Kacang sudah umum kita gunakan untuk tambahan topping atau campuran adonan aneka kue karena memiliki rasa khas yang ringan sehingga mudah dikombinasikan dengan beragam bahan, khususnya kue kering. Namun tidak semua jenis kacang bisa kita gunakan sebagai campuran membuat aneka kue. Oleh karena itulah, disini akan diulas 6 jenis kacang yang sering digunakan sebagai tambahan membuat kue dan aneka masakan di rumah.

Jenis-Jenis Kacang Untuk Kue dan Masakan

Sebelum kita bahas tentang yang sering digunakan dalam campuran kue kering, perlu kita ketahui kacang merupakan biji sejumlah tumbuhan yang bisa digunakan sebagai salah satu campuran makanan maupun sebagai camilan. Kacang memiliki kandungan protein atau lemak yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Selain itu, berbagai jenis kacang juga memiliki karakteristik yang berbeda sehingga perlu perlakuan khusus saat kita mencampurkannya sebagai tambahan membuat aneka kue.

1. Kacang Tanah

Saat orang-orang membicarakan “kacang”, pasti yang langsung terlintas adalah jenis kacang satu ini, Kacang Tanah. Kacang Tanah termasuk dalam kelompok legume dan tidak sama dengan jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon seperti almond, mete dan kenari.  Jenis kacang ini memiliki kandungan protein, lemak tak jenuh tunggal, antioksidan, asam folat serta kandungan nutrisi lainnya. Kacang Tanah juga bisa berfungsi sebagai salah satu item diet sehat karena mengandung serat dan lemak sehat yang akan membantu kita tidak mudah merasa lapar.

Saat menggunakan Kacang Tanah untuk campuran membuat kue kering, jangan lupa gunakan kacang tanah yang sudah disangrai lalu cincang halus ataupun kasar sesuai selera. Ketika kalian memilih mencincang kasar Kacang Tanah sebagai tambahan kue maka akan menghasilkan tekstur kue yang lebih padat, serta saat digigit bagian kacang tersebut masih terasa. Dan sebaiknya jika mencincangnya secara halus maka akan menghasilkan kue bertekstur lembut.

Selain digunakan sebagai tambahan untuk membuat kue kering, jenis kacang ini juga bisa digunakan sebagai selai. Kalau aku biasanya membuat kacang tanah sebagai kue sagu kacang, ampyang kacang dan pastinya kue kacang untuk momen lebaran maupun cemilan.

Baca Juga:  7 Jenis Gula Untuk Membuat Kue yang Perlu Diketahui!

2. Kacang Merah

Jenis kacang selanjutnya yang biasa aku gunakan sebagai tambahan membuat kue di rumah adalah Kacang Merah. Kacang Merah merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki beragam nutrisi seperti karbohidrat, serat, antioksidan, folat dan beragam nutrisi lainnya. Oleh sebab itulah mengkonsumsi kacang merah dipercaya dapat mengontrol gula darah serta cocok digunakan untuk item diet sehat. Namun meskipun memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh Kacang Merah dapat menimbulkan gas dalam usus.

Jadi, perlu teman-teman ketahui sebelum menggunakan kacang merah sebagai tambahan dalam aneka masakan ataupun membuat kue, jangan lupa merebus Kacang Merah ataupun merendamnya terlebih dahulu. Karena Kacang Merah yang masih dalam keadaan mentah mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Kalau aku biasanya menggunakan Kacang Merah sebagai tambahan untuk campuran membuat es ataupun sebagai campuran dalam pembuatan brownies, bolu sampai kue lapis.

3. Kacang Mete

Kacang Mete atau Cashew | Photo by David Gabrielyan on Unsplash

Kalau kacang jenis ini pasti sudah sangat populer, Kacang Mete. Kacang Mete merupakan jenis kacang yang berasal dari jambu monyet atau jambu mete. Memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak dan aneka nutrisi lainnya membuat kacang jenis ini juga bisa digunakan sebagai makanan untuk diet maupun mencegah anemia.

Penggunaan Kacang Mete dalam kue kering akan menghasilkan tekstur kue lebih padat serta kaya rasa. Tidak hanya itu, Kacang Mete juga cocok digunakan sebagai toping untuk kue yang kita buat. Jika ingin menggunakannya sebagai toping maka hanya perlu dikeringkan dan diiris maupun bisa digunakan secara untuk. Namun saat menggunakannya sebagai campuran adonan kita perlu menghaluskan dahulu. Kalau aku biasanya menggunakan Kacang Mete sebagai toping kue kering atau campuran adonan membuat putri salju.

4. Kacang Walnut

Kacang Walnuts | Photo by Mockup Graphics on Unsplash

Kalau kalian hobi membuat kue tradisional seperti roti kenari dan bagea pasti sudah tidak asing lagi dengan Kacang kenari. Kacang Kenari ada juga yang menyebutnya kacang walnut . Tapi yang disebutkan disini bukan kacang walnut ya teman-teman. Tapi kacang kenari

merupakan sejenis kacang yang memiliki kulit cenderung keras serta kandungan lemak, protein, serat dan beragam nutrisi lainnya.

Baca Juga:  Inilah 5 Jenis Coklat Untuk Kue, Awas Jangan Salah Pilih!

Oleh sebab itulah Kacang Kenari juga berfungsi untuk meringankan gejala depresi dan peradangan pada organ tubuh.

Ketika ingin mencampurkan Kacang Kenari dalam pembuatan kue, kita bisa memotongnya terlebih dahulu ataupun mencampurkannya secara utuh. Karena saat kita membeli jenis kacang ini di pasaran, Kacang Walnut sudah dikupas dan dipotong sesuai kebutuhan.

5. Kacang Kenari atau Java Almonds

Kacang Kenari Ambon | image by organicpilinuts.com

Kacang Kenari atau Kenari Nuts ini tidak sama dengan Kacang Walnuts yang juga sering disebut kacang kenari. Kacang kenari yang ini adalah Kacang Kenari dari Indonesia. Bentuknya memanjang dan tidak seperti kacang walnut.

Kacang kenari biasanya dijual dalam bentuk sudah dikupas, ada yang utuh dan ada yang sudah dibelah-belah. Kacang kenari biasa digunakan untuk topping klappertaart atau brownies. Selain itu kue tradisional seperti Bagea Kenari, Halua Kenari, Sarut Kenari dan Roti Kenari adalah kue berbahan kacang kenari yang berasal dari Ambon.

6. Kacang Almond

Jenis kacang ini sudah familiar di telinga para baking banners ataupun newbie in the kitchen pastinya, Kaca Almond. Salah satu kacang dengan beragam pilihan yang bisa dengan mudah kita kombinasikan dalam resep kue ataupun digunakan sebagai toping. Namun sebenarnya Kacang Almond bukanlah kacang tetapi buah berbiji yang ditutupi oleh kulit keras. Kacang Almond memiliki kandungan nutrisi seperti serat, protein, vitamin E dan aneka nutrisi lainnya yang dipercaya sebagai antioksidan dan menurunkan kolesterol.

Kita bisa dengan mudah menemukan Kacang Almond dalam bentuk bubuk, diiris halus ataupun masih dalam keadaan utuh di pasaran. Kalau aku sendiri biasanya menggunakan Kacang Almond sebagai hiasan kue saja.

7. Kacang Edamame

Edamame | Image from Pixabay

Bagi para newbie in the kitchen pasti belum begitu familiar dengan Kacang Edamame yang bisa digunakan sebagai campuran untuk membuat kue kering. Jenis Kacang Edamame sendiri sekilas memiliki tampilan mirip kacang kedelai namun berwarna hijau. Biasanya memang seringnya langsung direbus ataupun dikukus lalu dikonsumsi. Memiliki kandungan nutrisi seperti serat, folat, karbohidrat dan aneka nutrisi lainnya membuat Kacang Edamame cocok digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat serta menyehatkan pencernaan.

Namun ketika kita ingin menggunakan Kacang Edamame sebagai campuran kue kering, jangan lupa keringkan Kacang Edamame terlebih dahulu lalu cincang agar teksturnya lebih menyatu dengan adonan.

Itu dia yang sering digunakan sebagai campuran dalam adonan kue kering sebagai toping ataupun perasa. Perlu diingat, kacang memiliki karakteristik yang berbeda jadi ada yang bisa langsung digunakan, ada yang perlu direndam dahulu ataupun disangrai. Selain itu meskipun kacang memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik, kita juga perlu mengontrol kadar kacang-kacangan yang kita konsumsi agar tidak menimbulkan alergi ataupun penyakit lainnya.  

Ruli Wahyuni

Artikel Lainnya:

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^