Resep Roti Boy Atau Mexican Bun

Pemilik gerai Roti Boy ini hebat, karena di gerainya cuma jual satu jenis roti. Biasanya gerai kue atau roti masih punya variasi, misalnya donat ya rasa donatnya macam-macam. Kalo Roti Boy mah pede abis, pokoke dia cuma jual satu macam jenis roti. Selesai!

Emmh, betewe eniwe resep roti boy yang ini hasilnya kurang sukses… Aku gagal bikin rotinya, hiks hiks. Kalau mau coba bikin, yang Roti-Boy-Wanna-Be saja ya.

Resep Roti ala Roti Boy

Bahan A:

500 gr tepung terigu protein tinggi
220 ml air putih hangat suam-suam kuku
11 gr ragi instan
2 butir telur
25 gr susu bubuk
50 gram gula pasir

Bahan B:

75 gram unsalted butter
1 sdt garam

Filling:

160 gram salted butter, bagi menjadi 16 bagian @10 gram lalu bekukan

Bahan untuk Topping Roti Boy:

75 gram unsalted butter
100 gram gula tepung
2 sdm kopi instan atau 1 sdt pasta moccha tergantung selera
1 butir telur
75 gram tepung terigu protein rendah
20 gram susu bubuk
1/2 sdt essence coffenoir

Baca Juga:  Resep Sandwich Buah, Cara Unik Menikmati Buah Ala Jepang

Cara Membuat:

  • Campur semua bahan A, uleni hingga kalis.
  • Masukkan bahan B, aduk dan uleni hingga rata dan elastis.
  • Bulatkan adonan, diamkan 30 menit.
  • Kempiskan adonan, timbang @60 gr, pipihkan, isi dengan bahan isian, bulatkan kembali.
  • Diamkan 45 menit.

Topping:

  • Kocok mentega, tepung gula dan kopi instan hingga lembut, masukkan telur, kocok merata.
  • Masukkan tepung terigu dan susu bubuk dengan cara diayak.
  • Masukkan essence coffenoir, kocok hingga rata.
  • Semprotkan adonan topping ke atas adonan roti dengan plastik segitiga ( bentuk melingkar seperti obat nyamuk bakar dari puncak roti sampai 3/4 ke bawahnya)
  • Panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit.
  • Siap disajikan hangat.

Recipe: Milis NCC, Sedap Sekejap

 

By Ferona

A Blogger, Lazy Gardener and Baking-Blues Baker ^_^

46 Comments

  • H there, can I get the tutor to learn how to cook the bun? And how do I contact u? Thanks, Enni

  • tepung protein tinggi contoh nya cakra kembar kalau protein rendah contoh nya kunci biru

  • Salam kenal mbak.. Klo saya boleh nambahin nih (tp g bermaksud menggurui y).. Bread softener boleh g dipake. Klo mau empuk rotinya pake kuning telur aja. Kira2 1/2kg tepung, kuning telurnya 4.. Oh ya.. Mksh resepnya y mbak.. Klo bisa buat filling pake butter yg beku..

  • essence itu cuma untuk rasa dan bau kopi saja … gak ngefek kemana-mana kok mi … cuma aromanya aja yg gak dapet…

    Kalo sudah diisi, ditutup, lalu dibulatkan lagi .. bisa kok jadi bulat rapi lagi. Aku malah bingung, ngisi dari atas maksute ngisi darimana ya?

  • essence coffenoir nya itu apa ya? kalo gapake itu ngefek besar apa gak? sama yg utk dibulatkan kembali itu jadi habis di bulatin,didiamkan,tros setelah itu dikempiskan,ditaro isinya di tengah2 gtu? tros di bulatin lagi? gmn caranya ya? pasti kan hasilnya nanti gabisa bulat2 amat,kecuali diisi dari atas gtu?

  • Waduuh hebat kamu Sa… aku sendiri masih gagal bikin roti boy dengan resep yang ini lho …

  • Maksudmu memasukkan filling ke dalam roti mungkin ya? Kalo topping kan untuk di bagian atas roti.

    Supaya gak berantakan keluar, jangan kebanyakan. Takarannya biasanya disebutkan di resep, atau pakai perasaan, rajin berlatih dan minum Milo setiap hari 🙂

    Roti bulat jadi terkelupas? Kulitnya terkelupas atau rotinya pecah?

Saran? Pertanyaan? or just say hi? Leave your comment yaah ^_^

Artikel Lainnya

Discover more from Cakefever.com

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading