Wednesday, August 17

Cara Menangkal Kutukan Bolu Kukus Agar Mekar Jaya Selalu

Kutukan Bolu Kukus ini bisa menimpa siapa saja lho. Gak cuma para newbie saja yang bisa mengalami kutukan yang sangat melegenda di kalangan para pembuat kue. Mereka yang sudah berpengalaman membuat kue pun bisa saja bolu kukusnya gagal ngakak alias terkena kutukan bolu kukus… hehehe.

Dan saking legendarisnya si kutukan gagal mekar merekah ini, banyak yang mengaku sudah mencoba berbagai resep bolu kukus, tapi tetap saja kutukan itu belum lepas dari mereka.

Baiklah, supaya kita pastikan kutukan itu tidak lagi kita alami, berikut ini kami coba berikan ajian-ajian penangkalnya. Yuk disimak.

Agar Bolu Kukus Selalu Mekar Merekah

Resep Bolu Kukus ada berbagai macam. Dan semua resep pasti memiliki agen pengembang kue di dalamnya. Ada yang menggunakan air soda semisal Sprite (dikenal dengan Bolkus Sprite), ada yang menggunakan baking powder dan soda kue, dan ada juga yang mengandalkan kekuatan bulan, eh maksudnya kekuatan kocokan telur sebagai agen pengembang kue.

Nah untuk resep yang hanya menggunakan telur, maka umumnya digunakan emulsifier untuk memastikan kocokan telur akan mengikat sempurna seluruh adonan dan membuat kocokan telur stabil. Dan mengocok adonannya juga tidak boleh sebentar, minimal 10 menit untuk ukuran hand mixer.

Walaupun ada resep yang menggunakan agen pengembang seperti baking powder dan baking soda, tetap kami sarankan untuk melakukan pengocokan telur dengan kecepatan tinggi sampai telur benar-benar berubah warna menjadi pucat atau putih.

Dan mengingat pentingnya fungsi telur dalam adonan, maka pastikan kamu menggunakan telur yang segar.

Ok, setelah memastikan semua bahan dalam kondisi segar, mari kita bahas ajian penangkal kutukan Bolu Kukus ini. Jadi sebenarnya kutukan ini ada 2 kondisinya, yaitu Bolkus Bantat Total dan Bolkus Senyum Malu-malu.

1. Bolu Kukus Benar-benar Tidak Merekah

Bolu kukus yang bantat alias gagal mekar total, maka harus ditinjau dari proses pembuatannya sampai proses mengukus. Bisa jadi penyebabnya adalah pengocokan adonan yang kurang sempurna dan kurang kental, karena itu adonan jadinya kurang bisa mengembang. Bolu kukus mekar sampai merekah tertawa itu karena proses pengembangan adonan yang maksimal di dalam kukusan.

Baca Juga:  Tepung Ketan : Fungsi dan Cara Menyimpannya

Kalau kita sudah merasa pengocokan adonan kita sudah super maksimal, mengembang sempurna dan kental, maka terduga berikutnya adalah kukusan yang belum panas saat adonan dimasukkan. Jadi untuk menangkal kutukan ini, pastikan sebelumnya air dalam kukusan sudah mendidih dan menggelegak yang ditandai dengan keluarnya asap dari dalam kukusan. Setelah itu baru masukkan adonan ke dalam kukusan.

Susun cup adonan di dalam kukusan dengan jarak minimal 2 jari antar cup. Jangan memasukkan cup adonan terlalu padat untuk memberikan ruang agar uap panas dari air mendidih bisa berputar memanaskan adonan dalam cup.

Setelah itu perhatikan agar air dari bawah kukusan tidak menyentuh dasar cup. Karena kalau dasar cup basah, maka pastilah akan bantat. Selain air dari bawah, pastikan juga uap air dari tutup kukusan tidak menetes jatuh ke dalam adonan. Bungkus tutup kukusan dengan serbet untuk menahan tetesan air supaya tidak langsung jatuh menetes ke adonan.

2. Bolu Kukus Merekah Sedikit, Tapi Tidak Mekar

Ini yang biasanya sering terjadi. Bolu kukusnya mengembang sih, tapi gak sampai tertawa, cuma senyum sedikittt saja.

Kalau bolu kukusnya udah mau senyum, maka untuk membuatnya bisa tertawa, maka isilah adonan dalam cup sampai 3/4 penuh. Dan juga jangan lupa panaskan kukusan sampai airnya mendidih sebelum memasukkan adonan ya. Ohya, mengukus bisa pakai api besar supaya tekanan panas yang dihasilkan bisa maksimal dan membuat si Bolu bisa tertawa. Tapi kalau kukusan kamu ukurannya kecil, maka api kompor setel di medium saja supaya bolu kukusnya tidak terlalu cepat mekar, ujung-ujungnya nanti si bolu yang sudah mekar tertawa akan menciut saat dikeluarkan dari kukusan.

Selain soal pengisian adonan yang kurang penuh dan panasnya kukusan, kemungkinan lainnya adalah air soda yang digunakan sudah kehilangan kekuatannya. Mungkin air sodanya sudah kelamaan menunggu dalam kondisi terbuka. Karena itu gunakan air soda yang disimpan dalam botol kaca atau kaleng dan biarkan dalam kondisi tertutup sampai tiba masanya harus digunakan.

Baca Juga:  Cara Benar Membaca Resep Kue Agar Kue Tidak Gagal

Dan tips terakhir yang juga penting adalah tutup kukusan jangan suka iseng di-buka-tutup ya. Biarkan proses mengukus berlangsung selama 30 menit atau berapapun waktu yang disebutkan dalam resep yang kamu gunakan. Lalu setelah waktu itu berlalu, barulah kamu boleh membuka tutup kukusan untuk melihat keadaan si bolu.

Nah, kalau sudah tahu tipsnya di atas ini, coba dipraktekkan resep di bawah ini dan buktikan kamu sudah lepas dari Kutukan Bolu Kukus. Resep ini sudah pasti Anti-Gagal karena Resep dari Fatmah Bahalwan dan Tintin Rayner yang sudah kondyanggg sejagat internet.

Resep Bolu Kukus Coklat

Bolu Kukus Susu | Fatmah Bahalwan – Instagram

Ini adalah resep Bolu Kukus tanpa tambahan agen pengembang. Kekuatan mengembangkan diri sampai mrekoh merekah didapatkan dari pengocokan adonan minimal selama 10 menit. Bila adonan dikocok dengan mixer kurang dari 10 menit, jangan tanyakan kemana aku pergi … eh jangan tanyakan kenapa bolkusmu tidak merekah yaa …

Bahan-bahan:

Bahan A:
200 gram tepung terigu serba guna protein sedang
200 gram gula pasir
200 ml Cair Full Cream
2 butir telur
1 sdt emulsifier (SP, TBM atau Ovalet, pilih favoritmu)

Bahan B: Campur dan aduk hingga coklat bubuk larut dalam air
15 gram Cokelat Bubuk (cocoa powder)
20 gram air panas

Cara membuat Bolu Kukus:

  1. Setelah mencairkan Bahan B, sisihkan sampai dingin.
  2. Lalu masukkan semua Bahan A dan Bahan B dalam wadah, lalu kocok dengan mixer selama 10 menit. Ingat ya mesti sampai 10 menit, lebih juga boleh, tapi gak boleh kurang. Kenapa? Untuk memastikan semua bahan sudah tercampur rata dan menghasilkan adonan yang smooth dan kental ringan.
  3. Bagi dua adonan, 1/4 bagian campur rata dengan Bahan B, dan sisanya biarkan berwarna putih.
  4. Siapkan cetakan lalu alasi dengan paper cup. Tuang adonan berselang-seling, bagian bawah putih, lalu beri adonan coklat, lalu putih dan terakhir coklat.
  5. Kukus dalam dandang atau klakat yang sudah beruap banyak selama 20 menit, jangan diintip-intip. Setelah 20 menit, baru dibuka dan angkat.
Baca Juga:  Perbedaan Tepung Roti dan Tepung Panir

Resep Bolu Kukus Pandan Alami

Bolu Kukus Pandan Alami | Laysisilia – Instagram

Resep ini menggunakan soda kue dan baking powder. Untuk rasa dan aroma pandan yang nikmat alami, sebaiknya buat dulu juice pandan atau endapan pandannya sebelum membuat Bolu Kukus ini. Cara membuatnya bisa dilihat di sini.

Bahan-bahan

200 gram cairan pandan
240 gram gula pasir

1/2 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
2 butir kuning telur

250 gram tepung terigu protein sedang atau protein rendah
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla bubuk

100 ml minyak goreng

Untuk Cairan Pandan, bisa pilih salah satu dari opsi berikut ini:
Pertama, 100 gram santan instan + 5 sdm endapan pandan + air, ditimbang sampai 200 gram
Kedua, 100 gram santan instan + 100 gram jus pandan

Cara Membuat Bolu Kukus Pandan:

  1. Didihkan 200 gram gula pasir dan cairan pandan sampai gula larut. Dinginkan.
  2. dengan kecepatan tinggi: kuning telur + sisa gula pasir 40 gram + Baking Powder + Soda kue sampai adonan terlihat pucat mengembang.
  3. Masukkan secara berurutan ke dalam adonan kuning telur yang sudah pucat mengembang: Cairan pandan yang sudah didinginkan kemudian lanjut masukkan campuran terigu+garam+vanila. Lalu mixer asal rata saja dengan speed rendah. Matikan mixer.
  4. Tuang minyak goreng, aduk balik pakai spatula atau bisa juga tetap diaduk dengan mixer kecepatan paling rendah
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan 3/4 penuh atau hampir penuh juga boleh.
  6. Kukus selama 20 menit dalam dandang atau kukusan yang sudah panas dan beruap banyak.

Sudah Baca Yang Ini?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^