Sudah bisa membuat kue yang enak? Sudah dapat pujian dari keluarga, sodara dan tetangga? Kalau begitu, mari kita mencoba berjualan kue!

Biarpun cuma bisa bikin satu kue yang enak, tetap PeDe untuk jualan donk! Roti Boy aja PeDe tuh cuma punya satu jenis roti di gerainya, hehehe. Jadi tidak perlu menunggu menguasai puluhan resep kue-enak-mantap hanya untuk berjualan. Cuma bisa bikin satu macam kue aja? ya ndak pa-pa. Perbaiki terus resepnya sampai bisa jadi kue terenak diantara kue paling enak yang sejenis.

Kalau mau jualan, tentunya kita harus bisa menetapkan harga jual. Di sini aku share cara sederhana menentukan harga jual kue yang akan kita pasarkan. Karena masih skala bakul kue rumahan, dalam perhitungan ini dibuat simple aja, ndak pake penyusutan dan menghitung biaya-biaya lainnya. Semoga bermanfaat dan silakan share bila ada informasi yang terlewat aku tuliskan.

Bagaimana caranya menetapkan harga?

Yang pasti, kalau jualan tentunya ndak mau rugi kan? Gampangnya adalah dengan menghitung jumlah bahan yang digunakan untuk membuat kue ditambah dengan perkiraan penggunaan gas/listrik dan packingnya. Setelah diperoleh ongkos produksinya, baru tetapkan persentase atau keuntungan yang diinginkan. Β Ohya sebelumnya dilihat dulu satu resep jadinya berapa banyak? Dari situ kita bisa menetapkan harga per satuan kuenya.

Contoh menetapkan harga jual kue Pennylane Brownies, silakan lihat resepnya, ada gula, terigu, minyak, dst:

  • Karena gula biasanya dijual kiloan maka cara menghitungnya 360gr/1000gr dikali harga gula sekilo = (360/1000) x Rp10000 = Rp 3600
  • Minyak dijual per liter, tinggal bagi 225/1000 x harga minyak seliter
  • Telur 4 butir bagaimana menghitungnya? Lihat saja dalam satu kg ukuran sedang biasanya dapat berapa butir? Katakan satu kg ukuran sedang ada sekitar 14 butir seharga Rp 15.000. Jadi harga satu telurnya = Rp 15.000 dibagi 14 = Β Rp 1072
  • Teruskan hitung sampai selesai satu resep maka akan didapatkan total biaya bahan.
  • Satu resep Pennylane Brownies bisa jadi 2 loyang ukuran 30×10, berarti mesti beli kotak ukuran 30×10. Masukkan lagi biaya tersebut.
Baca Juga:  Membuat Cheese Cake dengan Au Bain Marie Akal-akalan


Bagaimana menghitung biaya gas? Sebenarnya harus dihitung pemakaian selama sebulan. Tapi kalo aku karena gak mau ribet, ambil saja contoh perhitungan yang sering dipakai para produsen kompor dalam membanding-bandingkan keiritan kompor mereka.

Satu contoh aku melihat iklan kompor … eeh, lupa mereknya. Iklannya itu kompor tanpa api gitu, halogen apa gitu kali ya? Nah di situ tertulis perbandingannya, memasak satu jam dengan kompor gas itu setara dengan sekitar Rp 1600-an rupiah (emph itu waktu gas harganya masih 65ribuan ya, hahaha). Sekarang gas sudah naik lagi harganya, so diambil perkiraannya saja yang aman yaitu satu jam kira-kira menghabiskan Rp 2000.

Sudah dapat total biaya produksi, baru tetapkan berapa profit yang kita inginkan. Lima puluh persen? atau seratus persen? Silakan saja lho … Kue-kue home-made biasanya memiliki kelemahan dalam perhitungan biaya bahan, yaitu karena kita membeli bahan tidak dalam jumlah besar maka harga per satuan bahan jadinya memang lebih mahal. Tapi ya ndak pa-pa, memang begitulah keadaannya.

Namun kita bisa beri value-added misalnya: Β kue-kue yang aku buat aku jamin bebas pengawet dan tidak menggunakan emulsifier untuk pengembang telurnya. Aku hanya pakai segar, gula pasir, terigu, mentega, margarin dan minyak sayur. Tidak ada bahan tambahan lainnya, kecuali penambahan baking powder di beberapa resep.

Nanti kalau sudah mulai banyak pesanan, kita sudah bisa mulai mensiasati pembelian bahan dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga bisa meningkatkan profit.

Nah sudah dapat gambarannya kan kira-kira bagaimana kalau memulai jualan? Yuk mari berjualan kue πŸ˜‰

image courtesy of Goldoven.com

Artikel Lainnya:

62 Comments
  • Ayu Wulandari
    says:

    wah, sharingnya membantu bgt mba! makasih yah,. btw saya mau tanya, memang kenapa dg penggunaan emulsifier (ovalet / SP) pada kue mba? apa itu tdk baik mba? sekali lagi makasih mba.

  • Baim
    says:

    Alhamdulillah, makasih ya mbak untuk sharingnya. Sebelumnya harap dimaklumi, karena saya cowo, krg ngerti yg namanya masak2an, tp bikin penasaran jg.. saya mau nanya mbak, itu angka 360 itu dpt darimana ya? sama 225nya? makasih ya mbak..

    • cakefever
      says:

      360 dan 225 itu dari resep kue yang dibuat dalam contoh perhitungan di tulisan ini. Coba saja klik linknya, Im …

  • sufi
    says:

    SubhaAllah, terimkasih infonya mbak, ilmu yang bermanfaat, semoga Allah menambah keberkahan bagimu

  • Sophia
    says:

    Wah makasi bgt mba. Kebetulan aq lagi bingung cara ngitung ginian. Kalo pake oven listrik itungnya gmn ya mba? Aq pake otrik soalnya. Tx sebelumnya mba πŸ™‚

    • cakefever
      says:

      Hehehe… mesti menghitung penggunaan listrik sebulannya berarti … kalau mau sederhana, harus dibandingkan penggunaan listrik sebulan dengan otrik dan tanpa otrik. Selisihnya itu yang dimasukkan ke dalam cost …

  • yanti
    says:

    Seneng banget dpt byk masukan dr web ini…jempol deh mba…tq so much for sharing
    .????

  • dewi
    says:

    seneng deh bisa dapet ilmunya mba,,, makasih banget ya,,, dan juga bahasanya enak buat dicerna,,, aa guyonan nya juga,,,hehe…. makasih,,, muach,,,muach,,,

  • naysha
    says:

    Thanx ?ΒͺΒͺ mbak ats infox, kebetulan sya ????? nyari” cara meghitung hrg jual kue, maklum sya br mau bljr jual kue nih… Pst bermanfaat bget nih info apalagi bwt pemula sprt sya. Smoga usaha mbak makin sukses ?ΒͺΒͺ….

  • Eka Prasetya
    says:

    Salam kenal yah mba…
    mba mau tanya kalo utk cream susu kuat berapa hari dalam roti manis ?

  • Diana - Pekanbaru
    says:

    mba , ku mau tanya nih.
    coklat yang bisa dipanggang pakai coklat apa? dan merknya apa? terima kasih..

    • cakefever
      says:

      COklat untuk cooking, bisa yang compound atau couverture. Coba saja datang ke Toko Bahan Kue. Atau kalau di supermarket, coklatnya itu ada di rak untuk bahan-bahan kue, bukan coklat yang ada di rak permen ya …

      • Diana - Pekanbaru
        says:

        oo iya.. maaf, belum kenalan.. salam kenal ya mba… websitenya menarik dan sangat membantu utk curhat (ciee).. masalah meramu resep2 kue..:)

  • idi waluyoning tyas
    says:

    Mbak mau nanya nih klo bahan dasarnya habis kira2 44.000 rb perhitungannya bangaimana? total hasil produksi / 1 resep kira2 1,2kg klo akan dijual per toples 500kg dengan harga kisaran berapa? mohon bantuannya donk? trimakasih banyak. Saya tunggu yaaa,,,,,,

  • ivone
    says:

    mb saya binggung bagaimana cara membuat topping yang cantik dan ekonomis.
    sedangkan kalo diperhitungkan saya masih nombok…
    tolong mb bantuan ny
    tks

  • Lismaini
    says:

    TQ yaa udah ngajarin cara menghitung nya.. sederhana gampang di mengerti.., salam kenal..
    saya ingin berjualan kue online dgn ponakan saya,nnt tanya2 lagii..:)

  • nana
    says:

    makasih banyak mba fero, semoga Allah jadikan kesuksesan untukmu & keluarga, & selalu menjadikanmu baik hati selamanya :))
    Love it so much πŸ™‚

  • uwin
    says:

    sarann neee…..klo bisa perhitungannya di selesaikan sampe selesai sesuai bahan di resepnya hingga hrga jualnya juga bisa diketahui…kan masih bnyak tuh biaya2 lainnya yg belum di masukan

    • cakefever
      says:

      Silakan yaa diteruskan perhitungannya sampai selesai. Kan aku sdh berikan clue-nya. Tinggal disesuaikan dengan harga bahan di tempat masing2. Plus harga kemasannya. Masukkan jg biaya gas, listrik dan tentu upah lelah si pembuat ..

  • dee-an
    says:

    Terima kasih banget mba buat ilmunya…jadi
    Makin Pede aja deh saya jualan kuenya, ilmu
    Yg sangat bermanfaat dan mba dengan baik hati sudah mau
    Menshare ilmunya….

  • Ira
    says:

    Web nya baguss bgt mba, n mba mura hati bgt mau share semua ilmunya. Aku kl bikin kue jg menghindari pengembang dan sejenisnya, kecuali roti n donat yg memang butuh itu. Pengen juga jualan kue…
    Salam kenal…

  • kiki
    says:

    Tanya dong mba, klo tempat penjualan alumunium foil (yg sdh dlm bentuk kemasan) secara grosir di Jakarta dimana ya mba? Need ur recommendation.
    Terimakasih atas bantuannya

    Regards,
    Kiki

    • cakefever
      says:

      Aluminium Foil yang bentuk wadah itu kan ya maksute? bukan yang lembaran?
      Aku biasa beli di Pasar Jatinegara atau di TBK Mira … harganya lumayan murah. Kalau memang sudah dalam jumlah lebih banyak lagi, bisa cari contact Produsen-nya…

  • tatu indah rizqiah
    says:

    Mba….
    stelah baca info di atas aq seneeeeng banget, kebetulan lg butuh info tsb.jd ada bayangan cara ngejual kue yg aq buat.
    nah…skg aq ada yg msh bingung cara menghitung perbandingan bahan kue apabila loyang diperbesar atw double ( apakah resepnya dikalikan 2 atw gmana ? )

    atas sarannya,mksh.
    salam kenal ya mba….

  • Nadya
    says:

    Mba Fero,Thx for the tip. Sy baru merintis toko kue. Keju yg bagus untuk kue kering (kastengel, nastar) itu apa mba?

    • cakefever
      says:

      ada yg fanatik edam dan ada pula yang lebih suka parmesan .. kalo aku bikin kastengel, ya pakai keju cheddar biasa aja… hehehe

  • rafika
    says:

    aku mau tanya mbak, kenapa di setiap resepnya cake emulsifer selalu di skip mbak??

    cake emulsifer tu seperti tbm dan sp kan??

    trims mbak…..

    • cakefever
      says:

      iya, emulsifier seperti tbm dan sp… aku skip karena memang tidak perlu pakai additif tersebut kalau sudah menggunakan telur yang segar. Hanya alasan kesehatan saja, supaya kue-kue yang aku buat minimal bahan tambahan yang tidak terlalu perlu πŸ˜‰

  • triana
    says:

    aku kagum sm mba, udah punya toko kue, tp msh mau berbagi ilmu
    beli resep aja, bnyk yg bo’ong (GaTot).
    smoga cakefever tambah jaya sentosa….(amiiin)

  • Yuni Hartini
    says:

    Seneng banget baca tip-tipsnya mba…tks sudah berbagi ilmu..sukses terus ya mba..

  • Uray Nani Iriani
    says:

    mbak ..

    A baru ja baca artikel tsb diatas ….
    G bisa ngomong banyak selain cm bs bilang …
    Makasih banyak y mbak tuk infonya, sama spt yg mbak inon blg ..
    Subhannallah …. hari gini dah susah nyari orang yg mau berbagi ilmu dgn jujur dan ikhlas … hanya org yg benar2 mengenal agama dgn baik lah yg bisa melakukannya …
    Setelah mengenal blog mbak … trs trg a lbh suka bikin kue base on resep mbak … sekali lg tks y mbak.

  • inon
    says:

    mbak nan wajahnya sejelita hatinya. Thanx alot yah info2 handalnya. SubhanAllah,,jaman segenee masih ada yg ga pelit info u/ mengatasnamakan “profit”. Semoga Allah memberkahi mbak sekeluarga,amin..

  • ila
    says:

    Ba..kira2 mdl bikin blueberry cheesecake brpan? ΒΊΒ°??°º?:)Βͺ:)K:)Βͺ:)Β§:)?:)?ΒΊΒ°??Β° ya tips nya bagus2

    • cakefever
      says:

      ayo ayo.. kan aku dah kasih contekan ngitung harga jual kue kaan… coba dipraktekin ngitung modal blueberry cheese cakenya πŸ˜‰

  • april
    says:

    mb….makasih banyak sharenya….alhamdulilah, masih ada org yg gak pelit ilmu kayak mb…..

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^