Buat yang serius ataupun sekedar iseng jualan kue, tentunya harus memikirkan kotak, wadah atau packaging dari kue yang akan dijual.

Packaging untuk kue bentuknya bermacam-macam.ย Kotak-kotak untuk packaging kue-kue ini kalau di Jakarta bisa dibeli di beberapa tempat, yaitu di Toko Bahan Kue, Toko Mira (pilihan packaging di sini lebih banyak), pasar Jatinegara, Pasar Mayestik.

Bila membeli kotak dalam jumlah banyak, tentunya kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sehingga cost per potong kue yang kita jual bisa ditekan dan profit margin bisa diperbesar.

Bila kita menjual kue yang mengutamakan rasa, maka kita harus memilih bahan berkualitas baik. Akibatnya harga misalnya sepotong ukuran 30×10 kita bisa-bisa 2x lipat harga di toko kue kebanyakan. Tapi konsumen kue, terutama mereka yang mengutamakan rasa, biasanya tidak terlalu sensitif dengan harga.

Tetapi masalah harga ini bisa juga disiasati dengan membuat kue dengan ukuran yang lebih kecil.ย Daripada mengurangi kualitas bahan yang berarti mengurangi kenikmatannya, maka lebih baik menjual dengan ukuran yang lebih kecil.

Kotak Brownies biasanya terdiri dari beberapa ukuran standar: 30×10, 22×10, 26×10, 28×10 dan terkecil 15×10. Tetapi pengalamanku, ukuran loyang yang umum tersedia hanya 30×10, 15×10 atau kadang-kadang aku nemu juga ukuran 22×10 dan 28×10.

Bila memilih packaging ukuran tidak standar, lebih baik sekalian pesan dengan loyangnya. Karena biasanya jarang sekali TBK menjual tidak dengan ukuran standar.

Naah kalau kotaknya sudah dapat, jangan lupa untuk membuat stikernya yaa … Stiker dalam ukuran sedikit bisa dipesan di Snapy. Tapi kalau sudah mau buat stiker dalam ukuran banyak, sebaiknya ke percetakan karena harganya akan lebih murah.

Baca Juga:  Menjadi Food Stylist Yang Gampang-Gampang Susah

Mereka juga biasanya menyediakan jasa desain dan layout bila diperlukan.

Selamat berjualan!

Sudah Baca Yang Ini?

28 Comments
  • Ayu Lestari
    says:

    Mba, kalo mau buat brownies misalkan dngn ukuran 20 10 4 saya harus membeli loyang dan boxnya dengan ukuran sama atau lebih besar box?
    Trimakasih

    • Ferona
      says:

      Klo beli kemasan kotak yang sudah jadi di toko, itu udah ada ukuran standar brownies sesuai loyangnya. Jadi klo brownies tu setauku ada kotak 15×10, 22×10 dan 30×10. Nanti loyangnya pun seukuran itu. Beli kotaknya dan loyangnya ukurannya yang sama supaya pas. Brownies kan soalnya gak mekar-mekar banget, Yu …

  • Wisti
    says:

    Hai Mba Salam Kenal.. Aku suka banget sama cakefever.com ini, berawal dari saat aku cari-cari referensi dan kreasi resep Macaroni Schotelnya, dan ternyata resepnya Mba enak banget. Hehehe. Mba, saya pernah ikut bazzar dan disitu coba jualan Macaroni Schotel dan Zuppa Soup, alhamdulillah laris. Kendalanya waktu itu bagian packing. Kalo Zuppa Soup pas nya di packing pake tempat apa ya mbak? Kalo waktu itu saya pake dus biasa yg buat snack. Karena banyak dari pengunjung yang mau dibawa pulang. Trus mbak, kalo tempat yang biasa buat brownies, harus di isolasi lagi atau nggak? terima kasih.

    • cakefever
      says:

      Kalau untuk brownies, biasanya aku selotip pinggirannya supaya tidak mudah terlepas. Aku tidak pernah lagi pakai staples setelah pelangganku memberi masukan bahayanya staples bila tak sengaja tergigit atau tertelan.

  • erika
    says:

    mbak numpang tanya dong, orang tua saya produksi pisang sale tapi kemasannya masih jadul banget rencananya kita mau ganti kemasan karena saya didaerah jadi nggak tahu harus buat dan pesan dimana kalau boleh minta saran dan infonya dimana bisa pesan kemasan yang cantik dan murah

    • Ferona
      says:

      Erika maunya kemasan bagaimana? Diplastikin trus diseal atau masukin ke kotak?

      untuk kemasan kotak, biasanya bisa dibuat di tempat yang bisa mencetak. Tapi ada ongkos lipat lagi. Kalau kemasan plastik, aku kurang tahu. Mungkin Erika bisa googling saja … cari tempat pembuatan kemasan di daerah Erika …

  • Arieska maryani
    says:

    Hai mba, Salam Kenal saya rieska mohon info klo mau nyari pisau victorinox didaerah mana? Soalnya nyoba beli lewat amazon.com kok Nga bisa ngirim…thanks bt info ya

  • iffah
    says:

    mba,,,saya mau tanya nih ada ga tempat jual mika unt brownies sekalian ma cetakannya yang secara online. kebetulan saya di Mamuju, muter2 Mamuju ga ad yang jual… ๐Ÿ™ sedih amat jadinya

  • mama nayif
    says:

    assalamualaikum m’fero,
    Makasiiiiih banget semua resep & saran2nya yang super membantuku yang msh newbie dlm jualan kue onlineku…
    Goldoven & Cakefever jadi link andalan setiap perlu info apa2 soal jualanku..
    Semoga semakin sukses dunia & akhirat ya mba fero, doakan daku juga yaa mba ๐Ÿ˜€
    Thanks for being my cyber teacher!
    Salam ๐Ÿ™‚

    • Ferona
      says:

      Walaikumsalam mama Nayif … alhamdulillah kalau bisa membantu mama Nayif… Semoga lancar selalu usaha mama Nayif ya … Amin YRA.

  • gisella
    says:

    mba, aku mau tanya , kalo beli box untuk wedding cake 4 tingkat gitu biasa dimana yah? thankyou sebelumnya =)

    • cakefever
      says:

      Aku belum pernah bikin Wedding Cake ๐Ÿ™‚

      Tapi kalo cerita temen-temen sih, biasanya mereka membuat sendiri packingnya. Apalagi klo sudah wedding cake 4 tingkat, wah handlingnya pasti super hati-hati. Kotaknya mesti bikin yang kokoh.

  • sisca
    says:

    Mba mau tanya ni, klo toko yg jual kotak/wadah kue brownies yg paling byk macemnya di jakarta itu,dimn ya?makasih sebelumnya

    • cakefever
      says:

      kotak brownies sepengamatanku hanya ada dua macam, dari plastik mika atau kardus. Di Toko Bahan Kue biasanya ada dua macam dus brownies ini.

  • Juli
    says:

    Mbak,sekedar nanya sih..kalo usaha kek mbak gini wajib/butuh izin depkes gak sih???sebelumnya thank’s banget sharingnya bermanfaat banget..

    • cakefever
      says:

      Kalau mau dijual massal ke supermarket atau hipermarket pasti diminta izinnya. Ada izin PIRT atau izin dari Badan Pengawas Obat Makanan.

  • Yosie
    says:

    Salam kenal mbak…., aku kan baru mau coba jualan kue Muffin, aku mau coba pasarin nitip di pasar atau toko2 deket rumah. Tapi lagi bingung untuk kemasannya, bagusan kemasannya model gimana ya?. Makasih

    • cakefever
      says:

      kalau mau dijual satuan, dikemas satu-satu saja pakai plastik bening, klo bisa di-sealed. Kalo gak ada mesin seal, bisa diselotip atau pakai plastik yang ada sealnya.

  • irma
    says:

    Salam kenal ya mbak,
    Boleh share ga, kemasan akrilik yg mbak pakai utk choco chips chewy cookiesnya beli dimana ya?
    Makasih banyak sebelumnya ya mbak.

  • sawitri dewi
    says:

    aslmkm..salam kenal mb..saya senang sekali bisa share di blog nya mb..sangat berguna banget..Klo boleh saya nanya, sebaiknya kalo mo bikin branded utk produk kue kita punya tipsnya g? Trs klo misal packaging nya kita pake box kira2 akan lbh murah ato sebaliknya?tx..regard..

    • cakefever
      says:

      maksute mau buat nama mereknya ya wi? … hmm tipsnya apa yah? aku gak tau siy teorinya gimana, soalnya nama cakefever dan goldoven yang aku jadikan brand untuk kue jualanku itu dua-duanya adalah nama pemberian suamiku ๐Ÿ˜€

      Klo soal packaging, gak selalu box (ini maksute dus karton kan ya?) lebih murah. Cara terbaik adalah datang ke toko yang menjual kemasan dan melihat langsung kotak yang kita inginkan untuk jadi kemasan kue kita … Atau bisa googling nama pembuat kotak2 kue untuk bisa menanyakan harga pembuatannya …

  • Mary's Pastry Lab
    says:

    thanks for the tips. btw mbak kalo mau sourcing packaging di jakarta di mana ya?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^