^

    Aq mau tanya, gimana ya cara buat donut yang ga cepat keras? Kaya punyanya Jco gitu..Soalnya donut kentang yang aq buat, kalo uda dingin langsung keras. Ga kaya pnya Jco T.T

    Btw, tau ga dimana ya tempat beli topping di surabaya?

    tx

    • Seberapa cepat mengerasnya? J-co juga klo udah lebih dari 4 jam-an buatku udah terasa mengeras, gak seempuk pas baru dibeli … Lagipula Jco itu kan bukan donat kentang May 😀 Jco itu pake tepung premix sendiri yang kita gak tau komposisinya apa … Sama kayak waktu aku penasaran kok roti buatanku gak selembut roti2 buatan bakery2 gede, trus baru tau kalo bakery2 gitu make tepungnya beda, gak kayak roti rumahan kayak kita yang biasanya cuma pakai terigu protein tinggi campur dengan terigu protein sedang… jadi itu resep perusahaan 😀

  • yuni

    salam kenal ,, aku mau buat kue dan aku mau hiasanya ,, yang mau aku tanya apa bedanya whiepping cream ama double cream ,, trus apa whieping cream bisa di pake buat hiasan kue ultah?
    dan merek apa untu non dair
    y

    • Beda kandungan lemaknya. Tapi aku sendiri belum pernah pake double cream, rada susah nyari di sini. Adanya di sini cuma whipcream. Sesekali di supermarket kayak Ranch atau Kemchiks ngeliat ada Heavy cream – mungkin sama kali ya dgn double cream? tapi yaaa aku cuma lihat aja, gak pernah beli dan nyoba.

      Whipcream bisa aja utk hiasan. Tapi sebaiknya perhatikan whipcream itu gak tahan di suhu ruang, bahkan yang non-dairy pun tak sekuat buttercream. Kalo mau yang kuat dan kokoh di suhu ruang, pake buttercream.

  • Uray Nani Iriani

    salam kenal sebelumnya mbak …

    mau nanya … a selama ini jualan khusus lasagna dan a slalu stock fresh cream elle vier dalam box ukuran besar … tp ga selalu terpakai habis jadi sisanya a simpan lagi di kulkas, di dus kan suka tertulis exp sampai tgl, bln dan tahun sekian sekian, nah yg jadi pertanyaanku … kata mbak kan setelah dipake fresh cream itu cuma bisa bertahan 2 mpe 3 hari, jadi yg benernya gimana y mbak, apakah berarti batas exp yg tertera di dus tidak bisa dipakai sebagai patokan penyimpanan ? tks tuk jawabannya.

    • Kalo kotak fresh creamnya belum dibuka, maka expired datenya ngikuti tanggal tercetak di kotak. Tapi kalau sudah dibuka, maka expired datenya akan lebih cepat mengikuti perubahan suhu yang dialami si fresh cream dan kontaminasi dengan dunia luar 🙂 mudah2an paham yaa…

  • titin

    jad misalnya seperti u/buat topping coklat dimasak dgn whippcream….dan didaerah saya cuman adanya Whipcream Bubuk,trus gmna dong mbak?… bisa kepake jga gak? Takarannya bgmn? trimah kasih,mohon petunjuk anda…

      • Titin

        misalnya dlm resep disebut whippCreamnya dlm ml? bagaimana ya mbak?how to measure it?
        oh ya , klo diganti evaporated milk bisa gak ya? :)) terima kasih…mohon petunjuk anda.

      • kalo diminta dlm cairan, aku biasanya memang aku bikin dulu sesuai takaran di kotaknya. Di kotak whipcreamnya kan ada petunjuk, campur sekian ml air dgn sekian gram bubuk, naah iya itu yang dibuatkan. Kalo kira2 yang diminta resep cuma sedikit, aku konversi lagi ukuran di kotak jadi 1/2 atau 1/4 resep gitu. Nanti mungkin ada sisa, tapi kalo sering berlatih lama2 juga bisa pinter mengira2 ukurannya 😀

        Whipcream ga bisa diganti dgn evaporated, karena rasanya beda. Daaann sebenarnya resep yang pakai whipcream cair alias fresh cream, akan lebih enak dan gurih kalo pakai yang cair (dairy) … 🙂

  • Shika

    Salam kenal..Whipped cream ada terbagi 2 macam yah, yg hewani n nabati. kalo bisa yg hewani ada merk apa aja yg gampang dicari di Indo? thanks

    • yang hewani itu yang dairy, biasanya dalam bentuk cair.. kalo merek sih, ada anchor, elle vire, … mungkin ada merek lainnya, tapi aku gak inget 😀

  • april

    MB….Dikota ku cuma ada Anchor UHT Whipping Cream, gak ada yg merk Elle & Vire…. apakah isi dan rasanya sama mb?

    • Sama kok … yang penting sama-sama dairy. Kalo dibandingkan dengan produk non-dairy, maka baru akan ada perbedaan di citarasanya. Non Dairy rasanya lebih manis.

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

%d bloggers like this: