Aneka Tips Sederhana Agar Kue Bolu Lembut dan Mengembang

Buat kamu yang sekarang sudah jago bikin kue, tentunya dulu kamu pernah mengalami kegagalan saat masih jadi baker pemula. Kesalahan-kesalahannya pun mungkin nggak jauh-jauh dari kue bantet, nggak bisa ngembang, atau mungkin nggak sesuai ekspektasi yang lainnya. 

Gapapa, itu wajar banget, kok! Nah, bagi kamu yang sampai sekarang belum menemukan keberhasilan itu, kamu wajib tahu banget aneka agar kue bolu lembut dan mengembang, seperti yang akan aku jelaskan berikut ini. Boleh banget kamu catat, ya!

Agar Kue Bolu Lembut dan Mengembang

Tips Agar Bolu Lembut dan Mengembang | Pixabay
Tips Agar Bolu Lembut dan Mengembang | Pixabay

Bagaimana caranya untuk mengatasi kue bolu yang bantet alias susah banget mengembang? Berikut ini aku spill tips agar kue bolu lembut dan mengembang buat kamu, langsung cek informasinya di bawah ini, yuk!

1. Bahan Harus Sesuai dengan Resep

Tips agar kue bolu lembut dan mengembang yang pertama adalah bahan yang kamu gunakan harus benar-benar sesuai dengan resepnya, nggak boleh kurang dan nggak boleh lebih. Meskipun terkadang beberapa bahan bisa diganti dengan alternatifnya, tapi tetap saja lebih utama untuk menyiapkan bahan-bahan yang sesuai dengan resepnya. 

Misalnya, saat kamu memilih tepung untuk membuat bolu, pilihlah tepung yang benar-benar dipergunakan untuk membuat kue, janganlah kamu memilih tepung serbaguna. Hal ini dikarenakan tepung yang khusus untuk kue punya tekstur yang lebih halus ketimbang tepung serbaguna. Kalau kamu mau membuat kue yang tekstur dan permukaannya halus, maka gunakan tepung protein rendah atau tepung khusus untuk cake. Sementara kalau mau membuat roti gunakan tepung protein tinggi yang memang khusus untuk membuat roti. 

Baca Juga:  Cara Memanggang Kacang Jadi Enak dan Anti Gosong

Beberapa kue memang tidak masalah bila menggunakan tepung protein sedang atau biasanya kita sebut tepung serba guna. Tapi sekali lagi klo kamu ingin cake buatanmu bertekstur halus, maka tepung protein rendah atau tepung khusus cake adalah yang terbaik.

2. Tunggu Bahan Sampai Ber-Suhu Ruang

Meskipun terdengar sederhana, memproses bahan-bahan pembuat kue dalam suhu ruang mampu mempengaruhi kue buatanmu, lho. Terutama bila kamu ingin membuat kue bolu, bahan-bahan yang suhunya terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat bolu menjadi bantat, alias nggak bisa mengembang sempurna. 

Karena itu simpan dulu bahan-bahan tersebut dalam suhu ruang sebelum digunakan, supaya kue bolu buatanmu nggak bantat dan mengembang dengan sempurna.

Bahan kue yang harus banget dalam suhu ruang adalah dan mentega. yang dingin akan sulit dikocok dan bercampur dengan bahan lainnya. Demikian pula yang terlalu dingin, akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dikocok menjadi adonan mentega yang lembut dan mengembang. Jadi kalau sebelumnya telur dan sudah kamu simpan di dalam kulkas, maka sebelum mulai memproses pengocokan telur, sebaiknya telur sudah kamu keluarkan 30 menit sebelumnya ya. Butter mungkin bisa lebih cepat melunak terutama kalau dapur kamu bersuhu hangat seperti dapurku yang cuma butuh 5 menit saja untuk membuat butter jadi melunak.

Baca Juga:  Cara Mudah Melelehkan Coklat Batang

3. Takaran Bahan Harus Sesuai Resep

Takaran bahan merupakan salah satu hal yang cukup krusial saat membuat kue bolu. Pasalnya, bila takaran bahan lebih banyak atau lebih sedikit dibanding yang ada di resep, hal ini berisiko membuat kue bolu buatan kamu jadi bantat. 

Kalau ingin menakar bahan untuk membuat kue bolu, kamu bisa gunakan timbangan dapur atau gelas ukur, supaya bahan-bahan bisa ditakar dengan sempurna. Berdasarkan pengalamanku juga, aku sering menakar bahan cuma modal perasaan, nggak pakai timbangan dan nggak pakai gelas ukur. Alhasil, kue bolu buatanku pun jadi bantat, jadi jangan ditiru, ya!

4. Jangan Mengaduk Terlalu Lama

Tips agar kue bolu lembut dan mengembang yang selanjutnya adalah jangan mengaduk adonan terlalu lama. Kenapa? Pada dasarnya, adonan kue bolu itu harus diaduk dengan cepat. Ini maksudnya adalah mengaduk campuran tepung ke dalam kocokan telur atau kocokan mentega.

Kalau kamu mengaduk adonan terlalu sebentar, kue bolunya akan kempes. Sebaliknya, kalau kamu mengaduk terlalu lama, kuenya bakal jadi bantat. Jadi, memang nggak boleh terlalu sebentar ataupun terlalu lama saat mengaduknya. 

Baca Juga:  Apa Itu Moist Cake? Ini Arti dan Rahasia Membuat Moist Cake

Proses mengaduk itu bermaksud untuk mencampur adonan kering alias tepung-tepungan dengan adonan basah atau lemak yaitu telur atau mentega kocok yang sudah dikocok mengembang. Kocokan telur atau mentega yang sudah mengembang itu sudah menyimpang gelembung udara sehingga kalau kamu kelamaan mengaduk adonan, gelembung udara tersebut bisa hilang dan akibatnya kue bolu-mu nanti bisa-bisa gagal mengembang cantik.

5. Panaskan Sebelum Memanggang

Tips agar kue bolu lembut dan mengembang yang satu ini seringkali dianggap sepele oleh kita semua. Padahal, memanaskan sebelum memanggang kue bisa membantu untuk membuat kue bolu yang mengembang sempurna, lho.

Setidaknya, panaskan oven 20 menit sebelum adonan kue dipanggang. Setelah adonan masuk ke oven, jangan lupa juga untuk cek kematangan kuenya secara berkala, ya!

Nah, teman-teman, itulah sedikit tips agar kue bolu lembut dan mengembang yang bisa aku bagikan ke kamu. Kini, jangan lupa untuk mengikuti tips-tips di atas supaya kue bolu buatan kamu bisa lembut dan mengembang dengan sempurna, ya. Semoga tulisanku kali ini bisa menginspirasi kamu!

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya